alexa-tracking
Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
4.89 stars - based on 9 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5cf4a753d439727e51543f00/wuling-agresif-menggarap-pasar-indonesia-mobil-jepang-mulai-terkikis
Lapor Hansip
03-06-2019 11:51
Wuling Agresif Menggarap Pasar Indonesia, Mobil Jepang Mulai Terkikis
Past Hot Thread
Konsumen mulai melirik kehadiran mobil mobil asal China. Sebelumnya, mobil jepang pada 2017 menguasai 98 persen pasar mobil Tanah Air, tetapi pada 2018 angkanya turun satu poin menjadi 97 persen. Artinya, meski sulit tergoyahkan dan masih dominan, mobil jepang mulai terkikis semenjak mobil China seperti Wuling agresif menggarap pasar Indonesia.

Produsen mobil PT SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors) dalam waktu relatif singkat berhasil masuk 10 besar penjualan pada 2018. Padahal, Wuling mulai memasarkan produkya di negeri ini baru setahun sebelumnya, 2017. Cukup membutuhkan waktu setahun, Wuling berhasil menyingkirkan penjualan Datsun dan Nissan yang dipasarkan terlebih dahulu dengan menduduki posisi penjualan sembilan besar.

Wuling Agresif Menggarap Pasar Indonesia, Mobil Jepang Mulai Terkikis

Tengok saja, data penjualan wholesales (dari pabrik ke dealer) untuk Wuling selama 12 bulan di 2018 mencapai 17.002 unit dengan menguasai 1,5& pangsa pasar. Selain Wuling, penetrasi mobil China dipasar Tanah Air juga berasal dari Dongfeng Sokon (DFSK) atau PT Sokonindo Automobile yang berhasil menjual 614 unit Glory 580 dan 608 unit pikap DFSK.

Glory



Delapan besar masih dipegang kendalinya oleh produsen jepang. Sepanjang 2018, tercatat Toyota, Daihatsu, dan Honda masih menjadi merek mobil jepang dengan penjualan tertinggi. Toyota berhasil mendistribusikan 352.161 unit kendaraan ke dealer dengan pangsa pasar 30,6 persen dari total wholesales mobil secara nasional. Pangsa pasar Toyota sepanjang 2018 turun dibandingkan 2017 yang sebesar 34,5 persen.

Di posisi kedua dan ketiga ada Daihatsu sebanyak 202.738 unit dan meraih pangsa pasar 17,6 persen, dan Honda, 162.170 unit dengan pangsa pasar 14 persen. Di posisi keempat sampai kedelapan: Mitsubishi (142.861 unit), Suzuki (118.014 unit), Mitsubishi Fuso (51.470 unit), Hino (39.737 unit), dan Isuzu (26.098 unit).

Barulah posisi sembilan ditempati Wuling Motors, dengan angka dan penguasaan seperti sudah disinggung di atas. Tepat di bawah Wuling ada Datsun dengan raihan angka penjualan 10.433 unit, pangsa pasar 0,9 persen. Mobil non-jepang seperti Hyundai, Kia, dan Tata di bawah Wuling. Total wholesales mobil januari-Desember 2018 sebanyak 1.151.291 unit.

Lalu, bagaimana strategi mobil China bisa menyeruak ke permukaan saat ini? Kehadiran perusahaan otomotif China tidak boleh dianggap remeh mengingat mobil baru yang ditawarkannya diperkaya sejumlah fitur dengan harga kompetitif. Wuling bukanlah yang pertama memasarkan produknya di Indonesia. Sebelumnya sudah ada mobil China lain yang dipasarkan disini, seperti Chery, Geely, Foton, Faw, Dongfeng, dan Shacman. Namun, merek-merek China tersebut tidak terlalu bersinar di pasar otomotif nasional.

SEJARAH MOBIL CHINA




Nah, sejak kehadiran Wuling, mobil China mulai bergairah. Kendati masih dalam posisi brand produk Wuling sudah mulai banyak berseliweran di jalanan. Jika dibandingkan, strategi Wuling dalam menggarap pasar berbeda dengan pemain mobil China sebelumnya. Wuling Motors resmi berdiri di Indonesia pada jull 2017. Komitmen jangka panjang perusahaan ditunjukkan melalui pembuatan pabrik dan supplier park seluas 60 hektar di Cikarang, jawa Barat, dengan investasi senilai USD 700 juta. Pabrili tersebut mulai dibangun pada 2015.

Membangun pabrik sekaligus supplier park di sekitar pabrik merupakan strategi yang tidak dilakukan pemain mobil China sebelumnya. Ini menjadi salah satu nilai lebih Wuling dalam upaya membangun kepercayaan kembali konsumen di Indonesia. Ketika produk Wuling masuk, orang Indonesia memberikan citra negative kepada mobil China dan memiliki pengalaman yang buruk terkait produk tersebut.

Itu adalah PR yang sangat besar. Harus diakui, ketika pertama kali masuk pasar, tidak gampang, namun dengan menunjukkan sejumlah bukti keseriusan Wuling di Indonesia, lambat laun kepercayaan konsumen akan diraih kembali.

Bicara produk, mobil pertama yang diluncurkan Wuling adalah Confero (kategori small multi purpose vehicle/MPV), pada Agustus 2017. Kemudian, produk keduanya, Cortez (MPV medium), diluncurkan pada Februari 2018. Wuling juga menghadirkan produk light commercial vehicle (LCV) pertamanya, Formo, yang diperkenalkan pada November 2018.

Wuling Agresif Menggarap Pasar Indonesia, Mobil Jepang Mulai Terkikis

Terakhir, pada januari 2019, Wuling memperkenalkan mobil di kategori sport utility vehicle (SUV) bernama Almaz dalam acara bertajuk "Media First Impression" di Sentul, jawa Barat. Pada acara tersebut, Wuling memberikan kesempatan kepada awak media untuk menjadi yang pertama merasakan mengendarai Almaz di Sirkuit Internasional Sentul. Sebelumnya, Almaz sempat diperkenalkan dalam ajang Gaikindo indonesia International Motor Show 2018. Wuling Motors berkomitmen untuk terus rnenghadirkan produk dan layanan yangsesuai dengan kebutuhan Indonesia, termasuk mengenbangkan jaringan dealer yang telah mencapal 91 gerai di Tanah Air pada akhir 2018.

Wuling memang tidak main-main menggarap pasar Indonesia. Sepertinya, manajemen Wuling banyak belajar dari kegagalan para seniornya yang sama-sama asal Negeri Tirai Bambu. Hal ini terlihat sebelum meluncurkan produk, Wuling dengan matang mempersiapkan backbonenya, yaitu membangun pabrik, jaringan dealer, dan layanan pascajual.

Selain produknya dibanderol dengan harga relatif lebih rendah dibandingkan produk-produk di kelasnya, Wuling juga berupaya jorjoran untuk mencuri hati konsumen. Contohnya, selurah line-up produknya diberi layanan pascajual berupa garansi yang terdiri dari: garansi umum tiga tahun atau 100.000 kilometer, garansi komponen utama mesin dan transmisi selama lima tahun atau 100.000 kilometer, dan gratis biaya jasa servis berkala sampai 50.000 kilometer atau empat tahun. Wuling juga memiliki Wuling Mobile Service dan Wuling Customer Assistance.

Upaya untuk menancapkan awareness juga dilakukan Wuling melalui berbagai channel komunikasi. Selain itu, dalam strategi komunikasi, pihak Wuling berupaya membuat diferensiasi promosi melalui kontennya, yaitu selalu berupaya menyampaikan informasi yang sebenarnya tentang Wuling. Makanya, sekarang makin banyak yang aware tentang Wuling dan komitmen jangka panjangnya di Indonesia.

Promosi above the line (ATL) seperti iklan TVC yang cukup gencar dilakukan Wuling adalah saat mengiklankan Confero dan Cortez. Iklan Confero betul-betul membidik keluarga yang mengutamakan keamanan dan kenyamanan. Mobil yang mengusung slogan citra "The Real Spacious Family MPV" ini dihadirkan dalam beberapa varian dengan banderol harga mulai Rp 143,8 juta (OTR jabodetabek).

Wuling Agresif Menggarap Pasar Indonesia, Mobil Jepang Mulai Terkikis

Kemudian, yang juga gencar diiklankan adalah Cortez yang menyasar kendaraan sekelas Toyota Kijang Innova. MPV medium yang mengusung slogan citra "The New Choise of MPV" ini dibanderol mulai Rp 197,8 juta yang bermesin 1.500 cc dan Rp 222 juta yang bermesin 1.800 cc.

Selain ATL, jalur promosi below the line (BTL) juga ditempuh Wuling. Tema kampanye yang diusungnya sekarang adalah "Wuling Family Festival" Dalam aktivasi merek ini, Wuling mengumpulkan konsumen, balk yang sudah memiliki Wuling maupun belum, dalam sebuah acara sehingga ada informasi. Acara ini telah diadakan di Semarang, Surabaya, dan jakarta. Rencananya, acara seperti ini akan terus dilanjutkan.

Nah, apakah mobil mobil China yang sekarang agresif menggarap pasar akan berkelanjutan ke depannya? Apakah Wuling yang dalam Bahasa China berarti 5 Berlian ini juga akan terus berkilau? Kita lihat saja nanti.




profile-picture
profile-picture
profile-picture
junin dan 8 lainnya memberi reputasi
9
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 6 dari 12
11-06-2019 09:10
rezim yang baik, 2015 baru ada pabrikemoticon-Christmas
profile-picture
amanat007 memberi reputasi
1
11-06-2019 09:13
desain wuling confero sama cortez ane liat sih masih kaku walau fitur sangat melimpah. tinggal nunggu 3-5 tahun mendatang, kalo aftersales oke dan gak banyak masalah mungkin Wuling akan jadi semacam xiaomi di handphone, dulu dinyinyirin sekarang jadi idola
profile-picture
genderwoo memberi reputasi
1
11-06-2019 09:13
jadi sebenernya lebih bagus dan awet mana? wuling atau mobil2 produsen jepang?
0
11-06-2019 09:15
Quote:Original Posted By maria.olivia
Jika 5 - 10 tahun ke depan tetap bisa bertahan di Indonesia maka brand china seperti wuling akan semakin banyak dapat kepercayaan dari masyarakat Indonesia. Karena ada loh kejadian brand amerika aja sampai yang ngacir keluar indonesia dan bikin kecewa konsumen. Atau di motor ada brand india yg kabur juga setelah berjualan.

Btw brand china "defesek" kurang menggigit penjualannya di bandingkan wuling. Meski keduanya punya pabrik di indonesia. Terlihat wuling lebih agresif dalam membuka banyak dealer tidak hanya ada di kota besar. Waktu kemarin mudik ane liat ada dealer wuling di Salatiga.

Oiya Chevrolet Captiva 2019 untuk pasar di Thailand kemungkinan di rakit & ekspor di pabrik wuling di Indonesia. Di sini namanya Wuling Almaz. Karena wuling sendiri ada kerjasama dengan GM.

Ke depannya kalau wuling punya produk yang terus pas dengan pasar indonesia baik itu dari spesifikasi dan harga yang masuk akal. Tentu bisa di jadikan pertimbangan calon konsumen.

Karena saya yakin masih banyak orang Indonesia yang belum siap keluar uang terlalu banyak kisaran ratusan juta untuk membeli brand china di sektor otomotif. Beda dengan gadget macam smartphone china yang nominalnya tidak terlalu besar. Jadi brand china harus punya value lebih guna meyakinkan masyarakat.

Karena apapun brandnya, jika serius berjualan di Indonesia dan tidak hanya sekedar cari profit saja namun juga meningkatkan kepercayaan terhadap konsumen mudah-mudahan bisa bertahan lama. IMHO


Termasuk ane... Untuk keselamatan jgn coba2 deh... Ane masih ragu kualitas mobil cina, walaupun ada yg dibangun dibekas pabrik chevrolet, QC cina agak diragukan aja... Terutama after sales dulu... Memang sekarang di gembor2kan biaya service mobcin amat murah...
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1
11-06-2019 09:20
almaz mah edaann fiturnya gan
0
11-06-2019 09:20
efek china's disruptors
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1
11-06-2019 09:26
menurut ane, masih lama untuk otomotif terutama si wuling ini membuat harga pasaran mobil jepang mengikuti mereka

ane lebih pilih beli mobil mahal yang sudah teruji dari pada beli mobil yang masih ane ragukan kualitasnya. Kalo hape mungkin ane gak begitu sakit hati beli produk2 negara china karna tidak menguras kantong macam beli mobil emoticon-Ngakak
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1
11-06-2019 09:27
Quote:Original Posted By maria.olivia
Jika 5 - 10 tahun ke depan tetap bisa bertahan di Indonesia maka brand china seperti wuling akan semakin banyak dapat kepercayaan dari masyarakat Indonesia. Karena ada loh kejadian brand amerika aja sampai yang ngacir keluar indonesia dan bikin kecewa konsumen. Atau di motor ada brand india yg kabur juga setelah berjualan.

Btw brand china "defesek" kurang menggigit penjualannya di bandingkan wuling. Meski keduanya punya pabrik di indonesia. Terlihat wuling lebih agresif dalam membuka banyak dealer tidak hanya ada di kota besar. Waktu kemarin mudik ane liat ada dealer wuling di Salatiga.

Oiya Chevrolet Captiva 2019 untuk pasar di Thailand kemungkinan di rakit & ekspor di pabrik wuling di Indonesia. Di sini namanya Wuling Almaz. Karena wuling sendiri ada kerjasama dengan GM.

Ke depannya kalau wuling punya produk yang terus pas dengan pasar indonesia baik itu dari spesifikasi dan harga yang masuk akal. Tentu bisa di jadikan pertimbangan calon konsumen.

Karena saya yakin masih banyak orang Indonesia yang belum siap keluar uang terlalu banyak kisaran ratusan juta untuk membeli brand china di sektor otomotif. Beda dengan gadget macam smartphone china yang nominalnya tidak terlalu besar. Jadi brand china harus punya value lebih guna meyakinkan masyarakat.

Karena apapun brandnya, jika serius berjualan di Indonesia dan tidak hanya sekedar cari profit saja namun juga meningkatkan kepercayaan terhadap konsumen mudah-mudahan bisa bertahan lama. IMHO


sebenarnya Wuling itu bukan 100% asli china, Wuling itu milik SAIC-GM perusahaan patungan Saic dan General Motor, jadi ada campur tangan teknologi Amerika (GM) disini...Wuling Confero itu aslinya rebadge Chevrolet Spin, Wuling Almaz itu diluar bernama Chevrolet Captiva 2019, mesin juga berbasis dari Chevrolet, semua dealer Chevrolet di indo berganti nama jadi dealer Wuling, jd bisa disimpulkan Wuling itu Chevrolet versi China emoticon-Big Grin
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1
11-06-2019 09:28
Quote:Original Posted By cysers1
Termasuk ane... Untuk keselamatan jgn coba2 deh... Ane masih ragu kualitas mobil cina, walaupun ada yg dibangun dibekas pabrik chevrolet, QC cina agak diragukan aja... Terutama after sales dulu... Memang sekarang di gembor2kan biaya service mobcin amat murah...


wuling = chevrolllettee
profile-picture
profile-picture
cysers1 dan iskrim memberi reputasi
2
11-06-2019 09:29
Liat harga dan spek sih bikin ngiler...
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1
11-06-2019 09:30
Quote:Original Posted By maria.olivia
Jika 5 - 10 tahun ke depan tetap bisa bertahan di Indonesia maka brand china seperti wuling akan semakin banyak dapat kepercayaan dari masyarakat Indonesia. Karena ada loh kejadian brand amerika aja sampai yang ngacir keluar indonesia dan bikin kecewa konsumen. Atau di motor ada brand india yg kabur juga setelah berjualan.

Btw brand china "defesek" kurang menggigit penjualannya di bandingkan wuling. Meski keduanya punya pabrik di indonesia. Terlihat wuling lebih agresif dalam membuka banyak dealer tidak hanya ada di kota besar. Waktu kemarin mudik ane liat ada dealer wuling di Salatiga.

Oiya Chevrolet Captiva 2019 untuk pasar di Thailand kemungkinan di rakit & ekspor di pabrik wuling di Indonesia. Di sini namanya Wuling Almaz. Karena wuling sendiri ada kerjasama dengan GM.

Ke depannya kalau wuling punya produk yang terus pas dengan pasar indonesia baik itu dari spesifikasi dan harga yang masuk akal. Tentu bisa di jadikan pertimbangan calon konsumen.

Karena saya yakin masih banyak orang Indonesia yang belum siap keluar uang terlalu banyak kisaran ratusan juta untuk membeli brand china di sektor otomotif. Beda dengan gadget macam smartphone china yang nominalnya tidak terlalu besar. Jadi brand china harus punya value lebih guna meyakinkan masyarakat.

Karena apapun brandnya, jika serius berjualan di Indonesia dan tidak hanya sekedar cari profit saja namun juga meningkatkan kepercayaan terhadap konsumen mudah-mudahan bisa bertahan lama. IMHO


DFSK (defesek)emoticon-Malu agak aneh namanya utk pasar indonesia, ane malah ndak pernah liat tu mobil. klo wuling udah pernah liat di jalan. semoga dg hadirnya mobil" china, mobil merk jepang bisa sedikit menurunkan harganya emoticon-Embarrassment
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1
11-06-2019 09:31
Murah c memang..cuma blom tau durability ny
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1
11-06-2019 09:31
Wuling Confero mesin sama dgn Chevrolet Spin.
Wuling Cortez mesin sama dgn Chevrolet Orlando.
Staregi masuk pasar Indonesia melalui jaringan GM menurut ane sangat luar biasa bagus. Banyak dealer & servicenya Chevrolet berubah jadi Wuling.
Like or not, saya pengguna Chevrolet dgn masuknya Wuling ada suka & dukanya. Sukanya ada beberapa part yg sama & harga lebih murah. Dukanya, ane jadi susah cari bengkel resmi Chevrolet krn sudah banyak yg berubah jadi Wuling.
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1
11-06-2019 09:33
Dari 98% ke 97%...?? emoticon-Big Grin
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1
11-06-2019 09:33
Quote:Original Posted By TheHappyLife
Wuling sudah buat pabrik besar di indonesia. itu artinya wuling serius dan berkomitmen untuk berdagang di indonesia. kalau gak ada pabrik, ente boleh khawatir. layanan aftersales wuling juga berkembang pesat. jadi ente jangan antipati hanya karena merek china. china sekarang juga sudah berkembang pesat.
sekarang lihat fitur yang ditawarkan wuling. di youtube sana, sudah banyak reviewer yang memberikan penilaian positif buat wuling. reviewer itu berasal dari situs otomotif yang terpercaya. wuling cortez contohnya sudah dibawa jalan ke medan berat, digeber di sirkuit dan ternyata hasilnya tidak ada masalah tuh. masih bagus mesinnya. lihat kualitas bukan hanya dari produk itu berasal, coba buktikan sendiri dengan mencoba produk itu.

semoga dengan adanya wuling dan dfsk bisa menjadi tekanan buat menurunkan harga produk yang kelewat mahal. sudah mahal, fitur minimum, hanya mengandalkan brand saja. siapakah itu ?


Si otoy sama si enday gan emoticon-Ngakak
0
11-06-2019 09:37
persaingan ketat antara convero S dengan sigra calyaemoticon-Cool
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1
11-06-2019 09:38
wuling ini akan jd pesaing besar bt produsen mobil jepang : model MPV dan biaya servis yg murah.
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1
11-06-2019 09:39
halah bulshit pada liat mentingin spek ini itu, toh yg diliat orang kita ntar kalo bekas laku jual tinggi kaga emoticon-Ngakak sok belaga mentingin safety
0
11-06-2019 09:42
Patut waspada nih jepun..
Gadget aja udh diambil alih china emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
mr.RDz dan iskrim memberi reputasi
2
11-06-2019 09:44
hajar Ling , biar mobil2 jepun pd turun harga , sm kek samsung di hajar xiaomi, dkk ini .
0
Halaman 6 dari 12
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.