KarjoKare
TS
KarjoKare
Gila! Sekitar 86% Pengguna Internet Dunia Tertipu Berita Hoaks

Penyebaran berita hoaks ternyata bukan hanya masalah bagi bangsa ini GanSis. Tapi, berita hoaks merupakan masalah bagi seluruh penduduk bumi ini. Dan dampak yang dihasilkan dari penyebaran berita hoaks ini pun bermacam – macam GanSis, ada berupa tindakan kriminal, aksi pengrusakan hingga kekacauan.

Baru – baru ini lembaga tata kelola global yang berbasis di Kanada melakukan survei, mereka menemukan bahwa penyebaran berita hoaks telah menjadi ancaman besar di dunia. Survei yang bertajuk “2019 CIGI – Ipsos Global Survey on Internet Security and Trust” ini menemukan sebanyak 86 persen pengguna internet dunia pernah tertipu informasi hoaks, paling gak mereka mengalaminya sekali.

Facebook menjadi sumber utama masyarakat dunia saat tertipu berita hoaks. Sebanyak 77 persen pengguna Facebook secara global mengaku pernah membaca berita palsu dari media sosial milik Mark Zuckerberg ini. Selanjutnya ada 62 persen pengguna Twitter dan 74 persen pengguna media sosial lainnya.

Sebagian dari pengguna media sosial diatas telah menutup akunnya dalam beberapa waktu terakhir sebagai akibat dari berita hoaks. Mereka menilai tindakan ini akan menekan jumlah berita hoaks yang bisa mereka akses.

Survey ini juga membuktikan, penduduk Mesir menjadi yang paling mudah tertipu berita hoaks, sedangkan penduduk di Pakistan adalah yang paling skeptis. Selain itu, survey juga menemukan kekhawatiran pengguna internet terhadpa privasi mereka di dunia maya.

Melihat angka ini, gak salah kiranya pemerintah – pemerintah diberbagai negara termasuk Indonesia melakukan upaya untuk mengurangi penyebaran berita hoaks. Upaya ini juga dilakukan oleh perusahaan – perusahaan media sosial.



evywahyuni
evywahyuni memberi reputasi
1
1.1K
12
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.