News
Batal
KATEGORI
link has been copied
163
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d138dfe8d9b174d73207d3f/anies-pertanyakan-dasar-kontribusi-tambahan-15-era-ahok
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali menyinggung kepemimpinan gubernur DKI sebelumnya, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok soal draf kontribusi tambahan sebesar 15 persen yang dikenakan kepada pengembang reklamasi Teluk Jakarta. Kontribusi tambahan itu masuk sebagai salah satu pasal rancangan peraturan daerah (raperda) Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis (RTRK
Lapor Hansip
26-06-2019 22:23

Anies Pertanyakan Dasar Kontribusi Tambahan 15% Era Ahok

Anies Pertanyakan Dasar Kontribusi Tambahan 15% Era Ahok


Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali menyinggung kepemimpinan gubernur DKI sebelumnya, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok soal draf kontribusi tambahan sebesar 15 persen yang dikenakan kepada pengembang reklamasi Teluk Jakarta.

Kontribusi tambahan itu masuk sebagai salah satu pasal rancangan peraturan daerah (raperda) Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis (RTRKS) Pantai Utara Jakarta. Menurut Anies, perlu ada penjelasan dari gubernur sebelumnya terkait asal usul besaran 15 persen tersebut.

"Coba ditanyai, kenapa kok 15? Kenapa kok enggak 17 persen? Kenapa enggak 22 persen? Apa dasarnya?" kata Anies di DPRD DKI Jakarta, Rabu (26/6).


Kedua, Anies mempertanyakan mandegnya pembahasan angka 15% itu ke dalam Rencana Peraturan Daerah (Raperda) Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Pantai Utara (RTRKS) Pantura.

"Terus yang kedua, jelaskan juga, misalnya kenapa kok dulu gagal? Jangan salahkan yang sekarang," ujar Anies.

Dalam penjelasannya, Anies berulang kali mempertanyakan asal angka 15 persen tersebut. Karena itu, Anies belum berencana untuk mengotak-atik soal kontribusi tambahan dalam raperda yang pembahasannya terhenti.

"Justru saya malah ingin tahu sekarang itu kenapa 15? Kenapa tidak 17? Kenapa tidak 22? Kenapa tidak 12? Itu jadi pertanyaan saya sekarang. Bantu menjelaskan," jelas Anies.


"Belum ada pembahasan soal revisi atas raperda itu, belum ada. Jadi memang belum dibahas," lanjut dia.


Anies menegaskan bahwa pihaknya sudah mengikuti prosedur yang berlaku. Karena itu, Anies pun merasa tidak takut terkait langkah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ke depan terkait reklamasi.

"Kenapa kami yakin dengan apa yang dikerjakan semua, karena mengikuti semua ketentuan. Jadi kalau ditanya buat what is your best defenseFollow procedure. Apakah pertahanan terkuat Anda? ketaatan pada prosedur. Karena kalau taat prosedur, semuanya menjadi sudah jelas," tutup Anies.

Kontribusi Tambahan

Kontribusi tambahan ialah pengenaan biaya yang diberikan kepada pengembang pulau reklamasi. Pada zaman Ahok, kontribusi tambahan masuk sebagai salah satu pasal raperda RTRKS Pantai Utara Jakarta.


Saat itu, DKI berencana mengenakan kontribusi tambahan sebesar 15 persen dari Nilai Jual Objek Pajak (NJOP). Dari uang kontribusi tambahan, Ahok memprediksi DKI bisa mendapat sekitar Rp100 triliun per tahun.


Kontribusi tambahan juga pernah menjadi objek tindak pidana korupsi yang dilakukan mantan komisi D DPRD DKI Jakarta Muhamad Sanusi. Ia disebut terbukti melakukan lobi dengan salah satu pengembang Pulau Reklamasi Agung Podomoro Land terkait kontribusi tambahan.

Saat itu, DPRD meminta DKI untuk mengurangi angka kontribusi tambahan menjadi 5 persen. Sampai akhirnya raperda ini dihentikan pembahasannya.

Polemik ini kembali muncul saat Anies kembali memunculkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) untuk bangunan reklamasi. Anies memberikan IMB tanpa menunggu rancangan peraturan daerah (Raperda) RTRKS yang memuat tentang zonasi pulau reklamasi. (ctr/wis)


SUMBER CNN

Anies Pertanyakan Dasar Kontribusi Tambahan 15% Era Ahok
==========================================================================
jurus andalan mengelak dari pertanyaan adalah dengan menjawab dengan pertanyaan. emang gubernur sampah nih onta
saran gw ya nies jangan memulai perang yang gak bakal elo menangin
yg elo tantang itu mantan gubernur terbaik DKI Jakarta setelah Ali Sadikin, yg hapal permasalahan jakarta dari mulai Balai Kota sampe lobang WC kampung aquarium
lo pikir AHOK setolol elu yg gak ngerti apa-apa??
moga aja MATA NAJWA undang kalian berdua buat adu argumen biar elu "ditelanjangin" sama Ahok secara live!

fuck pgn muntah gw liat foto nih orang emoticon-Busaemoticon-Busaemoticon-Busaemoticon-Busa
Diubah oleh S.U.R.Y.A.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
LemonJr dan 44 lainnya memberi reputasi
45
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 8
Anies Pertanyakan Dasar Kontribusi Tambahan 15% Era Ahok
27-06-2019 00:03
hajar terus nis.. penis..
0 0
0
Anies Pertanyakan Dasar Kontribusi Tambahan 15% Era Ahok
27-06-2019 00:04
Nih orang sebenarnya niat gak sih jadi gubernor ???
0 0
0
Anies Pertanyakan Dasar Kontribusi Tambahan 15% Era Ahok
27-06-2019 00:09
kualitas mantan rektor kaya gini
teganya jkt 58 nunjuk dia jadi gub

mending suaranya buat ahy sekalipun ga mau ahok jabat lagi
wkwkwk
0 0
0
Anies Pertanyakan Dasar Kontribusi Tambahan 15% Era Ahok
27-06-2019 00:17
yg penting si tupig uda mkn lobster
emoticon-Coolemoticon-Hansip
0 0
0
Anies Pertanyakan Dasar Kontribusi Tambahan 15% Era Ahok
27-06-2019 00:19
emoticon-Ngakak

pertanyaan dijawab pertanyaan

emoticon-Betty
profile-picture
bajier memberi reputasi
1 0
1
Anies Pertanyakan Dasar Kontribusi Tambahan 15% Era Ahok
27-06-2019 00:20
Sejarah buat DKI, punya gubernur gini2 amat emoticon-Berduka (S)
profile-picture
profile-picture
bajier dan cakepanmelody18 memberi reputasi
2 0
2
Anies Pertanyakan Dasar Kontribusi Tambahan 15% Era Ahok
27-06-2019 00:21
"Coba ditanyai, kenapa kok 15? Kenapa kok enggak 17 persen? Kenapa enggak 22 persen? Apa dasarnya?" kata Anies di DPRD DKI Jakarta, Rabu (26/6).

Statement yg konyol banget, pdhal dulu akademisi rektor lagi

Wan elu tauk gak subtansi njop dan alokasi penggunaan dananya, bukan soal brp % nya

emoticon-Ngakak
Diubah oleh cakepanmelody18
profile-picture
bajier memberi reputasi
1 0
1
Anies Pertanyakan Dasar Kontribusi Tambahan 15% Era Ahok
27-06-2019 00:23
emoticon-Ngakak

aduh nis nis emoticon-Ngakak


ini 15 persen emang kenapa? udah cukup, wong angkanya triliyunan, nah sekarang kan yang dipertanyakan apakah 15 persen ini jadi? kemana larinya? diperuntukan untuk apa dan siapa?


