alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
5 stars - based on 7 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d09b14bc820842d7116fafe/akhirnya-ane-tahu-gimana-caranya-biar-gak-begadang-mulu
Lapor Hansip
19-06-2019 10:51
Akhirnya Ane Tahu Gimana Caranya Biar Gak Begadang Mulu
Past Hot Thread

Akhirnya Ane Tahu Gimana Caranya Biar Gak Begadang Mulu


Siapa di sini yang sering ngerasain susah tidur kalau malam?

Gue yakin sih gue nggak sendiri. Soalnya kalau malam-malam gue online di media sosial kayak Twitter gitu, terus nge-tweet satu hal, ada aja yang masih bangun dan nanggepin. Kalau gue update Instagram Stories, masih ada aja yang ngeliat padahal udah jam satu atau setengah dua pagi.

Sebenarnya nggak ada niatan buat begadang, tapi mungkin karena sudah terbiasa dengan pola tidur yang terlambat setiap malamnya, jadi mau dipaksain buat tidur cepat juga nggak bisa. Pernah sekali gue coba buat tidur jam sembilan malam atau jam sepuluh malam gitu, lima jam kemudian pasti kebangun. Dan kalau udah kebangun gak bisa tidur lagi. Lima jam ini memang waktu ideal tidur malam gue karena kalau pun gue tidur jam satu atau jam dua, pasti lima jam kemudian otomatis akan langsung kebangun juga.

Walaupun begadang itu memang kadang nikmat karena ada banyak ide-ide yang muncul buat ditulis misalnya, tapi kebiasaan begadang bukanlah sesuatu yang perlu dipertahankan. Tidak tidur cukup di malam hari bisa mengundang berbagai penyakit dan meningkatkan risiko memperburuk kondisi kesehatan. Salah satunya misalnya obesitas. Soalnya, menurut artikel kompas.com yang gue baca, kalau kita mau mempertahankan berat badan ideal kita harus tidur nyenyak. Pentingnya tidur nyenyak juga sangat berpengaruh terhadap keseimbangan hormon. Mengurangi begadang berarti juga mengurangi risiko penyakit jantung dan darah tinggi.

Tapi, gimana sih caranya biar nggak begadang terus? Gimana sih caranya biar bisa tidur nyenyak setiap malam?

Simak enam tips di bawah ini GanSis!

1. Olahraga

Ada banyak sekali artikel yang menyebutkan pentingnya olahraga. Nggak cuma demi kebugaran tubuh tapi olahraga juga penting untuk membuat kita rileks ketika tidur di malam hari. Meskipun aktivitas harian kita sudah sangat melelahkan, menyempatkan diri untuk berolahraga akan mendatangkan manfaat besar ketika tidur di malam hari. Kelelahan setelah berolahraga akan membuat tubuh berusaha menyeimbangkan dosis tidur untuk mengembalikan tenaga kita.

Olahraga membawa efek positif untuk detak jantung yang akan membuat tidur malam kita lebih nyenyak. Di samping olahraga, melakukan gerakan-gerakan yoga sebelum tidur juga bisa membuat kita makin rileks.

2. Tidur siang boleh, tapi jangan kelamaan

Tidur siang tuh memang sesuatu yang paling enak untuk dilakukan. Siapa sih yang nggak suka beristirahat dengan tenang di siang hari di sela-sela waktu kerja? Tapi yang perlu diingat, untuk bisa tidur nyenyak di malam hari kita harus mengatur waktu tidur siang agar tidak terlalu lama.

Akhirnya Ane Tahu Gimana Caranya Biar Gak Begadang Mulu


Soalnya, terlalu lama tidur siang bisa memberi efek segar di malam hari yang bikin kita ujung-ujungnya nggak bisa tidur. Akhirnya malah bangun siang lagi. Kalau udah bangun siang, biasanya jelang-jelang sore kita pasti akan mudah ngantuk lagi. Gitu aja terus sampai dajjal taubat.

Makanya tidur siang yang disarankan adalah 20 menit saja dan itu sudah maksimal ya GanSis. Jangan terlalu lama tidurnya supaya bisa tetap nyenyak di malam hari dan tidak begadang yang paling penting.

3. Kalau lapar malam-malam, mending minum air aja

Keinginan buat makan di jam-jam aneh sebelum tidur memang susah untuk dihindari. Apalagi buat anak kosan yang terbiasa nyetok makanan di kulkas. Kita kadang merasa kalau nggak makan malah jadi sulit tidur.

Disarankan untuk nggak makan terlalu malam GanSis, karena selain membuat berat badan bertambah makan tengah malam juga nanti jadi bikin lo terjaga lebih lama. Kalau memang terasa lapar, mending minum air aja. Dengan minum air putih, siklus tidur kita akan bisa lebih normal dan terjaga dengan baik. Jam tidur juga bisa sinkron secara alami.

4. Matikan gadget

Bangun tidur paling enak skrol timeline sosmed dulu. Jelang tidur juga enaknya sih gitu. Tapi cahaya biru dari layar ponsel bisa membuat kita jadi terus terjaga. Paling nggak 20 sampai 30 menit lebih lama dari seharusnya. Cahaya biru dari smartphone yang kita pakai bisa bikin ketagihan. Akhirnya malah nggak bisa tidur.

Intinya sih, matikan gadget demi tidur malam yang nyenyak dan hakiki.

Akhirnya Ane Tahu Gimana Caranya Biar Gak Begadang Mulu


5. Pelan-pelan saja

Memperbaiki jam tidur ternyata harus pelan-pelan dan nggak bisa dilakukan dengan cara buru-buru. Seperti yang gue ceritain di atas tadi, karena terbiasa tidur di atas jam 12 malam dengan durasi tidur 5 jam, pas dipaksa tidur jam 9 pasti 5 jam kemudian akan terbangun juga.

Menormalkan jam tidur harus dilakukan bertahap. Cara paling mudah adalah mempercepat jam tidur satu jam per hari selama seminggu. Semisal biasanya tidur jam 1 pagi di hari Minggu, berarti hari Senin nanti harus tidur jam 12, Selasa jam 11, Rabu jam 10 dan lakukan bertahap sampai seminggu secara konsisten.

6. Konsisten

Nah ini yang paling penting. Karena kalau cuma seminggu doang terus sisanya bablas ya nggak akan ada efeknya. Selain jam tidur yang harus sama setiap harinya, jam bangun juga harus disesuaikan. Konsistensi ini akan bikin tubuh kita terbiasa dan pada akhirnya kita bisa mendapatkan tidur yang berkualitas dan nyenyak setiap hari.

Tapi kalau misalnya cara-cara di atas belum ada yang berhasil, ketika lo terjaga di malam hari disarankan untuk tidak diam di kasur saja tapi sebaiknya bergerak dan melakukan sesuatu yang bisa kita nikmati. Kalau cuma berbaring di kasur dan begadang tanpa faedah, tubuh dan otak malah jadi terbiasa dengan hal itu dan jadinya gak akan ada perubahan deh.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trundul dan 19 lainnya memberi reputasi
20
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 8
21-06-2019 15:02
ngelakuin kegiatan dari pagi sampai malem juga udah buat ane ngantuk ga bisa begadang emoticon-Nohope
0
21-06-2019 15:02
Robotku nɡɡo raden masku
0
21-06-2019 15:03
Teknik orisinil nih harus di coba tapi susah kalau matikan gadget karna inilah biang keroknya
emoticon-Leh Ugaemoticon-Ngakakemoticon-Travelleremoticon-cystg
Diubah oleh gamingear
profile-picture
MiracIe memberi reputasi
1
21-06-2019 15:04
ane mah putar tembang kenangan taon 80' 90'an
0
Lihat 1 balasan
21-06-2019 15:04
Quote:Original Posted By rezachenko7
Iloc sambil ngeJ*V
emoticon-Jempol


emoticon-Kimpoi emoticon-Kimpoi
0
21-06-2019 15:04
Mantap jiwa
profile-picture
MiracIe memberi reputasi
-1
21-06-2019 15:05
Belakangan gue suka tidur malam karena nonton ftv jadul gan. Entah kenapa ftv jadul jalan ceritanya lebih rasional walau endingnya sudah ketebakemoticon-Ngakak (S)
0
Lapor Hansip
21-06-2019 15:08
Balasan post moviegangsta
lebih murah ctm ya gan?
0
21-06-2019 15:08
numpang nyimak

Akhirnya Ane Tahu Gimana Caranya Biar Gak Begadang Mulu
0
21-06-2019 15:09
main gadget emang bener gan ngacauin siklus tidur emoticon-Frown
0
21-06-2019 15:10
nice thanks info nya gayn hehe
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bhismaytbagas dan 2 lainnya memberi reputasi
3
21-06-2019 15:10
tanda tanɡan dokumentuk harvard
0
21-06-2019 15:11
paling susah ngematiin gadget. krn hrs controlling sistem online di bisnis 24 jam emoticon-Frown
Diubah oleh irelandz
0
21-06-2019 15:12
mau kasih tau pacar ane ah infonya..thanks gan!
0
Lapor Hansip
21-06-2019 15:12
Balasan post triangulum
serius ngaruh gan ?
0
21-06-2019 15:12
iye ya gan...kalo laper malem2 terus makan malah ga jadi ngantuk emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
0
21-06-2019 15:13
Cara biar gak begadang adalah tidur jam 8 sehabis makan malam emoticon-Jempol
0
21-06-2019 15:15
Ane udah hampir lupa kapan terakhir kali jam tidur normal...
0
21-06-2019 15:15
klo ane sih satu aja gan... col*y biar lgsg ngantuk wkwkkw emoticon-Leh Uga
0
21-06-2019 15:18
ane jadi ga bisa kepikiran yg komentar setelah ane gan
0
Halaman 2 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.