ih.sul
TS
ih.sul
BELAJAR CINTA DARI BYOUSOKU 5 CENTIMETER / 5 CENTIMETER PERSECOND


“kecepatan jatuh bunga sakura adalah 5 sentimeter perdetik
 Yang merupakan metafora kehidupan dimana meski kita menempuh Awal
 yang sama pada akhirnya kita akan terpisah dan menyusuri jalan kita masing masing”

Jika anda mendengar nama makoto shinkai, mungkin byousoku 5 centimeter(5 centimeter persecond) bukan lah anime pertama yang anda pikirkan. Mungkin anda akan lebih mengingat karya hit ‘kimi no nawa’, atau mungkin karya barunya yang akan rilis juli nanti ‘tenki no ko’. Tetapi dari sekian banyaknya karya makoto shinkai, byousoku 5 centimeter adalah yang paling membekas di hati saya.


Byousoku 5 centimeter bercerita tentang kisah cinta sepasang muda mudi tohno Takaki dan shinohara Akari yang dikemas dengan baik dan penuh tragedi oleh makoto shinkai. Anime ini terdiri dari 3 bagian yang saling berhubungan. Apa yang diceritakan oleh anime ini adalah cinta yang tidak tersampaikan sehingga terus terpendam di hati dan akhirnya terlupakan.kisah yang romantis sekaligus tragis



Anime ini sendiri sudah mendapatkan 2 adaptasi light novel dan juga manga yang mana baik light novel dan manganya akan membahas lebih jelas isi dari anime ini.
Lalu, apa saja pesan cinta yang terdapat dalam anime ini? Mari kita lihat satu persatu
(disini saya juga akan sekaligus membahas anime itu sendiri, jadi untuk agan yang belum nonton saya sarankan untuk menontonnya terlebih dahulu. Saya jamin anime ini sangatlah worth untuk ditonton)
               
CINTA PERTAMA

Siapa yang tidak pernah jatuh cinta? Setiap insan di muka bumi ini merupakan insan yang terberkati karena dapat merasakan cinta. Apakah cinta yang paling spesial? Itu adalah cinta pertama. Ingatkah anda saat dulu duduk dibangku sd sering melirik seseorang yang menarik perhatian anda? Memikirkannya siang dan malam dan selalu mencoba untuk dekat dengannya. Saya yakin semua orang pernah merasakannya, sensasi aneh di dada saat melihat wajahnya, merasa begitu bahagia saat berbicara dengannya atau mungkin merasa marah saat ada orang lain yang mendekatinya. Ya semua itu adalah cinta.


 Dalam anime ini kita diperlihatkan tentang tohno Takaki dan shinohara Akari yang menjadi dekat secara alami karena kesamaan keduanya sebagai murid pindahan, mereka lebih banyak menghabiskan waktu bersama membaca buku daripada bermain sampai perasaan itu tumbuh begitu saja. Begitu seringnya mereka menghabiskan waktu berdua sampai mereka dijodoh jodohkan oleh teman teman sekelasnya.mereka bermain Bersama, belajar Bersama, makan Bersama dan melakukan banyak hal yang sewajarnya dilakukan pasangan.mungkin hanya masalah waktu saja sampai mereka benar benar akan berpacaran.


PERPISAHAN PUN DATANG

Perpisahaan pasti akan datang, meski bukan karna kematian seseorang bisa saja kehilangan orang yang sangat berharga baginya.
Sebagian orang berhasil mendapat kebahagiaan Bersama cinta pertamanya, tapi tidak untuk Takaki dan Akari. Karena pekerjaan orangtuanya Akari harus pindah sekolah setelah kelulusan sd. Bayangkan saja, mereka berdua telah berjanji untuk masuk smp yang sama tetapi takdir memisahkan mereka, disini mereka berdua sudah sadar bahwa mereka saling menyukai meskipun tak ada yang mengungkapkannya. Mungkin rasanya sama seperti sudah pacaran tapi akhirnya masuk smp yang berbeda.


Di jaman sekarang LDR merupakan fenomena yang cukup wajar karena perkembangan teknologi saat ini sudah mampu menghapuskan jarak antara kita, tetapi di anime ini hal itu tidak berlaku. Mau bagaimana lagi seting anime ini di part pertama adalah tahun 1990 an dimana jangankan internet, telepon pun masih cukup jarang.lalu apa yang mereka lakukan? Akari pun mengirim sebuah surat untuk menyambung kembali hubungan mereka.


Disini saya salut dengan keberanian Akari.kebanyakan orang akan membiarkannya begitu saja hingga akhirnya hubungan mereka hilang tapi Akari dan Takaki tetap berhubungan meski jarang dan hanya melalui surat.

PERJUANGAN MENGUNGKAPKAN PERASAAN

Setiap orang pasti menginginkan kebahagiaan, bahagia Bersama orang yang dicintai dan menghabiskan waktu Bersama selamanya. Mungkin itulah yang dirasakan Takaki, saat diputuskan bahwa dia juga akan pindah lebih jauh lagi dia memutuskan untuk menemui Akari sekali lagi sebelum jarak antara mereka tidak bisa dijangkau lagi. Dimulailah perjalanan Takaki dari Tokyo ke iwafune demi menemui pujaan hatinya.


Memang segala hal tak bisa berjalan mulus, ada saja hambatan bagi Takaki dalam perjalanannya. Perjalanan yang tadinya hanya perlu 3 jam untuk ditempuh berakhir memakan waktu 7 jam karena badai . Seluruh tekad dan kesabaran Takaki dalam perjalanannya merupakan momen momen terbaik dalam anime ini. Kesabaran Akari juga patut dipuji karena tetap menunggu meski hujan badai dan waktu kedatangan yang tak pasti. Mungkin inilah yang dinamakan berkorban demi cinta.


Bertemu kembali dengan orang yang kau sayangi, menghabiskan waktu dengannya membahas hal hal yang tidak penting tanpa memperdulikan angin dingin yang menusuk, Makan Bersama dan berciuman dibawah pohon sakura. Sungguh menyedihkan jika mengetahui itu adalah saat terakhir mereka akan Bersama.


 Meski di akhir sekalipun,keduanya tak ada yang mampu mengungkapkan perasaan mereka. takaki yang tak bisa mengutarakan perasaannya karena surat cinta yang ditulisnya tertiup angin dan Akari yang tidak berani memberikan surat cintanya, akhirnya mereka pun berpisah dengan beban di hati masing masing.


CINTA BERTEPUK SEBELAH TANGAN

Setelah perpisahan dengan Akari, kita dibawa mengikuti kisah smp dan sma Takaki di tanegashima pada part 2 ‘cosmonaut’. Disini kita diperkenalkan pada sumida Kanae yang memendam perasaannya pada Takaki selama lima tahun. Lagi lagi sebuah kisah tentang perasaan yang tidak tersampaikan.


Disini makoto shinkai menyiratkan bahwa cinta bisa menjadi motivasi yang sangat kuat, terlihat dari gigihnya Kanae mencoba berselancar demi satu tujuan: “aku akan menyatakan perasaanku dihari aku dapat berselancar”. Tingkah dan perilaku Kanae membuat semua orang terbayang bayang dengan tingkah mereka dulu saat mengalami apa yang disebut cinta.


Yang patut diperhatikan disini adalah sikap Takaki yang menurut Kanae “memandang sesuatu yang jauh disana”. Takaki akan secara berkala menulis pesan di ponselnya hanya untuk menghapusnya lagi tanpa mengirimkannya.disini dia sudah putus kontak sama sekali dengan Akari, jarak sudah memisahkan mereka meski mereka berjanji untuk tetap berkirim surat.


Kembali ke Kanae, meski dihari dia berhasil berselancar dia tetap tak bisa mengungkapkan perasaannya,kenapa? Karna dia sadar bahwa Takaki tak pernah melihatnya. Takaki masih memiliki Akari di hatinya meski 5 tahun sudah terlewat sejak pertemuan terakhir mereka.akhirnya bertambah satu lagi korban patah hati di dunia ini. PRAY FOR KANAE


TIDAK BISA MOVE ON



Dibagian ketiga dan terakhir kita akan melihat kehidupan Takaki setelah lulus dan bekerja,bagian ini diceritakan dengan buru buru karena mendapat jatah waktu yang paling pendek dari keseluruhan film. Diceritakan Takaki yang merasa ada yang salah dalam kehidupannya sampai dia berhenti bekerja dan bahkan putus dari pacarnya yang dia pacari selama tiga tahun. Dalam versi light novelnya kita diceritakan lebih dalam tentang perasaan Takaki yang selalu gagal dalam berhubungan karena rasa cintanya pada Akari yang belum hilang.
 Di dalam kesedihannya Takaki pun meratapi dirinya yang tak bisa membuat siapapun bahagia, dia teringat seluruh perpisahan dengan wanita wanita yang menemani hidupnya dan tentunya kata kata terakhir Akari yang sangat ingin dia dengar kembali :”aku yakin kau pasti akan baik baik saja”.


Diperlihatkan pula Akari yang sepertinya berhasil move on dan memiliki cinta baru bahkan hingga ke tahap pertunangan meski sepertinya Akari sendiri juga masih memikirkan tentang Takaki meski dia yakin bahwa Takaki pasti akan baik baik saja.
 
***
Sebelum mencapai akhir saya ingin bertanya kepada agan agan. Pernahkah kalian menyukai seseorang tapi tak mampu mengungkapkannya?. Pernahkah kalian berakhir berpisah dari orang yang kalian suka tanpa pernah memberitahu perasaan kalian?.pernahkah kalian berusaha keras demi orang yang kalian suka?.pernahkah kalian menyukai seseorang yang ternyata menyukai orang lain?. Pernahkah kalian membanding bandingkan pacar kalian saat ini dengan mantan kalian?. Pernahkah kalian tidak bisa melupakan cinta pertama kalian?.


Kira kira itulah makna dari anime ini. Semua orang pasti pernah jatuh cinta. Semua orang pasti pernah mengalami perpisaan. Seluruh aspek cerita dari anime ini begitu realistis hingga membuatku menangis. hubungan antara Takaki dan Akari yang terpisah oleh jarak merupakan cobaan yang sempurna untuk menghilangkan hubungan di antara mereka, karna tak peduli sebesar apapun perasaan mu jika tubuh terpisah hati pun ikut terpisah. Dalam berhubungan kita memerlukan event event untuk tetap menjaga perasaan itu tetap utuh. Dalam hubungan Akari-takaki event tersebut adalah saling berkirim surat. Tetapi kenapa mereka berhenti bertukar kabar? Karena jika tak ada hal yang ingin kau ceritakan maka menulis suratpun tidak ada artinya. Jika kita menggunakan sosial media chat basa basi mungkin hal yang wajar tapi tidak dalam berkirim surat, dalam surat kau harus menuliskan hal hal penting yang penuh makna. Apa yang ingin kau ceritakan jika tak ada apapun yang penting yang perlu diceritakan? Inilah penyebab putus hubungan antara mereka


Kita juga diperkenalkan dengan sosok Kanae yang menyimpan perasaannya selama lima tahun, sosok Kanae mengingatkan kita tentang hal hal bodoh yang dulu kita lakukan saat dimabuk asmara. Sering mengintipnya diam diam, sengaja menunggunya agar dapat pulang Bersama, mencari segala alasan agar bisa bicara dengannya, mencoba untuk tampil imut didepannya, dan berjuang keras agar memiliki keberanian untuk menyatakan perasaan itu.


Kembali lagi pada Akari yang tidak diperlihatkan di part kedua, Akari disini menyadari realita lebih cepat. Dia tau bahwa hubungannya dengan Takaki sudah berakhir dan mencoba untuk terus melangkah maju.dia sadar bahwa kita tak bisa terus berharap dari masa lalu hingga akhirnya Akari mendapat pacar dan menikah. Disinilah tragedi terbesar dalam anime ini, jika saja Akari juga tetap tenggelam dalam masa lalu mungkin saja dia akan dapat bertemu Takaki lagi dalam kondisi yang sama dan memeperoleh akhir bahagia Bersama.
Tapi realita tidak seperti itu, kenapa kita harus menunggu seseorang yang tidak pasti?.mungkin saja orang itu juga sudah menemukan orang lain dan berbahagia, kira kira itulah yang dipikirkan Akari.jika saja dia tau bahwa Takaki juga mencintainya disana pasti ending nya akan berbeda.
Namun “sejak dahulu memang beginilah cinta, deritanya tiada akhir”
Lalu, bagaimanakah cara untuk menyembuhkan hati dari kehilangan?
               
HADAPI PERASAAN DAN PENYESALANMU

Memang tidak ditunjukkan dalam animenya, tapi versi lightnovel menceritakan ada satu hal yang tidak dituntaskan oleh Takaki, sebuah kata cinta yang tak pernah dia ungkapkan karena surat cintanya hilang tertiup angin. Terkadang kita sering membuat janji janji kecil namun gagal kita penuhi. Bagi beberapa orang hal ini dapat menimbulkan sebuah penghalang di hati yang akan menciptakan rasa tidak enak kedepannya.


Mungkin kita malu mengungkapkan perasaan kita, terkadang kita hanya menganggapnya angin lewat atau hanya sebatas tertarik saja, memang benar.tapi kenapa kita tidak mencoba mendekatinya,buktikan apakah kau benar benar menyukainya atau tidak dan jika kau memang menyukainya sampaikanlah, jangan biarkan kisah hidupmu menjadi sebuah tragedi.
Takaki pun menyadari hal yang mengganjal dalam hatinya, dan pada suatu malam diapun menulis surat yang berisi perasaan cintanya pada Akari,perasaan cintanya selama 16 tahun akhirnya tersampaikan meski surat tersebut tak pernah diberikan pada siapapun

Quote:


JAGALAH JARAK

Sudah dibuktikan oleh Takaki dan Akari bahwa jarak akhirnya memutus perasaan mereka. Jika memang agan akhirnya ditolak berhentilah mendekatinya, ambil jarak aman dan carilah berbagai kesibukan hingga perasaan tersebut hilang. Tidak perlu terus menerus mengejarnya terlebih jika dia sudah ada yang punya.

MENANGISLAH

Air mata diciptakan untuk melindungi mata dari segala noda noda yang masuk dari luar. Tapi kenapa kita menangis bila merasa sedih.itu menunjukkan bahwa air mata mencoba untuk menyapu kesedihan kita. Menangislah jika kau memang ingin menangis, tumpahkan semua kesedihanmu dalam tangisanmu hingga saat air mata mu reda seleruh kesedihan akan ikut keluar. Menangis akan membuatmu merasa lega dan hidupmu akan terasa berubah lebih baik setelah kau menangis.





CARILAH HUBUNGAN BARU

Jangan pernah berpikir untuk mengurung diri saat patah hati, hal itu hanya akan membuatmu terus terbayang padanya.pergilah berjalan jalan Bersama teman,mungkin saja kau akan menemukan yang lebih baik.
Hati memang tidak dapat dipulihkan begitu saja, tapi hati akan pulih perlahan lahan selagi kita menerima penyembuhan kecil dari sekitar kita

                                
***
PADA AKHIRNYA CINTA MEMANG TIDAK HARUS SALING MEMILIKI

Saya yakin banyak yang kecewa dengan ending anime ini, mungkin kalian berharap Takaki dapat bertemu lagi dengan akari dan menjalin kasih seperti dulu.saya sendiri terbayang bayang dengan anime ini seminggu lamanya dan setiap  malam selalu memikirkan bagaimana jika dan bagaimana jika. Tapi saya puas dengan endingnya, jika pada akhirnya mereka berakhir Bersama maka seluruh usaha Takaki untuk move on dan seluruh kegalauan hatinya akan terasa tidak berarti. Saya yakin mereka berdua mengerti perasaan masing masing, ada banyak bentuk dari cinta dan saat mereka mengerti perasaan masing masing itu sudah cukup, ya sudah cukup.



ONE MORE TIME ONE MORE CHANCE

Mungkin banyak yang bertanya, kenapa di akhir film Takaki tidak mengejar Akari, atau kenapa Akari memilih terus berjalan daripada menunggu. Menurut saya itu karena mereka sudah saling mengerti, fakta bahwa mereka berdua bisa bertemu kembali di tempat penuh kenangan itu sudah lebih dari sebuah keajaiban. Saling bertemu dan berbicara hanya akan membuka kembali perasaan dan luka luka lama yang akan menambah luka lain mengingat keadaan mereka berdua sudah berbeda dari yang dulu.


Di jalur penyebrangan itu mereka telah menyelesaikan janji terakhir mereka untuk melihat bunga sakura Bersama lagi. Bunga sakura yang jatuh dengan kecepatan 5 sentimeter perdetik.
(kenyataannya kecepatan jatuh kelopak bunga sakura 3-4 kali lebih cepat dari itu, tergantung gravitasi dan kecepatan angin di tiap daerah).
 
Kita mungkin memiliki penyesalan, kita mungkin memiliki hal yang ingin kita lakukan dulu. Namun seiring bertambahnya usia kita semakin dibatasi oleh realita. Kita mungkin bisa jatuh cinta seribu kali dalam kehidupan namun cinta pertama akan selalu ada di ingatan kita karena cinta pertama adalah sebuah kutukan yang akan menjadi pola kita dalam berhubungan kedepannya

Dari Takaki kita belajar artinya mencintai, mencintai orang yang sama selama tujuh belas tahun sampai sampai terus terbayang dalam kisah cintanya seterusnya. Kini dia berhasil lepas dari janji masa lalunya dan mulai menapak ke depan. Dia akan baik baik saja karna akari mencintainya.

Dari Akari kita belajar menerima kenyataan, berhenti mengharapkan sesuatu yang tak pasti dan mencoba untuk terus melangkah dan belajar mencintai yang lain. Dia tak perlu cemas karna Takaki pasti akan baik baik saja.

Dari Kanae Kita belajar merelakan, Berhenti berharap pada seseorang yang tak pernah melihat kita dan menangislah untuk melepaskan penderitaan. Lepaskan seluruh penderitaan mu hingga perasaan itu hilang, tapi tetaplah mengingatnya.biarkan ingatan itu menjadi daging dan darah yang melewati jantungmu sebagai pengalaman dalam kehidupan mu.
(NB: kanae mendapatkan spesial chapter di versi manganya, kanae yang (juga) tidak bisa move on pergi ke Tokyo untuk menemui Takaki(mungkin mereka bertemu,bagian ini berakhir nanggung(mungkin saja Takaki akhirnya nikah dengan kanae(mungkin lo(makoto shinkai menyerahkannya pada imajinasi kita)))))


Kita harus terus melangkah apapun yang terjadi, tumbuh menjadi dewasa. Suatu hari jika kau bertemu kembali dengannya pastikan kau tidak malu menjadi dirimu yang sekarang. Jika saat ini kau menyukai seseorang ungkapkanlah. Kau mungkin akan ditolak, kau mungkin akan terluka, kau mungkin akan menangis namun itu semua adalah langkah menjadi dewasa, terimalah semuanya dan terus lah melangkah. Kemanapun kau melangkah kuyakin KAU PASTI AKAN BAIK BAIK SAJA.



Diubah oleh ih.sul 26-08-2019 07:56
Rikyu69kekefadilahRifanX
RifanX dan 59 lainnya memberi reputasi
60
30.5K
223
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Anime & Manga Haven
Anime & Manga Haven
icon
6.5KThread8.5KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.