News
Batal
KATEGORI
link has been copied
135
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d10a1b80577a9219a118c4f/hoaks-benarkah-kas-negara-saat-ini-kosong
Belum lama ini beredar informasi di media sosial yang menyebutkan bahwa kas negara saat ini mengalami kekosongan. Isu ini cepat merebak di masyarakat melalui jejaring facebook. Lalu benarkah informasi tersebut?
Lapor Hansip
24-06-2019 17:11

[HOAKS] Benarkah Kas Negara Saat Ini Kosong?

Past Hot Thread
Quote:
Dengarkan berita klarifikasi informasi hoaks ini melalui program HansipHoax hanya di KASKUS Podcast!
emoticon-Request

Belum lama ini beredar informasi  di media sosial yang menyebutkan bahwa kas negara saat ini mengalami kekosongan. Isu ini cepat merebak di masyarakat melalui jejaring facebook. Berikut hasil screenshot dari informasi tersebut:

[HOAKS] Benarkah Kas Negara Saat Ini Kosong?
[HOAKS] Benarkah Kas Negara Saat Ini Kosong?


PEMERIKSAAN FAKTA
Melihat informasi ini cepat sekali menyebar di jagat sosial media, lalu bagaimana kebenarannya?

Melansir dari Republika.co.id, Direktur Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan Marwanto Harjowirjono memastikan kas negara dalam keadaan aman. Posisi kas negara juga dipastikan mampu membiayai berbagai proyek pemerintah yang sudah dialokasikan dalam APBN.

"Posisi kas negara saat ini dalam kondisi aman. Pencairan berbagai tagihan atas kegiatan dan proyek yang dibiayai oleh APBN dapat diselesaikan dengan baik," ujar Marwanto saat dihubungi di Jakarta, Rabu (19/6).

Berdasarkan keterangan dari Marwanto, bisa dikatakan bahwa informasi tentang keadaan kas negara yang kosong dapat dipastikan adalah HOAX.

Lalu apa counter untuk menangani isu yang keliru ini? Berikut counter article-nya:

Quote:Bantah Kas Negara Kosong, Sri Mulyani: Masih di Atas Rp90 Triliun
[HOAKS] Benarkah Kas Negara Saat Ini Kosong?


VIVA – Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, membantah anggapan bahwa kas keuangan negara saat ini kosong. Anggapan itu mencuat lantaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) terus mengalami defisit dari bulan ke bulannya.

Menurut Sri, APBN yang selalu dalam kondisi defisit bukan berarti kas keuangan negara kosong. Karena, APBN itu merupakan instrumen negara untuk mengelola ekonomi Indonesia, bukan sebagai tujuan ataupun buku kas keuangan negara yang baku.

"Itu yang dinamakan fungsi APBN sebagai countercyclical. Jadi ini bukan kita kelola buku yang sudah fix, tapi kita kelola dinamikanya dalam lingkungan yang berubah-ubah," tutur Sri di kantornya, Jakarta, Jumat, 21 Juni 2019.

Sri bahkan tak ragu menyatakan jumlah kas negara saat ini. Dikatakannya, jumlah kas negara saat ini berada di atas kisaran Rp90-100 triliun. Jumlah itu, menurutnya, cukup untuk menggaji seluruh aparatur sipil negara yang ada di Indonesia selama tiga bulan ke depan.

"Tidak kosong, masih di atas Rp90 triliun, Rp100 triliun deh. Itu pertanyaan yang sensitif dan provokatif (kas negara kosong), itu cukup bayar tiga bulan gaji," tuturnya.

APBN terus mengalami defisit, sejak Januari hingga Mei 2019. Pada akhir Mei 2019, defisit APBN sebesar Rp127,5 triliun atau sebesar 0,79 persen dari produk domestik bruto (PDB).

Pada periode itu, belanja negara tercatat sebesar Rp855,9 triliun, sedangkan pendapatan negara sebesar Rp728,5 triliun. Adapun pertumbuhan belanja negara mengalami kenaikan 9,8 persen, sedangkan pendapatan negara tumbuh 6,2 persen.

Sepanjang 2019, Sri Mulyani telah menetapkan bahwa APBN akan mengalami defisit. Itu dikarenakan target belanja negara sepanjang tahun ini dipatok sebesar Rp2.461,1 triliun, sedangkan pendapatan negara dipatok sebesar Rp2.165,1 triliun.


SUMBER
TurnBackHoax.id
Viva.co.id
Republika.co.id


JADI GAN, INFORMASI YANG MENGATAKAN KALAU KAS NEGARA KITA SAAT INI KOSONG HANYALAH HOAX. SEBARKAN YA INFORMASI KLARIFIKASI INI KE REKAN DAN KELUARGA KALIAN AGAR TERHINDAR DARI HOAKS YANG MENYESATKAN.

