• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Taeyeon 'SNSD' Mengaku Tengah Melawan Depresi #WeLoveYouKimTaeyeon

ghibahbuzz
TS
ghibahbuzz
Taeyeon 'SNSD' Mengaku Tengah Melawan Depresi #WeLoveYouKimTaeyeon


Personel SNSD atau Girls' Generation, Kim Taeyeon, terbilang sangat aktif di Instagram pribadinya @taeyeon_ss. Seringkali Taeyeon mengobrol dengan para penggemar yang akrab disapa SONE lewat fitur sticker Questions di Instagram Stories. Seperti yang dilakukannya pada Minggu 16 Juni 2019 kemarin, Taeyeon memberi kesempatan kepada penggemarnya untuk bertanya apapun kepadanya. Di satu tanggapan ke pertanyaan pengikut Instagram-nya, Taeyeon mengaku tengah menghadapi depresi.

Masalah kesehatan mental dan depresi di Korea Selatan terbilang tinggi. Korea Heraldmenulis menurut data dari OECD bahwa Korea Selatan adalah negara dengan angka bunuh diri tertinggi di dunia. Dikutip dari borgenproject.org, statistik pemerintah menunjukkan bahwa satu dari empat warga negara Korea Selatan menghadapi penyakit mental setidaknya sekali sepanjang hidup mereka. Namun sayangnya data statistik juga menunjukkan bahwa hanya satu dari sepuluh orang yang mencari bantuan profesional untuk menangani masalah tersebut.

Masalah kesehatan mental juga bukanlah hal yang nyaman dibicarakan secara terbuka di ruang publik oleh masyarakat Korea Selatan, termasuk selebriti. Taeyeon mungkin salah satu dari sedikit selebriti kenamaan yang mau buka suara soal masalah yang dihadapinya. Dr. Kim Hyong-soo, psikolog dan profesor di Chosun University di Gwangju menjelaskan bahwa bicara secara terbuka tentang masalah emosional masih dianggap tabu oleh masyarakat Korea Selatan. Itulah kenapa mereka yang mengalami stres dan depresi menolak melakukan terapi dan mencari bantuan. Hal ini dipercayai oleh Dr. Kim Hyong-soo berujung pada tindakan bunuh diri yang 90% karena depresi.



Taeyeon di sisi lain mengaku bahwa dia sedang berusaha keluar dari masalah depresi yang dialaminya ini. Dia juga secara tegas melawan mereka yang memandang rendah masalah ini dan orang-orang yang mengidap depresi sepertinya. Salah satu pengikutnya di Instagram menulis ke Taeyeon:


Quote:


Gangguan Bipolar atau Bipolar Disorder sebelumnya dikenal dengan nama Manic Depression, sebuah kondisi yang ditandai dengan perubahan mood yang sangat ekstrem dari waktu ke waktu.

Taeyeon merasa orang yang mengirim pertanyaan tersebut terlalu menganggap sepelesoal penyakit mental secara umum dan gangguan mental yang sedang dihadapinya sendiri. Dia pun membalas dengan tegas kepada pengirim pertanyaan tersebut bahwa gangguan bipolar bukanlah sesuatu yang remeh dan bisa dipandang rendah ("ck ck" atau "tsk tsk" adalah ekspresi yang digunakan ketika seseorang sedang meremehkan atau memandang rendah sesuatu).

Quote:


Di jawaban atas beberapa pertanyaan lain, Taeyeon juga mengisyaratkan bahwa dia sedang tidak dalam kondisi yang sehat. Seperti ketika salah satu penggemar bertanya "Apakah kau baik-baik saja?"yang dijawabnya singkat dengan "Tidak".

Taeyeon juga menerima banyak sekali ucapan penyemangat dari penggemarnya yang dibalasnya dengan semangat pula. Termasuk salah satu yang mengaku juga tengah mengalami depresi dan sedang menjalani pengobatan.

"Ayo selesaikan masalah (depresi) ini bersama. Aku akan selalu memberi semangat untukmu!" tulis salah satu fans.

"Semua akan membaik." balas Taeyeon.



Menerima banyak cinta dari para penggemar, Taeyeon tak lupa mengucapkan terima kasih yang mendalam. "Terima kasih karena sudah mendengarkan lagu-laguku dan memperhatikanku. Karena kalian semua, aku mendapat kekuatan setiap harinya."tulis Taeyeon.

Dalam sebuah tulisan panjang untuk balasan "virtual hug" dari fans, Taeyeon juga mengungkapkan kalau dirinya akan baik-baik saja.


Quote:


We love you, Kim Taeyeon! 

emoticon-Kissemoticon-Peluk


Diubah oleh ghibahbuzz 17-06-2019 03:59
pinknam00doridoruTaengBee
TaengBee dan 3 lainnya memberi reputasi
4
10K
122
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.