b3gudAvatar border
TS
b3gud
TOKOPEDIA Tidak Profesional -->Asuransi Ga Jelas, Ribet, dan Lama

Permisi numpan ijin untuk membuat thread komplain terhadap asuransi tokopedia yang mengecewakan saya. 

kronologis dari masalah :

Saya selaku seller pada tanggal 2 Juni 2019 Mendapatkan Pesanan, pada hari itu juga saya kirimkan dengan menggunakan Packing bubble wrap dan kayu. Saya juga mewajibkan asuransi untuk produk yang saya jual.

Spoiler for bukti:

Tanggal 4 Juni 2019 Paket telah sampai di tujuan dan Pembeli unboxing langsung di JNEnya. Pada saat itu juga pembeli mengabarkan bahwa ada kerusakan pada tombol yaitu ketika dipencet tidak berfungsi. Cross check dilakukan pembeli, saya mengirimkan video ke pembeli bahwa sebelum dikirim produk masih dalam keadaan baik dan pembeli request properties dari video tersebut yang memang dilakukan tanggal 2 Juni dan jam yang tidak jauh dari Pengiriman. Saya juga memastikan ke pembeli bahwa produk tersebut dicoba dahulu, tapi berdasarkan video yang dikirimkan dapat dipastikan memang terjadi masalah pada tombol tersebut.

Spoiler for bukti:

Kesimpulan saya pada kerusakan tersebut ya emang apes alias musibah karena memang tidak ditemukan unsur kesengajaan pada pembeli maupun penjual. Tentunya sebagai pengguna layanan asuransi tokopedia, kami meminta hak kami.

Pembeli saya arahkan untuk komplain barang. Pada hari itu juga tanggal 4 saya lampirkan bukti2 sesuai permintaan CS tokopedia. yaitu berupa video sebelum dikirim dan saat diterima. Malamnya Admin meminta tambahan unboxing kemasan kepada pembeli.

Spoiler for bukti:


Tanggal 6 Juni 2019 Pembeli melampirkan video unboxing, maklum waktu itu libur lebaran dan pembeli berusaha meminta rekaman cctv kepada pihak JNE,

Spoiler for ss:

Tanggal 8 Juni 2019 Pembeli menyerahkan KTP dan form claim sesuai yang diminta admin tokopedia. Berdasarkan term yang tokopedia buat sendiri proses investigasi membutuhkan waktu 1 x 24 jam.

Spoiler for ss:


Tanggal 9 seperti biasa SOP robot dengan meminta maaf dan disuruh sabar menunggu. okelah sabar dl

Spoiler for ss:


tanggal 10 kembali lagi SOP robot, dan saya meminta kejelasana berapa lama waktu yang dibutuhkan

Spoiler for ss:


tanggal 11 kembali saya follow up. lagi2 sama seperti sebelumnya. gimana ga khawatir ya udah ga sesuai dengan term yang tokopedia buat masih saja disuruh jangkan khawatir

Spoiler for ss:


tanggal 12 kembali saya follow up baik pembeli maupun saya sebagai penjual saya rasa udah cukup sabar. Saya meminta kejelasan karena ini sudah lewat dari 1 x 24 jam. ENG ING ENG dari tidak disuruh khawatir kok makin jadi mengkhawatirkan. Tokopedia beralasan bahwa packing yang dilakukan penjual sudah aman diindikasi bukan karena pengiriman. Dan ada kata2 tambahan bahwa itu merupakan kerusakan fungsi tidak bisa sebenernya di claim (ini kapan ngomongnya coba, ajaib kan). logika aja deh di term yang tokopedia aja ga ada tuh kerusakan dipilah2 menjadi kerusakan fisik dan fungsi. Rusak ya rusak aja jangan dicari2 alesan yang ga logis gtu. Buat apa pakai asuransi kalau hal kaya gini aja tokopedia ga berani cover.

Spoiler for ss:


Jujur saja saya kecewa terhadap tokopedia

kekecewaan saya :
1. Tokopedia melanggar term yang dibuat sendiri oleh mereka. waktu sudah lebih dari 1 x 24 jam sejak form claim diberikan
Spoiler for ss:

2. Claim yang tidak berdasar alias ngaco, rusak fungsi tidak dicover asuransi
3. Pencatutan uang asuransi coba deh dibaca termnya tokopedia yaitu sebesar 0.2% akan tetapi setelah saya hitung sebesar 0.25%. Sudah mencatut lebih besar tapi pelayanan memble. 

*0.2% harusnya 31776 sedangkan di tagihan 39720 (0.25%)

Semoga ada perwakilan dari tokopedia yang membaca keluhan saya ini sehingga masalah ini bisa cepat selesai. Mungkin agan2 disini juga bisa sharing yang pernah punya masalah dengan asuransi tokopedia. Saya pernah baca keluhan salah satu agan disini yang bahkan tidak dipacking dengan kayu saja bisa cair asuransinya. Pada kasus saya yang sudah dipacking pakai kayu ehhhh dicari2 alesan lagi.

Sekian keluh kesah saya,
Mohon maaf bila saya ada salah kata dan maaf juga kalo thread saya berantakan

terima kasih sudah mampir 
seriousmass
seriousmass memberi reputasi
1
6K
12
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Surat Pembaca
Surat Pembaca
icon
13KThread1.9KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.