drunkard888
TS
drunkard888
Tiongkok Luncurkan Roket dari Kapal



Badan Luar Angkasa Tiongkok meluncurkan roket Long March 11 dari launch pad di kapal yang ada di Laut Kuning. Ini adalah pertama kalinya Tiongkok berhasil meluncurkan roket ke luar angkasa pada platform yang terapung di laut.
 
Dalam kapal, terdapat kargo berupa tujuh roket. Lima di antaranya ditujukan untuk penggunaan komersil sementara dua sisanya membawa kargo eksperimen untuk riset di luar angkasa, menurut laporan TechCrunch.
 
Tiongkok kini menjadi negara ketiga selain Amerika Serikat dan Rusia yang dapat meluncurkan roket ke luar angkasa di laut. Meluncurkan roket di laut memiliki beberapa keuntungan, seperti biaya yang lebih murah dan meminimalisir risiko jika terjadi kesalahan saat peluncuran.


Tiongkok adalah satu-satunya negara yang bisa meluncurkan roket dari laut menggunakan platform dan menggunakan teknologi peluncuran yang sepenuhnya mereka miliki dan operasikan sendiri.
 
Platform Sea Launch yang digunakan oleh AS dan Rusia merupakan hasil kerja sama dari beberapa negara, termasuk Norwegia dan Ukraina. Platform itu berhenti beroperasi pada 2014.
 
Peluncuran yang diadakan pada 6 Juni ini juga merupakan kerja sama antara badan pemerintah dengan pihak swasta. Kapal tempat peluncuran roket diadakan adalah kapal kargo sipil. Sementara peluncuran roket disponsori oleh merek mobil mewah WEY.
 
https://www.medcom.id/teknologi/popt...ket-dari-kapal

sebelahbloganasabila
anasabila dan sebelahblog memberi reputasi
2
372
5
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar Negeri
icon
78.7KThread10.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.