News
Batal
KATEGORI
link has been copied
368
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d13445982d4954a1b7360bf/kecewa-siswa-sd-berprestasi-di-pekalongan-bakar-piagam
Kecewa karena tidak diterima di sekolah SMPN 1 Kajen, Pekalongan, seorang siswa berprestasi membakar belasan penghargaan dan piala yang diperolehnya. Aksi pembakaran belasan piagam ini viral di media sosial.
Lapor Hansip
26-06-2019 17:09

Kecewa, Siswa SD Berprestasi di Pekalongan Bakar Piagam

Past Hot Thread
Quote:Rabu 26 Juni 2019, 17:02 WIB
Kecewa, Siswa SD Berprestasi di Pekalongan Bakar Piagam
Robby Bernardi - detikNews

Kecewa, Siswa SD Berprestasi di Pekalongan Bakar Piagam


Pekalongan - Kecewa karena tidak diterima di sekolah SMPN 1 Kajen, Pekalongan, seorang siswa berprestasi membakar belasan penghargaan dan piala yang diperolehnya. Aksi pembakaran belasan piagam ini viral di media sosial.

Siswa tersebut bernama Yumna (12), lulusan SDN 02 Pekeringanalit itu membakar belasan piagam penghargaan pada Minggu (23/6/2019) lalu.

Saat ditemui detikcom di rumahnya yang berada di Griya Kajen Indah RT 4 RW 12, Desa Gandarum, Kecamatan Kajen, Yumna masih sedih bahkan terbawa sampai sakit. Media hanya ditemui oleh kedua orangtuanya yakni Sugeng Wiyoto (50) dan Sukoharti (45).

Sugeng Wiyoto mengatakan pembakaran belasan piagam penghargaan tersebut dilakukan anaknya karena merasa piagam-piagam tersebut tidak berlaku lagi dengan kondisi saat ini. Piagam-piagam tersebut merupakan berbagai kejuaraan seni dan agama yang diikuti dan beberapa menyabet juara satu tingkat Kabupaten Pekalongan.

Kecewa, Siswa SD Berprestasi di Pekalongan Bakar Piagam


Berbagai kejuaran yang diikuti dan berhasil menyabet juara satu diantaranya seperti menulis halus, cerita islami, tilawah, adzan, nyanyi solo, nyanyi grup, dokter kecil.

"Anak saya juga masuk anak yang selalu memiliki rangking dikelasnya. Mungkin berpikiran piagam-piagam tidak membantu dirinya masuk ke SMP Negeri 1 Kajen (sekolah yang diinginkan), jadi akhirnya dibakar," kata Sugeng.

Bukanya tidak pernah berupaya mendaftar ke sekolah yang diinginkan anaknya tersebut, dirinya telah berupaya mendaftar ke SMPN 1 Kajen, namun mentok karena aturan zonasi yang ada.

Minimnya sosialisasi dinas pendidikan terkait PPDB yang melalui tiga jalur yakni jalur zonasi, jalur prestasi dan jalur perpindahan orang tua, membuat anaknya terjebak dalam zonasi.

Hari pertama pendaftaran Sugeng mengantarkan anaknya melakukan pendaftaran online namun melalui jalur zonasi. Namun oleh guru dan kepala sekolah dasar, disarankan untuk masuk jalur prestasi. Pada hari kedua, dirinya mendaftar ke jalur prestasi namun tidak bisa, mengingat sudah mendaftar di jalur zonasi. Hasilnya, karena jarak sekolah 1,8 km dari rumahnya anaknya tidak masuk ke SMPN 1 Kajen.

"Sebagai orangtua kecewa ya kecewa. Kita sudah mendaftar ke jalur prestasi kata pihak sekolah (SMP) tidak bisa, harusnya daftar di sekolah di luar zonasi," ungkap Sugeng.

Karena merasa kecewa inilah anaknya kemudian nekat membakar smeua piagam penghargaan karena dinilai tidak berguna.

"Piagam tidak diperlukan lagi katanya," tambah Sugeng.

Kecewa, Siswa SD Berprestasi di Pekalongan Bakar Piagam


Kendati kecewa dengan sistem yang ada, pihaknya tetap membesarkan hati anaknya agar tidak kecewa berkelanjutan.

"Sudah saya daftarkan ke sekolah swasta. Ya seharusnya dengan sistem seperti ini pihak pemerintah menyediakan banyak sekolah negeri dulu," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Pekalongan, Sumarwati saat dihubungi detikcom, Rabu (26/6), belum memberikan keterangan terkait dengan gagalnya siswa yang masuk ke jalur prestasi tersebut.

(bgk/bgs)



Hmmm...

HMMMMMMMM.....

HMMMMMMMMMMMMMMMMMMMM.... jadi gini.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
davecchio dan 41 lainnya memberi reputasi
42
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 18
Kecewa, Siswa SD Berprestasi di Pekalongan Bakar Piagam
26-06-2019 17:45
Apa sih yg mw di banggain dru ngoleksi piagam?...klo mw mah tinggal bikin aje...
Realita aja..sukses itu bukan karna piagam..
Tpi dri usaha dn kerja keras. .
Mskpn punya piagam sampe 1 kontener jg gk bakalan bisa di jadiin jaminan..
emoticon-Malu
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Kecewa, Siswa SD Berprestasi di Pekalongan Bakar Piagam
26-06-2019 17:46
ywdh pasrah aja nakemoticon-Smilie
Diubah oleh ANHAANHA
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Kecewa, Siswa SD Berprestasi di Pekalongan Bakar Piagam
26-06-2019 17:46
welcome to indonesia
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Kecewa, Siswa SD Berprestasi di Pekalongan Bakar Piagam
26-06-2019 17:47
gila lu, nyali lu greget. Ini nih mental yang kuat, antimainstream.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Zuksak dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Kecewa, Siswa SD Berprestasi di Pekalongan Bakar Piagam
26-06-2019 17:47
Penghargaan itu prestasi masa lampau, tetapi jalan ke masa depan punya tantangan baru loh....

Ini harusnya yang diajarkan orangtua, bukan membiarkan sertifikatnya di bakar atau disobek..,,
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Kecewa, Siswa SD Berprestasi di Pekalongan Bakar Piagam
26-06-2019 17:47
ortunya goblog itu sudah
tuh anak masih SD
bukan bangkotan SMA
kasih pengertian
tar besok smp bisa bakar rumah kalo dibiarin tuh baik
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan galuhsuda memberi reputasi
2 0
2
Kecewa, Siswa SD Berprestasi di Pekalongan Bakar Piagam
26-06-2019 17:48
mending bakar rumah atau sekolah dek lebih bagus.
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan extreme78 memberi reputasi
2 0
2
Kecewa, Siswa SD Berprestasi di Pekalongan Bakar Piagam
26-06-2019 17:48
kalau yg ini udah denger kabarnya 😅 masalah jodoh pun kini diatur oleh pemerintah 😆 hidup jadi terasa makin rumit.
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Kecewa, Siswa SD Berprestasi di Pekalongan Bakar Piagam
26-06-2019 17:49
ijazah sarjana ane aja ketinggalan di rumah mantan wkwkwk ga perna kepake sampe detik ini.. 4 tahun kuliah lewat begitu aja krn pd dasarnya ga mau kuliah..

yah tp gmn juga itu masih anak2, harusnya ortu support dan kasih pengertian..
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Kecewa, Siswa SD Berprestasi di Pekalongan Bakar Piagam
26-06-2019 17:49
gak apa piagam jaman sd dibakar, kaga bakal ngaruh ke kerjaan di masa depan. tetap semangat dek, masa depanmu masih panjang. jangan kaya om, om cuma bisa merenungi masa lalu.
profile-picture
profile-picture
khadapy dan extreme78 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kecewa, Siswa SD Berprestasi di Pekalongan Bakar Piagam
26-06-2019 17:51
Kabarnya guru sekolah favorit juga mau di zonasi ya🤔

