alexa-tracking
Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
5 stars - based on 15 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5ce7aa8328c991453c319b6b/buah-aneh-yang-misterius
Lapor Hansip
24-05-2019 15:25
Buah Aneh yang Misterius
Past Hot Thread

Buah Pining, Jenis Tanaman Langka yang Harus Dilestarikan

Buah Aneh yang Misterius


Nah agan dan sista pernah denger gak nama buah ini? Apa baru denger? Sama saya juga seumur hidup baru denger. Wkwkwk ....

Okey cekidot!

Buah pining bawang adalah sejenis tumbuhan dari suku jahe-jahean (Zingiberaceae). Nama latin dari buah pining bawang adalah Hornstedtia Alliacea. Buahnya manis dan segar, bisa dimakan secara langsung maupun dibuat olahan terlebih dahulu.

Buah pining bawang ini, banyak ditemukan di wilayah pegunungan dengan cuaca yang cukup dingin. Seperti di wilayah Gunung Tugu Sadananya, Ciamis. Ada juga di sekitaran wilayah perbukitan Langkaplancar, Pangandaran. Sekarang keberadaannya sudah mulai langka, karena aktivitas warga yang membuka hutan untuk dijadikan perkebunan atau huma.

Buah Aneh yang Misterius


Buah pining bisa dibuat syirup, rasanya manis segar. Apalagi dikonsumsi dalam keadaan dingin, wuiih mantap gan! Segeeer.

Quote:Namanya buah pining bawang, kenapa bawang? Karena memang bentuknya seperti bawang. Tapi rasanya gak seperti bawang ya agan sista. Rasanya manis beud, semanis senyummu. Iya, kamu. Tapi harganya gak semelambung bawang ya gansis. Kalau agak mehong dikit sih ya wajar, kan ini buah langka. Ye kan. Kalau harga bawang melambung tapi banyak dipasaran kan itu agak gimana gitu. Hehe itu sih urusan emak-emak sama emang-emang ye!


Buah Aneh yang Misterius


Buah ini juga bisa diolah untuk dijadikan manisan, cocok buat buka. Kalau buka itu baiknya dengan yang manis-manis. Juga pas banget buat dijadikan oleh-oleh saat mudik atau jadi cemilan perjalanan mudik agan dan sista semua.

Buah pining mentah yang masih segar belum diolah, harganya bisa mencapai Rp. 40.000/kg. Cukup murah untuk merasakan sensasi salah satu buah tropis langka yang ada di Indonesia, khususnya Jawa Barat.

Quote:Nah, segitu dulu ya sedikit bewara dari orang sunda penyuka buah langka. Kalau berminat boleh chat, tapi gak jamin ada langsung karena kan buahnya langka.


Jangan lupa cendol dan bintangnya ya agan dan sista.

emoticon-Cendol Ganemoticon-Sundul Up
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nyimak92 dan 49 lainnya memberi reputasi
50
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 5 dari 8
10-06-2019 10:30
Baru tahu ane ada buah kayak gini, macam cebong bentuknya
0
10-06-2019 10:49
buah pegunungan braeti ya gan?
0
10-06-2019 10:49
Wah ane baru tau
0
10-06-2019 10:55
wah serem juga bntuk kayak cebong, tapi itu dalamnya kan....
0
10-06-2019 10:56
itu numbuh nye di mane gan
0
10-06-2019 10:56
Baru banget ini liat buah kyk begitu gan emoticon-Hammer2
0
10-06-2019 11:01
rasanya manis asem gitulah syeger ane pernah nyobain..emoticon-Smilie

tapi salfok sama bentuknya ituloh..mirip sperm emoticon-Leh Uga
0
10-06-2019 11:06
wah baru denger nih ane gan...
0
10-06-2019 11:07
Ada jual bibitnya ga gan?tpi bsa hidup di daerah panas ga ya?
0
10-06-2019 11:10
pining beningging emoticon-Leh Uga
0
10-06-2019 11:13
gw pernah nyoba deh keknya tp lupa2
0
10-06-2019 11:16
pic yg di awal kok kyak makluk kecil yang di hellboy itu ya...
0
10-06-2019 11:16
Nyimak om
0
10-06-2019 11:17
Nyimak om
0
10-06-2019 11:22
mirip kecombrang ya
0
10-06-2019 11:26
itu buah apa kecebong..emoticon-Leh Uga
0
10-06-2019 11:29
keliatanya seɡer tuh buah nya
0
10-06-2019 11:41
Kirain kuaci gan emoticon-Ngakak
0
10-06-2019 11:50
selain Ciamis & Pangandaran mana lagi nih..

....gw masi di Jabar belum tau tanaman ini...emoticon-Hammer

luar jawa mungkin ada tapi beda nama...
0
10-06-2019 11:57
Ditempat ane (Kalteng) masih banyak buah ini dijual dipasaran. Disini kita nyebutnya buah "Ketiti"... Pohonnya mirip pohon nipah. Kalo dah masak banget buahnya dibikin miras...emoticon-Ngakak
0
Halaman 5 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.