tafakoerAvatar border
TS
tafakoer
Getok Harga, Sebuah Ironi yang Terus Memakan Korban
Bicara tentang bisnis tentu erat kaitannya dengan keuntungan, termasuk dalam bisnis kuliner pun tentunya pasti setiap orang ingin mendapat penghasilan dari bisnisnya. Namun dibalik banyaknya bisnis dunia kuliner ini tak jarang timbul permasalahan-permasalahan yang terjadi seperti masalah getok harga. Masalah seperti ini seringkali menjadi sebuah ironi yang terus memakan korban di setiap waktunya seperti yang masih baru adalah kasus makan di lesehan bu anny yang harganya dianggap tak wajar sehingga viral di internet.

Credit : media.suara.com

Kasus getok harga merupakan masalah yang tak bisa dianggap enteng karena masih banyak orang yang menjadi korban getok harga, banyaknya orang yang asal jajan tanpa menanyakan harga terlebih dahulu membuat seseorang menjadi korban getok harga. Siapa saja bisa kena getok harga baik tua maupun muda jika sebelumnya tak pernah bertanya-tanya dulu kepada orang lain sebelum jajan makanan atau beli produk lainnya.

Apakah kejadian getok harga yang terus memakan korban bisakah dihilangkan? Nyatanya hal itu sulit untuk dihilangkan saat banyak para pedagang yang semena-mena menetapkan harga dan juga punya ambisi berupaya meraih keuntungan sebanyak-banyaknya tanpa peduli dengan kenyamanan konsumen. Memang di tempat-tempat tertentu harga kuliner pun bisa mahal terutama di tempat-tempat wisata seringkali harga kuliner atau makanan lebih mahal dari biasanya dan bisa berlipat-lipat dari harga normal pada umumnya.

Berkaca dari kasus getok harga, bagi para konsumen baiknya bijak dan pilih-pilih tempat makan ataupun tempat membeli sesuatu. Ada baiknya bertanya-tanya terlebih dahulu kepada orang lain atau meminta daftar harga menu jika di suatu warung makan atau tempat jualan tidak ada cantuman harganya, jika tak ada maka tanyakan berapa harga makanannya biar nantinya tidak kena getok harga. Selektiflah dalam memilih tempat-tempat makan karena tak semua pedagang jujur dalam menjual, bertanya terlebih dahulu adalah cara yang tepat untuk bisa terhindar dari kasus getok harga yang bisa menimpa siapa saja.

Bagi para pedagang sendiri dengan adanya kasus getok harga sendiri harus jadi sebuah pelajaran untuk bisa berdagang yang jujur dengan menetapkan harga wajar. Bisnis bukanlah hanya sekedar meraih keuntungan, tapi juga kepercayaan dari banyak orang. Ketika para konsumen sudah senang dan sering makan di tempat pedagang tersebut bukan tak mungkin konsumen akan mengajak yang lainnya untuk makan di tempat tersebut. Tetapkanlah harga sewajarnya dan bila mungkin tetapkan harga yang murah tapi tetap bisa meraih keuntungan dari hasil penjualan. Di zaman sekarang ini apa-apa pasti mudah viral, untuk itulah bagi para pedagang bijaklah dalam menjual agar tidak mendapat tanggapan buruk dari para netizen.

Credit : awsimages.detik.net.id

Kasus getok harga bisa saja dihindari oleh banyak orang asalkan konsumen lebih hati-hati dan selektif dalam memilih tempat makan atau jajan dan begitu juga bagi para pedagang harus jujur dalam berdagang dengan menetapkan harga yang tepat dan juga menetapkan strategi yang jitu untuk meraih banyak keuntungan dari konsumen tanpa harus mengorbankan kenyamanan konsumen. Demikian paparan tulisan ane kali ini, agan dan sista ingin menambahkan atau menanggapi? Silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan selanjutnya.

Sumber :
Opini Pribadi dan Di olah dari berbagai sumber (via google)
Pelajaran semasa sekolah dan kuliah
Sumber gambar via google images
kulitmanggis.me
yenyoktafia
nona212
nona212 dan 24 lainnya memberi reputasi
25
24.1K
204
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.