Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
7474
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/550e585912e257e6058b4567/new-klinik-konsultasi-online-seputar-kesehatan-dan-penyakit
Puja & Puji syukur kehadirat Tuhan YME Semoga berkah kesehatan dari-Nya selalu menyertai kita semua.. dikarenakan TS yg sdh tidak aktif lagi pd thread sebelumnya dan atas masukan dan saran dari moderator aktif Forum Health & Medical maka thread Klinik Konsultasi Online Seputar Kesehatan dan Penyakit dibuat kembali dg nuansa yg baru seperti pd thread sebelumnya, dalam thread ini dipersilahkan bagi
Lapor Hansip
22-03-2015 12:51

[NEW] Klinik Konsultasi Online Seputar Kesehatan dan Penyakit - Puskeskus

Quote:
[NEW] Klinik Konsultasi Online Seputar Kesehatan dan Penyakit


Puja & Puji syukur kehadirat Tuhan YME
Semoga berkah kesehatan dari-Nya selalu menyertai kita semua..


dikarenakan TS yg sdh tidak aktif lagi pd thread sebelumnya dan atas masukan dan saran dari moderator aktif Forum Health & Medical maka thread Klinik Konsultasi Online Seputar Kesehatan dan Penyakit dibuat kembali dg nuansa yg baru

seperti pd thread sebelumnya, dalam thread ini dipersilahkan bagi siapa saja yg ingin bertanya seputar masalah kesehatan atau penyakit baik itu yg masih hanya sekedar mitos atau pun sebuah fakta yg nantinya akan dibahas secara ilmiah


pertanyaan yg boleh diajukan adalah pertanyaan seperti mengenai :

  • gaya dan pola hidup sehat
  • keluhan/gejala penyakit yg pernah/sedang dialami
  • hasil pemeriksaan medis baik itu hasil laboratorium, foto rongent, dll.
  • nama dan jenis obat-obatan dan fungsinya
    *dijawab atas pertimbangan tertentu
  • terapi yg pernah/sedang/akan dilakukan serta kegunaannya

sedangkan pertanyaan yg tidak boleh diajukan adalah seperti :

  • penegakan diagnosis pasti dari sebuah gejala/penyakit
    *dijawab dg suspect (dicurigai/diduga), jd bukan merupakan sebuah diagnosa pasti
  • obat-obatan yg harus dikonsumsi/digunakan baik itu nama generik atau pun nama paten
  • tindakan medis yg akan dilakukan sendiri atau pun dibantu orang lain yg bukan dari kalangan medis
  • rekomendasi rumah sakit swasta, klinik, rumah bersalin, dll. yg bersifat komersil

utk rekan sejawat dan rekan medis dimohon agar dapat membantu menjawab dan menyumbangkan ilmunya agar kita juga dapat saling berbagi informasi dan pengalaman, dan ada baiknya pada penggunaan istilah medis dapat diganti dg istilah awam agar tdk membingungkan bagi penanya atau yg hanya sekedar ingin membaca

n.b : adapun semua kondisi medis yg telah kami jelaskan disini tidak bisa dipertanggungjawabkan ketepatannya, tidak utk menjadi penegakan diagnosis, pengobatan pasti dari gejala/penyakit anda, dan yg pasti semua info yg kami berikan tidak akan menyalahkan/mengalahkan info dari dokter anda

Akhir kata,
"Bona valetudo melior est quam maximae divitiae.."
Kesehatan yang baik lebih berharga daripada kekayaan terbesar..

semoga bermanfaat
Salam sehat…
Diubah oleh drbadboy
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 365 dari 376
[NEW] Klinik Konsultasi Online Seputar Kesehatan dan Penyakit
05-06-2019 13:08
Nyari trit THT susah amat sih, nanya disni aja dah skalian emoticon-Hammer

Mau tanya ke pasien yg pernah operasi telinnga atau siapapun yg tahu atau punya kenalan pernah ngalamin, hasilnya itu gmn ya setelah operasi, signifikan gk hasilnya? bner2 bsa mormal denger dengan jelas lgi gk sih?
0 0
0
[NEW] Klinik Konsultasi Online Seputar Kesehatan dan Penyakit
08-06-2019 05:53
Pagi gan, sy mw nax..
Kmrn sy mengalami nyeri di bawah perut stlh buang air kecil & sempat di rawat ±5 hari drmh skit..
Hasil USG : fatty liver, chystitis, & PID
Hasil urine smua negatif, kecuali glukosa 3+, ph 6.0, epitel 7-8, leukosit 4-5, eritrosit 4-5..
Dokter sruh sy cri obat neprolite yg bgtu sy cek di google trxta it obat ginjal..
Jd yg mw sy taxkan diagnosa sy sbnrx ap?
Knp sy di ksh obat ginjal n muntah (ondasetron) smntara sy tdk mual & muntah..???
0 0
0
[NEW] Klinik Konsultasi Online Seputar Kesehatan dan Penyakit
09-06-2019 20:39
Halo agan2
Saya mau tanya ttg penyakit saya 3 tahun belakangan ini, maaf kl Panjang ceritanya
Jd 2016 lalu, saya makan mie yg cukup pedas, lgsng deh besoknya mulas + mencret, trus gue ke dokter, kelar dah maagnya
3 hari setelah ke dokter itu ( gue lupa kapan tepatnya), setelah bangun tidur pagi, gue merasa ada sesuatu yang aneh dengan kepala gue
Kepala kanan belakang gue seperti ada yang dorong ke kiri, buat noleh ke kanan juga pusing, jalan juga rasanya aneh banget, kayak g imbang gitu.
Gue coba minum obat sakit kepala, gak mempan. akhirnya gue coba balik ke dokter, dokter gue juga bingung dengan sakit gue, katanya kepala gue gak ada apa. Gue inget mata gue kayak disenter gitu, trus kuping gue juga. Dia ngmng pembuluh darah di kepala gue kurang lancar katanya. Dia ngasih obat, tp tetep obat itu gak mempan.
Gue balik lagi, kelihatan banget dia mulai bingung sm sakit gue, trus dia coba cek lagi dan akhirnya dia berkesimpulan ini adalah leher gue yang bermasalah, bukan kepala. Dia ngasih gue obat dan juga sempet nyuntik leher belakang gue sih, tp tetep aja g mempan. Utk mempersingkat cerita 2016-2018 g ada perkembangan yang berarti di kepala/leher gue.


Nah 2019 ini, gue memang udah komit pgn tahu penyebab sakit leher ini, jadi waktu itu gue ke THT, krn THT kan ada KL (Kepala leher) makanya nyoba kesitu heheh. Dari THT gue disuruh rekam telinga, hasilnya telinga gue normal. Oya gue tambahin juga memang sejak sakit ini telinga gue agak kerasa ditekan sih, telinga kanan aja tapi.
Akhjirnya gue disuruh ke dokter fisioterapi, kata si dokter fisio nih memang gara2nya di leher, otot2 leher, tertuama bagian kanan gue banyak spasmnya. Kata si dokter itu gara2 forward head posture dan ini memang gue akuin dan skrg lg proses benerin posisi duduk. Sm si dokter fisio disuruh terapi pakai tiga alat: Ultra sound, TENS sm SVD totalnya 250rb, disuruh 10x jadi 2,5 jt. Pusing kepala gue, tp ya mau gimana lagi namanya pgn sembuh.

Setelah di fisio, gue merasa mendingan, kepala gue g seberapa nekan lagi, telinga jg g nekan lagi, dulu di leher kanan kalo dikasih kyk counterpain gitu g kerasa panas, skrg udah mulai kerasa. Tapi ada yang aneh dari semua hasil baik itu, gue merasa leher kanan gue masih nekan, tepatnya di leher bagian tengah belakang sedikit, tp gak sampai ke tulang lehernya. Rasanya seperti ada sesuatu yang ganjel disitu, jd buat noleh ke kanan juga masih g enak.
Gue coba balik ke dokter fisio, dia jg bingung mnrt beliau leher gue udah baikan jd hrsnya udah sembuh. Tp anehnya gue tetap merasa belum sembuh benar, anggepannya baru 70%, pokok penyakitnya masih belum hilang. Bulan Mei 2019 kmrn setealh THRan gue coba nekat rontgen leher, pgn tahu ada apa sih di leher gue. Hasilnya:
- Tampak cervicalisasi (gue g ngerti ini apa, lupa tanya dokter jg TT)
- Alignment baik
- Trabekulasi tulang normal
- Corpus dan pedicle baik
- Spatium intervertebralis baik
Kl kata org labnya sih itu udah normal, akhirnya setelah berbagai pertimbangan gue coba ke dokter syaraf. Gue ceritain garis besarnya, trus gue tunjukin fotonya, dan dia bilang lagi ini adalah masalah otot, g ada syaraf yang kejepit. Dikasih obat dan disuruh berenang juga.


