Tech
Batal
KATEGORI
link has been copied
2333
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58986fd2ddd770cc458b4576/kaskus-android-lounge---part-2
Pengenalan Lebih Dekat Dengan Android Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, diben
Lapor Hansip
06-02-2017 19:45

Kaskus Android Lounge - Tempat Santai User Forum Android

Kaskus Android Lounge - Part 2



Quote:

Pengenalan Lebih Dekat Dengan Android


Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.

Pada saat perilisan perdana Android, 5 November 2007, Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler. Di lain pihak, Google merilis kode–kode Android di bawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat seluler.

Di dunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah yang benar–benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD).

Pada Juli 2000, Google bekerjasama dengan Android Inc., perusahaan yang berada di Palo Alto, California Amerika Serikat. Para pendiri Android Inc. bekerja pada Google, di antaranya Andy Rubi, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White. Saat itu banyak yang menganggap fungsi Android Inc. hanyalah sebagai perangkat lunak pada telepon seluler. Sejak saat itu muncul rumor bahwa Google hendak memasuki pasar telepon seluler. Di perusahaan Google, tim yang dipimpin Rubin bertugas mengembangkan program perangkat seluler yang didukung oleh kernel Linux. Hal ini menunjukkan indikasi bahwa Google sedang bersiap menghadapi persaingan dalam pasar telepon seluler. versi android terbaru yaitu versi 3.0. Android juga sudah bergabung dengan beberapa smart mobile seperti Nokia, Sony Ericsson, dan lainnya.

Sekitar September 2007 sebuah studi melaporkan bahwa Google mengajukan hak paten aplikasi telepon seluler (akhirnya Google mengenalkan Nexus One, salah satu jenis telepon pintar yang menggunakan Android pada sistem operasinya. Telepon seluler ini diproduksi oleh HTC Corporation dan tersedia di pasaran pada 5 Januari 2010).

Pada 9 Desember 2008, diumumkan anggota baru yang bergabung dalam program kerja Android ARM Holdings, Atheros Communications, diproduksi oleh Asustek Computer Inc, Garmin Ltd, Softbank, Sony Ericsson, Toshiba Corp, dan Vodafone Group Plc. Seiring pembentukan Open Handset Alliance, OHA mengumumkan produk perdana mereka, Android, perangkat mobile yang merupakan modifikasi kernel Linux 2.6. Sejak Android dirilis telah dilakukan berbagai pembaruan berupa perbaikan bug dan penambahan fitur baru.

Telepon pertama yang memakai sistem operasi Android adalah HTC Dream, yang dirilis pada 22 Oktober 2008. Pada penghujung tahun 2009 diperkirakan di dunia ini paling sedikit terdapat 18 jenis telepon seluler yang menggunakan Android.

Quote:

Android versi 1.1


Pada 9 Maret 2009, Google merilis Android versi 1.1. Android versi ini dilengkapi dengan pembaruan estetis pada aplikasi, jam alarm, voice search (pencarian suara), pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email.


Quote:

Android versi 1.5 (Cupcake)


Kaskus Android Lounge - Part 2


Pada pertengahan Mei 2009, Google kembali merilis telepon seluler dengan menggunakan Android dan SDK (Software Development Kit) dengan versi 1.5 (Cupcake). Terdapat beberapa pembaruan termasuk juga penambahan beberapa fitur dalam seluler versi ini yakni kemampuan merekam dan menonton video dengan modus kamera, mengunggah video ke Youtube dan gambar ke Picasa langsung dari telepon, dukungan Bluetooth A2DP, kemampuan terhubung secara otomatis ke headset Bluetooth, animasi layar, dan keyboard pada layar yang dapat disesuaikan dengan sistem.

Quote:

Android versi 1.6 (Donut)


Kaskus Android Lounge - Part 2


Donut (versi 1.6) dirilis pada September dengan menampilkan proses pencarian yang lebih baik dibanding sebelumnya, penggunaan baterai indikator dan kontrol applet VPN. Fitur lainnya adalah galeri yang memungkinkan pengguna untuk memilih foto yang akan dihapus; kamera, camcorder dan galeri yang dintegrasikan; CDMA / EVDO, 802.1x, VPN, Gestures, dan Text-to-speech engine; kemampuan dial kontak; teknologi text to change speech (tidak tersedia pada semua ponsel; pengadaan resolusi VWGA.


Quote:
Android versi 2.0/2.1 (Eclair)


Kaskus Android Lounge - Part 2


Pada 3 Desember 2009 kembali diluncurkan ponsel Android dengan versi 2.0/2.1 (Eclair), perubahan yang dilakukan adalah pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP, digital Zoom, dan Bluetooth 2.1.

Untuk bergerak cepat dalam persaingan perangkat generasi berikut, Google melakukan investasi dengan mengadakan kompetisi aplikasi mobile terbaik (killer apps - aplikasi unggulan). Kompetisi ini berhadiah $25,000 bagi setiap pengembang aplikasi terpilih. Kompetisi diadakan selama dua tahap yang tiap tahapnya dipilih 50 aplikasi terbaik.

Dengan semakin berkembangnya dan semakin bertambahnya jumlah handset Android, semakin banyak pihak ketiga yang berminat untuk menyalurkan aplikasi mereka kepada sistem operasi Android. Aplikasi terkenal yang diubah ke dalam sistem operasi Android adalah Shazam, Backgrounds, dan WeatherBug. Sistem operasi Android dalam situs Internet juga dianggap penting untuk menciptakan aplikasi Android asli, contohnya oleh MySpace dan Facebook.


Quote:

Android versi 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt)


Kaskus Android Lounge - Part 2


Pada 20 Mei 2010, Android versi 2.2 (Froyo) diluncurkan. Perubahan-perubahan umumnya terhadap versi-versi sebelumnya antara lain dukungan Adobe Flash 10.1, kecepatan kinerja dan aplikasi 2 sampai 5 kali lebih cepat, intergrasi V8 JavaScript engine yang dipakai Google Chrome yang mempercepat kemampuan rendering pada browser, pemasangan aplikasi dalam SD Card, kemampuan WiFi Hotspot portabel, dan kemampuan auto update dalam aplikasi Android Market.

Quote:

Android versi 2.3 (Gingerbread)


Kaskus Android Lounge - Part 2


Pada 6 Desember 2010, Android versi 2.3 (Gingerbread) diluncurkan. Perubahan-perubahan umum yang didapat dari Android versi ini antara lain peningkatan kemampuan permainan (gaming), peningkatan fungsi copy paste, layar antar muka (User Interface) didesain ulang, dukungan format video VP8 dan WebM, efek audio baru (reverb, equalization, headphone virtualization, dan bass boost), dukungan kemampuan Near Field Communication (NFC), dan dukungan jumlah kamera yang lebih dari satu.

Quote:

Android versi 3.0 (Honeycomb)


Kaskus Android Lounge - Part 2


Android 3.0 adalah versi yg secara khusus dioptimalkan untuk gadget dengan layar lebar, khususnya, dan yaitu tablet. Dalam versi ini diperkenalkan desain UI yang baru, virtual dan holografis tapi juga elegan dengan model interaksi memfokuskan pada konten.

Dalam versi ini Google membuat multitasking, notifications, Home screen customization, widgets, dan yang lainya juga menjadi lebih interaktif, vibrant, dan memberikan pengalaman 3D tapi tetap familiar dan juga lebih baik dari sebelumnya

Perubahan-perubahan yang dilakukan di versi ini antara lain pada System Bar (di bagian global status dan notifikasi), Action Bar (di bagian application control), customizable Home screens, recent Apps (untuk multitasking yang lebih mudah), keyboard (di desain ulang agar mengetik bisa lebih cepat dan akurat), text selection (copy dan paste yang lebih baik lagi), opsi connectivity yang baru, browser, camera dan gallery, contact, dan email.

Semuanya itu ditujukan agar lebih maksimal di dalam tablet. dan memang versi ini sampai saat versi 4.0 resmi diumumkan hanya beredar dan dipakai di tablet
Diubah oleh rifkonhakiki
1
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 107 dari 119
Kaskus Android Lounge - Part 2
Lapor Hansip
08-06-2019 07:17
Balasan post tinggikurus
buat social experiment aja gan, taro di pinggir jalan trus tunggu ada yg mungut. trus tinggal viralin deh
lumayan dapet persenan adsense
0 0
0
Kaskus Android Lounge - Part 2
08-06-2019 07:38
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak kesian yg nampak mukanya gan
0 0
0
Kaskus Android Lounge - Part 2
08-06-2019 08:39
Selamat Idul Fitri 1440 H

Mohon maaf lahir & batin yakk smua..
emoticon-Maaf Aganemoticon-Ketupatemoticon-Maaf Agan

Dan ati2 jg bwt yg msh di jalan..
profile-picture
hengkidermawan memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Kaskus Android Lounge - Part 2
08-06-2019 08:46

Ijin konsultasi (maaf kalo salah thread)

Selamat pagi, salam kenal semuanya.
Gan, mohon sarannya kalo pemakaian Internet kayak di bawah OS ANDROID itu pemakaian untuk apa ya?
Udah 3x isi paket internet dalam waktu 3 jam langsung kesedot habis, dicek pemakaian data ternyata yg nyedot itu

Kaskus Android Lounge - Part 2

Makasih sebelumnya agan-agan
0 0
0
Lihat 2 balasan
Kaskus Android Lounge - Part 2
Lapor Hansip
08-06-2019 10:24
Balasan post loveeating
edan bajay 105GB !!!!😂😂😂
ane rasa itu pembaharuan/update os androidnya
coba matin semua update, gan (pembaharuan android dan play store)
0 0
0
Kaskus Android Lounge - Part 2
Lapor Hansip
08-06-2019 10:25
Balasan post ipphiee
sama2, gan!!
profile-picture
ipphiee memberi reputasi
1 0
1
Kaskus Android Lounge - Part 2
Lapor Hansip
08-06-2019 10:38
Balasan post loveeating
buset 105gig emoticon-Belo
matikan auto update di playstore atau OS nya, mending melipir ke wifi gratisan mall/ halte/ food court.
0 0
0
Kaskus Android Lounge - Part 2
08-06-2019 10:42
Quote:Original Posted By loveeating
Selamat pagi, salam kenal semuanya.
Gan, mohon sarannya kalo pemakaian Internet kayak di bawah OS ANDROID itu pemakaian untuk apa ya?
Udah 3x isi paket internet dalam waktu 3 jam langsung kesedot habis, dicek pemakaian data ternyata yg nyedot itu

Kaskus Android Lounge - Part 2

Makasih sebelumnya agan-agan


Kalau gak salah ane pernah baca soal web\aplikasi yg nyuruh usernya mining bit coin di background. Mungkin agan udh kena itu, coba uninstall app yg mencurigakan gan atau amannya reset hp. Cmiiw
0 0
0
Kaskus Android Lounge - Part 2
08-06-2019 13:12
Quote:Original Posted By hengkidermawan
edan bajay 105GB !!!!😂😂😂
ane rasa itu pembaharuan/update os androidnya
coba matin semua update, gan (pembaharuan android dan play store)


Quote:Original Posted By momodwannabe
buset 105gig emoticon-Belo
matikan auto update di playstore atau OS nya, mending melipir ke wifi gratisan mall/ halte/ food court.


Quote:Original Posted By hjeruk1


Kalau gak salah ane pernah baca soal web\aplikasi yg nyuruh usernya mining bit coin di background. Mungkin agan udh kena itu, coba uninstall app yg mencurigakan gan atau amannya reset hp. Cmiiw


Thanks agan-agan responnya.
Ini juga yg ane shock sampe ratusan GB, semalem coba lagi isi yg kecil 5gb ya langsing melayang persis penggunaan data nambah 5gb.
Kalo ada update kok ya gak wajar ya sampe ratusan GB.
Nah yg mining bitcoin ane curiga juga hal sejenisnya gitu. Soalnya ini hp orangtua yg kadang suka asal klik kalo ada iklan dan sejenisnya.
Solusinya cuma factory reset ya gan?
0 0
0
Lihat 1 balasan
Kaskus Android Lounge - Part 2
08-06-2019 14:34
Quote:Original Posted By loveeating
Thanks agan-agan responnya.
Ini juga yg ane shock sampe ratusan GB, semalem coba lagi isi yg kecil 5gb ya langsing melayang persis penggunaan data nambah 5gb.
Kalo ada update kok ya gak wajar ya sampe ratusan GB.
Nah yg mining bitcoin ane curiga juga hal sejenisnya gitu. Soalnya ini hp orangtua yg kadang suka asal klik kalo ada iklan dan sejenisnya.
Solusinya cuma factory reset ya gan?


Amannya sih begitu gan, tapi kalau agan bisa jeli ngapusin yg aneh aneh sih silahkan dicoba, yg pasti butuh waktu kalau gitu.

Kalau butuh cepet ya direset gan.
0 0
0
Kaskus Android Lounge - Part 2
08-06-2019 15:31
Quote:Original Posted By loveeating
Thanks agan-agan responnya.
Ini juga yg ane shock sampe ratusan GB, semalem coba lagi isi yg kecil 5gb ya langsing melayang persis penggunaan data nambah 5gb.
Kalo ada update kok ya gak wajar ya sampe ratusan GB.
Nah yg mining bitcoin ane curiga juga hal sejenisnya gitu. Soalnya ini hp orangtua yg kadang suka asal klik kalo ada iklan dan sejenisnya.
Solusinya cuma factory reset ya gan?


Coba aja gan discan pake app yg anti-anti ntu..
Brgkali kedetek 'anu'-ware nya..
0 0
0
Kaskus Android Lounge - Part 2
08-06-2019 15:53
Mau tanya gan.
Saya mau beli Samsung M30 di tokped. Sedangkan HP tsb memang tdk secara resmi di jual di indonesia. Katanya klo mau servis mst ke Singapore.

Ada pendapat kah ttg hal tsb? Legit ga ya barangnya? Mengenai servis apakah segitu berpengaruhnya? Saya seumur2 pk HP sih br 1x ada kebutuhan buat dateng ke servis center HP gitu
0 0
0
Kaskus Android Lounge - Part 2
Lapor Hansip
08-06-2019 16:45
Balasan post loveeating
reset aja gan, ntr pasangin adsblocker.
0 0
0
Kaskus Android Lounge - Part 2
08-06-2019 20:34
Gan, downgrade firmware hanya dari apply from SD Card aman gak sih?? pengen downgrade firmware realme 3. terus ada gak situs terpercaya buat download firmware nya? emoticon-Malu
0 0
0
Kaskus Android Lounge - Part 2
08-06-2019 21:15
Quote:Original Posted By hjeruk1


Amannya sih begitu gan, tapi kalau agan bisa jeli ngapusin yg aneh aneh sih silahkan dicoba, yg pasti butuh waktu kalau gitu.

Kalau butuh cepet ya direset gan.


Quote:Original Posted By ipphiee


Coba aja gan discan pake app yg anti-anti ntu..
Brgkali kedetek 'anu'-ware nya..


Quote:Original Posted By momodwannabe
reset aja gan, ntr pasangin adsblocker.


Oke noted and thanks gan saran-sarannya.
Mau download antivirus aja tuh mesti tethering ke hp ane dulu, was-was tetheringnya juga, baru nyambung 5 menit udah nyedot 1gb kuota ane wkwkwk
0 0
0
Kaskus Android Lounge - Part 2
09-06-2019 00:28
Halooo, suhu2 kaskuserrr Android...
Mohon maaf sebelumnya numpang ijin nanya nih gan.., kebetulan temen ane menggunakan Xia*mi Note 4 dengan kondisi ROOT.
Sudah beberapa bulan ini muncul notifikasi update firmware dari Handphone tersebut.

Sebaiknya hp nya di unroot dulu atau langsung update firmware gapapa ?
Apakah kalau langsung update firmware dapat menyebabkan error ?

Terima kasihhh sebelunya suhu2 Android emoticon-Smilie
0 0
0
Lihat 4 balasan
Kaskus Android Lounge - Part 2
10-06-2019 09:59
realme 3 pro pada bahas dimana ya?
0 0
0
Kaskus Android Lounge - Part 2
10-06-2019 16:02
Ada kemungkinan gak file mp3 suaranya jadi seperti kaset macet dalam satu detik karena pengaruh memori?
0 0
0
Lihat 3 balasan
Kaskus Android Lounge - Part 2
Lapor Hansip
10-06-2019 22:12
Balasan post menmax
apa sih yg nggak mungkin..
0 0
0
Kaskus Android Lounge - Part 2
Lapor Hansip
11-06-2019 10:44
Balasan post menmax
Ada gan, ini kejadian ke ane dulu waktu masih pake micro sd.
Sekarang microsdnya dah modar.
0 0
0
Halaman 107 dari 119
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia