arifdoank
TS
arifdoank
Sulitnya Mengakui Bahwa Indonesia Menjajah Timor Leste


Timor Leste merupakan salah satu negara yang berbatasan darat dengan Indonesia. Negara ini relatif kecil kalau dilihat berdasarkan populasi dan luas wilayah. Luas wilayah Timor Leste adalah 15.410 km persegi dengan populasi sekitar 1,2 juta jiwa. Timor Leste resmi menjadi negara berdaulat setelah lepas dari genggaman Indonesia pada tahun 2002 silam. 


Peta Timor Leste (sumber : peta-hd.com)


Sebelum resmi menjadi negara merdeka, Timor Leste merupakan salah satu provinsi di Indonesia. Untuk memaksa Timor Leste menjadi bagian dari Indonesia, pemerintah Indonesia melancarkan invasi militer ke Timor Leste. Boleh dibilang apa yang dilakukan oleh Indonesia ini merupakan tindakan yang memalukan. Tindakan ini dilakukan oleh Indonesia tidak sampai dua pekan setelah Timor Leste mendeklarikan kemerdekaan. Saat menjadi bagian dari Indonesia, Timor Leste dikenal dengan nama Timor Timur. Timor Timur sendiri merupakan provinsi ke-27 di Indonesia.


Peta Indonesia tahun 90an dimana Timor Leste masih menjadi bagian dari Indonesia (sumber : lib.utexas.edu)


Apa yang dilakukan oleh Indonesia tentunya memperpanjang penderitaan rakyat Timor Leste karena menambah lama peperangan di negara tersebut. Sebelum diduduki oleh Indonesia, Timor Leste merupakan jajahan Portugis. Bangsa Portugis pertama kali datang ke Timor Leste dalam rentang waktu 1509 sampai 1511. Tujuannya sama seperti yang dilakukan bangsa Eropa pada umumnya di Nusantara, yaitu berdagang rempah-rempah. Barulah pada tahun 1642 Portugis melakukan ekspedisi militer di Timur Leste yang dipimpin oleh Francisco Fernandes.

Sekarang Indonesia dan Timur Leste sudah sejajar sebagai negara yang sama-sama berdaulat. Meski memiliki sejarah kelam di masa lalu, kedua negara sudah sepakat untuk saling melupakannya. Saat ini hubungan antara Indonesia dengan Timor Leste boleh dibilang cukup baik. 


Presiden Jokowi dengan Francisco Guterres Lu Olo, Presiden Timor Leste (sumber : bisnis.com)


Hanya saja orang Indonesia tampaknya masih gengsi mengakui bahwa Timor Leste memang sudah sepatutnya lepas dari Indonesia menjadi negara yang berdaulat. Pasalnya bergabungnya Timor Leste menjadi bagian dari Indonesia melalui aksi militer dan pendudukan paksa Indonesia di negara tersebut. Namun mayoritas orang Indonesia saat ini masih menganggap bahwa Timor Leste merupakan wilayah Indonesia yang memberontak kemudian memerdekakan diri. Entah mengapa sulit sekali mengakui bahwa yang dilakukan Indonesia atas Timor Leste merupakan tindakan penjajahan memang sudah menjadi hak mereka untuk merdeka.

Referensi :
https://tirto.id/timor-leste-pada-ma...kolonial-co55
https://tirto.id/upaya-indonesia-men...i-seroja-cBe1
https://kumparan.com/bung-gunawan/ke...1517245369923
zamasu69Rinka17elan081081238
elan081081238 dan 37 lainnya memberi reputasi
18
33.8K
218
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.