alexa-tracking
Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
77
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d0758aa9a972e4fd7334e7e/cara-terbaik-memberi-dukungan-untuk-teman-yang-alami-depresi
Berhadapan dengan seseorang yang mengidap depresi memang nggak mudah. Kadang-kadang kita bisa merasa bingung, frustrasi, bahkan putus asa dalam menghadapi mereka. Kadang-kadang kita juga harus sangat berhati-hati dalam berbicara dan bertindak terkait mereka karena takut mereka akan merasa tersinggung atau semacamnya. Memberikan nasihat kepada mereka pun mungkin pernah kita lakukan meski tidak s
Lapor Hansip
17-06-2019 16:08

Cara Terbaik Memberi Dukungan untuk Teman yang Alami Depresi

Past Hot Thread

Cara Terbaik Memberi Dukungan untuk Teman yang Alami Depresi


Berhadapan dengan seseorang yang mengidap depresi memang nggak mudah. Kadang-kadang kita bisa merasa bingung, frustrasi, bahkan putus asa dalam menghadapi mereka. Kadang-kadang kita juga harus sangat berhati-hati dalam berbicara dan bertindak terkait mereka karena takut mereka akan merasa tersinggung atau semacamnya. Memberikan nasihat kepada mereka pun mungkin pernah kita lakukan meski tidak selalu mereka dengarkan.

Karena depresi adalah sebuah gangguan yang sangat berbahaya untuk seseorang, terlebih ketika mereka mulai mengisolasi diri, gangguan ini bisa sangat membahayakan sebuah hubungan. Soalnya, mengulurkan tangan untuk membantu mereka yang mengalami depresi jauh lebih sulit. Namun disaat yang sama dukungan dari orang lain juga sangat dibutuhkan.

Menurut Deborah Serani, seorang psikolog yang juga pernah berjibaku dengan depresi, ada sembilan strategi terbaik yang bisa digunakan untuk memberikan dukungan kepada mereka yang mengidap depresi. Cara ini mungkin bisa kamu lakukan untuk orang tersayang kamu, GanSis:


Quote:1. Berusaha selalu ada

Menurut Serani, hal terbaik yang bisa kamu lakukan untuk seseorang yang mengidap depresi adalah berusaha selalu ada untuk mereka. Hal ini sesuai dengan pengalaman pribadi Serani yang pernah berada dalam fase tersebut. Serani merasa ketika ada seseorang yang mau duduk menemaninya menangis adalah momen yang paling ampuh untuk mengobati perasaan-perasaan tertekan tersebut.

"Atau ketika mereka memegang tanganku tanpa bilang apa-apa, atau bilang padaku bahwa aku adalah sosok yang penting untuk mereka, bertanya apa yang bisa mereka lakukan untuk membantuku, dan bilang padaku kalau mereka akan mencari cara untuk membuatku merasa lebih baik," kata Serani dikutip Psychcentral.com.



Quote:2. Mencoba melakukan hal-hal kecil buat mereka

Nggak semua orang nyaman mengekspresikan emosi mereka dengan memberikan kata-kata penyemangat seperti yang ada di poin pertama. Menurut Serani, ada cara lain juga yang bisa dilakukan untuk memberikan dukungan. Serani menyarankan banyak hal mulai dari mengirim kartu, pesan singkat, memasak makanan, atau mengirim pesan suara kepada mereka yang menderita depresi.

Hal-hal kecil yang kita lakukan ini bisa menjadi jembatan penghubung antara perhatian kita dengan orang tersebut. Juga bisa jadi secercah cahaya untuk membuat mereka merasa lebih bahagia.



Quote:3. Jangan menghakimi atau mengkritik

Apa yang kita lakukan bisa memberikan pengaruh yang kuat buat mereka. Serani menyarankan kita untuk tidak memberikan saran-saran yang justru semakin membuat mereka merasa lebih buruk. Seperti meminta mereka untuk melihat sesuatu dari sisi positifnya, atau bilang kalau semua hal ini hanya terjadi di kepala mereka saja.

