WaktunyaMudik
TS
WaktunyaMudik
Selama Mudik Mampir ke Rest Area Mana Aja, Gan?


Mudik menggunakan kendaraan pribadi bisa jadi alternatif yang lebih hemat dari mudik dengan transportasi umum. Apalagi kalau harus menanggung biaya anggota keluarga yang gak sedikit, di mana harga tiket transportasi umum menjelang Lebaran bisa naik 2-3 kali lipat.

Tapi mudik dengan mobil atau motor bukannya gak memiliki kekurangan. Yang jelas, tenaga dan kadang waktu bisa lebih terkuras ketimbang naik transportasi umum. Berbeda dengan penumpang pesawat, kereta, bus, kapal yang tinggal duduk menunggu sampai tiba di tujuan saja.



Oleh karena itu, istirahat berkala sangat penting saat mudik menggunakan kendaraan pribadi. Apalagi dengan adanya Tol Trans Jawa, pemandangan yang sama sepanjang jalan bisa mendatangkan rasa jenuh dan ngantuk. Untungnya jumlah tempat peristirahatan sepanjang jalan tol alias rest area bisa diandalkan. Istirahat sejenak satu atau dua jam sekali juga bisa.

Itulah yang ane rasakan bersama keluarga dalam tradisi mudik 2019. Kalau biasanya kami menggunakan transportasi umum, tahun ini kami memutuskan menyetir mobil dari Bekasi ke Semarang sambil mencoba Tol Trans Jawa untuk pertama kalinya. Dan karena kami berangkat H-3 Lebaran dengan kondisi tol yang selalu dibuat one way, jalanan bisa dibilang ramai lancar tanpa hambatan yang memakan banyak waktu.

Rest area tipe A KM 102 Tol Cipalimenjadi tempat peristirahatan pertama kami setelah menempuh perjalanan selama dua jam.





Tipe A adalah rest area yang terlengkap di antara tipe lain. Tempatnya lebih luas, fasilitasnya lebih beragam, dan tentunya lahan parkir yang bisa menampung lebih banyak pemudik. Kalau Gan Sis mencari tempat istirahat dengan pilihan makanan yang bervariasi, pilih rest area tipe A. Biasanya tipe dari rest area sudah diberi tau dari papan petunjuk di 500 meter - 1 kilometer sebelumnya.

Rest area ini juga diisi beberapa gerai makanan dan minuman yang hanya ada di tipe A. Jadi gak semua rest area punya gerai yang sama. Misalnya saja gerai yang kita temukan di mall, cuma rest area tipe A saja yang memiliki gerai ini. Biasanya faktor pembeda lain adalah Masjid yang lebih besar.





Hampir di setiap sudut ada petugas yang siap untuk memandu ke tempat parkir tersedia. Gan Sis gak perlu membayarkan tarif pada mereka karena fasilitas yang disediakan adalah gratis. Sama seperti fasilitas toiletnya yang juga gak diberikan tarif penggunaan.

Kalau soal makanan, rest area ini gak perlu diragukan lagi lah. Mau menu apa aja dari berbagai asal pasti ada. Mau cari cemilan atau makanan berat juga ada semua. Yang jelas, area makannya gak terkonsentrasi di satu tempat aja. Ada area makanan yang seperti kantin atau foodcourt, ada juga area yang berisi makanan-makanan cepat saji. Asalkan Gan Sis niat buat keliling cari makanan yang cocok, pasti ketemu.





Selain rest area di Tol Cipali, ane juga sempat beristirahat sejenak di Tol Palikanci, tepatnya KM 207.

Tempat ini punya ciri khas unik yaitu lahan rumput yang bisa jadi tempat istirahat. Gak sedikit pemudik yang sudah menyiapkan tikar dan makanan minuman buat dinikmati di spot ini. Kalaupun gak siap perlengkapannya dari awal, banyak juga pedagang yang sudah menyediakan tempat. Gak cuma buat rebahan, dipijet juga bisa.

Kami sendiri memanfaatkan rest area ini buat istirahat sambil ngopi-ngopi cantik di area rumputnya. Walaupun sudah disediakan tempat-tempat seperti ini, sayangnya masih banyak pemudik yang memilih buat beristirahat di pinggir jalan tol. Alangkah baiknya kalau memanfaatkan rest area daripada parkir mobil di pinggir jalan karena keselamatannya gak terjamin. Ini jalan tol, bung.





Karena tujuan akhir kami adalah Semarang, maka ruas tol yang tersisa adalah Pejagan, Pemalang, dan Batang. Sepanjang pengamatan ane, sudah gak ada rest area senyaman di ruas tol Cipali dan Palikanci lagi. Bahkan terlihat gak nyaman karena masih dibuat seadanya dengan dasar tanah merah. Kami sempat iseng lewat rest area ini dan gak tertarik mampir karena tempatnya berdebu banget.

Kalau seperti apa rest area setelah melewati Tol Semarang ane kurang paham. Setau ane ada sebuah tempat istirahat yang cukup banyak direkomendasikan pemudik yaitu rest area Tol Ungaran. Spot ini terkenal dengan pemandangan gunung-gunung yang indah.

Kalau Gan Sis punya dokumentasinya, bagiin aja DI SINI buat Kaskuser lainnya. Selain membagi informasi yang bermanfaat, Gan Sis juga bisa dapetin badge khusus karena sudah share momen mudik di KASKUS!

Ditunggu cerita mudiknya Gan Sis!

emoticon-Ketupat
Diubah oleh WaktunyaMudik 03-06-2019 18:25
0
6.2K
55
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.