Quote:Original Posted By Meta.Cooler
buat menghapus stigma sekolah favorit dan memeratakan kualitas semua sekolah


profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kecewa, Siswa SD Berprestasi di Pekalongan Bakar Piagam
26-06-2019 17:52
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Quote:Original Posted By Meta.Cooler
yah itu ningkatin kualitas pendidik mah udah dari dulu gan...lagian lulusan guru juga makin banyak...lagian bocah mau sekolah dimanapun kalo tu anak aslinya pinter ya tetep pinter...tapi mereka msh punya stigma gagal masuk sekolah favorit masa depan suram...ini yang mau dihilangin pemerintah

Kurang setuju, bray

kalo gurunya bodo ya murid yang punya potensi gak akan maksimal,

dan sebetulnya peran guru juga sangat berpengaruh terhadap tingkat kesukaan/minat murid terhadap pelajaran tertentu. Kalo gurunya bangke ya muridnya jadi males belajar.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dnr3 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kecewa, Siswa SD Berprestasi di Pekalongan Bakar Piagam
26-06-2019 17:53
jaman saya SMA dulu, mau masuk mana aja bebasss, selama nilai UN cukup, ga da zonasi2an..
skrg kasian adek2, terpaksa masuk swasta
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan lonelyboy13 memberi reputasi
2 0
2
Kecewa, Siswa SD Berprestasi di Pekalongan Bakar Piagam
26-06-2019 17:55
Ya iyakah ... coba Ayahnya punya koneksi pasti bisa masuk.
jaman sekarang Piagam tu ga kepake cuma pajangan. Piagam Prestasi jaman sekarang gada bedanya sama Piagam Burung Hias
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan kenpachiku memberi reputasi
2 0
2
Kecewa, Siswa SD Berprestasi di Pekalongan Bakar Piagam
26-06-2019 17:56
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Quote:Original Posted By putrie.tidoer
ortunya goblog itu sudah
tuh anak masih SD
bukan bangkotan SMA
kasih pengertian
tar besok smp bisa bakar rumah kalo dibiarin tuh baik

Lagian anaknya gak masuk SMP negeri tujuan gara2 kesalahan ortu juga yang salah pakai jalur.

Ya seenggak2nya ortunya tanggung jawab bawa tuh bocah ke psikolog supaya gak depresi. Kalo dia biasa dapet ranking, juara lomba2 tingkat Kabupaten, kemudian merasa seharusnya bisa masuk ke SMP tujuan, pasti down. Apalagi kalau nyadar dia gak masuk gara2 kesalahan ortunya. Berabe tuh.
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kecewa, Siswa SD Berprestasi di Pekalongan Bakar Piagam
26-06-2019 17:57
seandainya perkuliahan pakai zonasi pasti makin seru
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Kecewa, Siswa SD Berprestasi di Pekalongan Bakar Piagam
26-06-2019 17:58
Quote:Original Posted By masgembus
Sayang banget le.....piagam kok dibakar. nggak menghargai dirimu sendiri

ora sekolah negri yo ora ngurangi pintermu.....urip jalan terus le.
wong tuane kok ya ora ngandani sing becik.

*gw tahun ini juga ngalami gagal masukin ppdb sma


Ga sayang...piagam tidak mempengaruhi masa depan n ilmu seseorang. Terbukti kn tuh piagam gda guna nya
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Kecewa, Siswa SD Berprestasi di Pekalongan Bakar Piagam
26-06-2019 17:58


piagam itu hanya kenangan dan kejayaan masa lalu

apalagi piagamnya "seperti itu"

emoticon-Leh Uga
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Kecewa, Siswa SD Berprestasi di Pekalongan Bakar Piagam
26-06-2019 17:58
welcome to the jungle kidemoticon-Big Grin
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Kecewa, Siswa SD Berprestasi di Pekalongan Bakar Piagam
26-06-2019 17:59
welcome to the fucking world dude
emoticon-Cool
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Halaman 4 dari 18
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia