alexa-tracking
others
Batal
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5879c4f298e31baf148b456a/holy-anda-bertanya-buddhist-menjawab---part-5
Lapor Hansip
14-01-2017 13:28

[HOLY] Anda Bertanya, Buddhist Menjawab

Inti dari seluruh ajaran Sang Buddha adalah
Empat Kebenaran Mulia
(cattari ariya sacca)

Dengan mengerti Empat Kebenaran Mulia, dapat dikatakan seseorang telah mengerti agama Buddha.

Ketika Buddha menjelaskan Empat Kebenaran Mulia, beliau mula-mula menguraikannya satu per satu,
Empat Kebenaran Mulia ini yaitu:

I. Kebenaran Mulia tentang Dukkha (dukkha ariya sacca)
Hidup dalam bentuk dan kondisi apapun adalah Dukkha (penderitaan),
- Lahir, sakit, tua dan mati adalah Dukkha.
- Berhubungan dengan yang tidak kita sukai adalah Dukkha.
- Ditinggalkan oleh orang yang kita sayangi adalah Dukkha.
- Tidak mendapatkan yang kita inginkan juga merupakan Dukkha.
- Masih memiliki Lima khanda adalah Dukkha.

Dukkha dapat juga dibagi menjadi:
- dukkha-dukkha,
ialah penderitaan yang nyata, yang benar dirasakan sebagai penderitaan tubuh dan bathin, misalnya sakit kepala, sakit gigi, susah hati dll.

- viparinäma-dukkha
merupakan fakta bahwa semua perasaan senang dan bahagia --berdasarkan sifat ketidak-kekalan-- di dalamnya mengandung benih-benih kekecewaan, kekesalan dll.

- sankhärä-dukkha
lima khanda adalah penderitaan ; selama masih ada lima khanda tak mungkin terbebas dari sakit fisik.



II. Asal Mula Dukkha (dukkha samudaya ariya sacca)
Sumber dari penderitaan adalah tanhä, yaitu nafsu keinginan yang tidak ada habis-habisnya.
Semakin diumbar semakin keras ia mencengkeram.

Orang yang pasrah kepada tanhä sama saja dengan orang minum air asin untuk menghilangkan rasa hausnya.
Rasa haus itu bukannya hilang, bahkan menjadi bertambah, karena air asin itu yang mengandung garam.

Demikianlah, semakin orang pasrah kepada tanhä semakin keras tanhä itu mencengkeramnya.

Dikenal tiga macam tanhä, yaitu :
1. Kämatanhä : kehausan akan kesenangan indriya, ialah kehausan akan :
a. bentuk-bentuk (indah)
b. suara-suara (merdu)
c. wangi-wangian
d. rasa-rasa (nikmat)
e. sentuhan-sentuhan (lembut)
f. bentuk-bentuk pikiran


2. Bhavatanhä : kehausan untuk lahir kembali sebagai manusia berdasarkan kepercayaan tentang adanya "atma (roh) yang kekal dan terpisah" (attavada)

3. Vibhavatanhä : kehausan untuk memusnahkan diri, berdasarkan kepercayaan, bahwa setelah mati tamatlah riwayat tiap-tiap manusia (ucchedaväda).


III. Lenyapnya Dukkha (dukkha nirodha ariya sacca)
Kalau tanhä dapat disingkirkan, maka kita akan berada dalam keadaan yang bahagia sekali,
Sang Buddha dengan jelas dan tegas mengajar kita, bahwa kita dapat bebas dari penderitaan dan mencapai kebebasan dan kebahagiaan Nibbana.

Istilah Nibbana secara harfiah berarti ‘padam’,
serta mengacu ke pemadaman api keserakahan, kebencian dan kegelapan-batin.


IV. Jalan Menuju Lenyapnya Dukkha (dukkha nirodha gamini patipada)
Jalan-nya adalah Jalan Mulia Berunsur Delapan(Ariya Atthangika Magga)
Disebut ‘Mulia’ karena bila dilaksanakan, maka akan menuntun seseorang ke kehidupan yang mulia;
Disebut ‘Berunsur Delapan’, karena terdiri dari Delapan Unsur,
Disebut ‘Jalan’, karena seperti jalan pada umumnya, akan menuntun seseorang dari satu tempat ke tempat lain, dengan hal ini dari Samsara ke Nibbana.

Delapan Jalan Utama (Jalan Mulia Berunsur Delapan) yang akan membawa kita ke Jalan Menuju Lenyapnya Dukkha, yaitu :

Wisdom ( Pañña )
1. Pengertian Benar (sammä-ditthi) Right view
2. Pikiran Benar (sammä-sankappa) Right intention

Sila
3. Ucapan Benar (sammä-väcä) Right speech
4. Perbuatan Benar (sammä-kammanta) Right action
5. Pencaharian Benar (sammä-ajiva) Right livelihood

Samädhi
6. Daya-upaya Benar (sammä-väyäma) Right effort
7. Perhatian Benar (sammä-sati) Right mindfulness
8. Konsentrasi Benar (sammä-samädhi) Right concentration


FB.Groups:
FB.Groups: Anda bertanya, Buddhist menjawab

Sutta-sutta:
Magga Vibhanga Sutta: Analisa Jalan
MN 109 PTS: iii M 15 Maha-puHHama Sutta: Kotbah Panjang Malam Purnama
Detail mengenai Kemelekatan [#1 #2]

[Pancasila Buddhist]
[DhammaCitta :: Tipitaka terjemahan Bahasa Indonesia]
Jika ada sutta yg kira-kira ingin di lampirkan di depan, mohon inform via PM

Meditation 101: The Purposes of practicing Kammatthana Meditation (Samatha Vipassana) [PDF]

Quote:Original Posted By Rules and Regulation
BAB 4: Ketentuan khusus mengenai Thread AGAMA.
Thread Agama
Penjawab:
1. Pi-One - http://old.kaskus.co.id/member.php?u=156420
2. hollowmanz - http://old.kaskus.co.id/member.php?u=421038
3. dharo - http://old.kaskus.co.id/member.php?u=226722
4. avija - http://www.kaskus.co.id/profile/6668972
5. rock2titan - http://www.kaskus.co.id/profile/6674632
need suggestion dari mereka yang aktif dan perduli untuk membantu di "Penjawab"

"..."


Quote:[HOLY] Anda Bertanya, Buddhist Menjawab - Part 5

Dīgha Nikāya
Majjhima Nikāya
Saṃyutta Nikāya
Aṅguttara Nikāya
Khuddaka Nikāya
Jātaka
Riwayat Agung Para Buddha

PDF Indonesia Download:
https://drive.google.com/folderview?...Sb-hGdrQJm_X6l
Diubah oleh Kemenyan
profile-picture
sendhaljepit memberi reputasi
3
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 478 dari 501
19-06-2019 20:10
Quote:Original Posted By shinhikarugenji
Jangan percaya.
Coba pahami, setelahnya bia dinilai apakah itu bisa diterima ataupun tidak.
Jika cuma percaya, maka tak akan tahu.


emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By paramatha
lah saya mengerti kok. saya percaya karena saya sudah mencari tahu. dan cmn ajaran ini aja yang berbeda dari yang lain.



Bener tu kata papi iwan
Jangan percaya
Karena percaya = iman

Jd dalam budhis tidak ada istilah kata percaya



Kata papi sih emoticon-Malu
0 0
0
19-06-2019 21:57
Quote:Original Posted By gelas.pecah.48




sebenernya maksud kekosongan yg adalah sunyata itu lebih menekankan bahwa tiadanya suatu inti. semuanya hanyalah kumpulan2, hanyalah agregat2.
misalnya manusia, dy hanyalah kumpulan dari 5 pembentuk yaitu agregat materi, agregat perasaan, agregat pikiran, agregat faktor mental, agregat kesadaran.
nah kita ambil lg contoh yg paling gampang, agregat materi ato tubuh jasmani. tubuh jasmani ini bisa dibreakdown lg dengan menggunakan unsur pembentuknya, kita ambil contoh aj 4 unsur pembentuk utama, tanah, air, api, udara.
trs kita ambil lg unsur buat dbreakdown, contoh kita ambil unsur yg paling keras, tanah. nah unsur tanah ini klo di breakdown lg ternyata lebih banyak ruang kosongnya, alias berpori. lebih banyak ruang kosongnya dibanding ruang padatnya. kita ambil lagi ruang padatnya untuk dibreakdown. ternyata ada lagi pembentuk2 bagian padat tersebut, terus.. terus.. terus.. sampe yg paling kecilpun masi bisa dibagi lg. klo istilah buddhis namanya rupakelapa. inipun masi bisa lg dibreakdown lg.

nah dr situ lah disimpulkan ternyata tubuh jasmani hanyalah kumpulan2 saja. tidak ada inti utama tubuh jasmani. lanjut keperasaan sampe ke kesadaran Sang Buddha membuktikan bahwa tidak adanya inti dari suatu apapun. tidak ada roh tidak ada jiwa. semuanya kosong semuanya sunyata.

kira2 bgitu, mudah2an bisa memberi pengertian.

terima kasih atas jawabannya gan
saya cukup puas


0 0
0
19-06-2019 22:01
Quote:Original Posted By stoen69


emoticon-Big Grin





Bener tu kata papi iwan
Jangan percaya
Karena percaya = iman

Jd dalam budhis tidak ada istilah kata percaya



Kata papi sih emoticon-Malu

kayaknya begitu stoen
karena sang Guru berkata : "kalian jangan percaya karena aku mengatakan demikian, tapi ujilah"


emoticon-Ngacir
0 0
0
19-06-2019 22:04


Quote:Original Posted By sambudi7.jr
kayaknya begitu stoen
karena sang Guru berkata : "kalian jangan percaya karena aku mengatakan demikian, tapi ujilah"


emoticon-Ngacir


Klo yang ngeCrossing bijimane bud emoticon-Malu (S):
0 0
0
19-06-2019 22:14
Apakah disini ada yg memeluk buddhis aliran mahayana?

0 0
0
19-06-2019 22:34
Quote:Original Posted By sambudi7.jr
kayaknya begitu stoen
karena sang Guru berkata : "kalian jangan percaya karena aku mengatakan demikian, tapi ujilah"


emoticon-Ngacir



Ternyata hasil ujinya sesuai
Kemudian menjadi percaya


Odong2 emoticon-Ngacir2
0 0
0
19-06-2019 23:03
Quote:Original Posted By stoen69



Ternyata hasil ujinya sesuai
Kemudian menjadi percaya


Odong2 emoticon-Ngacir2

salah

setelah lulus pengujian
kemudian menjadi tahu


emoticon-Ngacir

0 0
0
19-06-2019 23:56
Quote:Original Posted By egag
hai emoticon-Leh Uga

kenapa lu semua jd budhis? emoticon-Leh Uga
Gue,gk jd budhis karena ini adalah agama tivu tivu plus dongeng...Gitu aja sih emoticon-Leh Uga

sejelek jeleknya buddhis mereka adalah tuan atas diri mereka = bos!

tapi sebagus apa dirimu tetap aja kamu itu seorang hamba/budak

ayo mending mana jadi budak atau jadi bos?


emoticon-Ngacir


0 0
0
20-06-2019 04:52
Quote:Original Posted By stoen69



Ternyata hasil ujinya sesuai
Kemudian menjadi percaya


Odong2 emoticon-Ngacir2

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By sambudi7.jr

salah

setelah lulus pengujian
kemudian menjadi tahu


emoticon-Ngacir

Arti kata percaya di KBBI adalah: mengakui atau yakin bahwa sesuatu memang benar atau nyata. :

pertinyiinnyi,para budhi melihat budha itu benar atau salah? emoticon-Leh Uga
Kalo benar,berarti percaya...kalo salah,kenapa jd budhis..?menarik ini emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By sambudi7.jr

sejelek jeleknya buddhis mereka adalah tuan atas diri mereka = bos!

tapi sebagus apa dirimu tetap aja kamu itu seorang hamba/budak

ayo mending mana jadi budak atau jadi bos?


emoticon-Ngacir




Tidak,semua manusia adalah budak nya Tuhan...gk percaya?

Coba lu sebutkan masa depan lu setelah ini?apakah pasti masih hidup?apa,bisa aja lu tiba tiba ketabrak becak dan meninggal

Who know?just god emoticon-Cool

Asa bantahan?emoticon-Leh Uga
0 0
0
20-06-2019 08:55
Quote:Original Posted By sambudi7.jr
salah

setelah lulus pengujian
kemudian menjadi tahu


emoticon-Ngacir



Menjadi tempe puh emoticon-Malu

Belajar dulu gih sm guru egagoblogy
v
V

Quote:Original Posted By egag
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

Arti kata percaya di KBBI adalah: mengakui atau yakin bahwa sesuatu memang benar atau nyata. :

pertinyiinnyi,para budhi melihat budha itu benar atau salah? emoticon-Leh Uga
Kalo benar,berarti percaya...kalo salah,kenapa jd budhis..?menarik ini emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak




Asa bantahan?emoticon-Leh Uga
0 0
0
20-06-2019 09:07
Quote:Original Posted By egag






Tidak,semua manusia adalah budak nya Tuhan...gk percaya?

Coba lu sebutkan masa depan lu setelah ini?apakah pasti masih hidup?apa,bisa aja lu tiba tiba ketabrak becak dan meninggal

Who know?just god emoticon-Cool

Asa bantahan?emoticon-Leh Uga


ya itu namanya god of the gap

tolol banget

0 0
0
Lihat 2 balasan
Lapor Hansip
20-06-2019 09:09
Balasan post neptunium
Quote:Original Posted By neptunium


ya itu namanya god of the gap

tolol banget



gk ada bantahan?oke lah emoticon-Cool
0 0
0
20-06-2019 10:22
Quote:Original Posted By egag
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

Arti kata percaya di KBBI adalah: mengakui atau yakin bahwa sesuatu memang benar atau nyata. :

pertinyiinnyi,para budhi melihat budha itu benar atau salah? emoticon-Leh Uga
Kalo benar,berarti percaya...kalo salah,kenapa jd budhis..?menarik ini emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak



Tidak,semua manusia adalah budak nya Tuhan...gk percaya?

Coba lu sebutkan masa depan lu setelah ini?apakah pasti masih hidup?apa,bisa aja lu tiba tiba ketabrak becak dan meninggal

Who know?just god emoticon-Cool

Asa bantahan?emoticon-Leh Uga


Lo tau dari mana yang cuma tahu itu makhluk yang lo sebut Tuhan?
0 0
0
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
20-06-2019 10:32
Balasan post kily89
Quote:Original Posted By kily89


Lo tau dari mana yang cuma tahu itu makhluk yang lo sebut Tuhan?


Tuhan kok makhluk...?

kayaknya,Lu pelajarin dulu dah apa pengertian makhluk dan Tuhan emoticon-Cape d...
0 0
0
Lapor Hansip
20-06-2019 10:35
Balasan post egag
Quote:Original Posted By egag
Ngerugiin donk...Gue,mencoba mencerdaskan bangsa...
Lah gimana mau cerdas kalo penghuninya masih banyak yg meyakini dongeng emoticon-Cape d...


lo mau cerdaskan. lo ketemu menteri agama saja. gitu aja repot. ntar 1 indonesia bisa lo cerdasin. gini aia ga nyampe pemikiran lo. lo usut aja ke menteri agama. buddhis itu tipu2.
kalao disini dari zaman bahula mpe jaman now. ga da yang ikutin lo mpe sekarang. 1 biji pun kaga ada. yang ada ditentang trus. tapi lo nya ga sadar diri. makanya gua bilang lo orang ga waras.
0 0
0
20-06-2019 10:40


Quote:Original Posted By egag
Tuhan kok makhluk...?

kayaknya,Lu pelajarin dulu dah apa pengertian makhluk dan Tuhan emoticon-Cape d...


kalo dari KBBI, Tuhan adalah sesuatu yang diyakini, dipuja, dan disembah oleh manusia sbg yg mahakuasa, mahaperkasa, dsb.

mahluk adalah sesuatu yang diciptakan atau dijadikan oleh Tuhan (KBBI).

tapi kalau berbicara soal eksistensi tuhan, saya menganggap bahwa tuhan itu adalah bullshit yang dicuptakan ribuan tahun yang lalu oleh manusia sebagai alasan atas sesuatu yang mereka ga paham. mereka menjadikan tuhan sebagai alasan segala sesuatu di dunia ini.

kadang saya heran dgn manusia yang mepersonifikasikan tuhan. yang maha pengasih, yang tertinggi, yang melapangkan, dsb. jika tuhan memiliki kualitas2 seperti itu? kenapa menyesengsarakan unatnya yang bertaqwa kepadanya? kenapa merebut kebahagiaan mereka? kenapa tuhan tidak menciptakan manusia di surganya? kenapa harus di bumi?

atas pemikiran ini, saya menganggap tuhan itu adalah bullshit.
Diubah oleh paramatha
0 0
0
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
20-06-2019 10:49
Balasan post avija
Quote:Original Posted By avija


lo mau cerdaskan. lo ketemu menteri agama saja. gitu aja repot. ntar 1 indonesia bisa lo cerdasin. gini aia ga nyampe pemikiran lo. lo usut aja ke menteri agama. buddhis itu tipu2.
kalao disini dari zaman bahula mpe jaman now. ga da yang ikutin lo mpe sekarang. 1 biji pun kaga ada. yang ada ditentang trus. tapi lo nya ga sadar diri. makanya gua bilang lo orang ga waras.


metode gue kan,metode gerilya...emoticon-Cool

sedikit demi sedikit,maka Indonesia akan cerdas emoticon-Matabelo emoticon-Leh Uga
0 0
0
Lapor Hansip
20-06-2019 10:51
Balasan post paramatha
Quote:Original Posted By paramatha




kalo dari KBBI, Tuhan adalah sesuatu yang diyakini, dipuja, dan disembah oleh manusia sbg yg mahakuasa, mahaperkasa, dsb.

mahluk adalah sesuatu yang diciptakan atau dijadikan oleh Tuhan (KBBI).

tapi kalau berbicara soal eksistensi tuhan, saya menganggap bahwa tuhan itu adalah bullshit yang dicuptakan ribuan tahun yang lalu oleh manusia sebagai alasan atas sesuatu yang mereka ga paham. mereka menjadikan tuhan sebagai alasan segala sesuatu di dunia ini.

kadang saya heran dgn manusia yang mepersonifikasikan tuhan. yang maha pengasih, yang tertinggi, yang melapangkan, dsb. jika tuhan memiliki kualitas2 seperti itu? kenapa menyesengsarakan unatnya yang bertaqwa kepadanya? kenapa merebut kebahagiaan mereka? kenapa tuhan tidak menciptakan manusia di surganya? kenapa harus di bumi?

atas pemikiran ini, saya menganggap tuhan itu adalah bullshit.


oke,gue kasih resepnya deh...

nih dia

V
V
V

https://m.kaskus.co.id/thread/5981e3...ri-sisi-ilmiah


menarik untuk di tunggu,,apa Lu masih berani bilang begitu setelah baca tuh trit emoticon-Leh Uga
0 0
0
20-06-2019 11:11
Quote:Original Posted By egag
Tuhan kok makhluk...?

kayaknya,Lu pelajarin dulu dah apa pengertian makhluk dan Tuhan emoticon-Cape d...


Hussshhh... Jawab aja pertanyaan gw. Jangan out of topic.
0 0
0
Lihat 12 balasan
20-06-2019 11:11


Quote:Original Posted By egag
oke,gue kasih resepnya deh...
menarik untuk di tunggu,,apa Lu masih berani bilang begitu setelah baca tuh trit emoticon-Leh Uga


maaf tidak ada satupun penjelasan ilmiah dari thread yang anda tulis. cmn fakta dr Al Quran yang relevan dgn fakta sains. lg pula yg saya permasalahkan disini adalah personifikasi tuhan.

katakanlah di dalam Islam, ada yang namanya Asmaul Husna (99 Nama Allah) , permasalahannya dr sekian nama tersebut tidak ada yang cocok dengan kenyataannya. terlebih knp tuhan cmn ciptakan adam dan hawa? kenapa ga rame2 gt?
0 0
0
Lihat 2 balasan
Halaman 478 dari 501
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.