• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Menilai Penerapan Aturan JKT48 Academy : Sistem Trainee JKT48 Masa Kini

tim2one
TS
tim2one
Menilai Penerapan Aturan JKT48 Academy : Sistem Trainee JKT48 Masa Kini

Sumber : twitter.com/officialJKT48

Membahas JKT48 memanglah tidak ada habisnya. Entah kenapa kalo menurut saya, idol grup yang telah ada sejak tahun 2011 ini selalu saja menyimpan berbagai pembahasan yang menarik banget untuk diperbincangkan. 

Kemarin-kemarin saya juga sudah membahas soal perkembangan JKT48 dan tentunya sudah membahas soal perkembangan program RE:BOOST di mana program ini merupakan program yang dirancang guna membangkitkan JKT48 seperti sediakala. Nah untuk kali ini, saya akan membahas soal JKT48 lagi nih guys dan yang akan saya bahas kali ini adalah soal penerapan aturan JKT48 Academy.

Buat kalian yang belum tau JKT48 Academy itu apa, JKT48 Academy ini sistem pendidikan trainee JKT48 yang terbaru. Sistem JKT48 Academy ini telah diperkenalkan sejak April 2018 lalu seiring dengan diperkenalkannya member JKT48 generasi keenam. Seperti halnya JKT48 Trainee yang dulu, JKT48 Academy ini hadir untuk mewadahi para gadis yang memiliki mimpi untuk menjadi idola.

Aturan di JKT48 Academy

Bicara soal aturan mainnya sendiri, peraturan di JKT48 Academy ini pada sebenarnya masih ada kesamaan dengan sistem JKT48 Trainee sebelumnya, namun yang membedakannya di sini kalo di JKT48 Academy ini, member trainee dibagi menjadi dua kelas yaitu Class A dan Class B. 

Sumber : jkt48.com/jkt48-academy

Member yang benar-benar baru diperkenalkan di JKT48 akan terlebih dahulu masuk Class B dan baru bisa naik ke Class A jika mereka berhasil menyelesaikan 2 tahap ujian yang dilakukan oleh JOT (JKT48 Operation Team) seperti ilmu-ilmu idol (vocal, dance, manner dan lain sebagainya) sampai tes performance di depan fans. Kalau sudah masuk ke Academy Class A, mereka bisa tampil sebagai back-up member tim yang berhalangan hadir sekaligus bisa perform di setlist Pajama Drive.

Sumber : jkt48.com/jkt48-academy

Selain itu, sistem audisi pencarian membernya pun dilakukan 2 kali dalam setahun (to be confirmed) dan ada juga peraturan penurunan member tim reguler ke Academy yang disebabkan karena performa menurun (bukan karena skandal semata saja).

Sebenernya dulu ada sih peraturan di mana member Academy bakalan dikeluarkan dari JKT48 jika dalam waktu setahun sejak pertama kali diperkenalkan ke fans, tidak kunjung dipromosikan ke tim reguler. Namun untungnya peraturan tersebut sudah dihapus sejak event Handshake High Tension pada 30 Maret kemarin.

Pendapat Saya soal Penerapan Aturan JKT48 Academy

Pendapat saya soal aturan JKT48 Academy tentu ada positif dan negatifnya. Positifnya, seleksi member Academy yang berhak tampil di setlist teater menjadi lebih ketat karena adanya peraturan 2 kelas Academy tadi, cuma member Academy Class A saja yang berhak tampil di setlist teater.

Selain itu, sistem promosi member Academy ke tim reguler juga lebih ketat dari era JKT48 Trainee yang dulu karena member Academy generasi muda bisa saja dipromosikan ke tim lebih cepat ketimbang member Academy yang lebih senior, tentu dengan memperhatikan kualitas member yang dipromosikan itu juga. 

Adanya peran fans dalam menentukan siapa member Academy Class B yang berhak masuk ke Academy Class A pun tentu menjadi nilai positif dari penerapan aturan JKT48 Academy ini.

Oh iya, penempatan member Academy ke tim reguler zaman sekarang juga cenderung menyebar alias member satu generasi yang dipromosikan ke tim reguler belum tentu masuk ke tim yang sama.

Untuk negatifnya sendiri terletak pada penerapan waktu audisi 2 kali dalam setahun. Ya meskipun peraturan ini diselipin keterangan to be confirmed (TBC) alias bakalan dikonfirmasi lagi kalo ada audisi demikian, cuma menurut sebagian besar fans, peraturan ini fatal banget karena aturan tersebut bisa membuat member Academy makin menumpuk. Saran saya buat rentang waktu audisinya, mending dibikin 1 s/d 1,5 tahun sekali deh.

Selain itu, peraturan penurunan member tim ke Academy karena penurunan performa pun masih belum diterapkan juga sampai saat ini. Entah alasan peraturan ini belum diterapkan karena penampilan para member di teater memuaskan semua atau apa, cuma Tuhan dan JOT aja yang tau.

Kesimpulan

Penilaian saya soal penerapan aturan JKT48 Academy tentunya campur aduk. Di satu sisi saya suka sama penerapan sistem promosi member yang ketat dan lebih menyebar, terus adanya peran fans dalam menentukan siapa member Academy Class B yang berhak naik ke Class A dan tentunya ada dua kelas Academy yang bisa bikin member Academy Class B berusaha lebih keras lagi untuk menjadi idola yang sesungguhnya.

Kekurangannya paling-paling terletak pada kurangnya konsistensi JOT dalam menerapkan aturan penurunan member tim reguler ke Academy karena performa menurun, serta waktu audisi yang dibuat 2 kali dalam setahun. Itu aja sih kekurangannya.

Penutup

Nah, itulah penilaian saya soal penerapan aturan JKT48 Academy kali ini. Jika ada kekurangan dalam thread ini, saya mohon maaf sebesar-besarnya dan silahkan tulis komentar kalian jika ada sesuatu yang perlu dikoreksi di thread ini. OK, cukup sekian dan terima kasih.

Ekstra

Member JKT48 Academy Class A
Sumber : jkt48.com/jkt48-academy 

Member JKT48 Academy Class B
Sumber : jkt48.com/jkt48-academy

Rekomendasi thread:














Diubah oleh tim2one 04-06-2019 01:50
aragondxdjinggo88snailconnection
snailconnection dan 6 lainnya memberi reputasi
5
19.9K
138
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.