Kalimat-kalimat seperti ini mengisyaratkan bahwa mereka sebenarnya punya pilihan, tetapi mereka memilih untuk depresi. Hal ini tak hanya terkesan tidak sensitif tetapi juga bisa mengisolasi mereka lebih jauh.



Quote:4. Hindari ancaman-ancaman demi cinta

Banyak yang berpikir bahwa bersikap agak keras terhadap orang yang kita cintai akan bisa membuat mereka bisa cepat berubah dari satu kondisi depresi ke kondisi yang lebih baik. Hal ini tidak berlaku dan tidak disarankan untuk dilakukan. Memberikan ancaman-ancaman atau ultimatum buat mereka yang menderita depresi bisa berbahaya buat mereka karena semakin membuat mereka merasa dijauhi dan tidak dianggap.


Cara Terbaik Memberi Dukungan untuk Teman yang Alami Depresi



Quote:5. Jangan berusaha mengecilkan rasa sakit mereka.

Seseorang yang mengalami depresi mengalami kesulitan-kesulitan dalam diri mereka. Setiap hari yang mereka lalui adalah seperti perang melawan diri sendiri. Serani menyarankan untuk kita tidak usah berusaha mengecilkan perasaan sakit dalam diri mereka tersebut dengan bertanya hal-hal seperti "Kenapa sih kamu selalu membiarkan hal-hal kecil membuatmu kepikiran sampai segininya?"

Apa yang mereka rasakan bukanlah sebuah kelemahan atau kekurangan dalam kepribadian mereka sebagai manusia. Apa yang mereka rasakan adalah penyakit dan gangguan serius yang tidak mudah untuk dihilangkan.



Quote:6. Hindari memberi nasihat

Memang rasanya memberi nasihat kepada orang yang kita sayangi itu adalah hal yang biasa. Kapanpun orang yang kita sayangi sedang mengalami hal buruk, kita selalu akan berusaha untuk setidaknya memperbaiki mood-nya dan membuatnya merasa lebih baik.

Namun beda kasus untuk mereka yang mengalami depresi. Serani mengatakan, orang yang depresi memang mungkin butuh arahan dari seseorang, tetapi mengutarakan nasihat akan membuat mereka merasa dihina dan merasa tidak mampu. Alih-alih memberi nasihat, sebaiknya kita bertanya kepada mereka "Apa yang bisa kita lakukan untuk membuat mereka merasa lebih baik?"

Ini akan memberi kesempatan buat mereka yang mengalami depresi untuk meminta bantuan. Ketika mereka sudah mengutarakan bahwa mereka butuh bantuan dan arahan, perasaan-perasaan seperti "terhina" tidak akan mereka rasakan.



Quote:7. Jangan membanding-bandingkan

Hindari membanding-bandingkan mereka yang mengalami depresi dengan orang lain. Kecuali kalau kamu sendiri yang mengalami episode depresi tersebut. Memang kesannya ini akan membantu mereka keluar dari perasaan putus asa tetapi ini juga bisa membuat mereka tidak lagi ingin melanjutkan pembicaraan soal masalah mereka.


Cara Terbaik Memberi Dukungan untuk Teman yang Alami Depresi



Quote:8. Cari tahu lebih banyak tentang depresi

Kita bisa menghindari kesalahan-kesalahan yang sudah ditulis di atas dengan cari tahu lebih banyak soal depresi. Setelah kita tahu dan mengerti bagaimana gejala depresi, bagaimana bisa terjadi dan apa konsekuensi dari depresi tersebut terhadap seseorang, kita bisa lebih mudah dalam memberikan dukungan kepada mereka yang mengalaminya.

Yang perlu diingat juga, depresi bukanlah penyakit statis. Ada pasang surut gejala yang ditunjukkan oleh penderita depresi yang kadang tidak dimengerti dan diketahui oleh mereka yang tidak mengalaminya. Serani menjelaskan, orang dewasa yang mengalami depresi bisa saja tetap tertawa ketika mendengarkan lelucon, anak-anak yang depresi bisa saja tetap masuk sekolah, mendapat nilai bagus dan terlihat ceria.

"Faktanya, gejala depresi itu menetap di suatu tempat (dalam diri seseorang), tersembunyi dan tidak mudah untuk dilihat, jadi sangat penting untuk tahu bahwa depresi punya jangkauan yang jauh dan seringkali tidak nampak," ujar Serani.



Quote:9. Bersabarlah

Serani yakin kesabaran adalah kunci penting dalam memberikan dukungan untuk seseorang yang mengalami depresi. Ketika kita bersabar, kita sekaligus menunjukkan kepada mereka bahwa selama apapun proses penyembuhan ini akan berjalan, semua kesulitannya akan dijalani bersama-sama dan kita akan ada di sana bersama mereka.

Kesabaran ini menyimpan hasil yang luar biasa. Karena kesabaran datang bersama harapan. Ketika seseorang mengalami depresi, harapan itu rasanya seperti mustahil. Kadang-kadang ketika memberi dukungan pada orang yang depresi akan membuat kita bingung. Tapi yang perlu diingat, selalu berada di sisi orang tersebut dan membuat mereka yakin bahwa kita akan siap membantu apapun adalah sebuah hadiah istimewa untuk mereka.


profile-picture
profile-picture
profile-picture
slametgentho dan 12 lainnya memberi reputasi
13
Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 4
Cara Terbaik Memberi Dukungan untuk Teman yang Alami Depresi
19-06-2019 18:15
bisa dengan ngedengerin ceritanya
itu dah suatu dukungan buat mereka
profile-picture
profile-picture
moviegangsta dan haishori memberi reputasi
2 0
2
Cara Terbaik Memberi Dukungan untuk Teman yang Alami Depresi
19-06-2019 18:19
Depresi dalam hal karir itu hal berat yg pernah ane alamin emoticon-Turut Berduka
0 0
0
Cara Terbaik Memberi Dukungan untuk Teman yang Alami Depresi
19-06-2019 18:19
Quote:Original Posted By masmomon
bisa dengan ngedengerin ceritanya
itu dah suatu dukungan buat mereka


Setuju gan emoticon-Jempol
profile-picture
masmomon memberi reputasi
1 0
1
Cara Terbaik Memberi Dukungan untuk Teman yang Alami Depresi
19-06-2019 18:20
Ke psikiater gitu?
Dikasih obat anti depresan bisa lebih kacau...

Emang cuman bisa kasih kata "sabar aja yak" dan support (temenin dan dengerin)

Entah mungkin karena agama udah gak efektif makannya gak bisa jadi jalan alternatif
0 0
0
Cara Terbaik Memberi Dukungan untuk Teman yang Alami Depresi
19-06-2019 18:28
Obat anti depresi paling ampuh..

Cara Terbaik Memberi Dukungan untuk Teman yang Alami Depresi
profile-picture
moviegangsta memberi reputasi
0 1
-1
Cara Terbaik Memberi Dukungan untuk Teman yang Alami Depresi
19-06-2019 18:29
klw gw gw kasih tampar n racun tikus
profile-picture
profile-picture
screamo37 dan moviegangsta memberi reputasi
1 1
0
Cara Terbaik Memberi Dukungan untuk Teman yang Alami Depresi
Lapor Hansip
19-06-2019 18:31
Balasan post onanisehari5x
Quote:Original Posted By onanisehari5x
kmren ada pansos kaskus ngaku depresi trs pgn bundir tp gk jd krna di bully

emoticon-Ngakak


Bully itu game ps2 ntu ya gan emoticon-Nohope
profile-picture
caerbannogrbbt memberi reputasi
1 0
1
Cara Terbaik Memberi Dukungan untuk Teman yang Alami Depresi
19-06-2019 18:34
Depressi atau anxiety, beda keduanya.
0 0
0
Cara Terbaik Memberi Dukungan untuk Teman yang Alami Depresi
19-06-2019 18:38
ajak main game, nonton untuk meredakan.. emoticon-Shakehand2
profile-picture
mr.RDz memberi reputasi
1 0
1
Cara Terbaik Memberi Dukungan untuk Teman yang Alami Depresi
19-06-2019 18:39
Quote:Original Posted By tottorotooot
Depressi atau anxiety, beda keduanya.


Anxiety itu cemas kan yaa.. emoticon-Shakehand2
profile-picture
mr.RDz memberi reputasi
1 0
1
Cara Terbaik Memberi Dukungan untuk Teman yang Alami Depresi
19-06-2019 18:41
Quote:Original Posted By tottorotooot
Depressi atau anxiety, beda keduanya.


Anxiety itu cemas kan yaa.. emoticon-Shakehand2
profile-picture
mr.RDz memberi reputasi
1 0
1
Cara Terbaik Memberi Dukungan untuk Teman yang Alami Depresi
19-06-2019 18:41
Waduuuhh, kok jadi triple post gini sih, emoticon-Hammer2
Diubah oleh olxlo
profile-picture
mr.RDz memberi reputasi
1 0
1
Cara Terbaik Memberi Dukungan untuk Teman yang Alami Depresi
19-06-2019 19:02
Ketika kau bersedih, ingatlah; bahwa setelah hujan lebat melanda, pasti akan ada pelangi yang datang sebagai harapan baruemoticon-rainbow
profile-picture
moviegangsta memberi reputasi
1 0
1
Cara Terbaik Memberi Dukungan untuk Teman yang Alami Depresi
19-06-2019 19:05
hubungan sama tuhannya harus teratur dan disiplin waktu untuk ibadah dan otomatis berhubungan dengan manusianya akan mengikuti dan membaik begitu juga jiwanya.
Oh iya berpikir positif dan serahkan sama tuhan semua "tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongannya" emoticon-Malu dan nasehati dengan nada lembut seperti kita diposisi mereka
Diubah oleh sevenfiveseven
0 0
0
Cara Terbaik Memberi Dukungan untuk Teman yang Alami Depresi
19-06-2019 19:14
suicide is the solution.
profile-picture
moviegangsta memberi reputasi
0 1
-1
Cara Terbaik Memberi Dukungan untuk Teman yang Alami Depresi
19-06-2019 19:29
Pernah depresi bawaan pengen bunuh diri wkwk tapi takut mati emoticon-Ngakak
Sekarang ane bahagia terus gan alhamdulillah banyak2 dekat dengan Allah sama keluarga terus lebih sering kumpul sama temen emoticon-Smilie
profile-picture
nadiadewi02 memberi reputasi
1 0
1
Cara Terbaik Memberi Dukungan untuk Teman yang Alami Depresi
19-06-2019 19:32
mereka butuh dukungan, hal-hal kecil bahkan sangat berarti
0 0
0
Cara Terbaik Memberi Dukungan untuk Teman yang Alami Depresi
19-06-2019 20:08
untuk masalah depresi sebaiknya harus terus dihibur

dan ingat jangan biarkan mereka sendirian
Diubah oleh rihils01
profile-picture
siooon memberi reputasi
1 0
1
Cara Terbaik Memberi Dukungan untuk Teman yang Alami Depresi
19-06-2019 20:19
lengkap dan mantap banget tipsnya.
0 0
0
Cara Terbaik Memberi Dukungan untuk Teman yang Alami Depresi
19-06-2019 21:15
Temen2 ane harus baca nih
0 0
0
Halaman 2 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.