• Beranda
  • ...
  • Tanaman
  • [5K] Buah - Buahan Yang Membuatku Merindukan Bulan Ramadhan

lamberianto.
TS
lamberianto.
[5K] Buah - Buahan Yang Membuatku Merindukan Bulan Ramadhan
Quote:


Dalam kesempatan yang masih dalam suasana Idul Fitri ini,  sebelumnya saya mohon maaf atas segala kesalahan. Dan dalam kesempatan kali ini pula aku ingin sedikit mengenang saat menjalani Bulan Yang Suci berteman buah - buahan yang membuatku selalu merindukan Ramadhan. Kepada Om Mimin dan Om Momod, khususnya Om Momod Forum Tanaman saya mohon bolehlah kiranya saya diberi kesempatan. 

Setelah beberapa waktu yang lalu saya pernah menceriterakan tentang pengalaman saya selama berwirausaha [5K] Karakter Yang Mesti Kita Miliki Dalam Berwirausaha , Kali ini saya ingin menceriterakan tentang [5K] Buah -  Buahan Yang Membuatku Merindukan Bulan Ramadhan.

Adapun buah - buahan itu antara lain : 

Quote:


Buah yang disinyalir berasal dari TImur Tengah ini begitu identik dengan bulan puasa bagiku. Hampir setiap menjali puasa di Bulan Ramadhan buah ini selalu hadir di menu hidangan berbuka dan hampir bisa dipastikan aku selalu menyantapnya. Sementara di bulan - bulan lain selain bulan puasa bisa dibilang aku jarang sekali mengkonsumsinya bahkan nyaris tidak pernah. 
Berdasarkan Hadits yang aku tau, "berbukalah dengan yang manis"  dalam hal ini adalah kurma. Oleh sebab itulah buah yang satu ini selalu ada di setiap bulan puasa tiba. Aku juga pernah membaca bahwasanya buah ini kaya akan manfaat untuk kesehatan. Adapun manfaat itu antara lain dapat mencegah dan mengobati racun. Khusus bagi orang yang berpuasa adalah zat gula memerlukan waktu 5 s/d 10 menit untuk diserap dalam usus manusia ketika dalam keadaan kosong, sehingga waktu tersebut dapat digunakan sementara untuk menjalankan ibadah sholat maghrib. Selain itu, manfaat kurma yang paling saya suka adalah dengan mengkonsumsi buah ini konon katanya dapat menahan lapar. Paham bukan apa yang saya maksud? emoticon-Peace

Quote:


Kelapa adalah tanaman yang begitu banyak manfaatnya. Hampir semua bagiannya mulai dari pangkal akar hingga ujung daun tanaman dapat dimanfaatkan. Dari sekian banyak manfaat itu, aku ambil bagian kecilnya saja yaitu air kelapa (muda). Sama halnya seperti kurma, air kelapa hampir selalu ada pada menu hidangan berbuka. Setelah mengunyah buah kurma, saya mendorongnya ke dalam tenggorokan dengan meminum air kelapa (muda) ini. 
Pernah saya baca tentang manfaat konsumsi air kelapa bagi kesehatan yaitu dapat mencegah dehidrasi saat beraktifitas di bulan puasa, menurunkan kolesterol jahat, dan melindungi jantung. Selain itu air kelapa juga dapat membantu masalah perut seperti gangguan pencernaan dan maag, dan masih banyak lagi manfaat air kelapa lainnya. Berhubung saya ada masalah dengan maag, makanya saya sering mengkonsumsi buah yang satu ini, tidak hanya di bulan puasa tetapi juga pada bulan - bulan lainnya. 
Kenapa buah ini bisa membuatku selalu merindukan bulan puasa, karena pada bulan puasa inilah di kotaku (Pontianak) beberapa lapak musiman yang ada di tepi jalan tumbuh subur, menjajakan air kelapa muda tentunya. Pada saat ngabuburit, lapak - lapak itu aku jumpai di sepanjang jalan kenangan emoticon-Malu (S)

Quote:


Kacang hijau adalah jenis palawija yang begitu dikenal di wilayah tropika, wilayah kita. Manfaat kacang hijau salah satunya adalah sebagai penghasil energi rendah kalori. Kacang hijau tentu sangat cocok dikonsumsi pada bulan puasa dikarenakan dapat mengembalikan energi kita karena dapat dijadikan sumber karbohidrat yang rendah lemak. Di samping menghasilkan energi dengan memecah glukosa, kacang hijau yang kaya akan serat juga berguna menurunkan kadar kolesterol, menyehatkan usus, dan mengurangi resiko sembelit atau konstipasi. 
Mengingat akan manfaatnya inilah maka saya bisa dibilang sering mengkonsumsinya. Menjelang berbuka, kadang saya menyiapkan menu berbuka dengan kacang hijau. Jika waktunya menyipakannya singkat, cukup dengan menikmati burjo (bubur kacang ijo) saja. Namun jika waktunya lebih panjang, burjo itu saya haluskan dengan cara memblendernya, yang biasa dikenal dengan Sari Kacang. Jika memang benar - benar tidak sempat mengerjakannya, saya beli jadi saja di lapak - lapak musiman tadi. Karena biasanya selain menjual air kelapa muda sebagai dagangan utama, biasanya ada tersedia juga sari kacang sebagai pendamping emoticon-Cendol (S)

Quote:


Kolang kaling (buah atap) adalah nama cemilan yang kenyal, berbentuk lonjong dan berwarna putih serta mempunyai rasa yang menyegarkan. Tentunya buah yang satu ini sering dijadikan menu berbuka puasa, bukan saya saja, tentu agan dan sista, mas brader dan mbak sistah, Om dan Tante juga. 
Kolang kaling memberikan manfaat bagi kesehatan yang antara lain melancarkan pencernaan, menyehatkan tulang, mencegah anemia, mencegah dehidrasi, menjaga metabolisme tubuh. Terkhusus bulan puasa, dengan berbagai macam pengolahannya, kolang kaling sangat familiar bagi kita untuk kita jadikan Takjil berbuka puasa. Oleh karena itulah kolang kaling begitu membuatku merindukan bulan Ramadhan emoticon-rose 

Quote:


Yang terakhir, buah yang bisa menjadikan sebab aku selalu rindu bulan Ramadhan adalah Ketela. Ada dua jenis yang ketela yang kita kenal yaitu :
- ketela pohon atau ubi kayu atau singkong
- ketela rambat atau ubi jalar 
Ketela juga banyak manfaatnya bagi tubuh kita. Dalam sebuah penelitian,  ubi jalar dapat mengurangi kadar gula dalam darah penderita diabetes. Manfaat yang lain, kandungan beta karoten pada ubi jalar dapat mencegah penyakit kanker. Serat yang tinggi dapat membantu pencernaan menjadi lebih baik dan mencegah terjadinya sembelit. 
Pada bulan puasa, baik ketela pohon maupun ketela rambat sangat sering  juga menjadi hidangan di atas meja keluarga. Baik itu digoreng, direbus, atau bahkan dijadikan kolak. Harganya yang relatip murah, begitu sangat membantuku dalam hal pengeluaran. Apalagi di akhir bulan Ramadhan menjelang Lebaran disaat sedang banyak - banyaknya pengeluaran emoticon-Blue Guy Smile (S)

Spoiler for roti sumbu:






Diubah oleh lamberianto. 10-06-2019 07:22
megagledegwisudajunitien212700
tien212700 dan 17 lainnya memberi reputasi
16
32K
1K
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Tanaman
Tanaman
icon
3.9KThread2.4KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.