alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d0c51d42f568d716a4b6780/kasus-dugaan-sebar-hoaks-kpps-diracun-rahmat-baequni-ditangkap-polisi
Lapor Hansip
21-06-2019 10:41
Kasus Dugaan Sebar Hoaks KPPS Diracun, Rahmat Baequni Ditangkap Polisi
Past Hot Thread
Kasus Dugaan Sebar Hoaks KPPS Diracun, Rahmat Baequni Ditangkap Polisi


Penceramah kondang Rahmat Baequni dikabarkan telah dijemput pihak kepolisian Kepolisian Daerah Jawa Barat, Kamis (20/6) pukul 23.00 WIB di kediamannya. Sebelum ditangkap, Rahmat lebih dulu berceramah di Masjid Al-Lathiif, Kota Bandung.

Kabar tersebut mencuat setelah pengelola akun Instagram Rahmat, @ustadzrahmatbaequni, membikin tulisan di layanan story Instagram-nya. "URB dijemput paksa secara mendadak oleh polisi dikediamannya tanpa surat pemanggilan dan tanpa diizinkan didampingi kuasa hukum," tulis pengelola akun, sesaat setalah Rahmat ditangkap

Rahmat Baequni telah dilaporkan seseorang atas dugaan penyebaran berita palsu alias hoax. Lewat salah satu ceramahnya, Rahmat Baaequni pernah menjelaskan bahwa ratusan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pada Pilpres dan Pileg 2019 meninggal dunia akibat diracun.

Beberapa jam sebelum ditangkap, Rahmat lebih dulu berceramah di depan ratusan jamaah Masjid Al-Lathiif, Kota Bandung. Di sana, ia melakoni ceramah dengan tema "Apa yang akan dilakukan".

Kepada wartawan usai menghadiri ceramah, Rahmat mengatakan bahwa ia sama sekali tidak berniat menyebarkan kabar bohong.

1. Demi Allah saya tidak bermakud hoax
Kepada wartawan, Rahmat mengatakan jika kabar soal petugas KPPS yang meninggal dunia telah lebih dulu disiarkan di berbagai media sosial. Dan ia menilai, posisinya hanya melanjutkan kabar tersebut lewat ceramah di atas mimbar.

"Saya Rahmat Baequni, yang selama ini menjadi viral, bahwa saya dituduh menyebarkan berita hoax tentang anggota KPPS yang saya mengatakan mereka mati diracun. Sekali lagi, demi Allah saya bersumpah atas nama Allah bahwa saya tidak bermaksud menyebarkan hoaks itu," kata Rahmat, kepada wartawan usai memberikan siraman rohani di Masjid Al-Lathiif, Kota Bandung, Kamis (20/6) malam.

2. Mengutip pemberitaan Instagram
Kasus Dugaan Sebar Hoaks KPPS Diracun, Rahmat Baequni Ditangkap PolisiTribun Jateng
Menurut Rahmat, salah satu media sosial yang ia pakai sebagai dasar kabar petugas KPPS yang meninggal karena diracun ialah Instagram. Akunnya pun bukan hanya satu, kata dia, melainkan banyak akun menyiarkan kabar tersebut.

"Semua orang pun, bahkan di majelis itu, juga pada mengatakan bahwa 'iya tahu' bahwa ada informasi mereka seperti itu,' tuturnya.

3. KPPS meninggal sudah menjadi pembahasan ILC
Kasus Dugaan Sebar Hoaks KPPS Diracun, Rahmat Baequni Ditangkap PolisiIDN Times/Irfan fathurohman
Dengan demikian, Rahmat berulang kali menjelaskan, bahwa substansi ceramahnya kala itu hanya bersifat membicarakan isu yang tengah hangat saja. Apalagi, lanjutnya, beberapa televisi nasional juga telah membahas isu tersebut.

"Itu saya dapatkan saya hanya mengutip saja, demi Allah saya hanya mengutip saja dari media sosial yang saat itu sedang ramai. Apalagi memang sudah diberitakan dengan ada beberapa di ILC dan sebagainya," kata dia. ILC merupakan akronim dari Indonesian Lawyers Club, di mana merupakan program acara diskusi punya TvOne.

4. Meminta maaf pada KPU
Kasus Dugaan Sebar Hoaks KPPS Diracun, Rahmat Baequni Ditangkap PolisiIDN Times/Debbie Sutrisno
Meski demikian, Rahmat mengaku telah melakukan sebuah kekeliruan dengan mengusung tema KPPS meninggal karena diracun dalam ceramahnya. Lantas, ia pun meminta maaf dengan raut wajah seperti menyesali perbuatannya.

