• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Ibarat Petromaks, Kenapa "Micro SD" Kini Sudah Mulai Ditinggalkan?

junleonAvatar border
TS
junleon
Ibarat Petromaks, Kenapa "Micro SD" Kini Sudah Mulai Ditinggalkan?


image by videomaker.com

Di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini, kita sudah bisa melakukan hal apapun dengan mudah. Mulai dari aktifitas A-Z semuanya sudah praktis dan terbantu dengan adanya teknologi. Teknologi memang sangat membantu kita dalam banyak hal, diantaranya dalam menyimpan kenangan-kenangan kita berupa foto atau video, ataupun data-data lain yang kita anggap penting.

Entah itu seperti foto, video, musik ataupun yang lainnya, kini sudah bisa disimpan dalam sebuah benda kecil yang canggih bernama Micro SD. Apakah itu micro sd? Micro SD adalah sebuah kartu memori yang termasuk ke dalam kategori penyimpanan eksternal yang berukuran kecil yang biasa dipakai untuk smartphone. Pada jaman dulu, ketika awal-awal micro sd tercipta, kapasitas penyimpanannya hanya sebesar 125 MB gan, tentu itu adalah kapasitas terbesar di jaman tersebut.

Tapi sekarang, kapasitas penyimpanan micro sd ternyata sudah mencapai 500 GB lebih loh, wow bukan? Bahkan kabarnya, salah satu perusahaan pembuat micro sd yakni SanDisk, berhasil membuat micro sd dengan kapasitas penyimpanan sebesar 1 TB gan! Sekedar info saja untuk yang belum tahu, MB = Mega Bite, GB = Giga Bite, dan TB = Tera Bite.

Dengan ukuran penyimpanan yang beragam, Agan bisa memilih sesuai keinginan Agan dengan tetap melihat spek hp Agan, apakah bisa digunakan micro sd dengan penyimpanan tersebut atau tidak. Tapi saat ini, micro sd sudah mulai banyak ditinggalkan orang-orang loh? Mengapa demikian, apa alasannya?

Itu wajar saja gan, mengingat teknologi yang semakin canggih dan terus memunculan inovasi baru. Alasan lainnya yakni smartphone saat ini sudah banyak yang mempunyai memori internal dengan kapasitas penyimpanan yang cukup besar, sehingga memori eksternal dirasa tidak perlu. Selain itu, karena micro sd ini adalah benda fisik yang bisa dilepas dan dipasang, benda ini rentan akan kerusakan.



image by androidcentral.com

Hal lain yang membuat beberapa orang pengguna smartphone sudah tidak lagi membutuhkan micro sd adalah Cloud Storage. Cloud storage adalah penyimpanan data di sejumlah server yang dikelola pihak penyedia layanan. Intinya, penyimpanan ini berbasis online dan bisa di akses di perangkat mana saja. Selain itu, cloud storage juga banyak ditawarkan secara gratis.

Dan lagi, hal lain yang membuat orang tidak memerlukan micro sd adalah media streaming yang makin menjamur. File-file seperti musik dan video memang kerap menghabiskan kapasitas penyimpanan micro sd. Tapi dengan adanya layanan streaming tersebut, kita tak perlu menyimpan dan menghabiskan kapasitas penyimpanan kita.

Cukup dengan jaringan internet yang memadai, Agan sudah bisa mendengarkan lagu, menonton video, dan juga menyimpan foto-foto secara online tanpa takut data hilang atau kapasitas penyimpanan berkurang. Jadi, smartphone Agan harus mempunyai sinyal internet yang kuat dan stabil untuk melakukan beberapa hal tersebut ya.

Sinyal internet yang kuat tuh emang ngebantu banget buat menjalankan beberapa aktivitas di smartphone. Kalau ane sih pastinya pilih kartu yang Smart buat ane jadiin Teman Pintarsmartphone ane. Kartu yang punya sinyal stabil, kuota berlimpah, tapi harganya murah, seperti kartu Smartfren.

Referensi : jalantikus, techinasia, pricebook, tokopuas

Diubah oleh junleon 04-04-2022 06:53
Zedcool
ilip.ilip
vaantw88
vaantw88 dan 22 lainnya memberi reputasi
19
16.5K
269
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.