• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 10 Juni Malam, Jangan Lewatkan Atraksi Jupiter+Planet-planetnya dalam Oposisi Jupiter

matthysse67
TS
matthysse67
10 Juni Malam, Jangan Lewatkan Atraksi Jupiter+Planet-planetnya dalam Oposisi Jupiter
Berhubung Forum Sains sepi banget, Artikel ini sengaja ane taro di Lonje, Sak'urunge Sepurane lho min. emoticon-Big Grin

Juni, Waktu yang Pas Buat Lihat Pertunjukkan Jupiter di Angkasa Hanya dengan Teropong Biasa

Jumat, 7 Juni 2019 | 15:24 WIB


Ilustrasi Jupiter dan bulan-bulannya. (Pixabay)

Nationalgeographic.co.id - Bulan ini ada pertunjukkan angkasa yang teramat sayang untuk kita lewatkan. Arahkan pandangan kita ke langit yang bermandikan benda-benda angkasa.

Para ahli telah memberikan konfimasi, pada bulan Juni menjadi waktu yang tepat saat Jupiter memperagakan pertunjukan angkasanya.

NASA mengatakan Jupiter akan berada pada posisi terdekatnya dengan Bumi di bulan Juni – begitu dekat sehingga para pengamat angkasa akan mampu untuk mengamatinya dengan mata telanjang, dan bahkan beberapa dari bulan-bulan terbesarnya dengan menggunakan perlengkapan sederhana.


planet Jupiter (NASA/SwRI/MSSS/Gerald Eichstädt/Seán Doran)

“Planet terbesar di sistem tata surya tampak sebagai berlian yang cerah hanya dengan mata telanjang, namun akan terlihat fantastis melalui teropong atau sebuah teleskop kecil, yang akan memungkinkan anda untuk melihat empat bulan terbesarnya,” ujar badan antarissa AS di situs webnya.

Beberapa mungkin ada yang “dapat melihat sekilas sabuk awan” yang mengelilingi planet itu, ujar NASA.

Peluang terbaik akan terjadi pada hari Senin, saat Jupiter, Bumi, dan Saturnus semuanya berada dalam satu garis, sebuah kejadian setahun sekali yang disebut “oposisi.” Dari 14 hingga 19 Juni, astronomer amatir dapat melihat “jajaran yang indah” dari bulan, Jupiter, dan Saturnus yang akan berubah setiap malam saat bulan mengorbit Bumi.


Ilustrasi Bumi dan Jupiter (pixabay/WikiImages)

“Saat anda di luar mengagumi trio yang luarbiasa ini, sesungguhnya ada observasi astronomi yang indah yang dapat anda upayakan sendiri, hanya dengan memperhatikan pergerakan bulan dari malam ke malam,” ujar badan tersebut di situs web nya.


Jupiter (solarsystem.nasa.gov)

Untuk mereka yang ingin memandang dari jarak yang bahkan lebih dekat lagi pada planet terbesar di tata surya kami, NASA menyarankan untuk mengunjungi situs web nya untuk gambar-gambar yang dikirimkan oleh Juno, wahana antariksa yang saat ini tengah mengorbit Jupiter. (Sumber: VOA Indonesia )


Sumber : https://nationalgeographic.grid.id/r...teropong-biasa


emoticon-Bedug:
Diubah oleh matthysse67 09-06-2019 02:42
davecchioSiwieslametgentho
slametgentho dan 9 lainnya memberi reputasi
10
8.8K
119
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.