alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
4.15 stars - based on 13 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5cf36b7daf7e931da942280f/sulitnya-mengakui-bahwa-indonesia-menjajah-timor-leste
Lapor Hansip
02-06-2019 13:23
Sulitnya Mengakui Bahwa Indonesia Menjajah Timor Leste
Past Hot Thread
Sulitnya Mengakui Bahwa Indonesia Menjajah Timor Leste


Timor Leste merupakan salah satu negara yang berbatasan darat dengan Indonesia. Negara ini relatif kecil kalau dilihat berdasarkan populasi dan luas wilayah. Luas wilayah Timor Leste adalah 15.410 km persegi dengan populasi sekitar 1,2 juta jiwa. Timor Leste resmi menjadi negara berdaulat setelah lepas dari genggaman Indonesia pada tahun 2002 silam. 

Sulitnya Mengakui Bahwa Indonesia Menjajah Timor Leste

Peta Timor Leste (sumber : peta-hd.com)


Sebelum resmi menjadi negara merdeka, Timor Leste merupakan salah satu provinsi di Indonesia. Untuk memaksa Timor Leste menjadi bagian dari Indonesia, pemerintah Indonesia melancarkan invasi militer ke Timor Leste. Boleh dibilang apa yang dilakukan oleh Indonesia ini merupakan tindakan yang memalukan. Tindakan ini dilakukan oleh Indonesia tidak sampai dua pekan setelah Timor Leste mendeklarikan kemerdekaan. Saat menjadi bagian dari Indonesia, Timor Leste dikenal dengan nama Timor Timur. Timor Timur sendiri merupakan provinsi ke-27 di Indonesia.

Sulitnya Mengakui Bahwa Indonesia Menjajah Timor Leste

Peta Indonesia tahun 90an dimana Timor Leste masih menjadi bagian dari Indonesia (sumber : lib.utexas.edu)


Apa yang dilakukan oleh Indonesia tentunya memperpanjang penderitaan rakyat Timor Leste karena menambah lama peperangan di negara tersebut. Sebelum diduduki oleh Indonesia, Timor Leste merupakan jajahan Portugis. Bangsa Portugis pertama kali datang ke Timor Leste dalam rentang waktu 1509 sampai 1511. Tujuannya sama seperti yang dilakukan bangsa Eropa pada umumnya di Nusantara, yaitu berdagang rempah-rempah. Barulah pada tahun 1642 Portugis melakukan ekspedisi militer di Timur Leste yang dipimpin oleh Francisco Fernandes.

Sekarang Indonesia dan Timur Leste sudah sejajar sebagai negara yang sama-sama berdaulat. Meski memiliki sejarah kelam di masa lalu, kedua negara sudah sepakat untuk saling melupakannya. Saat ini hubungan antara Indonesia dengan Timor Leste boleh dibilang cukup baik. 

Sulitnya Mengakui Bahwa Indonesia Menjajah Timor Leste

Presiden Jokowi dengan Francisco Guterres Lu Olo, Presiden Timor Leste (sumber : bisnis.com)


Hanya saja orang Indonesia tampaknya masih gengsi mengakui bahwa Timor Leste memang sudah sepatutnya lepas dari Indonesia menjadi negara yang berdaulat. Pasalnya bergabungnya Timor Leste menjadi bagian dari Indonesia melalui aksi militer dan pendudukan paksa Indonesia di negara tersebut. Namun mayoritas orang Indonesia saat ini masih menganggap bahwa Timor Leste merupakan wilayah Indonesia yang memberontak kemudian memerdekakan diri. Entah mengapa sulit sekali mengakui bahwa yang dilakukan Indonesia atas Timor Leste merupakan tindakan penjajahan memang sudah menjadi hak mereka untuk merdeka.

Referensi :
https://tirto.id/timor-leste-pada-ma...kolonial-co55
https://tirto.id/upaya-indonesia-men...i-seroja-cBe1
https://kumparan.com/bung-gunawan/ke...1517245369923
profile-picture
profile-picture
profile-picture
oldmanpapa dan 31 lainnya memberi reputasi
16
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 4 dari 11
03-06-2019 19:58
masa lalu hanya tinggal kenangan
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1
03-06-2019 20:00
sama halnya dengan belanda yang tidak mengakui kedaulatan kita dulu dan menganggapnya sebagai pemberontak. dimana2 memang melawan itu selalu dianggap buruk ya meski yang kita lawan itu kekerasan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
suleymannn dan 2 lainnya memberi reputasi
1
03-06-2019 20:04
ada yg pro ada yg kontra. kalo ane boleh berpendapat, sebenernya sah2 aja timor leste mau lepas dari indonesia, asalkan keputusan itu didapat dari jajak pendapat yang benar2 mewakili suara rakyat timor leste.

sayangnya, lepasnya timor timur tahun 2002 silam mnurut ane sebuah kerugian besar bagi timor leste dalam banyak hal.

contoh :
1. timor leste jadi rentan dari invasi krn sebelumnya dpt perlindungan dari TNI dan ABRI. Sekarang, mereka harus mikirin gimana bentuk angkatan bersenjata, nyediain alutsista, dsb.
2. mayoritas komoditas kebutuhan hidup timor leste gak mereka penuhi sendiri. dulu sih gampang, tinggal pasok dari wilayah lain. sekarang, mereka wajib impor (misalnya: beras, bbm, listrik, dsb) selama mereka belum punya infrastruktur sendiri. which means logikanya kebutuhan hidup jadi lebih mahal.
3. stabilitas pemerintahan bakalan goyang di dalam timor leste pasca memerdekakan diri (lagi). bakalan banyak pihak yang berebut kuasa, dan ini secara gak langsung juga berdampak pada kehidupan rakyatnya. lha kita disini pemilu aja ribut, gimana mereka

kira2 begitu pendapat ane
Diubah oleh megatron21
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1
03-06-2019 20:07
masih mending timor leste soal kemerdekaan dibanding taiwan...klo mau ambil contoh....walaupun taiwan lebih maju sih.....


sulit mengakui kalau menjajah......ya seperti biasa kasih aja bukti2 kalau Indonesia menjajah...dokumen resmi yah...bukan berita atau tulisan di buku....emoticon-Big Grin

profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1
03-06-2019 20:08
Quote:Original Posted By matthysse67


simplenya gini aja, memangnya sebelum 2014 Krimea itu bagian Rusia ? Krimea itu bagian sah Ukraina dan Rusia menganeksasi Krimea masuk ke Federasi Rusia berkat penduduk disana lebih condong berkultur Rusia daripada Ukraina.

lalu apakah Timor Portugis itu lebih berkultur Australia dibanding Indonesia ? jawabannya tidak, secara umum, warga Timor Timur itu masih 1 kerabat dengan masyarakat NTT, jadi sah sah saja diintregasikan masuk ke Indonesia.


Anda lupa NTT adalah bekas Hindia Belanda dan Timor Leste adalah bekas jajahan Portugis emoticon-Embarrassment

Setelah Jepang pergi, daerah otonomi NTT (seperti Kerajaan Jogjakarta) memilih untuk bergabung dengan Republik Indonesia. Kondisi tersebut tidak ditemukan pada Timor Leste.

Memang betul, Indonesia menganeksasi Timtim untuk menjadi bagian dari NKRI.

Doktrin pertahanan RI itu ekspansif, cirinya adalah punya Marinir (pasukan pendarat). Tidak percaya? Silahkan tanyakan langsung ke pejabat Papua Nugini, apakah mereka bisa tidur pulas bertetangga dengan NKRI ?

emoticon-Malu (S)

LB Moerdani pada suatu kesempatan pernah becandain PM Australia : Sir, Papua Nugini kasih ke kami saja ya...ya...gitu saja ya....

PM itu langsung rada pucat wajahnya emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mismiuna dan 3 lainnya memberi reputasi
2
03-06-2019 20:11
Ane pernah tinggal di dili 1983-1984 waktu itu masyarakat juga ada perkembangan ke arah lebih sejahtera kok gan, ga ada itu orang lokal yg ditindas. Yg suka nembakin orang malah kelompok nya xanana. Ane salut sama abri yg udh berjasa di operasi seroja, pasukan ada yg gugur dan jd cacat permanen juga, jd waktu timtim lepas ya sedih juga.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
03-06-2019 20:12
jadi inget wowo dan pasukannya killing-spree di timor-leste...
(cerita temen2 kuliah dari timor-leste...)
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan kakekane.cell memberi reputasi
2
03-06-2019 20:22
Quote:Original Posted By Java.Militia
Sekali lagi itukan narasi yang dicangkokkan para kolonialis ke benak rakyat Indonesia
pada kenyataannya keseluruhan wilayah Indonesia sudah ada sejak jaman dahulu, terikat dalam kesatuan Nusantara
tidak hanya itu bangsa-bangsa Nusantara merupakan satu bangsa yang sama yaitu apa yang disebut sebagai proto-Austronesian

Sulitnya Mengakui Bahwa Indonesia Menjajah Timor Leste

Jadi mana yang bener gan biar gk hoax, sejak dulu Indonesia sudah ada atau Indonesia adalah kerajaan-kerajaan yang berperang?
emoticon-Recommended Selleremoticon-cystg
Quote:Original Posted By AriLucifer
Indonesia mencoba menjadikan Timor Leste agar masyarakat Timor Leste makmur, makanya selama orde baru banyak bantuan masuk kesana, bahkan sampai membuat DI Aceh iri, karena itulah bisa ada GAM juga, Presiden BJ. Habibie melepas Timor Leste biar ga jadi borok terus gan di Indonesia,
Nyatanya sekarang Timor Leste menjadi salah satu negara termiskin di Dunia, dan sebagian rakyat Timor Leste justru merasa lebih baik menjadi bagian Indonesia daripada merdeka,

dikutip dari berbagai sumur, baik ucapan maupun tulisan

Masih berharap tapi sebagian rakyat itu berapa (%) ya tapi yasudahlah nasi sudah menjadi benyek apa boleh buat
emoticon-Travelleremoticon-cystg
Quote:Original Posted By galenix
Sejarah ditulis oleh para pemenang, yang artinya sudut pandang terhadap suatu peristiwa sangat tergantung oleh yang menulis dan menceritakan kisah itu..

Tapi bagi gua Timor Leste waktu gabung di NKRI status nya bukan sebagai daerah jajahan tapi sebagai bagian dari NKRI. Penduduknya secara hukum dianggap sebagai warga NKRI dan karenanya punya hak dan kewajiban yg sama dengan warga dari daerah lain.. Sekarang bandingkan ketika indo di jajah, apakah warga indo dianggap sebagai warga negara portugis/belanda/jepang.. Nope, kita dianggap sebagai warga pendudukan dan ada perbedaan memdasar bahkan dari segi hukum.. Kita ga punya KTP Portugis/Belanda/Jepang.. Ga punya hak suara di pemerintahan negara penjajah..

Bener banget gan NKRI harga mati keluar dari NKRI ya mati (terpuruk/sengsara)
emoticon-Leh Ugaemoticon-Travelleremoticon-cystg
Quote:Original Posted By nowbitool
Setahu w Indonesia dlu terpaksa "menduduki" Timor Leste, alasannya komunisme... Dlu partai Fretelin partai komunis. Dan menurut barat: satu negara penganut komunisme maka siap2 negara lain jadi pengikut komunisme. Malah dlu timor leste pernah ada jendral pemberontak gara2 gak sekubu sama presiden Xanana Gusmao (beliau (xanana) dari kelompok fretelin). dan jenderal tsb pernah wawancara sama mata najwa klo gak, Andi F Noya klo gak salah.

Makanya begitu uni soviet jatuh baru deh Amerika Serikat cuci tangan konspirasi perang dingin. Indonesia salah satunya korban cuci tangan A.S

Korbannya dalam hal apa gan Indonesia?
emoticon-Travelleremoticon-cystg
Diubah oleh gamingear
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1
03-06-2019 20:22
Quote:Original Posted By PneumonoCyclone
Indonesia itu seluruh jajahan belanda ditambah Malaya, Papua, Kaltara dan Timor Timur emoticon-Cool ingat itu tong emoticon-fuck2


Setau gua wilayah Indonesia itu yang berdasarkan perjanjian KMB yang di den Haag emoticon-Jempol
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1
03-06-2019 20:24
Indonesia mencoba menjadikan Timor Leste agar masyarakat Timor Leste makmur, makanya selama orde baru banyak bantuan masuk kesana, bahkan sampai membuat DI Aceh iri, karena itulah bisa ada GAM juga, Presiden BJ. Habibie melepas Timor Leste biar ga jadi borok terus gan di Indonesia,
Nyatanya sekarang Timor Leste menjadi salah satu negara termiskin di Dunia, dan sebagian rakyat Timor Leste justru merasa lebih baik menjadi bagian Indonesia daripada merdeka,

dikutip dari berbagai sumur, baik ucapan maupun tulisan
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan tomo007 memberi reputasi
2
03-06-2019 20:25
Thread nya antek australia, unjung2nya pelanggaran ham di timor leste emoticon-Blue Guy Bata (L)
Diubah oleh jktpanasmacet
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
2
03-06-2019 20:26
Quote:Original Posted By arifdoank
Sulitnya Mengakui Bahwa Indonesia Menjajah Timor Leste


Timor Leste merupakan salah satu negara yang berbatasan darat dengan Indonesia. Negara ini relatif kecil kalau dilihat berdasarkan populasi dan luas wilayah. Luas wilayah Timor Leste adalah 15.410 km persegi dengan populasi sekitar 1,2 juta jiwa. Timor Leste resmi menjadi negara berdaulat setelah lepas dari genggaman Indonesia pada tahun 2002 silam. 

Sulitnya Mengakui Bahwa Indonesia Menjajah Timor Leste

Peta Timor Leste (sumber : peta-hd.com)


Sebelum resmi menjadi negara merdeka, Timor Leste merupakan salah satu provinsi di Indonesia. Untuk memaksa Timor Leste menjadi bagian dari Indonesia, pemerintah Indonesia melancarkan invasi militer ke Timor Leste. Boleh dibilang apa yang dilakukan oleh Indonesia ini merupakan tindakan yang memalukan. Tindakan ini dilakukan oleh Indonesia tidak sampai dua pekan setelah Timor Leste mendeklarikan kemerdekaan. Saat menjadi bagian dari Indonesia, Timor Leste dikenal dengan nama Timor Timur. Timor Timur sendiri merupakan provinsi ke-27 di Indonesia.

Sulitnya Mengakui Bahwa Indonesia Menjajah Timor Leste

Peta Indonesia tahun 90an dimana Timor Leste masih menjadi bagian dari Indonesia (sumber : lib.utexas.edu)


Apa yang dilakukan oleh Indonesia tentunya memperpanjang penderitaan rakyat Timor Leste karena menambah lama peperangan di negara tersebut. Sebelum diduduki oleh Indonesia, Timor Leste merupakan jajahan Portugis. Bangsa Portugis pertama kali datang ke Timor Leste dalam rentang waktu 1509 sampai 1511. Tujuannya sama seperti yang dilakukan bangsa Eropa pada umumnya di Nusantara, yaitu berdagang rempah-rempah. Barulah pada tahun 1642 Portugis melakukan ekspedisi militer di Timur Leste yang dipimpin oleh Francisco Fernandes.

Sekarang Indonesia dan Timur Leste sudah sejajar sebagai negara yang sama-sama berdaulat. Meski memiliki sejarah kelam di masa lalu, kedua negara sudah sepakat untuk saling melupakannya. Saat ini hubungan antara Indonesia dengan Timor Leste boleh dibilang cukup baik. 

Sulitnya Mengakui Bahwa Indonesia Menjajah Timor Leste

Presiden Jokowi dengan Francisco Guterres Lu Olo, Presiden Timor Leste (sumber : bisnis.com)


Hanya saja orang Indonesia tampaknya masih gengsi mengakui bahwa Timor Leste memang sudah sepatutnya lepas dari Indonesia menjadi negara yang berdaulat. Pasalnya bergabungnya Timor Leste menjadi bagian dari Indonesia melalui aksi militer dan pendudukan paksa Indonesia di negara tersebut. Namun mayoritas orang Indonesia saat ini masih menganggap bahwa Timor Leste merupakan wilayah Indonesia yang memberontak kemudian memerdekakan diri. Entah mengapa sulit sekali mengakui bahwa yang dilakukan Indonesia atas Timor Leste merupakan tindakan penjajahan memang sudah menjadi hak mereka untuk merdeka.

Referensi :
https://tirto.id/timor-leste-pada-ma...kolonial-co55
https://tirto.id/upaya-indonesia-men...i-seroja-cBe1
https://kumparan.com/bung-gunawan/ke...1517245369923


Sejarah ditulis oleh para pemenang, yang artinya sudut pandang terhadap suatu peristiwa sangat tergantung oleh yang menulis dan menceritakan kisah itu..

Tapi bagi gua Timor Leste waktu gabung di NKRI status nya bukan sebagai daerah jajahan tapi sebagai bagian dari NKRI. Penduduknya secara hukum dianggap sebagai warga NKRI dan karenanya punya hak dan kewajiban yg sama dengan warga dari daerah lain.. Sekarang bandingkan ketika indo di jajah, apakah warga indo dianggap sebagai warga negara portugis/belanda/jepang.. Nope, kita dianggap sebagai warga pendudukan dan ada perbedaan memdasar bahkan dari segi hukum.. Kita ga punya KTP Portugis/Belanda/Jepang.. Ga punya hak suara di pemerintahan negara penjajah..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
03-06-2019 20:26
Quote:Original Posted By wanbillion
Setau gua wilayah Indonesia itu yang berdasarkan perjanjian KMB yang di den Haag emoticon-Jempol


Ikuti cita2 bapak bangsa nak.... semoga suatu saat cita2 tsb tercapai emoticon-Cool
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1
03-06-2019 20:30
Setahu w Indonesia dlu terpaksa "menduduki" Timor Leste, alasannya komunisme... Dlu partai Fretelin partai komunis. Dan menurut barat: satu negara penganut komunisme maka siap2 negara lain jadi pengikut komunisme. Malah dlu timor leste pernah ada jendral pemberontak gara2 gak sekubu sama presiden Xanana Gusmao (beliau (xanana) dari kelompok fretelin). dan jenderal tsb pernah wawancara sama mata najwa klo gak, Andi F Noya klo gak salah.

Makanya begitu uni soviet jatuh baru deh Amerika Serikat cuci tangan konspirasi perang dingin. Indonesia salah satunya korban cuci tangan A.S
Diubah oleh nowbitool
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan wanbillion memberi reputasi
2
03-06-2019 20:30
ah biasa aja sih.. belanda pernah dijajah spanyol dan jerman, dan pernah menjajah indonesia.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1
03-06-2019 20:31
ts berat sebelah, narsumnya ga ada pembanding. kalau menggiring opini jgn satu sisi. harus imbang. baru bisa di diskusikan.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1
03-06-2019 20:32
indo itu kan bagian yang merdeka yang ex hindia timur jajahan belanda

timor leste bukan, namanya aja aneksasi, dan pbb pun ok dengan referendum timor leste

emang ada sih orang indo yg nasionalis buta yang anggap timor leste memberontak
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan wanbillion memberi reputasi
2
03-06-2019 20:33
Quote:Original Posted By megatron21
ada yg pro ada yg kontra. kalo ane boleh berpendapat, sebenernya sah2 aja timor leste mau lepas dari indonesia, asalkan keputusan itu didapat dari jajak pendapat yang benar2 mewakili suara rakyat timor leste.

sayangnya, lepasnya timor timur tahun 2002 silam mnurut ane sebuah kerugian besar bagi timor leste dalam banyak hal.

contoh :
1. timor leste jadi rentan dari invasi krn sebelumnya dpt perlindungan dari TNI dan ABRI. Sekarang, mereka harus mikirin gimana bentuk angkatan bersenjata, nyediain alutsista, dsb.
2. mayoritas komoditas kebutuhan hidup timor leste gak mereka penuhi sendiri. dulu sih gampang, tinggal pasok dari wilayah lain. sekarang, mereka wajib impor (misalnya: beras, bbm, listrik, dsb) selama mereka belum punya infrastruktur sendiri. which means logikanya kebutuhan hidup jadi lebih mahal.
3. stabilitas pemerintahan bakalan goyang di dalam timor leste pasca memerdekakan diri (lagi). bakalan banyak pihak yang berebut kuasa, dan ini secara gak langsung juga berdampak pada kehidupan rakyatnya. lha kita disini pemilu aja ribut, gimana mereka

kira2 begitu pendapat ane


Memang betul gan nilai tawar Timor Leste kurang karena belum berhasil memanfaatkan migas yang selama ini di gadang-gadang bisa membuat rakyat Meraka makmur
Timor Leste jg bukan terletak di jalur perdagangan internasional ,wisatanya jg kurang ,SDM belum maju ya biar lah itu kan konsekuensi pilihan mereka emoticon-2 Jempol
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1
03-06-2019 20:33
Quote:Original Posted By arifdoank
Sulitnya Mengakui Bahwa Indonesia Menjajah Timor Leste


Timor Leste merupakan salah satu negara yang berbatasan darat dengan Indonesia. Negara ini relatif kecil kalau dilihat berdasarkan populasi dan luas wilayah. Luas wilayah Timor Leste adalah 15.410 km persegi dengan populasi sekitar 1,2 juta jiwa. Timor Leste resmi menjadi negara berdaulat setelah lepas dari genggaman Indonesia pada tahun 2002 silam. 

Sulitnya Mengakui Bahwa Indonesia Menjajah Timor Leste

Peta Timor Leste (sumber : peta-hd.com)


Sebelum resmi menjadi negara merdeka, Timor Leste merupakan salah satu provinsi di Indonesia. Untuk memaksa Timor Leste menjadi bagian dari Indonesia, pemerintah Indonesia melancarkan invasi militer ke Timor Leste. Boleh dibilang apa yang dilakukan oleh Indonesia ini merupakan tindakan yang memalukan. Tindakan ini dilakukan oleh Indonesia tidak sampai dua pekan setelah Timor Leste mendeklarikan kemerdekaan. Saat menjadi bagian dari Indonesia, Timor Leste dikenal dengan nama Timor Timur. Timor Timur sendiri merupakan provinsi ke-27 di Indonesia.

Sulitnya Mengakui Bahwa Indonesia Menjajah Timor Leste

Peta Indonesia tahun 90an dimana Timor Leste masih menjadi bagian dari Indonesia (sumber : lib.utexas.edu)


Apa yang dilakukan oleh Indonesia tentunya memperpanjang penderitaan rakyat Timor Leste karena menambah lama peperangan di negara tersebut. Sebelum diduduki oleh Indonesia, Timor Leste merupakan jajahan Portugis. Bangsa Portugis pertama kali datang ke Timor Leste dalam rentang waktu 1509 sampai 1511. Tujuannya sama seperti yang dilakukan bangsa Eropa pada umumnya di Nusantara, yaitu berdagang rempah-rempah. Barulah pada tahun 1642 Portugis melakukan ekspedisi militer di Timur Leste yang dipimpin oleh Francisco Fernandes.

Sekarang Indonesia dan Timur Leste sudah sejajar sebagai negara yang sama-sama berdaulat. Meski memiliki sejarah kelam di masa lalu, kedua negara sudah sepakat untuk saling melupakannya. Saat ini hubungan antara Indonesia dengan Timor Leste boleh dibilang cukup baik. 

Sulitnya Mengakui Bahwa Indonesia Menjajah Timor Leste

Presiden Jokowi dengan Francisco Guterres Lu Olo, Presiden Timor Leste (sumber : bisnis.com)


Hanya saja orang Indonesia tampaknya masih gengsi mengakui bahwa Timor Leste memang sudah sepatutnya lepas dari Indonesia menjadi negara yang berdaulat. Pasalnya bergabungnya Timor Leste menjadi bagian dari Indonesia melalui aksi militer dan pendudukan paksa Indonesia di negara tersebut. Namun mayoritas orang Indonesia saat ini masih menganggap bahwa Timor Leste merupakan wilayah Indonesia yang memberontak kemudian memerdekakan diri. Entah mengapa sulit sekali mengakui bahwa yang dilakukan Indonesia atas Timor Leste merupakan tindakan penjajahan memang sudah menjadi hak mereka untuk merdeka.

Referensi :
https://tirto.id/timor-leste-pada-ma...kolonial-co55
https://tirto.id/upaya-indonesia-men...i-seroja-cBe1
https://kumparan.com/bung-gunawan/ke...1517245369923


Ente belajar dulu definisi menjajah itu apa. Baru bikin tret
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
03-06-2019 20:37
Akui saja deh negara kita itu bukan tokoh utama di film superhero. Pernah main kotor juga seperti negara lain.
Papua Barat setelah ditinggal belanda juga sudah merdeka sendiri membentuk negara sendiri walau setahun kemudian diduduki sama Indonesia.

Terserah kalian mau Papua barat mau disebut dijajah, diduduki, atau diinterigrasi biar lebih halus, yang jelas dari dulu kekayaan alam papua di keruk ( kayak belanda juga kan mirip) tapi penduduknya tetap miskin, kebebasan pers disana sangat dibatasi. Dulu ada beberapa tokoh sana yg ingin mengadukan masalah ini ke PBB tapi dicegat dan diasingkan sampai saat ini.
Intinya cinta NKRI itu bagus tapi gk buta juga atas segalah yang sudah dilakukan negara ini. Semoga sih Papua Barat tetap ikut negara kita tapi diperlakukan dgn lebih baik orang2nya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 4 lainnya memberi reputasi
-1
Halaman 4 dari 11
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.