wingchun.masterAvatar border
TS
wingchun.master
Diblokir Amerika, Teknologi Huawei Tetap Dipakai di Indonesia


Beberapa negara di Asia Tenggara masih menggunakan teknologi Huawei. Argumen AS terkait keamanan negara diragukan.

Perusahaan di Indonesia, Spanyol hingga Brasil masih menggunakan teknologi Huawei, kendati perusahaan tersebut masuk daftar hitam (blacklist) perdagangan di Amerika Serikat (AS). Perusahaan-perusahaan tersebut memanfaatkan teknologi Huawei untuk mengembangkan jaringan generasi kelima (5G). Salah dua perusahaan Indonesia yang menggunakan teknologi Huawei adalah Telkomsel dan XL Axiata. Telkomsel bekerja sama dengan Huawei untuk mengembangkan Joint Innovation Center 5.0 pada awal tahun ini. Kolaborasi ini dalam rangka pengembangan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di Indonesia. Telkomsel juga bekerja sama dengan Cisco dan Ericsson untuk meningkatkan kualitas jaringan 5G. “Dalam hal kerja sama, kami terbuka dengan semua mitra,” kata Vice President Network Cloud Management Telkomsel Ivan C Permana kepada Katadata.co.id, Jumat (14/6).

 Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin menambahkan, perusahaannya memastikan bahwa seluruh perangkat yang digunakan memenuhi ketentuan pemerintah dan standardisasi The 3rd Generation Partnership Project (3GPP). Meski Huawei dikenakan sanksi di AS, menurutnya layanan komunikasi dan jaringan Telkomsel berjalan normal hingga saat ini. Dia menegaskan, bahwa perusahaannya akan terus melakukan transformasi digital dan berinvestasi dalam mengimplementasikan peta jalan teknologi mobile broadband. “Hal ini untuk menghadirkan pengalaman digital terbaik bagi pelanggan,” kata dia. Sedangkan XL Axiata menggandeng Huawei untuk membangun jaringan simplified transport dengan solusi Optical Networking 2.0. Jaringan ini dinilai bisa meningkatkan kualitas layanan, termasuk 5G. Solusi tersebut menggunakan all-optical cross-connect (OXC) guna mendukung dibangunnya jaringan mesh backbone secara tiga dimensi (3D) dan koneksi one-hop antar titik. Alhasil, provisi layanan ke konsumen akhir (end-to-end) menjadi lebih cepat.

Vice President Corporate Communication XL Axiata Tri Wahyuningsih menyampaikan, Huawei merupakan salah satu dari beberapa mitra teknologi dalam upaya pengembangan jaringan dan infrastruktur. “Terkait dengan informasi pembatasan bisnis Huawei oleh AS, kami turut mencermati hal tersebut. Saat ini, kami masih mempelajari lebih lanjut mengenai kemungkinan dampaknya terhadap bisnis terutama layanan data,” katanya. Negara tetangga yakni Malaysia, juga menggunakan teknologi Huawei. Operator asal Malaysia, Maxis menggelar uji coba jaringan 5G dengan menggandeng Huawei pada awal tahun ini. Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohammad mengatakan bahwa negaranya akan menggunakan teknologi Huawei dalam berbagai aspek. Beberapa negara di Asia Tenggara, seperti Thailand dan Kamboja juga masih menggunakan teknologi Huawei. Wilayah ini memiliki 650 juta penduduk, yang separuhnya berusia di bawah 30 tahun.

 Partner Center for Strategic and International Studies Brian Harding menyampaikan, wilayah ini menjadi pasar penting bagi Huawei, karena Jepang, Australia, dan Eropa mengindahkan kebijakan AS. Di Asia Tenggara, menurutnya ada sikap skeptis atas argumen AS bahwa teknologi Huawei terkait dengan pemerintah Tiongkok sehingga membahayakan keamanan negara. “Ada rasa frustrasi karena pemerintah AS tidak membawa alternatif yang layak," kata dia dikutip dari Los Angeles Times, pekan lalu (10/6). Karena itu, negara di wilayah ini masih menggunakan teknologi Huawel

i Salah satu negara di Eropa, Spanyol juga tetap menggunakan teknologi Huawei meskipun ada ancaman dari pemerintah AS. Perusahaan telekomunikasi asal Spanyol, Vedafone menggunakan teknologi Huawei untuk mengembangkan jaringan 5G. The Straits Times melaporkan, Vedafone bakal mengembangkan jaringan 5G di 15 kota pada Sabtu (15/6). Selain Huawei, Vedafone menggandeng perusahaan penyedia perangkat telekomunikasi asal Swedia, Ericsson dalam mengembangkan jaringan 5G. Wakil Presiden Brasil Hamilton Mourao juga menyatakan bahwa pemerintahannya terbuka terhadap layanan Huawei. Brasil pun berencana mengembangkan jaringan 5G tahun depan. “Brasil tidak berencana melarang Huawei untuk meluncurkan jaringan 5G,” demikian dikutip dari Reuters, pekan lal

  https://katadata.co.id/berita/2019/0...-hingga-brasil



simsol...
edv039
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan 9 lainnya memberi reputasi
10
5.1K
67
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.9KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.