alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
5 stars - based on 4 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5cfb3d08018e0d2994404daf/menanti-hasil-kajian-kartu-kartu-sakti-jokowi
Lapor Hansip
08-06-2019 11:43
Menanti Hasil Kajian Kartu Kartu Sakti Jokowi
Past Hot Thread
Presiden Joko Widodo tak surut mengeluarkan kartu sakti. Pada kampanye pemilu presiden 20I9, Jokowi menjanjikan tiga kartu jika terpilih menjadi presiden, yakni Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, Kartu Sembako Murah, dan Kartu Pra-Kerja. Ketiga kartu anyar ini bakal melengkapi kartu-kartu yang dijanjikan dan lantas dijalankan setelah terpilih sebagai presiden pada 2014, yakni Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS), dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) berbentuk Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT). Tiga kartu sakti baru ini sukses membetot perhatian pemilih.

Bahkan hasil survey Alvara Research Center menyebut KIS sebagai program pemerintah yang paling dirasakan manfaatnya. Skornya mencapai 68%, disusuI oleh program KIP dan pembangunan infrastruktur. KIS sudah menjangkau 98,6 juta orang pada 2019. Sebelumnya, pada 2015, program ini hanya diikuti 87,8 juta jiwa.

Menanti Hasil Kajian Kartu Kartu Sakti Jokowi

Selain KIS, program lain pun mengalami kenaikan, jumlah penerima PKH misalnya, saat ini telah mencakup 9,8 juta penduduk dari jumlah peserta awal di tahun 2015 yang hanya 3,5 juta jiwa. Pada 2017, jumlah penerima PKH naik dua kali lipat menjadi 6 juta KPM (keluarga penerima manfaat) dan realisasi penyaluran sebcsar Rp 11,3 triliun. Kemudfan pada 2018 rerdapat 10 juta KPM dengan realisasi penyaluran sebesar Rp 17,52 triliun.

Badan Pusat Sratistik (BPS) sendiri mencatat, untuk pertama kalinya Indonesia mengalami titik terendah dalam persentase kemiskinan sejak 1999, yakni sebesar 9,82% pada Maret 2018. Meski mencatatkan peningkatan jangkauan, anggaran, dan kepuasan publik, program bagi-bagi kartu ini tak lepas dari kritik. Di antaranya kritik dari anggota Komisi VIII DPR, Rahayu Saraswati, yang khawatir kegiatan bagi-bagi kartu tersebut hanya muncul sebagai bagian dari proyek pencitraan politik.

Program bagi-bagi kartu ini dinilai hanya instrumen untuk menyenangkan semua orang dengan cara menyebar subsidi sebanyak-banyaknya dengan semangat mengejar populisme. Sejumlah catatan yang terkumpul menyebut bahwa tiga kartu  sakti  versi 2014 masih  terkendala. Pemasalahan yang muncul berkaitan dengan pencapaian target, distribusi, dan pembiayaan.

Untuk KIP, masalahnya adalah penggunaan data yang belum akurat. Distribusi kartu dan pencairan dana juga masih bermasalah. Kartu belum diterima peserta, meski mereka sudah mengetahui atau bahkan menerima sebagian dana. Untuk KIS, permasalahan juga hampir sama. Evaluasi dan pernantauannya dianggap masih kurang ketat.

Menanti Hasil Kajian Kartu Kartu Sakti Jokowi

Permasalahan-permasalahan ini sangat wajar terjadi, Apalagi, Indonesia merupakan negara yang besar, baik secara populasi maupun secara geografis. Sehingga verifikasi menjadi sulit untuk dilakukan. Maka cara mengatasi problem sosial-ekonomi kita dengan kartu-kartu itu sangat tidak relevan.

Pemerintah harus melakukan kajian lebih dalam sehelum mengeksekusi kebijakan pembagian kartu tersebut. Kajian ini perlu mempertimbangkan beberapa risiko yang mungkin akan meniadi kendala di tahap implementasi.

Pertama, aspek risiko finansial yang tidak hanya diukur untuk lima tahun ke depan, tapi untuk 25 tahun ke depan, Karena dana ini menggunakan APBN, perlu juga mempertimbangkan beban anggaran negara.

Lalu ada juga risiko keadilan, terkait dengan siapa yang akan menerima bantuan ini. Lantas risiko administrasi, apakah akan dikelola di tingkat daerah atau tingkat kementerian. Yang tak kalah penting adalah faktor risiko sosial, produk ini dapat meningkatkan daya saing masyarakat atau malah membuat masyarakat semakin manja.

Menanti Hasil Kajian Kartu Kartu Sakti Jokowi

SebeIum dieksekusi, perlu diberikan kajian, terutama berhubungan dua hal. Satu yang namanya cost benefit analysis, berapa biayanya dan manfaatnya, Yang kedua, risk management analysis, seberapa tinggi risiko yang akan ditemui ke depan.

Sebagai catatan, Kementerian Sosial kini tengah mengkaji dan merumuskan konsep, bentuk, dan program Kartu Sembako Murah. Sejumlah opsi tengah dipelajari. Antara lain mengintegrasikan dan menambah jangkauan Kartu Sembako Murah dengan program bansos Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT).

Sementara itu Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi kini tengah membahas detail implementasi KIP Kuliah. Modelnya berhuhungan dengan program bidik misi yang dikeluarkan pemerintahan SBY dan hingga kini masih berlangsung. Nantinya, mahasiswa yang tidak terakomodasi dalam bidik misi, afirmasi pendidikan tinggi (ADik), dimasukkan sebagai penerima KIP Kuliah.

Kementerian teknis lain yang tengah melakukan kajian adalah Kementerian Tenaga Kerja untuk Kartu Pra-Kerja. Di antara yang menjadi bahan kajian adalah soal apakah pengangguran penerima Kartu Pra-Kerja hanya akan mendapatkan pelatihan keterampilan saja atau juga menerima insentif (uang) sampai yang bersangkutan mendapatkan pekerjaan.

KARTU KARTU JOKOWI







profile-picture
profile-picture
profile-picture
kikikeriting dan 5 lainnya memberi reputasi
6
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 8
08-06-2019 11:45
Pejwan Approved ! emoticon-army
Diubah oleh hansip.ka5kus.2
profile-picture
profile-picture
fundenjack dan yukinura memberi reputasi
2
08-06-2019 11:54
Gak perlulah kartu2 gituan,buktikan dan jadikan negara ini maju,makmur, sejahtera,damai itu udah cukup😉

Mmm sperti Canada lah😉
Diubah oleh faris1234
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sapilincah dan 5 lainnya memberi reputasi
2
Lihat 2 balasan
08-06-2019 12:43
Orang yg budidaya "penyakit hati" gak pernah tenang hidupnya.....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ryan Limanto dan 5 lainnya memberi reputasi
6
08-06-2019 13:24
kita tunggu bakal terealisasi ga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
handa 23 dan 2 lainnya memberi reputasi
1
10-06-2019 13:03
dompet tebel kartu..emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
handa 23 dan yukinura memberi reputasi
0
10-06-2019 13:04
Apapun nanti hasil kajiannya pasti ada yang menyalahkan pak Jokowi ...
emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lennon69 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
10-06-2019 13:06
wihh.., the magic card will appear again , but from the first ane never go that cardemoticon-Mewek.
Diubah oleh anakjahanam721
profile-picture
profile-picture
profile-picture
setan.miskin dan 3 lainnya memberi reputasi
4
10-06-2019 13:07
Nunggu di pengkolan
profile-picture
profile-picture
yukinura dan mulivw memberi reputasi
2
10-06-2019 13:08
Quote:Original Posted By mynameisant
Apapun nanti hasil kajiannya pasti ada yang menyalahkan pak Jokowi ...
emoticon-Cool


Ane sih yess
profile-picture
yukinura memberi reputasi
1
10-06-2019 13:08
asiikk pengangguran bs maen mobel lejen smbil nenteng2 kartu pra kerja emoticon-Ngakak
tp ga usah jauh2 ane msh menunggu MOBIL ESEMKA, KERETA CEPAT JKT-BDG, KASUS PENYIRAMAN AIR KERAS, PINDAHIN IBUKOTA DLL emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Yantaru dan 14 lainnya memberi reputasi
9
Lihat 2 balasan
10-06-2019 13:08
nunggu banget ini kartu moga nambah jalan hidup ku
profile-picture
yukinura memberi reputasi
1
10-06-2019 13:08
Baru kali ini kartu yg dikeluarin presiden bener" bermanfaat buat masyarakat..
profile-picture
yukinura memberi reputasi
1
10-06-2019 13:13
Ane berusaha sendiri aja emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
sapilincah dan yukinura memberi reputasi
2
10-06-2019 13:13
Quote:Original Posted By ajrafols
asiikk pengangguran bs maen mobel lejen smbil nenteng2 kartu pra kerja emoticon-Ngakak
tp ga usah jauh2 ane msh menunggu MOBIL ESEMKA, KERETA CEPAT JKT-BDG, KASUS PENYIRAMAN AIR KERAS, PINDAHIN IBUKOTA DLL emoticon-Cool


Ekonomi 7% tidak rangkap jabatan emoticon-I Love Indonesia


Pendukung yang baik pasti menagih janji yang didukung nya emoticon-I Love Indonesia
Diubah oleh ntapzzz
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sapilincah dan 4 lainnya memberi reputasi
5
10-06-2019 13:14
Alhamdulillah kita nantikan bersama-sama. emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
yukinura memberi reputasi
1
10-06-2019 13:15
Dan masih aja ada nasbung kampret barisan sakit hati gegara Wowo tunabiji kalah, pada nyinyir di thread ini. emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agunkkk13 dan 6 lainnya memberi reputasi
7
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
10-06-2019 13:18
Balasan post youdoyouknow
Tunabiji emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
handa 23 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
10-06-2019 13:20
kartu anti sakit hati ada buat wowo? emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lennon69 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
10-06-2019 13:20
Aku mejeng di pejwan nich emoticon-Malu

Pejwan kugembok ya emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)emoticon-Big Grin
Diubah oleh yukinura
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ninja110rr dan 2 lainnya memberi reputasi
1
10-06-2019 13:21
Smg bsa membawa indonesia maju
0
Halaman 1 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.