tinggal jawab malah ngeles emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
bajier dan cakepanmelody18 memberi reputasi
1 1
0
Anies Pertanyakan Dasar Kontribusi Tambahan 15% Era Ahok
27-06-2019 00:34
Lha ente malah jauh dibawah 15 emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
cipokan.yuk dan bajier memberi reputasi
2 0
2
Anies Pertanyakan Dasar Kontribusi Tambahan 15% Era Ahok
27-06-2019 00:36
Quote:Original Posted By sukakuda
Di ig makllambeturah dibahas tuh barusan, ad videonya jg


Iya bre, ane barusan liat, abis liat di yutub juga sidangnya
profile-picture
sukakuda memberi reputasi
1 0
1
Anies Pertanyakan Dasar Kontribusi Tambahan 15% Era Ahok
27-06-2019 00:41
Njirr.. ini gubernur bener2 manusia laknat..
ayo media tekan terus, semakin dia emosi semakin keluar semua sifat aslinya
profile-picture
profile-picture
gojira48 dan bajier memberi reputasi
2 0
2
Anies Pertanyakan Dasar Kontribusi Tambahan 15% Era Ahok
27-06-2019 00:43
ane inget. ahok prnah bilang....harusnya yg protes atau yg menyakan kontribusi 15% itu ya pengembang. kok ini malah anies?

mungkin pertanyaan nyinyiran itu utk kepanjangan tangan dr pengembang. ya membela pengembang
profile-picture
profile-picture
gojira48 dan bajier memberi reputasi
2 0
2
Anies Pertanyakan Dasar Kontribusi Tambahan 15% Era Ahok
27-06-2019 00:58
yang penting se-imin min. wkwk
profile-picture
bajier memberi reputasi
1 0
1
Anies Pertanyakan Dasar Kontribusi Tambahan 15% Era Ahok
27-06-2019 00:59
hahahahahahaha
anies digoyang soalnya dia ikutan aksi mk.

tapi dijatohinnya pake isu ini biar profesional dikit.

dan dia jelas banget tuh ngantongin yg 15%,cuma ngga sampe 15% aja makanya dia marah2 ga jelas gt
0 0
0
Anies Pertanyakan Dasar Kontribusi Tambahan 15% Era Ahok
27-06-2019 01:12
profile-picture
bajier memberi reputasi
1 0
1
Anies Pertanyakan Dasar Kontribusi Tambahan 15% Era Ahok
27-06-2019 01:35
arab manapun bawaannya cuman 2: perang ama nyalahin pihak lain.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
night.warior dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Anies Pertanyakan Dasar Kontribusi Tambahan 15% Era Ahok
27-06-2019 01:38
memang benar kata orang lidah itu tak bertulang
profile-picture
bajier memberi reputasi
1 0
1
Anies Pertanyakan Dasar Kontribusi Tambahan 15% Era Ahok
27-06-2019 01:43
Ini jawaban bangke nih
Ada anak kecil kelaparan minta nasi ke anis
Bukannya dikasih nasi si anis jawabnya kenapa minta nasi? Kenapa gak roti? Kenapa gak pizza? Kok kenapa minta nasi saya pengen tahu.
Kan bangke
Diubah oleh saekicorp.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gojira48 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Anies Pertanyakan Dasar Kontribusi Tambahan 15% Era Ahok
27-06-2019 01:50
Dulu, ketika jaman pilkada mayat dan pilpres ada panglima uduy... kok sekarang gak ada lagi y??
Serius nanya......
profile-picture
bajier memberi reputasi
1 0
1
Anies Pertanyakan Dasar Kontribusi Tambahan 15% Era Ahok
27-06-2019 01:59
kok malah fokus ke angka 15%? nggak fokus ke kontribusi tambahan yang sudah lenyap gara2 kelakuan si anies? emoticon-Cape d...

profile-picture
bajier memberi reputasi
1 0
1
Halaman 4 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia