rismaaaaAvatar border
TS
rismaaaa
Ketika Penulis Mudah Menerbitkan Buku


Ketika Penulis Mudah Menerbitkan Buku

Bandung punya pesona dalam urusan perbukuan. Selain seringnya event pameran, juga penuh dengan kegiatan buku. Sekalipun mungkin dunia buku di Bandung tak semeriah bidang industri kreatif lain, tetapi bagaimana pun juga harus diapresiasi. Penerbit-penerbit besar, menengah dan kecil masih eksis dan itu menjadi bagian dari transformasi sosial kelas menengah yang doyan ilmu.
Satu hal yang menarik dalam dunia perbukuan adalah hubungan penulis dengan penerbit. Sekalipun ribuan penerbitan, tetap saja saat ini keluhan naskah sulit terbit dari penulis terus bermunculan. Maklum, sebab utamanya adalah kemampuan penerbit menyerap ribuan karya dari para penulis tidak sebanding. Itu yang jadi masalah utama. Dan kemudian saya mencoba mengapresiasi salahsatu cara “penerbit” memberikan solusi kepada para penulis agar bukunya lebih cepat terbit dan tetap diperlakukan sebagaimana mestinya buku-buku bermutu yang lolos seleksi.
Di Penerbit Nuansa Cendekia, tempat saya banyak belajar dan juga berkonstribusi memberikan naskah-naskah, saya bertemu Yopi Setia Umbara, redaktur Pelaksana yang setiap hari menggawangi naskah-naskah para penulis. Kang Yopi selain hobi mendata naskah yang masuk dan mengajukan dalam ruang seleksi, juga sering melayani para penulis yang ingin naskahnya segera terbit tanpa melalui proses seleksi dengan system membantu modal, atau membantu penjualan.
Berikut ini beberapa hal yang saya perlu sampaikan dari tanya tawab saya (Syarif Yahya) dengan Yopi Setia Umbara (Redaktur Pelaksana Penerbit Nuansa Cendekia Bandung), September 2014.

Quote:


Spoiler for sumur:
Diubah oleh rismaaaa 28-10-2014 05:07
lebahmaduid
lebahmaduid memberi reputasi
1
1.6K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.