• Beranda
  • ...
  • Kekoreaan
  • Maraknya Fenomena Youtuber Korea Bikin Konten Youtube Berbahasa Indonesia

arifdoankAvatar border
TS
arifdoank
Maraknya Fenomena Youtuber Korea Bikin Konten Youtube Berbahasa Indonesia


Akhir-akhir ini semakin banyak kita jumpai warga negara asing yang membuat konten youtube berbahasa Indonesia. Maklum, Indonesia merupakan negara yang penduduknya cukup tergila-gila dengan youtube. Ditambah lagi negara ini memiliki populasi yang besar. Jadi tentunya ini peluang yang manis bagi youtuber asing untuk memanfatkan pasar Indonesia. Walaupun harus diakui ada juga beberapa youtuber asing yang membuat konten berbahasa Indonesia karena memang kecintaan mereka terhadap Indonesia.

Kalau dilihat berdasarkan negara asalnya, Korea merupakan negara yang paling banyak menghasilkan youtuber dengan konten youtube berbahasa Indonesia. Negara yang dimaksud adalah Korea Selatan ya, bukan Korea Utara. Tentunya ini sebuah fenomena yang menarik. Pasalnya cukup masif dijumpai youtuber-youtuber Korea yang memiliki konten youtuber berbahasa Indonesia. Contohnya adalah channel youtube seperti Hari Jisun, Ujung Oppa, Noona Rosa, Bandung Oppa, Korea Reomit dll.


Hari Jisun, salah satu youtuber Korea paling populer di Indonesia (sumber : idntimes.com)


Ternyata saat ini Indonesia tengah naik daun di Korea. Maraknya youtuber Korea membuat konten youtube berbahasa Indonesia tidak terlepas karena semakin populernya bahasa Indonesia di Korea. Hampir disetiap kota besar di Korea terdapat universitas yang mengajarkan jurusan bahasa Indonesia.Tentu ada sejumlah alasan mengapa bahasa Indonesia menjadi populer di Korea. 


Hankuk University of Foreign Studies, salah satu universitas di Korea Selatan yang memiliki program studi bahasa Indonesia (sumber : konsultanpendidikan.com)


Di Korea Indonesia dianggap sebagai negara yang berpotensi menjadi salah satu kekuatan utama Asia. Entah apa alasan orang Korea berpikiran. Padahal orang Indonesia sendiri malah pesimis dengan kondisi negeri ini. Selain itu dalam beberapa tahun belakangan hubungan Indonesia dan Korea terjalin semakin erat. Itulah sebabnya semakin banyak hadir perusahaan-perusahaan Korea di Indonesia. Bagi orang Korea, setidaknya mereka dapat pekerja pada perusahaan Korea yang beroperasi di Indonesia. 

sebagian orang Korea yang belajar bahasa Indonesia memilih menjadi youtuber. Dari semua negara di dunia ini, Korea Selatan merupakan negara yang paling banyak memiliki youtuber dengan konten youtube berbahasa Indonesia. Banyak diantara mereka meraih popularitas sehingga mendapatkan penghasilan yang cukup menguntungkan. Maklum, Indonesia sebagai pasar yang besar tentunya mampu menjanjikan keuntungan yang besar pula. Apalagi banyak remaja Indonesia yang tergila-gila dengan budaya Korea. Jadi menambah berkah bagi mereka untuk semakin populer di Indonesia. 

Referensi :
https://news.detik.com/berita/d-3176...daun-di-korea
https://tirto.id/mengapa-semakin-ban...ndonesia-der2
https://kumparan.com/swara-unsada/di...tra-indonesia
davecchio
mentarisfr
bukan.bomat
bukan.bomat dan 13 lainnya memberi reputasi
14
27.9K
235
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kekoreaan
Kekoreaan
10.8KThread2.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.