sobatf
TS
sobatf
Pilih kamera bagus atau lensa yang bagus??
Quote:


Ini pertanyaan yang sering ditanyakan, terutama oleh pemula. Apa lebih baik membeli lensa L dulu atau kamera full frame dulu? Karena keduanya sangat bagus untuk dimiliki. Namun karena budget terbatas, terpaksa kita memilih salah satu yang terbaik dan mengorbankan yang lain untuk sementara waktu. Jangan sampai kamu menyesal di kemudian hari.

Berikut adalah penjelasannya.



Berbagai sumber mengatakan bahwa jauh lebih baik berinvestasi pada lensa yang bagus ketimbang membeli kamera bagus. Karena bodi kamera adalah benda elektronik yang sama seperti elektronik lain: tidak terlalu awet dan selalu diperbarui oleh vendor. Setiap tahun, ada saja bodi kamera keluaran baru dengan fitur dan peningkatan yang menarik. Sama halnya dengan ponsel, bodi kamera tidak habis untuk diikuti. Sedangkan lensa, meskipun ada versi baru, perubahannya tidak terlalu signifikan. Serta jika dirawat dengan baik, lensa akan tetap awet. Harga jual lensa bekas juga lebih tinggi dibandingkan bodi kamera.

Untuk pemula yang memiliki dana banyak, lebih baik membeli kamera full frame termurah serta jenis lensa termurah dahulu. Sehingga kamu bisa mencoba beberapa jenis lensa. Jika kamu sudah menemukan passion terhadap jenis fotografi yang hanya memerlukan satu jenis lensa, kamu bisa menjual semua lensa lain. Atau bahkan kamu mulai bisa membeli beberapa lensa premium (misalnya lensa L untuk Canon, Zeiss, dll) yang sesuai dengan aliran fotografi kamu. Sedangkan bodi kamera sebaiknya tidak diganti sampai rusak atau ketika kamu memang benar-benar membutuhkan fitur kamera yang lebih mahal (misalnya continuous shooting yang lebih tinggi atau titik autofokus yang lebih banyak). Ketika harus mengganti bodi kamera, barulah kamu mencari kamera tertinggi yang sesuai dengan kebutuhan dan dana kamu.

Semoga bermanfaat

Jangan lupa mampir ke :


https://www.youtube.com/channel/UCl8...QtYikbnEpL_Wsg
0
374
2
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Photography
Photography
icon
14.2KThread4.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.