"Maka dari itu saya meminta maaf kepada aparat kepolisian RI, dan kepada masyarakat, termasuk kepada KPU, bahwa saya tidak bermaksud menyebarkan hoax," ujarnya.

5. Apa substansi ceramah Rahmat yang diperkarakan?
Kasus Dugaan Sebar Hoaks KPPS Diracun, Rahmat Baequni Ditangkap PolisiIDn Times/Sunariyah
Ceramah Rahmat yang menjadi perkara terekam dalam sebuah video yang sempat viral beredar di media sosial. Dalam rekaman video, Rahmat Baequni bilang kalau telah ditemukan zar beracun dalam cairan jasad petugas KPPS yang meninggal. “Seumur-umur kita melaksanakan Pemilu, pesta demokrasi, ada tidak petugas KPPS yang meninggal? Tidak ada ya? Tidak ada,” ujar Rahmat Baequni dalam potongan video tersebut.

“Ketika semua yang meninggal dites di lab, bukan diautopsi, dicek di lab forensiknya, ternyata apa yang terjadi? Semua yang meninggal ini mengandung dalam cairan tubuhnya, mengandung zat yang sama, zat racun yang sama. Yang disebar dalam setiap rokok, disebar ke TPS… Tujuannya apa? Agar mereka tidak memberikan kesaksian tentang apa yang terjadi di TPS,” tuturnya.

Pernyataan Baequni jelas bertentangan dengan temuan Kementerian Kesehatan di lapangan, yang mencatat kalau penyebab umum anggota KPPS meninggal karena sakit. Di Jakarta, misalnya, Dinkes DKI mencatat penyakit yang diderita petugas KPPS yang meninggal antara lain gagal jantung, gagal pernafasan, liver, stroke, dan infeksi otak meningitis.


SUMBER
https://jabar.idntimes.com/news/jaba...ap-polisi/full

Diubah oleh KASKUS.HQ
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ikiriki11 dan 18 lainnya memberi reputasi
19
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 12 dari 13
21-06-2019 20:45
kurung dengan pasukan tusbol aja
0
21-06-2019 20:54
beuh...mewek siah!!!!
0
21-06-2019 20:56
Quote:Original Posted By Luthfins
kenapa kek ginian ada pengikutnya ya?


Yang ngikut emang gblok .....
0
21-06-2019 21:36
entah kenapa yang ginian rasanya buat we jadi dilema sebagai muslim, disatu sisi we lega, yang suka hoax gini di tangkap, disisi lain ya ga enakan juga, doi posisi nya ustad, bukannya memberi contoh yang baik malah contoh yang buruk dengan nyebarin hal-hal yang gak bisa di pertanggung jawabkan kebenarannya emoticon-Cape d... (S)
profile-picture
profile-picture
sandal.unyu dan prakosocas memberi reputasi
2
Lihat 1 balasan
21-06-2019 21:48
kok gw curiga ama ni orang, jangan2 antek asing mo pecah belah bangsa...
0
21-06-2019 22:24
Tidak bermaksud hoax, tapi di sampaikan di waktu ceramah?
0
21-06-2019 22:29
kicep dah lu
0
21-06-2019 22:40
Ustad bangke.
Sebar hoax itu dosa. Ada dalilnya bahkan ayat di Al-Quran.
Hal dasar kek gitu aja gak ngerti.
Kebanyakan terima teori konspirasi Illuminati, jadi tolol otaknya.
profile-picture
kangrusuh memberi reputasi
1
Lapor Hansip
21-06-2019 23:11
Balasan post andretarina
Kalo gw mah biasa aja...yg namanya Islam kan berbagai macam aliran...
0
22-06-2019 00:17
Ini sama aja fitnah donk, menuduh meracuni petugas kpps, padahal dalam ajaran islam fitnah itu lebih kejam dr pembunuhan
0
22-06-2019 00:22


Quote:Original Posted By Ay4mK4lkun
pendakwah mending ceramah soal agama, jngn bawa2 politik. apa lg yg hoax bisa berabe

Setuju bree, emg bukan kapasitasnya. Ngpain terjun politik. emoticon-Cendol Gan

Quote:Original Posted By TheTrueMayhem
Gw rasa di periode ke 2 jokowi bisa lebih tegas nangkap sampah2 terroris hti begini..

Sbnernya gampang bedainya bre,

Liat aja isi ceramahnya, karna di islam sendiri itu sbnernya gak boleh melawan pd pemimpin (yg berkuasa pd daerahnya), kecuali pemimpinya nyuruh maksiat. Jadi ceramahnya jg gak ada hubungan sm politik, bner2 syariat agama doang.

Mreka2 ini mnurrt ane, org yg emg kejar duniawi. Banyak yg gak berilmu, ujungnya ngakal2in. Giliran ditegur, malah mengkafirkan. Akhirnya apa? Jamaah nya kena virus kebencian ky gini. Suka kasian sm jamaah nya yg gak tau apa2 sbnernya. Poros dari smua ini ya pendakwah nya.


emoticon-Cendol Gan
0
22-06-2019 01:05
Jgn sampe lepas tukang penyebar emoticon-fuck
profile-picture
cipokan.yuk memberi reputasi
1
Lapor Hansip
22-06-2019 06:28
Balasan post ustad.syam
Quote:Original Posted By ustad.syam
untung ilc udah mokat kalo gak selasa besok bahas amplop juwangi bu beti
jalan rusak 3 jam emoticon-Leh Uga

seriusan ilc udah gak ada?
0
22-06-2019 07:24
Quote:Original Posted By c2tama
kalau jaman Papa nya Tommy mah, ustad ky gini udah disumpal emoticon-Big Grin


Jadi dilema satu sisi soeharto di benci satu sisi di butuhkan untuk lawan golong garis keras kanan
0
22-06-2019 08:40
Resmi juga, ckck

Kasus Dugaan Sebar Hoaks KPPS Diracun, Rahmat Baequni Ditangkap Polisi
0
22-06-2019 08:45
Walah di bogor juga ane pernah denger ceramah yang tema beginian alhasil ane solat tarawih di rumah karena ane ga mau di imamin ustadz yang berceramah bermuatan negatif dari puluhan ustadz di masjid komplek ane cuman dia doang yang ceramah begini . Biasanya masjid ane walau ustadz nya dukung prabowo kaga pernah nyeramahin konten negatif cuman 1 ustadz itu doang tuh
0
22-06-2019 09:06
Quote:Original Posted By salahakan
Kalo cuma mengaku islam, semua orang bisa mengaku islam, akan tetapi benarkah anda seorang yg islam? Apa sih islam itu?


Ane bukan ngebelain apa gmn bos agan. Yg dbahas dsni adalah busuknya manusia yg ngaku pendakwah dari agama Islam. Yg dipermasalahin ini manusianya, bukan AGAMANYA. jd ente gausah ke triggeremoticon-Nyepi

Kecuali ente anaknya baequniemoticon-Leh Uga
0
22-06-2019 09:27
Membusuklah dipenjara
emoticon-Wakakaemoticon-Leh Uga
0
Lapor Hansip
22-06-2019 11:01
Balasan post stress.sarap
Quote:Original Posted By stress.sarap
Kalau menurut saya, polisi menangkap dia kurang tepat, kenapa?
Sesuai definisinya Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, ‘hoaks’ adalah ‘berita bohong.’ Dalam Oxford English dictionary, ‘hoax’ didefinisikan sebagai ‘malicious deception’ atau ‘kebohongan yang dibuat dengan tujuan jahat’.
Berdasarkan definisi diatas, Baequni belum dinyatakan menyebarkan Hoax, karena Berita tentang Kematian petugas KPPS mati karena diracun yang dia sampaikannya sebelum KPU, Banwaslu, Polri melakukan penyelidikan.
Artinya kasus kematian petugas KPPS belum jelas dikarenakan diracun atau sakit. Lain halnya kalau dia menyampaikan berita tersebut setelah penyelidikan selesai dilakukan dengan hasil kematian petugas dikarenakan sakit.
Adapun berita yang disampaikan hanyalah praduga.


Bukan praduga, sudah ada hasilnya kok dari dinas kesehatan jakarta...
Silahkan baca sebelum berkomentar...

https://www.kumparan.com/amp/@kumparannews/mengusut-penyebab-kematian-petugas-kpps-pemilu-2019-1r2h3epIMiW
Diubah oleh st.desta
0
22-06-2019 11:58
mamam deh lo
0
Halaman 12 dari 13
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.