the.commandosAvatar border
TS
the.commandos
Pemprov DKI Kaji Koridor Busway Beralih Menjadi Trem Kota


JAKARTA– Setelah membangun mass rapid transit (MRT) dan light rail transit (LRT) Pemprov DKI terus mengembang model traportasi massal lainnya. Hal ini dilakukan karena kemacetan masih terus menghantui warga Jakarta dan sekitarnya.

Badan Pengelola Transportasi Jakarta (BPTJ) bahkan mengusulkan agar Pemprov DKI memiliki moda transportasi massal baru berupa trem kota. Jika tidak ada aral melintang, BPTJ ingin model transportasi tersebut bisa mulai diterapkan tahun ini.

“Trem ini agar mendorong warga menggunakan transportasi publik, supaya lebih menarik. Dengan penggunaan trem kita yakin akan diminati masyarakat menggunakan,” kata Ketua BPTJ Bambang Prihartono, di Jakarta.

Trem ini menurut Bambang kebih efektif daripada Bus Transjakarta. Padahal jalur busway yang selama ini digunakan bisa jadi jalur trem tersebu.

Menurut Bambang bus Transjakarta hanya mampu mengangkut 40 orang, sedangkan trem bisa mengangkut 200 orang.

Menurut Bambang, jika terealisasi, trem kota akan menggunakan jalur Transjakarta yang sudah eksisting. Hal tersebut akan mempermudah sekaligus meng-upgrade transportasi Jakarta karena telah memiliki lajur sendiri. “Tidak sulit untuk membangun fasilitas pendukung trem,” katanya.

Secara hukum, pembangunan trem telah tertuang pada Perpes 55 tahun 2018. Karenanya, untuk mendukung rencana itu pihaknya kini tengah berkoordinasi dengan Pemprov DKI Jakarta mempercepat pembangunan trem. “Kita usulkan tahun bisa dibangun dikit dikit,” tuturnya.

Terkait teknolgi trem, kata Bambang, BPTJ telah melakukan studi banding ke Bogota, Kolumbia. Menurutnya Bus negara itu sudah perlahan digantikan dengan trem. “Mereka sudah mengalihkan ke trem. Dan ini sudah mulai digunakan,” tutupnya.

Seperti diketahui Bus Transjakarta diadopsi dari Bogota.
Dan ternyata pihak Pemprov DKI Jakarta juga tengah mengkaji wacana menjadikan Transjakarta sebagai transportasi massal berbasis rel atau trem di beberapa koridor busway.

Salah satu koridor yang sepertinya layak jalur trem adalah Koridor XIII yang menghubungan Cileduk dengan Blok M Jakarta Selatan

http://poskotanews.com/2019/05/11/pe...adi-trem-kota/

Tambah keren
muhamad.hanif.2
simsol...
simsol... dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2
3.5K
53
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.