alexa-tracking
Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
77
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d0758aa9a972e4fd7334e7e/cara-terbaik-memberi-dukungan-untuk-teman-yang-alami-depresi
Berhadapan dengan seseorang yang mengidap depresi memang nggak mudah. Kadang-kadang kita bisa merasa bingung, frustrasi, bahkan putus asa dalam menghadapi mereka. Kadang-kadang kita juga harus sangat berhati-hati dalam berbicara dan bertindak terkait mereka karena takut mereka akan merasa tersinggung atau semacamnya. Memberikan nasihat kepada mereka pun mungkin pernah kita lakukan meski tidak s
Lapor Hansip
17-06-2019 16:08

Cara Terbaik Memberi Dukungan untuk Teman yang Alami Depresi

Past Hot Thread

Cara Terbaik Memberi Dukungan untuk Teman yang Alami Depresi


Berhadapan dengan seseorang yang mengidap depresi memang nggak mudah. Kadang-kadang kita bisa merasa bingung, frustrasi, bahkan putus asa dalam menghadapi mereka. Kadang-kadang kita juga harus sangat berhati-hati dalam berbicara dan bertindak terkait mereka karena takut mereka akan merasa tersinggung atau semacamnya. Memberikan nasihat kepada mereka pun mungkin pernah kita lakukan meski tidak selalu mereka dengarkan.

Karena depresi adalah sebuah gangguan yang sangat berbahaya untuk seseorang, terlebih ketika mereka mulai mengisolasi diri, gangguan ini bisa sangat membahayakan sebuah hubungan. Soalnya, mengulurkan tangan untuk membantu mereka yang mengalami depresi jauh lebih sulit. Namun disaat yang sama dukungan dari orang lain juga sangat dibutuhkan.

Menurut Deborah Serani, seorang psikolog yang juga pernah berjibaku dengan depresi, ada sembilan strategi terbaik yang bisa digunakan untuk memberikan dukungan kepada mereka yang mengidap depresi. Cara ini mungkin bisa kamu lakukan untuk orang tersayang kamu, GanSis:


Quote:1. Berusaha selalu ada

Menurut Serani, hal terbaik yang bisa kamu lakukan untuk seseorang yang mengidap depresi adalah berusaha selalu ada untuk mereka. Hal ini sesuai dengan pengalaman pribadi Serani yang pernah berada dalam fase tersebut. Serani merasa ketika ada seseorang yang mau duduk menemaninya menangis adalah momen yang paling ampuh untuk mengobati perasaan-perasaan tertekan tersebut.

"Atau ketika mereka memegang tanganku tanpa bilang apa-apa, atau bilang padaku bahwa aku adalah sosok yang penting untuk mereka, bertanya apa yang bisa mereka lakukan untuk membantuku, dan bilang padaku kalau mereka akan mencari cara untuk membuatku merasa lebih baik," kata Serani dikutip Psychcentral.com.



Quote:2. Mencoba melakukan hal-hal kecil buat mereka

Nggak semua orang nyaman mengekspresikan emosi mereka dengan memberikan kata-kata penyemangat seperti yang ada di poin pertama. Menurut Serani, ada cara lain juga yang bisa dilakukan untuk memberikan dukungan. Serani menyarankan banyak hal mulai dari mengirim kartu, pesan singkat, memasak makanan, atau mengirim pesan suara kepada mereka yang menderita depresi.

Hal-hal kecil yang kita lakukan ini bisa menjadi jembatan penghubung antara perhatian kita dengan orang tersebut. Juga bisa jadi secercah cahaya untuk membuat mereka merasa lebih bahagia.



Quote:3. Jangan menghakimi atau mengkritik

Apa yang kita lakukan bisa memberikan pengaruh yang kuat buat mereka. Serani menyarankan kita untuk tidak memberikan saran-saran yang justru semakin membuat mereka merasa lebih buruk. Seperti meminta mereka untuk melihat sesuatu dari sisi positifnya, atau bilang kalau semua hal ini hanya terjadi di kepala mereka saja.

Kalimat-kalimat seperti ini mengisyaratkan bahwa mereka sebenarnya punya pilihan, tetapi mereka memilih untuk depresi. Hal ini tak hanya terkesan tidak sensitif tetapi juga bisa mengisolasi mereka lebih jauh.



