silviaaa444Avatar border
TS
silviaaa444
Koleksi Mainan Gak Terpakai Daripada Dibuang Sayang, Bikin Aja Kayak Gini Gan

Ada berapa banyak mainan yang Agan koleksi? Kalau ngomongin mainan sih rasanya nggak hanya buat anak kecil aja, orang dewasa pun juga bisa memiliki koleksi mainan. Tapi kalau mau menengok ke masa kecil, inget nggak sih Gan rasanya seneng banget kalau diajakin ke toko mainan sama orang tua.



Kemudian kita dibolehin beli apa yang kita pengenin. Sepulangnya langsung deh mainan tersebut dimainin sampai bosen. 

Nah kalau udah bosan beli lagi, mainin lagi, bosen lagi, dan beli lagi. Gitu aja terus sampai jumlahnya nggak kerasa udah menumpuk aja.

Semakin kita dewasa, lama kelamaan mainan tersebut pun terbengkalai dan nggak tau mau diapain. Bingung juga nggak sih limbah-limbah mainan seperti ini bakalan berakhir seperti apa. Secara nggak langsung, mainan yang kita timbun dari masa kecil ini juga merupakan salah satu penyumbang sampah plastik yang mencemari lingkungan. Kalau dibakar, asapnya bakalan berbahaya buat paru-paru. Tapi kalau dikubur di tanah, terurainya bakalan lama. Hayolo, terus diapain dong??


Nah ternyata ada sebuah seni yang bisa untuk membuat kembali mainan baru dari kumpulan mainan lama yang udah nggak terpakai. Seperti yang dilakukan oleh seorang pemuda Bandung bernama Jefry Arianto ini Gan. Ia membuat sebuah gerakan bernama Kunyah Plastik yang mencoba untuk merestorasi limbah mainan bekas menjadi sebuah instalasi seni yang unik. Secara nggak langsung ini merupakan sebuah solusi untuk mengurangi jumlah limbah mainan plastik. Seni yang bernama Junk Toys ini udah dilakoni oleh pria ini sejak akhir tahun 2015.


Inspirasi untuk kembali mengutak atik mainan lamanya yang kebanyakan adalah plastik dan juga karet ini muncul setelah ia menonton film Toy Story 2. Kayaknya pepatah “boys will be boys” memang benar adanya ya Gan. Buktinya aja lelaki yang udah menginjak usia 23 tahun ini tetap memiliki minat untuk menekuni hobinya yang nggak jauh dari mainan.

Kunyah Plastik sendiri sebenarnya adalah proses kreatif yang lahir dari sebuah kebingungan akan ketidaksanggupan untuk membeli bahan untuk membuat sebuah mainan baru. Berbekal sisa mainan seadanya, dengan spontan, Jefri pun mengekspresikan dirinya untuk membuat mainan dalam bentuk baru dari yang sudah ia bayangkan sebelumnya.


Apa yang dibuat oleh Kunyah Mainan ini bisa juga dibilang sebagai sebuah seni kontemporer. Meskipun pembuatannya spontan, namun karya yang dibuat pun memiliki makna tersendiri dan nggak sekadar menempel dengan sembarangan. Misalnya aja seperti sosok kepala barbie yang memiliki banyak tangan, karya tersebut dapat diinterpretasikan sebagai seorang perempuan yang juga bisa menjadi lebih serakah daripada pria. Rasanya ada kepuasan tersendiri saat sebuah karya berhasil dibuat.

Proses pembuatan mainan ini cukup mudah Gan. Setelah konsep ditentukan, hal paling pertama untuk dilakukan adalah memilah anatomi dari mainan. Proses ini mengharuskan untuk mencari anatomi yang tepat untuk menyambungkan bentuk-bentuk ada tersebut, karena akan  membentuk sebuah bentuk baru yang lebih absurd. Sebenarnya semuanya bisa dihasilkan dari eksperimen.

 

Gimana nih Gan, daripada koleksi mainan dibuang sayang, mendingan kita tiru Kunyah Plastik ini untuk membuat bentuk mainan baru menjadi lebih unik. Setuju nggak nih Gan? Atau mungkin Agan memiliki cara lain untuk mengurangi adanya sampah dari mainan yang udah nggak kepakai??



minhakim20
gustiarny
sunshii32
sunshii32 dan 16 lainnya memberi reputasi
15
11.2K
117
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hobby & Community
Hobby & Community
icon
10.4KThread6.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.