• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Bukan Jadi Solusi, Ternyata Ini Dia Kerugian Melepas Thermostat Dari Mesin

budibenedektus
TS
budibenedektus
Bukan Jadi Solusi, Ternyata Ini Dia Kerugian Melepas Thermostat Dari Mesin
Quote:

Mungkin sebagai dari kita pernah mengalami kejadian dimana temperatur suhu mesin menjadi tidak normal, dan ketika anda berkonsultasi kepada ahlinya maka tidak jarang pula mereka untuk menganjurkan agar melepas thermostat dari dalam mobil, tepat nya yang berbeda pada jalur masuk air radiator menuju cylinder head sebagai solusi untuk menyelesaikan masalah yang anda alami.

Memang saya juga selaku seorang mekanik truk diesel juga pernah melakukan hal yang serupa, tapi jika dipertimbangkan lebih dalam lagi, semua komponen yang berada didalam mesin memiliki fungsinya masing-masing dan saling menyokong satu sama yang lainnya. Oleh karena itu pabrikan mobil telah merancang sedetail mungkin struktur komponen di dalam mesin demi menciptakan mobil sesuai dengan kebutuhan dan cara pemakaian.

Maka dari itu melepas thermostat dari mobil dengan tujuan agar dapat menurunkan suhu mesin bukan lah solusi yang tepat. Ya, memang untuk sementara kondisi mesin akan kembali normal, dikarenakan air bersuhu rendah yang ada didalam radiator akan dengan leluasa masuk kedalam mesin tanpa adanya hambatan.

Sebenarnya mencabut thermostat di perbolehkan tergantung dari pemakaian, sebagai contohnya mobil khusus Drag, para Mekanik Drag sengaja melepas komponen tersebut agar suhu mesin tidak melampaui batas saat sedang melaju di arena balap, ya namun pemakaian mobilnya pun hanya untuk sementara saja.

Jika di ibaratkan thermostat itu seperti keran air otomatis yang dapat membuka serta menutup jalur air dengan sendirinya tergantung dari suhu mesin.

Penjelasan singkatnya thermostat akan menutup jalur air menuju kedalam mesin ketika suhu masih dibawah normal dan ketika suhu mesin sudah mencapai tingkat suhu yang ditentukan maka dengan otomatis thermostat akan membuka jalur masuk air bersuhu rendah kedalam mesin untuk menggantikan air yang sudah panas.

Lalu apa sih dampak buruk yang akan ditimbulkan ketika melepas thermostat dari dalam mesin? Berikut ini penjelasan dari kerugian yang akan ditimbulkan jika tidak memasang thermostat yaitu

Suhu mesin menjadi tidak normal
Dampak jangka panjang jika thermostat dilepas dari mesin ialah suhu mesin menjadi tidak normal, atau biasa saya sebut dengan istilah suhu panas dingin. Hal ini bisa terjadi dikarenakan proses buka tutup air bersuhu rendah tidak terjadi lagi sehingga water pump akan lebih banyak memutar air bersuhu panas yang berada didalam cylinder head. Dimana seharusnya water pump akan memutar secara berkala air yang telah dibuang panasnya oleh kipas radiator.

Dikarenakan ane udah capek nulis Thread nya, bagi yang ingin membaca lebih lanjut boleh kunjungi link iniya gan
danQegigih1403indriketaren
indriketaren dan 11 lainnya memberi reputasi
12
13.7K
83
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.6KThread13.9KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.