• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Ingin Mengajukan Pinjaman Untuk kebutuhan Lebaran? Cek Dulu 5 Hal Ini!

worldmilesAvatar border
TS
worldmiles
Ingin Mengajukan Pinjaman Untuk kebutuhan Lebaran? Cek Dulu 5 Hal Ini!
emoticon-Bedugemoticon-Bedug



Assalamu'alaikum Warahmaturrahi Wabarakatuh..

Sebagai pegawai, kita pastinya bakal dapet Tunjangan Hari Raya (THR) untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri. Tapi walaupun begitu tetep aja masih ada orang yang merasa keuangannya belum cukup untuk memenuhi kebutuhan mereka saat Hari Raya.

Solusinya, kita bisa cari tambahan dengan meminjam uang pada teman atau saudara. Atau bahkan mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA), yang biasanya banyak melakukan penawaran saat menjelang Hari Raya seperti sekarang. Semua boleh-boleh aja, asalkan kita bisa bertanggung jawab untuk pengembaliannya.
Lebaran kan biasanya banyak kebutuhan tuh. Mulai dari ongkos mudik (untuk yang pulang kampung), persediaan makanan saat Hari Raya, bagi-bagi THR pada keluarga, dan lain sebagainya. Nggak heran kalau Lebaran tiba, pengeluaran kita pasti meningkat. Makanya, KTA ini bisa jadi solusi kalau kita sedang dalam keadaan ‘kepepet’.

Meskipun kita diberi kemudahan untuk mengajukan pembiayaan, kita tetep harus teliti sebelum benar-benar memutuskan. Jangan hanya karena butuh, kita jadi terburu-buru mengajukan pinjaman. Cek dulu beberapa hal dibawah ini:

1. Tentukan prioritas
Spoiler for :

Pertama-tama, kita harus menentukan skala prioritas untuk kebutuhan. Lihat dulu nih, apakah kebutuhan pokok kita banyak yang belum terpenuhi. Kalau iya, ngga ada salahnya kita ajukan pinjaman tersebut. Tapi, jangan sampai kita jadi kebablasan ya. Maklum kalau Lebaran biasanya kita terbawa suasanan, pengen ini itu, pengen kesana kemari.

2. Sesuaikan dengan penghasilan
Spoiler for :

Sebelum pengajuan, buat alokasi dana dengan penghasilan utama kita. Jangan lupa untuk alokasikan dana yang cukup untuk biaya tidak terduga, misalnya kalau kita jatuh sakit. Kalau semua sudah dialokasikan, cek berapa sisa gaji yang bisa dipakai. Kalau masih kurang untuk memenuhi kebutuhan, memang sudah seharusnya kita mengajukan pinjaman.

3. Cek bunga yang berlaku
Spoiler for :

Coba cari informasi dari beberapa orang yang pernah melakukan pengajuan, lalu bandingkan antara pinjaman yang satu dengan yang lainnya. Transparansi akan besarnya bunga dan cicilan per bulan juga penting untuk diketahui. Dengan begitu kita akan mendapat gambaran tentang berapa besar angsuran yang harus dibayar per bulannya. Jadi, kita bisa berhitung, kira-kira kita sanggup mengajukan kredit di angka berapa.

4. Jangka pendek
Spoiler for :

Supaya beban keuangan kita ngga terlalu panjang, lebih baik ambil kredit dengan jangka waktu pendek. Selain itu, dengan waktu yang lebih singkat, bunga yang dibayarkan juga lebih sedikit.

Itu dia 4 hal yang harus kita cek terlebih dahulu sebelum melakukan pengajuan. Baiknya, pilihlah Bank/Lembaga keuangan yang terpercaya. Seperti digibank yang memiliki produk digibank KTA Instan, dimana kita bisa mengajukan pinjaman dengan limit sampai 30 juta hanya bermodalkan ektp. Produk ini cocok banget untuk kita yang lagi kepepet dan butuh dana darurat buat lebaran. Prosesnya pun cepet banget, pengajuan bisa kapan saja 24 jam, persetujuannya kurang dari semenit. uang udah bisa masuk ke rekening. Langkah berikutnya kamu bisa tentukan sendiri jumlah pinjaman yang diinginkan. Untuk pencairannya juga cepat, tinggal download aplikasi digibank dan atur janji temu untuk verifikasi sidik jari (agen digibank bisa mengunjungi kamu dimana kamu sedang berada), begitu selesai dana pinjaman akan cair langsung ke rekening digibank-mu.

Pembayaran cicilan KTA Instan ini pun mudah melalui autodebit dari rekening digibank setiap tanggal jatuh tempo, kita hanya perlu top up saldo di rekening digibank yang sudah dibuat dengan cara transfer antar bank. Besarnya bunga dan cicilan per bulan juga transparan dan bisa kamu lihat sendiri melalui link dan kalkulator pinjaman berikut (link to go.dbs.com/KTAinstan).

Lihat cara pengajuan selengkapnya kayak gini:
untuk kalian yang belum menjadi nasabah digibank atau
untuk kalian yang sudah jadi nasabah digibank Bank DBS.

So, kira-kira butuh pinjaman uang ngga untuk Lebaran? Kalau emang butuh silakan ajukan KTA atau pinjaman lainnya. Yang penting kita harus tau ya kemampuan bayar kita seberapa, karena ini kan judulnya ‘pinjaman’ bukan uang ‘sedekah’. Hehehe.

Selamat menyambut Lebaran semuanya!

emoticon-Maaf Agan emoticon-Maaf Aganwati

Diubah oleh worldmiles 27-05-2019 09:25
0
2.7K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.