• Beranda
  • ...
  • Health
  • Cara Memasak Sayuran yang Benar. Yuk, Praktikan di rumah!

godok.indonesiaAvatar border
TS
MOD
godok.indonesia
Cara Memasak Sayuran yang Benar. Yuk, Praktikan di rumah!


Manfaat dari kebiasaan mengonsumsi sayur-sayuran secara rutin tentunya sudah sangat sering Gansis dengar. Selain itu, banyak klaim seputar kesehatan yang digadang-gadang dapat didapat dari memakan sayur, mulai dari memperlancar sistem pencernaan, mencegah penuaan dini, hingga memperkecil risiko timbulnya berbagai macam penyakit. Karenanya, banyak dari Gansis yang kini memilih untuk selalu menyantap sayur sebagai menu makanan sehari-hari. Bagimana cara Gansis memasak sayuran selama ini?

Ternyata banyak dari kita yang masih salah kaprah dalam mengolah sayuran. Bahkan, kita cenderung berpikir bahwa cara memasak yang serampangan tetap tidak akan mengurangi gizi dan nutrisi yang terkandung di sayuran. Salah! Beberapa kebiasaan memasak sayuran sehari-hari nyatanya justru dapat membuat nutrisi dan gizi pada sayuran hilang, lho! Tidak ingin usaha Gansis sia-sia, bukan? yuk simak infonya berikut:

Cara memasak sayuran yang benar dan dapat langsung Gansis praktikkan sebagai berikut:

1. Hindari kebiasaan merebus sayuran



Nah, ini dia kebiasaan mengolah sayuran yang salah namun paling sering dipraktikkan. Meskipun begitu, kebiasaan merebus sayuran ternyata tidaklah disarankan sebab dapat mengurangi nutrisi serta gizi yang terkandung di dalam sayuran. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2009 menyimpulkan bahwa penambahan cairan dalam mengolah sayuran justru dapat mengurangi kandungan baik pada sayuran hingga 50%.

2. Jika terpaksa, rebus sayuran dengan air mendidih



Jika memang terpaksa, Gansis tentu tetap diperbolehkan untuk merebus sayuran; dengan catatan bahwa air yang digunakan haruslah air mendidih. Mengapa? Sebab air yang belum mendidih kaya akan oksigen. Hal inilah yang dapat melarutkan nutrisi serta warna pada sayuran lebih cepat. Solusinya, didihkan terlebih dahulu air, baru masukkan sayuran Gansis selama 1-2 menit. Setelah itu, segera pindahkan sayuran ke mangkuk yang berisi air dingin agar proses memasak segara terhenti sehingga nutrisi, warna, dan tekstur sayuran tidak banyak berubah.

3. Segera sajikan sayuran yang telah dimasak



Menyimpan kembali sayuran yang telah dimasak ke dalam lemari pendingin memang praktis. Namun, tahukah Gansis bahwa kebiasan ini justru dapat membuat manfaat yang terkandung di dalamnya terbuang sia-sia? Ya, sayuran yang didiamkan lebih dari 24 jam setelah dimasak telah kehilangan 50% kandungan nutrisnya. Apalagi jika masakan tersebut “mampir” terlebih dulu ke lemari es. Karenanya, segera sajikan dan habiskan sayuran yang terhidang, ya!

4. Batasi penggunaan garam



Layaknya gula, garam merupakan salah satu bahan penyedap makanan yang sangat lazim digunakan. Namun, jika Gansis ingin mendapatkan manfaat optimal dari sayuran yang dikonsumsi, maka ada baiknya untuk mulai mengurangi penggunaan garam. Alasannya? Tidak lain karena senyawa yang terkandung di dalam garam terbukti memicu proses keluarnya air dan nutrisi dalam sayuran. Solusinya, selain dengan mengurangi penggunaan garam, Gansis juga bisa mencoba alternatif penyedap masakan lainnya, seperti lada atau bubuk bawang putih.

5. Memanggang? Why not!



Meskipun terdengar ganjil, namun banyak ahli yang menyatakan bahwa memanggang merupakan salah satu cara ideal dalam mengolah sayuran. Hal ini disebabkan proses memanggang tidaklah membutuhkan tambahan minyak; tidak seperti menggoreng atau menumis. Selain itu, banyak jenis sayuran yang gizinya banyak terkandung di bagian kulit, seperti kentang dan tomat. Jadi, masih enggan memanggang sayuran?

6. Hindari menggoreng, mulailah menumis!



Mungkin, banyak di antara Gansis yang memilih menggoreng sayuran sebab cara ini dapat meningkatkan cita rasa serta tekstur renyah. Eits, jangan salah! Menggoreng sayuran justru dapat memicu penyerapan lemak ke dalam sayuran, lho! Hasilnya, bukannya manfaat sayuran yang didapat, namun gansis justru akan menimbun lemak jahat di dalam tubuh. Solusinya, mulailah membiasakan diri untuk menumis sayuran. Mengapa? Sebab, cara ini dianggap lebih sehat karena durasi waktu memasak yang tidak terlalu lama. Selain itu, selektif pula dalam memilih minyak yang digunakan, ya! Pilihlah jenis yang baik bagi kesehatan, seperti minyak zaitun. Dengan cara demikian, Gansis akan merasakan manfaat serta nikmatnya sayuran secara bersamaan.

Nah, itu tadi keenam cara menghidangkan sayur yang baik lagi bermanfaat untuk tubuh Gansis. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!


emoticon-Toastemoticon-Toast emoticon-Toast


sumur : Go Dok


Jangan lupa buat didownload aplikasinya juga, ya! Karena Agan bisa langsung berkonsultasi tentang kesehatan diri dan keluarga dengan dokter Go Dok, yang tidak hanya ramah, tapi juga informatif dan membantu!

:welcome :welcome
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
24.5K
135
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
Health
icon
24.6KThread9.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.