Ya itu sih sakit leher gue selama 3 tahun ini, benernya bukan sakit gimana sih, cuma rasanya kayak ada yang ganjel di bagian tengah leher kanan gue. ini beberapa gejalanya sih setelah fisio::
- tangan kanan gue g seberapa kuat, kyk dulu, pdhal gue dominan kanan
- kl dipakai berenang gue ngerasa daerah leher tengah kanan sampai ke pundak kanan tengah kayak "gak ada"
- disamping leher bawah kan ada kyk bola gitu. bola di leher kiri gmpng nemunya dan lemes, sedangkan di kanan susah nemunya dan g seberapa kerasa (dulu sblm sakit gmpng nemunya)

Itu aja sih cerita gue, jd gue pgn tanya agan2 sklian, gue ini sakit apa sih? Ada yg pernah ngalamin kyk gue gini? trus gue hrs ke dokter apa dan hrs ngapain? apa ini gara2 kolesterol jg? gue blm cek kolesterol sm asam urat sih
Mohon bantuannya ya guys, gue udah putus asa banget liat sakit gue ini, gaji jg pas2an pgn nagis kdng rasanya

Sekian cerita gue guys mohon bantuannya dan sori kl cerita gue kepanjangan
0 0
0
[NEW] Klinik Konsultasi Online Seputar Kesehatan dan Penyakit
10-06-2019 00:10
Quote:Original Posted By arafael
Halo agan2
Saya mau tanya ttg penyakit saya 3 tahun belakangan ini, maaf kl Panjang ceritanya
Jd 2016 lalu, saya makan mie yg cukup pedas, lgsng deh besoknya mulas + mencret, trus gue ke dokter, kelar dah maagnya
3 hari setelah ke dokter itu ( gue lupa kapan tepatnya), setelah bangun tidur pagi, gue merasa ada sesuatu yang aneh dengan kepala gue
Kepala kanan belakang gue seperti ada yang dorong ke kiri, buat noleh ke kanan juga pusing, jalan juga rasanya aneh banget, kayak g imbang gitu.
Gue coba minum obat sakit kepala, gak mempan. akhirnya gue coba balik ke dokter, dokter gue juga bingung dengan sakit gue, katanya kepala gue gak ada apa. Gue inget mata gue kayak disenter gitu, trus kuping gue juga. Dia ngmng pembuluh darah di kepala gue kurang lancar katanya. Dia ngasih obat, tp tetep obat itu gak mempan.
Gue balik lagi, kelihatan banget dia mulai bingung sm sakit gue, trus dia coba cek lagi dan akhirnya dia berkesimpulan ini adalah leher gue yang bermasalah, bukan kepala. Dia ngasih gue obat dan juga sempet nyuntik leher belakang gue sih, tp tetep aja g mempan. Utk mempersingkat cerita 2016-2018 g ada perkembangan yang berarti di kepala/leher gue.


Nah 2019 ini, gue memang udah komit pgn tahu penyebab sakit leher ini, jadi waktu itu gue ke THT, krn THT kan ada KL (Kepala leher) makanya nyoba kesitu heheh. Dari THT gue disuruh rekam telinga, hasilnya telinga gue normal. Oya gue tambahin juga memang sejak sakit ini telinga gue agak kerasa ditekan sih, telinga kanan aja tapi.
Akhjirnya gue disuruh ke dokter fisioterapi, kata si dokter fisio nih memang gara2nya di leher, otot2 leher, tertuama bagian kanan gue banyak spasmnya. Kata si dokter itu gara2 forward head posture dan ini memang gue akuin dan skrg lg proses benerin posisi duduk. Sm si dokter fisio disuruh terapi pakai tiga alat: Ultra sound, TENS sm SVD totalnya 250rb, disuruh 10x jadi 2,5 jt. Pusing kepala gue, tp ya mau gimana lagi namanya pgn sembuh.

Setelah di fisio, gue merasa mendingan, kepala gue g seberapa nekan lagi, telinga jg g nekan lagi, dulu di leher kanan kalo dikasih kyk counterpain gitu g kerasa panas, skrg udah mulai kerasa. Tapi ada yang aneh dari semua hasil baik itu, gue merasa leher kanan gue masih nekan, tepatnya di leher bagian tengah belakang sedikit, tp gak sampai ke tulang lehernya. Rasanya seperti ada sesuatu yang ganjel disitu, jd buat noleh ke kanan juga masih g enak.
Gue coba balik ke dokter fisio, dia jg bingung mnrt beliau leher gue udah baikan jd hrsnya udah sembuh. Tp anehnya gue tetap merasa belum sembuh benar, anggepannya baru 70%, pokok penyakitnya masih belum hilang. Bulan Mei 2019 kmrn setealh THRan gue coba nekat rontgen leher, pgn tahu ada apa sih di leher gue. Hasilnya:
- Tampak cervicalisasi (gue g ngerti ini apa, lupa tanya dokter jg TT)
- Alignment baik
- Trabekulasi tulang normal
- Corpus dan pedicle baik
- Spatium intervertebralis baik
Kl kata org labnya sih itu udah normal, akhirnya setelah berbagai pertimbangan gue coba ke dokter syaraf. Gue ceritain garis besarnya, trus gue tunjukin fotonya, dan dia bilang lagi ini adalah masalah otot, g ada syaraf yang kejepit. Dikasih obat dan disuruh berenang juga.


Ya itu sih sakit leher gue selama 3 tahun ini, benernya bukan sakit gimana sih, cuma rasanya kayak ada yang ganjel di bagian tengah leher kanan gue. ini beberapa gejalanya sih setelah fisio::
- tangan kanan gue g seberapa kuat, kyk dulu, pdhal gue dominan kanan
- kl dipakai berenang gue ngerasa daerah leher tengah kanan sampai ke pundak kanan tengah kayak "gak ada"
- disamping leher bawah kan ada kyk bola gitu. bola di leher kiri gmpng nemunya dan lemes, sedangkan di kanan susah nemunya dan g seberapa kerasa (dulu sblm sakit gmpng nemunya)

Itu aja sih cerita gue, jd gue pgn tanya agan2 sklian, gue ini sakit apa sih? Ada yg pernah ngalamin kyk gue gini? trus gue hrs ke dokter apa dan hrs ngapain? apa ini gara2 kolesterol jg? gue blm cek kolesterol sm asam urat sih
Mohon bantuannya ya guys, gue udah putus asa banget liat sakit gue ini, gaji jg pas2an pgn nagis kdng rasanya

Sekian cerita gue guys mohon bantuannya dan sori kl cerita gue kepanjangan


klo semua pemeriksaan sudah dinyatakan umumnya tidak ada apa2 mungkin saja lo mengidap gangguan psikis yg ga disadari, yg paling sering (dan jg yg masih banyak yg awam) adalah gangguan psikosomatis.. yg cirinya paling ga ada yg mirip dgn lu:

- Hipokondria: selalu merasa dirinya ada keluhan sakit parah, umumnya ini dialami oleh org yg mengalami gangguan Cemas krn banyaknya episode serangan panik yg luar biasa.

- Gangguan nyeri: mempunyai masalah kesehatan yg sudah menahun, namun sebenarnya bersumber dri stress.

- Gangguan Dismorfik tubuh: selalu merasa ada yg salah dgn penampilan fisiknya dan terobsesi utk merubah.

tentu aja ini harus didiskusikan kpd dokter apakah memang ada indikasi kearah psikis, kemudian agan sendiri jg harus evaluasi kembali bagaimana kondisi pengelolaan emosi selama ini..
0 0
0
[NEW] Klinik Konsultasi Online Seputar Kesehatan dan Penyakit
10-06-2019 23:29
mau tanya, ini terkait lifestyle pasca operasi sih.

jadi awal Mei kemarin saya laparotomi. Setelahnya dokter menganjurkan jgn workout sampe 3 bulan.

mau tanya pendapat aja apakah butuh waktu selama itu utk recover buat temen2 yang sudah pernah prosedur serupa?
Dan jika workout sebatas latihan bicep or tricep yg harusnya ga berurusan dengan otot perut apakah memungkinkan?

Thank you ya.
0 0
0
[NEW] Klinik Konsultasi Online Seputar Kesehatan dan Penyakit
17-06-2019 00:59
Halo agan TS saya mau tanya2 mengenai gatal2 kulit atau biduran.....ini sering saya alami kalo malam hari....entah alergi karena apa,tiba2 gatal2 semua
Mengenai makanan sudah tak cobain 1 per 1....saya rasa bukan dari makanan.....kalo saya konsumsi obat,ada nggak obat biduran yg g bikin kantuk?? Takut pas biduran saat kerja atau dalam perjalanan kan bisa ribet....terima kasih emoticon-Big Grin
0 0
0
[NEW] Klinik Konsultasi Online Seputar Kesehatan dan Penyakit
18-06-2019 12:02
Dok, karena kota saya beberapa bulan ini sangat dingin, bagaimana tipsnya menjalani musim dingin?

yang sudah saya lakukan, tidur tidak kemalaman, maksimal jam 11 malam harus sudah tidur, minum air jahe hangat sesekali, tidur pakai selimut di malam hari. tetapi meskipun demikian, kadang di pagi atau malam hari saya suka sakit perut. padahal baru saja buang air besar, dan bab termasuk lancar. saya juga suka hidung pilek-pilek rutin.

kalau soal alergi dingin saya tidak ada masalah. masalah utama saya di perut suka sakit pas udara terlalu dingin di pagi atau malam hari meskipun bab lancar.

sebelumnya terima kasih banyak Dok.
0 0
0
[NEW] Klinik Konsultasi Online Seputar Kesehatan dan Penyakit
18-06-2019 13:15
Dok, mau bertanya jadi ane punya temen dan temen ane ini sering keluar menggunakan motor
Pakai helm tapi kaca gak ditutup otomatis mata kena udara yang ada di lingkungan

nah bbrp mnggu lalu dia divonis dokter kena radang mata karena matanya kemasukan banyak debu, kerikil, dll
apakah seberbahaya itu jika kita berkendara tidak menggunakan pelindung pada mata?
0 0
0
Lihat 1 balasan
[NEW] Klinik Konsultasi Online Seputar Kesehatan dan Penyakit
24-06-2019 06:35
Gimana ngobatin mata merah? Apakah ini menular?
- mata merah
- berair
- ada lendirnya warna bening dan putih
- bagian bawah dalam kelopak mata memerah
- gatal, nyeri
- pusing, pilek
0 0
0
[NEW] Klinik Konsultasi Online Seputar Kesehatan dan Penyakit
Lapor Hansip
24-06-2019 06:39
Balasan post rendyconan
Quote:Original Posted By rendyconan
Dok, mau bertanya jadi ane punya temen dan temen ane ini sering keluar menggunakan motor
Pakai helm tapi kaca gak ditutup otomatis mata kena udara yang ada di lingkungan

nah bbrp mnggu lalu dia divonis dokter kena radang mata karena matanya kemasukan banyak debu, kerikil, dll
apakah seberbahaya itu jika kita berkendara tidak menggunakan pelindung pada mata?


Pengalaman ayah saya yg pernah kena debu logam pas lagi dijalan. Bahaya soalnya bisa nempel di kornea terus jadi karatan. Disarankan pake pelindung biar aman.
0 0
0
[NEW] Klinik Konsultasi Online Seputar Kesehatan dan Penyakit
24-06-2019 07:47
Quote:Original Posted By Sebarkanlah
Pengalaman ayah saya yg pernah kena debu logam pas lagi dijalan. Bahaya soalnya bisa nempel di kornea terus jadi karatan. Disarankan pake pelindung biar aman.


Trnyata emng dampaknya bsa kayak gt yaa... kdng2 pgn d buka sih
0 0
0
[NEW] Klinik Konsultasi Online Seputar Kesehatan dan Penyakit
24-06-2019 08:04

Mau Tanya Dong

Kalo perut bagian bawah sakit pas batuk atau bersin itu kenapa ya? Ada yg pernah ngalamin? Share disini dong
emoticon-Request
Diubah oleh donnyb
0 0
0
[NEW] Klinik Konsultasi Online Seputar Kesehatan dan Penyakit
26-06-2019 15:37

Aplikasi Klinik

Usaha klinik adalah usaha yang sangat menjanjikan dimana selalu ada orang yg sakit setiap harinya.
.
Manajamen klinik harus lah baik dan terstruktur.
.
Dengan aplikasi klinik vmedis, anda akan dengan mudah melakukannya
.
Sistem serba otomatis dan bisa digunakan di HP dimana saja kapan saja.
.
Software Klinik
0 0
0
[NEW] Klinik Konsultasi Online Seputar Kesehatan dan Penyakit
28-06-2019 21:27

Prostatitis Akut

Hai dok,
Sbnrya sejak 2011 Saya mngidap sakit prostatitis akut, meski kadang sakit ini pas kumat sprrti pegal di punggung bawah, Ada rasa mnggigil, Dan rasa mo pipis terkadang. Jika body fit sakit tsb tdk menggangu.
Yg Saya ingin tanyakan , apa benar sakit ini sulit sembuh?
Terakhir ke RSCM awal Juni , cuma dikasih obat DOXYCYCLINE 100mg Dan obat Dr Pfizer yg bernama pyroxicam feldene 20mg ,

Lumayan membantu usai smggu minum obat tsb.meski ngk sepenihnya hilang rasa gak nyaman di punggung bawah.

Pls sharing nya Buat penderita yg sama, Dan apakah Ada obat cespleng Buat sakit tsb?


Trims
0 0
0
[NEW] Klinik Konsultasi Online Seputar Kesehatan dan Penyakit
29-06-2019 22:26
tolong gan,
ane ada benjolan di bawah telinga
kira2 itu apa ya ?
dan cara menobatinya gimana ?
tolong
0 0
0
[NEW] Klinik Konsultasi Online Seputar Kesehatan dan Penyakit
29-06-2019 23:16
Quote:Original Posted By teddy538
tolong gan,
ane ada benjolan di bawah telinga
kira2 itu apa ya ?
dan cara menobatinya gimana ?
tolong


- ga ada gambar ga tau ya gan.. kurang jelas maksudnya gmn. mungkin sekedar bengkak krn adanya kotoran tersumbat di pori, Limpoma (timbunan lemak dan jd seperti daging tumbuh) atau mungkin ada peradangan krn hal lain yg lebih serius seperti berkaitan dgn Kelenjar Getah Bening (jika posisinya di leher).

- cara mengobatinya yg paling bijak ya ke dokter, cek biar lebih pasti itu apa..

minta tolongnya jgn salah alamat gan.... emoticon-linux
0 0
0
[NEW] Klinik Konsultasi Online Seputar Kesehatan dan Penyakit
03-07-2019 06:56
Hallo dok..
Mau nanya, jadi ceritanya sepulang kerja kemarin lagi naik motor tiba tiba kelilipan gatau kelilipan apa..
Yg pasti dari malem sampai detik ini 1 hari, ane udah coba bersihkan mata, ga keluar keluar, jadi setiap mata saya melirik ke kanan rasanya gatal dan seperti kelilipan gitu, cuman kalau melirik ke kiri fine fine aja..
Udah cek di kaca sambil di senterin juga ga ada apa apa ga keliatan
Terimakasih dok
Diubah oleh doesntmakesense
0 0
0
[NEW] Klinik Konsultasi Online Seputar Kesehatan dan Penyakit
09-07-2019 11:40
Mau nanya kalo di sekitaran jakarta ada RS khusus buat urologi ga ya? Macem dharmais buat knker. Aini buat mata. Gitugitu
0 0
0
[NEW] Klinik Konsultasi Online Seputar Kesehatan dan Penyakit
09-07-2019 12:43
Quote:Original Posted By oblivion14
Mau nanya kalo di sekitaran jakarta ada RS khusus buat urologi ga ya? Macem dharmais buat knker. Aini buat mata. Gitugitu


belum denger gan.. coba aja ke poli urologi yg ada di tiap RS.
0 0
0
[NEW] Klinik Konsultasi Online Seputar Kesehatan dan Penyakit
09-07-2019 13:22


Quote:Original Posted By darkmadman
belum denger gan.. coba aja ke poli urologi yg ada di tiap RS.


Kalo urologi soal batu gitu yg bagus di RS mana dan dr siapa ya? Ada rekomen? Yg edukasinya bagus dan bisa ditanya.
0 0
0
Halaman 365 dari 376
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia