alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d0b2570263772135f1f8f86/ceramah-tentang-raja-arab-rahmat-baequni-dipaksa-turun
Lapor Hansip
20-06-2019 13:19
Ceramah Tentang Raja Arab, Rahmat Baequni Dipaksa Turun
Bandung, IDN Times – Akhir-akhir ini ceramah ustaz Rahmat Baequni kerap diperbincangkan. Mulai dari ceramah tentang Masjid Al-Safar hasil desain Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang ia sebut sarat simbol dajjal, hingga ceramahnya tentang sejarah nama pulau di Indonesia.

Tapi, sebelum namanya viral diperbincangkan, salah satunya di media sosial, Rahmat Baequni sempat mengalami penolakan masyarakat. Itu terjadi karena di atas mimbar, Rahmat mengancam Arab Saudi dengan dalil-dalil yang dianggap tidak mendasar.

Rafani Akhyar, Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat, menyaksikan sendiri kejadian itu. Kepada wartawan, ia menceritakan bagaimana Rahmat dipaksa turun mimbar meski ceramahnya belum tuntas.


1. Ceramah tentang Arab Saudi yang didebat

Di sebuah masjid di dalam kompleks perumahan yang dihuni Rafani, Rahmat Baequni pernah diundang untuk ceramah. Kejadian itu berlangsung sekitar 5-6 tahun lalu, kata Rafani, ketika sebagian besar masyarakat tengah melakoni bulan suci Ramadan.

“Di masjid daerah saya itu, dia dengan berani mengancam Saudi (Arab Saudi). Bayangkan, di daerah saya itu kebanyakan teman-teman Salafi. Ya, tentu sama Salafi didebat, dan dia enggak terima perdebatan itu. Akhirnya disuruh turun,” kata Rafani, tanpa menjelaskan lokasi tepat perumahannya, kepada wartawan di Kantor MUI, Jalan L.L.R.E Martadinata, Kota Bandung, Selasa (18/6).

Salafi merupakan salah satu metode dalam Islam yang mengajarkan syariat Islam secara murni, tanpa adanya tambahan atau pengurangan. Nilai-nilai salafi harus sesuai dengan apa yang diajarkan Nabi Muhammad SAW kepada para pengikutnya.


Lagi-lagi Arab Saudi

Pengalaman buruk yang dihadapi Rahmat Baequni sekitar 5-6 tahun lalu itu sepertinya tak berhasil membuatnya kapok. Pada pertemuan antara MUI Jabar, Ridwan Kamil, dan Rahmat Baequni di masjid Pusat Dakwah Islam (Pusdai) dua pekan lalu, Rafani juga mencatat bahwa Rahmat sempat mendiskreditkan raja-raja Arab Saudi.

“Raja rajanya disebut turunan Yahudi, turunan Irak. Bayangkan, dia juga menampilkan foto-foto raja Saudi dengan istrinya yang sama sekali dianggap tidak berbudaya Arab lah, tapi budaya barat,” ujar Rafani.

Perilaku itu, terutama tentang penampilan foto istri raja-raja Arab, Rafani anggap sebagai pelecehan. “Itu bisa termasuk pembongkaran aib orang lain (yang tak mendasar) di depan publik,” katanya.


3. Mengancam hubungan Indonesia-Arab Saudi

Menurut Rafani, ceramah-ceramah Rahmat terutama terkait dengan raja-raja Arab, dapat merusak hubungan diplomatik Indonesia-Arab Saudi yang sejauh ini dipandang harmonis.

"Ceramahnya kan membahayakan hubungan diplomatik antara indonesia dengan Saudi. Itu bisa mendapat gugatan luar biasa,” ujarnya.



4. Ceramah Rahmat bersifat politis

Masih dalam kurun waktu yang sama, yakni dalam pertemuan di masjid Pusdai, Rahmat Baequni terlihat sekali bersikap politis. Misalnya, ketika ia mengacungkan dua jari kepada para pemirsa yang hadir dalam diskusi tersebut.

Tak hanya itu, Rafani juga mencatat beberapa hal lain yang mengindikasikan adanya kepentingan politik Rahmat ketika berceramah. Misalnya, ketika Rahmat menyebut bahwa jargon “Kerja, kerja, kerja” yang kerap digaungkan Presiden Joko Widodo sebagai jargon dajjal dan Yahudi.

Hal itu bagi Rafani telah melanggar nilai-nilai ke-Islam-an. “Padahal nabi, Islam sendiri, mengajarkan pada umatnya untuk selalu bekerja. Masa yang begitu disebut jargon Dajjal dan Yahudi,” ujarnya.

Dengan begitu, Rafani bilang bahwa ceramah Rahmat Baequni perlu dicermati dengan baik. “Ini jadi tanya tanya, sebetulnya ada agenda politik apa di belakang gerakan ini?” tutur dia.



5. Lantas apa yang akan dilakukan MUI?

Jika Rahmat terus menggerogoti umat muslim, khususnya di Jawa Barat, lewat ceramah-ceramahnya, MUI Jawa Barat berkomitmen untuk segera mengambil sikap. Salah satu upaya yang dapat dilakukan MUI Jawa Barat, ialah dengan melaporkan ceramah Rahmat Baequni ke MUI pusat.

“Dia (Rahmat) bisa disebut berbahaya ketika memang benar-benar telah mengancam hubungan diplomatik antara Indonesia dengan Saudi. Kalau hubungan diplomatik dengan Saudi sudah rusak, apa yang terjadi dengan tenaga kerja Indonesia di sana? Lalu, bagaimana ibadah haji kita? Kepentingan keislaman kita?” katanya.


Sumur

Komeng TS.

Ngustadz kalo udah keracunan politik ya gini emoticon-Traveller





profile-picture
profile-picture
profile-picture
kamujahat.21. dan 20 lainnya memberi reputasi
21
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 5
20-06-2019 14:04
Jangan mudah percaya omongan orang bergelar uztad dan bernama arab. Bisa aja dia antek yahudi yg lagi nyamar dan ingin memecah belah. Biasanya yahudi sendiri yg suka koar2 tentang laminating.
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1
20-06-2019 14:22
ampas somplak
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1
20-06-2019 14:25
mungkin gara-gara arab saudi mulai "terbuka" dengan perubahan
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1
20-06-2019 14:29
Emang negara Arab yg sekarang sama keg zaman Nabi? NO

Bani Saud yg merebut tanah itu dari koloni Inggris
Ini yg membuat para wanita kerajaan bebas berbusana, beda sama warganya
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1
20-06-2019 14:49
Kadang, surau yang runtuh itu lebih baik daripada jamaah yang membeo satu nada. Rahmat Baekuni ini lah contoh yang pas dari pendapat gue. emoticon-Salaman
profile-picture
profile-picture
bavaria dan kakekane.cell memberi reputasi
2
20-06-2019 15:13
Raja lain boleh diceramahi
Tapi raja arab bedaemoticon-Belgia
Mampusemoticon-Leh Uga
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1
20-06-2019 15:13
ustad tolololpedia
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1
20-06-2019 15:16
yaw dah lapor polkis ssupaya dtangkep
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1
20-06-2019 15:17
wahabi dimusuhi
aswaja dimusuhi

ini org sebenernya aliran apa? mau bikin islam versi dia sendiri?

profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1
20-06-2019 15:21
kalo tentang raja arab justru itu fakta
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
3
20-06-2019 15:22
tumben ada yg kek gini..
biasanya ustad kampret nyerangnya jokowi ma cinak..
emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
skywalker45 dan kakekane.cell memberi reputasi
2
20-06-2019 15:29
Buset... Kayanya doi ini org IM deh, makanya mencela raja Arab yg di idolain sm salafi... Satu sumber aja gontok2an gini..emoticon-Frown
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1
Lihat 2 balasan
Lapor Hansip
20-06-2019 15:32
Balasan post metalgodfather
Satu member gontok2an, belum lagi lawan Syiah. mau nguasain dunia ? mau pake apa lawan orang Wahyudi ama Kresten ? di tambah umat lainnya....
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan emangon memberi reputasi
2
20-06-2019 15:46
Dai Dai kecil berlomba-lomba mencari umat mengejar popularitas (uang) salah satu alasan runtuhnya islam.
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan emangon memberi reputasi
2
20-06-2019 15:55
Quote:Original Posted By ruuuruuu
Nih orang hrs dibawa me Gaza n israel biar menikmati suasana disana emoticon-Leh Uga


Di sana ada apa aja mas... emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
ojo.kondor dan Pitrelli memberi reputasi
2
20-06-2019 16:00
Quote:Original Posted By Sinkhole
tumben ada yg kek gini..
biasanya ustad kampret nyerangnya jokowi ma cinak..
emoticon-Traveller


Ceramah Tentang Raja Arab, Rahmat Baequni Dipaksa Turun



Haiyya,,,,, tuh olang belani nyelang owek tidak...??? emoticon-EEK!
profile-picture
ojo.kondor memberi reputasi
1
20-06-2019 16:01
Quote:Original Posted By anak manis
belum umroh2 juga ya?

emoticon-Bingung


Lagi nggk punya duit... emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
ojo.kondor dan Pitrelli memberi reputasi
2
20-06-2019 16:02
yang kayak gini biasanya pendukung wowowowowow
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1
20-06-2019 16:05
:vossss
profile-picture
bagaskrb memberi reputasi
1
20-06-2019 16:06
Udh waktunya para ustad / ustadzah ato habib klo ceramah menahan diri buat nyebar propaganda jg . pekerjaan utama umat islam msh bnyk dan pntng ketimbang ngurusi orang lain. Umat islam itu komunitas yg plng trtinggal, paling miskin ,dan paling bodoh emoticon-Ngakak
Kontribusi d dunia modern hmpr nihil selain sbg konsumen aja
profile-picture
lickmyballs memberi reputasi
1
Halaman 2 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.