arai01
TS
arai01
Manga vs Anime: Manakah yang Lebih Manthul?


Topik Anime vs Manga sampai saat ini bisa jadi masih merupakan topik yang kontroversial, karena media animanga akan terus berkembang mengikuti pasar. Di forum animanga manapun, mesti ada yang mengutarakan statement "Bagusan manga-nya", yang hal itu juga merupakan kasus yang debatable. Sebenarnya secara sepintas, anime dan manga seharusnya berselaras dalam harmoni, begitu pun dengan penikmatnya. Namun kenyataannya tidak demikian juga.

Sebelum kita masuk lebih dalam, kita batasi dulu permasalahannya. Anime yang dimaksud disini adalah segala bentuk media hiburan yang dianimasikan dari Jepang. Begitu pula dengan manga. Jika kita membandingkan dua media ini, argumen-argumen yang kerap muncul menurut ane kebanyakan...enggak ada poinnya, karena hal ini memang sangat subyektif. Namun kalau kita menjabarkan perbedaannya secara kolektif, maka ada beberapa hal yang bisa kita bandingkan plus minusnya. Apa sajakah itu?

1. Visual
Quote:


2. Biaya Pembuatan
Quote:


3. Variasi
Quote:


4. Pembatasan Konten
Quote:


5. Penyampaian Cerita
Quote:


6. Keberlanjutan
Quote:


Again, trit ini sepenuhnya subjektif berdasarkan pengamatan ane saja. Lalu manakah yang lebih superior? Anime atau manga? Well.. enggak ada jawaban yang universal, harus dibandingkan satu per satu. Tiap jawaban yang berpihak akan selalu mempertahankan apa yang dipercaya. Ada yang bilang anime itu lebih manthul, namun sebenarnya enggak juga. Adaptasi anime bergantung pada studionya. Kadang ada adaptasi yang kualitasnya jauh dibandingkan dengan manga, seperti Tokyo Ghoul, Berserk baru, Ajin. Namun kadang juga ada yang sebaliknya, adaptasi animenya lebih manthul dari manganya, seperti Made in Abyss, Hunter x Hunter 2011.

Demikian trit kali ini. Kalo ada koreksi dan tambahan silahkan. BTW agan-agan anime fans atau manga fans nih? Apa netral, atau malah gak peduli?emoticon-Leh Uga
Sekian.
El. Psy. Congroo.


Quote:

Diubah oleh arai01 15-06-2019 07:17
panjul1993elnoritadatata604
tata604 dan 25 lainnya memberi reputasi
26
19.5K
184
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Anime & Manga Haven
Anime & Manga Haven
icon
6.5KThread8.5KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.