Quote:4. Hindari ancaman-ancaman demi cinta

Banyak yang berpikir bahwa bersikap agak keras terhadap orang yang kita cintai akan bisa membuat mereka bisa cepat berubah dari satu kondisi depresi ke kondisi yang lebih baik. Hal ini tidak berlaku dan tidak disarankan untuk dilakukan. Memberikan ancaman-ancaman atau ultimatum buat mereka yang menderita depresi bisa berbahaya buat mereka karena semakin membuat mereka merasa dijauhi dan tidak dianggap.


Cara Terbaik Memberi Dukungan untuk Teman yang Alami Depresi



Quote:5. Jangan berusaha mengecilkan rasa sakit mereka.

Seseorang yang mengalami depresi mengalami kesulitan-kesulitan dalam diri mereka. Setiap hari yang mereka lalui adalah seperti perang melawan diri sendiri. Serani menyarankan untuk kita tidak usah berusaha mengecilkan perasaan sakit dalam diri mereka tersebut dengan bertanya hal-hal seperti "Kenapa sih kamu selalu membiarkan hal-hal kecil membuatmu kepikiran sampai segininya?"

Apa yang mereka rasakan bukanlah sebuah kelemahan atau kekurangan dalam kepribadian mereka sebagai manusia. Apa yang mereka rasakan adalah penyakit dan gangguan serius yang tidak mudah untuk dihilangkan.



Quote:6. Hindari memberi nasihat

Memang rasanya memberi nasihat kepada orang yang kita sayangi itu adalah hal yang biasa. Kapanpun orang yang kita sayangi sedang mengalami hal buruk, kita selalu akan berusaha untuk setidaknya memperbaiki mood-nya dan membuatnya merasa lebih baik.

Namun beda kasus untuk mereka yang mengalami depresi. Serani mengatakan, orang yang depresi memang mungkin butuh arahan dari seseorang, tetapi mengutarakan nasihat akan membuat mereka merasa dihina dan merasa tidak mampu. Alih-alih memberi nasihat, sebaiknya kita bertanya kepada mereka "Apa yang bisa kita lakukan untuk membuat mereka merasa lebih baik?"

Ini akan memberi kesempatan buat mereka yang mengalami depresi untuk meminta bantuan. Ketika mereka sudah mengutarakan bahwa mereka butuh bantuan dan arahan, perasaan-perasaan seperti "terhina" tidak akan mereka rasakan.



Quote:7. Jangan membanding-bandingkan

Hindari membanding-bandingkan mereka yang mengalami depresi dengan orang lain. Kecuali kalau kamu sendiri yang mengalami episode depresi tersebut. Memang kesannya ini akan membantu mereka keluar dari perasaan putus asa tetapi ini juga bisa membuat mereka tidak lagi ingin melanjutkan pembicaraan soal masalah mereka.


Cara Terbaik Memberi Dukungan untuk Teman yang Alami Depresi



Quote:8. Cari tahu lebih banyak tentang depresi

Kita bisa menghindari kesalahan-kesalahan yang sudah ditulis di atas dengan cari tahu lebih banyak soal depresi. Setelah kita tahu dan mengerti bagaimana gejala depresi, bagaimana bisa terjadi dan apa konsekuensi dari depresi tersebut terhadap seseorang, kita bisa lebih mudah dalam memberikan dukungan kepada mereka yang mengalaminya.

Yang perlu diingat juga, depresi bukanlah penyakit statis. Ada pasang surut gejala yang ditunjukkan oleh penderita depresi yang kadang tidak dimengerti dan diketahui oleh mereka yang tidak mengalaminya. Serani menjelaskan, orang dewasa yang mengalami depresi bisa saja tetap tertawa ketika mendengarkan lelucon, anak-anak yang depresi bisa saja tetap masuk sekolah, mendapat nilai bagus dan terlihat ceria.

"Faktanya, gejala depresi itu menetap di suatu tempat (dalam diri seseorang), tersembunyi dan tidak mudah untuk dilihat, jadi sangat penting untuk tahu bahwa depresi punya jangkauan yang jauh dan seringkali tidak nampak," ujar Serani.



Quote:9. Bersabarlah

Serani yakin kesabaran adalah kunci penting dalam memberikan dukungan untuk seseorang yang mengalami depresi. Ketika kita bersabar, kita sekaligus menunjukkan kepada mereka bahwa selama apapun proses penyembuhan ini akan berjalan, semua kesulitannya akan dijalani bersama-sama dan kita akan ada di sana bersama mereka.

Kesabaran ini menyimpan hasil yang luar biasa. Karena kesabaran datang bersama harapan. Ketika seseorang mengalami depresi, harapan itu rasanya seperti mustahil. Kadang-kadang ketika memberi dukungan pada orang yang depresi akan membuat kita bingung. Tapi yang perlu diingat, selalu berada di sisi orang tersebut dan membuat mereka yakin bahwa kita akan siap membantu apapun adalah sebuah hadiah istimewa untuk mereka.


profile-picture
profile-picture
profile-picture
slametgentho dan 12 lainnya memberi reputasi
13
Tampilkan isi Thread
Halaman 4 dari 4
Cara Terbaik Memberi Dukungan untuk Teman yang Alami Depresi
20-06-2019 11:15
Quote:Original Posted By nowbitool
Ke psikiater gitu?
Dikasih obat anti depresan bisa lebih kacau...

Emang cuman bisa kasih kata "sabar aja yak" dan support (temenin dan dengerin)

Entah mungkin karena agama udah gak efektif makannya gak bisa jadi jalan alternatif


Sabar aja yak itu semacem big no no sih sebenernya. Kesannya kayak gak ada solusi ya.

Anti depresan juga ngacoin sih bener. Makanya musti hati2 banget kan.
0 0
0
Cara Terbaik Memberi Dukungan untuk Teman yang Alami Depresi
20-06-2019 11:16
Quote:Original Posted By binyomin
suicide is the solution.


This is a serious bad bad bad bad thought.
profile-picture
profile-picture
binyomin dan .theflash. memberi reputasi
0 2
-2
Cara Terbaik Memberi Dukungan untuk Teman yang Alami Depresi
Lapor Hansip
20-06-2019 15:00
Balasan post moviegangsta
Ane depresinya dulu pernah dibully teman2, dipermalukan dll
Ane bisa melewatinya dengan memilih teman yg bisa dipercaya, ikut kegiatan2 sosial, nonton Netflix, dengar lagu2 barat dan harus benar2 pilih teman deh, jangan gaul sama yg ga bener entar diajak pake narkoba dan ngerokok

Biasanya depresi kabur ke rokok/narkoba/minuman keras tapi janganlah pernah sentuh begituan, Karena bikin ga nyaman sekitaremoticon-Ngakak
0 0
0
Cara Terbaik Memberi Dukungan untuk Teman yang Alami Depresi
20-06-2019 19:09
Quote:Original Posted By ushirota
Ane depresinya dulu pernah dibully teman2, dipermalukan dll
Ane bisa melewatinya dengan memilih teman yg bisa dipercaya, ikut kegiatan2 sosial, nonton Netflix, dengar lagu2 barat dan harus benar2 pilih teman deh, jangan gaul sama yg ga bener entar diajak pake narkoba dan ngerokok

Biasanya depresi kabur ke rokok/narkoba/minuman keras tapi janganlah pernah sentuh begituan, Karena bikin ga nyaman sekitaremoticon-Ngakak


Nah kalo udah nyampe kasus tmn depresi dan pengen make narkoba/miras/ngerokok, ngecegah yang alus gmn ya gan?
0 0
0
Lihat 1 balasan
Cara Terbaik Memberi Dukungan untuk Teman yang Alami Depresi
Lapor Hansip
20-06-2019 19:32
Balasan post pasukanmalam11
Daftarin ikut bantu ke panti asuhan/panti jompo, biar bisa belajar dari mereka yg ga punya orangtua aja ga macem2 make narkoba atau rokok

Beramal bisa melupakan depresi

Bilang kita harus bersyukur ga hidup tanpa keluarga seperti merekaemoticon-Mewek

Klo ga ikut kegiatan sosial buddha tzu chi atau 4ocean yg punggutin sampah di laut dibaliemoticon-Ngakak
0 0
0
Cara Terbaik Memberi Dukungan untuk Teman yang Alami Depresi
20-06-2019 22:32
Quote:Original Posted By olxlo


Anxiety itu cemas kan yaa.. emoticon-Shakehand2

Yup kurang lebih gitu, cuman dengan skala lebih tinggi.

Beda antara depresi ama anxiety gampangnya pake bahasa sederhana.
Kalau depresi awalnya dari stress, stress artinya adanya tekanan dari luar. Bisa dari satu atau banyak hal. Misal kerjaan banyak, target masih jauh, bini hamil, ditagih utang pula, bos marah2 terus. Ini faktor stress yg bisa mengakibatkan depresi.

Jadi depresi karena ga ketemu jalan keluar dan solusi, sedangkan otak mikir muter2 terus ga dapet kesimpulan. Akibatnya perasaan jadi kacau balau karena ketakutan akan akibat2 yg mungkin terjadi, dan perubahan2 dari akibat2 tersebut atau bahkan terganggunya "rencana" dan "jalan" yg di idealkan oleh orang tersebut.

Beda lagi dengan anxiety, kecemasan dan kegalauan akibat terlalu banyak mikir aneh2 dan ngambil kesimpulan yg ga jelas. Misal, mau pergi ke luar, tapi takut ujan, mau masuk ke daerah rame, entar gimana kalau ada jambret, terus aja mikirin kayak gini sampe ngeri sendiri, entar gimana sedangkan dia pengennya gini. Makin lama makin parah, kalau udah parah biasanya kalau pemikirannya lagi belibet, bisa mempengaruhi fisik secara langsung.

Pemecahan keduanya tentunya beda tapi intinya sama aja. Yg depresi kudu berusaha buat beresin permasalahan yg ada, berpikir logis dan ga ngeyel dengan ideal hidup menurut dia. Kalau ada 5 masalah, cuman bisa beresin 2 aja, terima aja, apalagi kalau masalah karena salah sendiri. Yg penting prioritasin mana yg paling penting buat hidup dulu.

Buat anxiety kudu bisa nyeimbangin cara berpikir, ka cuman kekiri, tapi ke kanan, tengah dan lain2. Biar pemikiran bisa ngambil kesimpulan yg lebih baik.

Yg paling penting obat mujarab keduanya itu seperti yg diajarin para orang tua dan leluhur kita.
Hidup itu harus berani, jangan pernah menyesal. Berani mengambil tindakan dan berani memikul konsekwensi dari akibat terburuk yg ada.
Berusaha sebaik mungkin ketika ada kesempatan dan waktu. Mau kerjaan lagi ribet, ya kerjain sebisanya, semampunya dengan tenang biar pemikiran bisa 100% dan kalau ilang kerjaan, atau bahkan ada konsekwensi lebih lainnya, tinggal diterima aja secepat mungkin, biar hidup bisa dilanjutin, makin cepet makin mudah memperbaiki hidup

Kalau banyak akibat karena kita bikin salah, biasanya karena kurangnya pengetahuan, egois pengen enak sendiri, licik karena ga mampu bersaing secara bener, sirikan, dan sifat2 buruk lainnya, mulailah diubah menjadi yg lebih baik.

Dan usahakan jangan pake obat anti depressan, pake obat2an terlarang, dan alkohol, seringnya nambah parah secara fundamentalnya.
profile-picture
olxlo memberi reputasi
1 0
1
Cara Terbaik Memberi Dukungan untuk Teman yang Alami Depresi
21-06-2019 12:35
Quote:Original Posted By moviegangsta
Sabar aja yak itu semacem big no no sih sebenernya. Kesannya kayak gak ada solusi ya.

Anti depresan juga ngacoin sih bener. Makanya musti hati2 banget kan.

Ga ngacoin juga si gan.. Selama makenya bener dan sesuai anjuran psikiater efek positifnya bakal kerasa, meskipun butuh beberapa minggu baru bisa kerasa.. Menurut pengalaman ane antidepresan emang bisa meredakan pikiran2 yg mengganggu kok.. emoticon-Smilie
0 0
0
Cara Terbaik Memberi Dukungan untuk Teman yang Alami Depresi
21-06-2019 13:06
Quote:Original Posted By binyomin
suicide is the solution.

Solusi permanen ya.. Gaada yg ngelarang kok.. Tapi inget gan, di alam sana jangan sampai nyesel ya kalau nanti rasa sakit yg kamu pendam bakal tersalur ke orang2 terdekat

Quote:Original Posted By moviegangsta
This is a serious bad bad bad bad thought.

Well life's a choice. But we can't totally blame the ones who take suicide as an option, tho.
It's their fkin life bro, who are we to judge? 😊
Diubah oleh rdestinity
0 0
0
Cara Terbaik Memberi Dukungan untuk Teman yang Alami Depresi
21-06-2019 13:21
Quote:Original Posted By ushirota
Ane depresinya dulu pernah dibully teman2, dipermalukan dll
Ane bisa melewatinya dengan memilih teman yg bisa dipercaya, ikut kegiatan2 sosial, nonton Netflix, dengar lagu2 barat dan harus benar2 pilih teman deh, jangan gaul sama yg ga bener entar diajak pake narkoba dan ngerokok

Biasanya depresi kabur ke rokok/narkoba/minuman keras tapi janganlah pernah sentuh begituan, Karena bikin ga nyaman sekitaremoticon-Ngakak

Kalo emang itu bisa bikin lepas dari beban, walaupun cuma sementara kenapa enggak..?

Selama ga ketergantungan dan ndak ganggu orang sekitar, gamasalah sih menurutku. Pinter2 aja gimana siasatinnya. Daripada bunuh diri kan? Haha😁
Diubah oleh rdestinity
0 0
0
Lihat 1 balasan
Cara Terbaik Memberi Dukungan untuk Teman yang Alami Depresi
Lapor Hansip
21-06-2019 13:35
Balasan post rdestinity
Biasanya susah lepas misal pake narkoba, pasti nagih punyaemoticon-Belgia

Dan efeknya terlihat cepat, cepat keriputan maksudnyaemoticon-Leh Uga

Rokok juga mengandung nikotin, siapapun yg udah ngerokok pasti nagihemoticon-Ngakak

Kalo minuman keras ane pernah icip dikit, abis itu buang, wine memang paitemoticon-Hammer2

Lebih suka makan buahemoticon-2 Jempol
0 0
0
Cara Terbaik Memberi Dukungan untuk Teman yang Alami Depresi
21-06-2019 14:27
Quote:Original Posted By ushirota
Biasanya susah lepas misal pake narkoba, pasti nagih punyaemoticon-Belgia

Dan efeknya terlihat cepat, cepat keriputan maksudnyaemoticon-Leh Uga

Rokok juga mengandung nikotin, siapapun yg udah ngerokok pasti nagihemoticon-Ngakak

Kalo minuman keras ane pernah icip dikit, abis itu buang, wine memang paitemoticon-Hammer2

Lebih suka makan buahemoticon-2 Jempol

Hehe.. malah bagus lah gan.. kalau hanya dengan makan buah agan sudah bisa bikin diri agan senang.

Sayangnya diluar sana ga sedikit juga orang yg lari ke hal2 diatas. Mungkin saya salah satunya hehe.

Semoga selalu bahagia ya gan😊
Diubah oleh rdestinity
0 0
0
Cara Terbaik Memberi Dukungan untuk Teman yang Alami Depresi
21-06-2019 18:26
Quote:Original Posted By tottorotooot
Yup kurang lebih gitu, cuman dengan skala lebih tinggi.

Beda antara depresi ama anxiety gampangnya pake bahasa sederhana.
Kalau depresi awalnya dari stress, stress artinya adanya tekanan dari luar. Bisa dari satu atau banyak hal. Misal kerjaan banyak, target masih jauh, bini hamil, ditagih utang pula, bos marah2 terus. Ini faktor stress yg bisa mengakibatkan depresi.

Jadi depresi karena ga ketemu jalan keluar dan solusi, sedangkan otak mikir muter2 terus ga dapet kesimpulan. Akibatnya perasaan jadi kacau balau karena ketakutan akan akibat2 yg mungkin terjadi, dan perubahan2 dari akibat2 tersebut atau bahkan terganggunya "rencana" dan "jalan" yg di idealkan oleh orang tersebut.

Beda lagi dengan anxiety, kecemasan dan kegalauan akibat terlalu banyak mikir aneh2 dan ngambil kesimpulan yg ga jelas. Misal, mau pergi ke luar, tapi takut ujan, mau masuk ke daerah rame, entar gimana kalau ada jambret, terus aja mikirin kayak gini sampe ngeri sendiri, entar gimana sedangkan dia pengennya gini. Makin lama makin parah, kalau udah parah biasanya kalau pemikirannya lagi belibet, bisa mempengaruhi fisik secara langsung.

Pemecahan keduanya tentunya beda tapi intinya sama aja. Yg depresi kudu berusaha buat beresin permasalahan yg ada, berpikir logis dan ga ngeyel dengan ideal hidup menurut dia. Kalau ada 5 masalah, cuman bisa beresin 2 aja, terima aja, apalagi kalau masalah karena salah sendiri. Yg penting prioritasin mana yg paling penting buat hidup dulu.

Buat anxiety kudu bisa nyeimbangin cara berpikir, ka cuman kekiri, tapi ke kanan, tengah dan lain2. Biar pemikiran bisa ngambil kesimpulan yg lebih baik.

Yg paling penting obat mujarab keduanya itu seperti yg diajarin para orang tua dan leluhur kita.
Hidup itu harus berani, jangan pernah menyesal. Berani mengambil tindakan dan berani memikul konsekwensi dari akibat terburuk yg ada.
Berusaha sebaik mungkin ketika ada kesempatan dan waktu. Mau kerjaan lagi ribet, ya kerjain sebisanya, semampunya dengan tenang biar pemikiran bisa 100% dan kalau ilang kerjaan, atau bahkan ada konsekwensi lebih lainnya, tinggal diterima aja secepat mungkin, biar hidup bisa dilanjutin, makin cepet makin mudah memperbaiki hidup

Kalau banyak akibat karena kita bikin salah, biasanya karena kurangnya pengetahuan, egois pengen enak sendiri, licik karena ga mampu bersaing secara bener, sirikan, dan sifat2 buruk lainnya, mulailah diubah menjadi yg lebih baik.

Dan usahakan jangan pake obat anti depressan, pake obat2an terlarang, dan alkohol, seringnya nambah parah secara fundamentalnya.


Penjelasannya mantul emoticon-Blue Guy Cendol (L)
profile-picture
mr.RDz memberi reputasi
1 0
1
Cara Terbaik Memberi Dukungan untuk Teman yang Alami Depresi
21-06-2019 19:20
Quote:Original Posted By darkmadman
kok Dejavu ya....... emoticon-Ngacir


Awas digentayangin gan, double blangsak nya udh mahok gentayangan + nnti agan di gerayangin jgaemoticon-Takut (S)
0 0
0
Cara Terbaik Memberi Dukungan untuk Teman yang Alami Depresi
21-06-2019 21:55
Quote:Original Posted By onanisehari5x
Awas digentayangin gan, double blangsak nya udh mahok gentayangan + nnti agan di gerayangin jgaemoticon-Takut (S)


kasian sih.. tp gmn lg emang dableg beneran, denger2 dia udah ke psikiater.. bagus itu. cuma obat2 an itu hanya utk nyeimbangin keseimbangan hormon otak.. pola pikir ya pilihan dia sendiri yg milih tetep ngaco.
profile-picture
screamo37 memberi reputasi
1 0
1
Cara Terbaik Memberi Dukungan untuk Teman yang Alami Depresi
21-06-2019 22:12
Quote:Original Posted By darkmadman
kasian sih.. tp gmn lg emang dableg beneran, denger2 dia udah ke psikiater.. bagus itu. cuma obat2 an itu hanya utk nyeimbangin keseimbangan hormon otak.. pola pikir ya pilihan dia sendiri yg milih tetep ngaco.


Bner kta nte yg prtama tuh cramahin di kovet si mnurut ane, cuma caper dan seneng aja klo ad yg prhatian di bully malah mw laporin kaskus bukn usernya doang emoticon-Wkwkwk
profile-picture
screamo37 memberi reputasi
1 0
1
Cara Terbaik Memberi Dukungan untuk Teman yang Alami Depresi
04-07-2019 07:17
Aneee setujuuu... Kebetulan ane sering bgt nih dicurhatin sama temen. Yg terpenting jadi good listener adalah, berusaha untuk menenangkan, jangan menghakimi, dan posisikan diri kita diposisi mereka, jd kita bisa tau bagaimana menanggapinya
0 0
0
Cara Terbaik Memberi Dukungan untuk Teman yang Alami Depresi
17-07-2019 06:10
Istirahat dulu biar gak depresi
0 0
0
Halaman 4 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.