• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Mengenal Indahnya Tradisi Sungkem Dalam Budaya Islam - Jawa Saat Perayaan Idul Fitri

cyoga17Avatar border
TS
cyoga17
Mengenal Indahnya Tradisi Sungkem Dalam Budaya Islam - Jawa Saat Perayaan Idul Fitri
Oleh: Chandra Yoga
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H Mohon Maaf Lahir Batin
 emoticon-Ultahemoticon-Ultahemoticon-Ultah



Spoiler for spoiler:

Pengertian dan Sejarah Sungkeman
Hari raya idul fitri selalu identik dengan bermaaf maafan. Dalam tradisi jawa bermaaf maafan dibalut dengan sungkeman. Apa si sungkeman itu, sungkeman adalah sikap atau perilaku saat kita tunduk merendahkan diri di depan orang yang lebih kita hormati contohnya orang tua kita. Biasanya sungkeman ditujukan terhadap orang yang lebih tua. 



 Tergambar bahwa dilam sikap dan perilaku ‘sungkem’ terandung makna gestural yang dalam dan mulia, sehingga seantiasa dilakukan dengan seksama, tulus, dan khdmat. Oleh karena itu, dapat difahami apabila sesi sungkeman diposisikan sebagai momentum dalam acara-acara khusus, seperti pembuka sesi ‘mial ‘aidin wal fa idzin’ pasca sholat Idul Fitri, prosesi perikahan, khitanan, kelulusan atau usai pembejaran, perpisahan, dsb. Bahkan, orang merasa ‘ada yang kurang’ apabila pada momentum seperti itu tidak disertai dengan sikap dan perilaku sungkem.

Sejarah sungkeman ini dulunya merupakan perpaduan antara budaya jawa dan islam. Masyarakat jawa yang memiliki ciri rendah hati dan mudah memaafkan di padukan dengan unsur ramadhan yang saling memaafkan dan akhirnya tercipta sungkeman. Para ulama mengajarkan unsur isalmi pada saat bulan ramadhan yang pas yaitu saling memaafkan. Dari sini terciptalah yang disebut sungkeman. Jadi Sungkeman ini terlahir saat persebaran agama islam di jawa yang akhirnya menghasilkan akulturasi budaya menjadi sungkeman yang artinya merendah diri untuk menghormati dan memaafkan.



Makna dan Arti Sikap Saat Sungkeman
Merendahkan didepan yang lebih tua merupakan sikap untuk menghormati dan menghargai serta rendah hati bahwa yang lebih muda selalu butuh bimbingan dari yang lebih tua. Biasanya dilakukan dengan mencium tangan yang lebih tua dan mengucapkan permohonan maaf serta berjanji akan berbuat yang lebih baik lagi. Hal ini mengartikan bahwa kita meminta permohonan maaf atas kesalahan yang kita perbuat entah sengaja maupun tidak disengaja agar dimaafkan. Mencium tangan mengartikan bahwa kita menyayangi orang yang kita cium tangannya sehingga ibart kita memperlakukan mereka layaknya yang seharusnya dilakukan.

  Sungkeman sebagai wujud permintaan sesal dan maaf agar hubungan kembali dieratkan yang tadinya renggang. Sungkeman juga bisa memulihkan hubungan yang retak, yang tadinya kurang dekat menjadi dekat. SUngkeman bukan hanya soal permintaan maaf dan merendahkan diri namun inti dari sungkeman merupakan penghormatan dan pemulihan kembali. Saat lebaran biasanya sungkeman diawali dengan mengucapkan selamat hari raya dan dilanjutkan permintaan maaf, biasanya kalau ditempat ane ada yang sampe nangis nangis gitu gan wkwkwk. Lalu biasanya jika kita sungkem akan dibalas permohonan maaf telah diterima dan kita mendapatkan sedikit nasehat yang berguna untuk hidup kita. Nasehat ini biasanya berbeda tergentung seberapa dekat orang yang melakukan sungkeman. 

Budaya ini biasanya masih sangat kental di lingkungan orang jawa yang masih menjunjung tinggi akulturasi kebudayaan jawa islamnya. Budaya ini biassanya pudar ketika memasuki lingkungan yang sudah memiliki idealisme yang tinggi sehingga budaya ini mulai hilang. Sungkeman sebenarnya sangat baik dilakukan, hal ini bisa sebagai mempererat hubungan yang sudah retak. Sebenarnya sungkeman ini mirip seperti halal bialal namun sungkeman lebih seperti penghayatan pada personal tertentu yang ingin dituju. Sungkeman sendiri seperti memiliki hubungan batin yang dekat dan lebih personal. 

Nih gan, ane kasih contoh kata katanya pas sungkeman, nanti boleh dipraktekkan di kampung halaman wkwkw

Spoiler for Kata Kata Sungkem:


Artinya gini gan, Selamat Hari Raya  Idul Fitri, Mohon maaf atas segala kesalahan dan minta nasehat sebagai berkat kedepannya. Sebenarnya bebas gan mau mengucapkan apa saja yang penting kan intinya permohonan maaf dan ucapan selamat hari raya. Nhaa nanti setelah itu agan akan mendapatkan nasehat dari orang yang agan sungkemin hehe. 


Perpaduan budaya Islam Jawa ini sangatlah indah, bagaimana budaya jawa yang halus sopan dan rendah hati dibalut dengan suasana maaf maafan saat ramadhan, betapa luar biasanya persebaran nilai agama islam dengan memperpadukan budaya jawa ini. Mari kita yang orang jawa melestarikannya yaaa jangan sampai hilang begitu saja wkwkw Warisan Nusantara loh inii.



Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H Mohon Maaf Lahir Batin
emoticon-Ultahemoticon-Ultahemoticon-Ultah

sumber:
Sumber 1
Sumber 2
Sumber 3
Sumber 4


artesia666
adityaDinda
ngejleb
ngejleb dan 9 lainnya memberi reputasi
10
11.3K
122
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.