Diubah oleh hansiphoax
profile-picture
profile-picture
profile-picture
junleon dan 34 lainnya memberi reputasi
35
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 7
[HOAKS] Benarkah Kas Negara Saat Ini Kosong?
24-06-2019 18:31
makin byk hoax...
makin keras hidup sy...
0 0
0
[HOAKS] Benarkah Kas Negara Saat Ini Kosong?
24-06-2019 18:32
Apa sih yang bisa dibanggakan dari kaum kampret? Kerjaannya ngehoax melulu.
profile-picture
profile-picture
liee dan cipokan.yuk memberi reputasi
2 0
2
[HOAKS] Benarkah Kas Negara Saat Ini Kosong?
24-06-2019 18:33
urusan negara bukan urusan ente
0 0
0
[HOAKS] Benarkah Kas Negara Saat Ini Kosong?
24-06-2019 18:35
Kosong kalau presidennya wowok
0 0
0
[HOAKS] Benarkah Kas Negara Saat Ini Kosong?
24-06-2019 18:36
gorengan gorengan...
bala bala. gehu.
0 0
0
[HOAKS] Benarkah Kas Negara Saat Ini Kosong?
24-06-2019 18:36
Quote:Original Posted By netz34
gw heran... emangny 90 triliun itu banyak bagi sebuah negara??
kacungny aja korupsi 5 triliun...
itu udh 5 persen dari kas negara..
bingung gw... bukanny maksud nyebong ap ngampret...
tapi otak dipake dikit gitu biar ga dongo....


Kas negara tiap bulan ada pemasukan nya gan,, baca dulu baik2.. pahami dulu baru asal komen ngatain orang dongo..
Emang ente pikir kas negara bakal mentok di angka segitu gak nambah2..??
Emang negara gak ada pemasukan lagi..??
profile-picture
reinaldo69600 memberi reputasi
1 0
1
[HOAKS] Benarkah Kas Negara Saat Ini Kosong?
24-06-2019 18:37
gag mungkin kosong mahhh....
0 0
0
[HOAKS] Benarkah Kas Negara Saat Ini Kosong?
24-06-2019 18:38
ada ada aja
0 0
0
[HOAKS] Benarkah Kas Negara Saat Ini Kosong?
24-06-2019 18:38
Intinya Kas Negara masih di atas Rp. 1
0 0
0
[HOAKS] Benarkah Kas Negara Saat Ini Kosong?
24-06-2019 18:41
Dirumah masih punya utang kok mikir KAS NEGARA. Netijen tolol. Mending mikir gimana caranya agar bisa makan 2500 kalori tiap hari biar tubuh sehat dan kuat.
profile-picture
profile-picture
reinaldo69600 dan VolkswagenPutih memberi reputasi
2 0
2
[HOAKS] Benarkah Kas Negara Saat Ini Kosong?
24-06-2019 18:41
ɡawean iwakawi
0 0
0
[HOAKS] Benarkah Kas Negara Saat Ini Kosong?
24-06-2019 18:42
hoax lg
0 0
0
[HOAKS] Benarkah Kas Negara Saat Ini Kosong?
24-06-2019 18:42
terus kapan cuannya bu Sri?
0 0
0
[HOAKS] Benarkah Kas Negara Saat Ini Kosong?
24-06-2019 18:42
setalit pendinɡ italia
0 0
0
[HOAKS] Benarkah Kas Negara Saat Ini Kosong?
24-06-2019 18:43
Hadeh ribut mulu masalah hoax emoticon-Cape d...
0 0
0
[HOAKS] Benarkah Kas Negara Saat Ini Kosong?
24-06-2019 18:48
Hoax kok dimasifkan.
yg nggak masuk logika pula.
kalau sampe kas negara koong ya udh gonjang ganjing perekonomian.
profile-picture
xatria memberi reputasi
1 0
1
[HOAKS] Benarkah Kas Negara Saat Ini Kosong?
24-06-2019 18:49
Kosong??? Otak lo kali kosong kampret gendeng,

heran ad makhluk kampret nasbung, orang gila aj masih lebih waras daripada kaum tolol ini
0 0
0
[HOAKS] Benarkah Kas Negara Saat Ini Kosong?
24-06-2019 18:50
Quote:Original Posted By venom123
"kosong" itu kiasan saja

Di dalam dunia usaha kalau cashflow dibilang kosong jg ga mungkin kosong dalam arti sesungguhnya

Biasanya ada pencadangan operasional dan gaji 3 bulan kedepan

Tapi pembayaran2 ke supplier atau partner yg tdk ada alokasinya

Dlm kondisi "kosong" ini justru jd critical warning gmn caranya "diisi lagi" supaya perputaran ga mandeg 3 bln kedepan

Kalo lihat arahnya kayaknya kemungkinan besar si srimul utang lg, krn genjot pajak ga akan signifikan nutup dlm qaktu dekat

emoticon-Malu


nah ini yang bener. kas negara emang gak mungkin kosong karena ada belanja wajib dan mengikat seperti gaji dan tunjangan. Tapi apa itu doank fungsi negara?

kayak misalnya ada temen mau ngutang, kita bilang apa? gak ada duit kan? padahal duit kita mah cukup buat makan doank. gak ada duit sisa. sama kasusnya kayak kas negara. gak mungkin kosong tapi untuk memenuhi kebutuhan ASN aja cukup untuk 3 bulan. Tapi harus muter otak lagi setelah 3 bulan kalo target pendapatan gak terpenuhi nyari kemana? ujung2nya utang.

sayangnya yang komen pada gak ngerti keuangan negara. APBN defisit = belanja tidak terpenuhi. Kalo belanja tidak terpenuhi konsekuensinya adalah mengorbankan program kegiatan atau ngutang.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
[HOAKS] Benarkah Kas Negara Saat Ini Kosong?
24-06-2019 18:51
ga percaya ane kalo kas negara bisa ampe kosong..
tapi kalo brankas kaskus kosong ane percaya, gan..

emoticon-Wkwkwk
0 0
0
[HOAKS] Benarkah Kas Negara Saat Ini Kosong?
24-06-2019 18:52
Literasi yg jeblok parah di masyarakat kita itu bener2 miris ya
profile-picture
C.R memberi reputasi
1 0
1
Halaman 3 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia