• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Canggih! AI Kini Mampu Membuat Musik Yang Lebih 'Berjiwa' Dibanding Manusia

aldwin160
TS
aldwin160
Canggih! AI Kini Mampu Membuat Musik Yang Lebih 'Berjiwa' Dibanding Manusia


David Cope adalah Profesor Musikologi dari Universitas California di Santa Cruz. Dia adalah salah satu figur paling kontroversial di bidang musik klasik. Cope telah menulis beberapa program yang dapat menciptakan musik klasik secara otomatis. Program yang pertama dibuat Cope dinamai EMI (Experiments in Musical Intelligence), yang berspesialisasi untuk mengimitasi gaya musik Johann Sebastian Bach. Untuk membuat EMI, David Cope menghabiskan waktu sekitar 7 tahun, tetapi ketika EMI selesai dibuat, dia langsung menghasilkan 5000 karya dalam SATU HARI.

Cope lalu memutar beberapa karya EMI di festival musik di Santa Cruz. Begitu musik-musik tersebut selesai diputar, para penonton memuji penampilan menakjubkan dari musik klasik karya EMI. Mereka mengatakan bahwa musik-musik tersebut sangat menyentuh lubuk hati terdalam mereka.

Pada awalnya, penonton tidak mengetahui bahwa musik tersebut adalah karya kecerdasan buatan, bukan karya manusia. Ketika fakta diungkap, sebagian penonton langsung terdiam, sedangkan sebagian lainnya berteriak marah.

EMI terus dikembangkan untuk belajar mengimitasi gaya musik Beethoven, Chopin, Rachmaninov, dan Stravinsky. Kemudian, EMI menciptakan album pertamanya yang berjudul "Classical Music Composed By Computer" yang secara mengejutkan laku keras ketika dijual. Rilis album ini membuat publik semakin tidak suka dengan EMI.

Spoiler for contoh musik karya EMI:

0
495
2
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.