• Beranda
  • ...
  • Movies
  • Alasan mengapa The Dark Knight pantas disebut film terbaik sepanjang masa

Hadiansyah97
TS
Hadiansyah97
Alasan mengapa The Dark Knight pantas disebut film terbaik sepanjang masa


Sepuluh tahun. Sudah sepuluh tahun sejak Christopher Nolan menghapus stigma kalau film adaptasi komik haruslah bergaya dan bernuansa kekanakan, ceria, atau bahkan komikal dengan The Dark Knight-nya. Representasi pribadinya mengenai Batman dan dunia kriminal Gotham – yang mana juga merupakan penghormatan tak langsung pada Heat karya Michael Mann. Film ini sukeses menaklukan segala ekspektasi dan juga menjadi standar baru bagi film Superhero. Ditambah, ini memang merupakan film yang bagus secara keseluruhan, terlepas dari genre-nya atau target audience-nya.

Dilansir dari Hollywood Reporter pada 2009 silam, Gary Oldman, pemeran Jim Gordon, pernah mengatakan bagaimana The Dark Knight sangat dekat untuk disebut sebagai film yang kacau (atau terlalu sulit dimengerti) jika bukan karena visi dan arahan Christopher Nolan.

“Ditangan sutradara yang kurang berbakat, aku rasa, kalian akan menonton ini dan berfikir kalau film ini terlalu rumit. Film ini keterlaluan. Banyak sekali yang terjadi. Dua penjahat. Ada Chechnyans, the mob, Lao, uang yang banyak, Joker – siapa yang tidak ingin uang – terlalu banyak yang terjadi disana. Saat pertama membaca naskahnya, aku bertanya; kemana aku harus memberikan fokus? Aku tidak mengatakan ini dengan tujuan untuk tidak menghargai, (hanya saja) terlalu banyak yang terjadi. Tapi (saat menonton) kalian tau kemana harus fokus, kemana arah penglihatan kalian dan banyak yang harus dilakukan. Ini adalah film yang besar."

Kita semua tau apa yang terjadi sejak Marvel Studios mengubah genre film komik menjadi sesuatu yang paling menguntungkan dalam sejarah perfilman, serta bagaimana The Dark Knight juga melakukan hal yang sama dengan gaya yang berbeda. Karena itulah saya menulis Thread ini untuk kembali menelaah apa yang membuat film ini menjadi film komik bahkan film terbaik sepanjang masa.

Pasti banyak dari kalian yang berfikir kalau Iron Man lebih prestisius karena film itu memulai sebuah semesta yang luar biasa, faktanya adalah, MCU akan kesulitan menarik atensi orang - orang kalau The Dark Knight tidak membuka gerbang "film bagus" tapi masih bisa tetap ditujukan pada penonton mainstream.

Ada banyak sekali penantang yang mencoba mengkudeta masterpiece Nolan ini dari tahta film (superhero) terbaik beberapa tahun belakangan ini, seperti Winter Soldier contohnya yang juga mencoba menggunakan treatment yang sama. Tapi mereka tak pernah sanggup sampai ke titik itu. Hanya satu The Dark Knight dan ini adalah film terbaik sepanjang masa. Just, bow the king!

Spoiler for 5.:

Spoiler for 4.:

Spoiler for 3.:


Continue Reading

Quote:
Diubah oleh Hadiansyah97 18-07-2019 19:04
raymandarkfirmando.daniidarmawati040
darmawati040 dan 40 lainnya memberi reputasi
39
32.1K
239
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Movies
Movies
19.8KThread17.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.