Eldnict
TS
Eldnict
7 Tanda Seseorang Sedang Berbohong


Siapa sih yang mau bohongin gan? Dengan alasan apapun, kebohongan tetaplah sebuah tindakan tidak terpuji. Namun gimana sih cara agar agan-sista bisa tau seseorang lagi berbohong? emoticon-Cool

Ternyata ada tanda-tanda yang mudah disadari loh. Berikut beberapa ciri orang yang sedang berbohong:


1. Intonasi suaranya berubah

Saat seseorang sedang mencoba berbohong, suara orang tersebut akan berbeda dibanding saat mereka sedang tidak berbohong. Hal ini terjadi karena tanpa mereka sadari. Pita suara mereka menjadi lebih tegang karena reaksi alamiah tubuh disaat mereka mencoba berbohong.



2. Tempo bicara mereka menjadi tergesah bahkan cenderung terlalu menggebu-gebu

Saat seseorang mendadak bercerita dengan cepat dan tergesah padahal sebelumnya dia biasa saja, bisa jadi orang tersebut sedang berbohong pada anda nih gan. Orang yang mencoba berbohong selalu ingin segera mengungkapkan kebohongan mereka secara cepat agar bagian dari kebohongannya tidak disadari atau segera terlupakan begitu saja oleh pendengar.



3. Gestur tubuh yang tidak sesuai dengan kata yang diucapkan

Sudah sewajarnya setiap berbicara, kita memiliki gestur atau bahasa tubuh yang turut tercipta. Entah itu gerakan tangan atau kaki, ekspresi wajah, hingga gerakan mata.

Hal ini bisa menjadi indikator untuk mengetahui seseorang sedang berbohong atau tidak. Saat seseorang berbohong, maka gesturnya akan kacau. Ini terjadi karena dia gugup atau alam bawah sadarnya yang kalut akibat kondisi menuntutnya untuk berbohong.

Misalnya disaat ia sedang membicarakan sesuatu yang menyedihkan, namun gestur tubuhnya tidak mencerminkan rasa sedih dan malah cenderung aktif bergerak seperti tidak tenang. Bisa jadi orang itu sedang berbohong.



4. Menghindari kontak mata

Mata adalah bagian tubuh yang sangat mudah dibaca. Tatapan antar mata dapat menggambarkan dengan jelas perasaan seseorang. Sehingga kebanyakan orang yang berbohong selalu menghindari kontak mata dengan lawan bicara. Salah satu contohnya orang yang sedang berbohong, dibanding menatap mata lawan bicara, ia malah lebih memilih menatap orang yang lewat disekitarnya atau menatap kukunya sambil terus bicara.



5. Menceritakan sesuatu dari satu sisi

Hal ini paling umum terjadi saat seseorang mencoba menceritakan masalahnya dan hanya ingin mendapat pembelaan. Maka jalan yang diambil adalah menceritakan sesuatu hanya dari satu sudut pandang.

Hati-hati nih gas-sis. Cermati dulu cerita dari orang disekitar anda dan jangan gampang terhasut lewat cerita sepihak doang emoticon-Cape deeehh



6. Melakukan gerakan yang tidak pernah ia lakukan sebelumnya

Nah kalau disaat seseorang mendadak menjilat bibirnya, menggosok hidungnya, menggigit kukunya, dan lain sebagainya, sedangkan agan belum pernah melihat dia melakukan itu selama ini saat bicara. Maka bisa jadi orang tersebut sedang berbohong.

Seseorang yang gugup dan sedang memiliki banyak keraguan dalam menyampaikan perkataan tidak jujur, biasanya secara tanpa sadar akan mencoba redakan perasaan tersebut. Salah satu caranya adalah melakukan gerakan yang bukan merupakan kebiasaan mereka.


7. Berbicara dengan sudut pandang orang ketiga

Orang yang berbohong tanpa disadari akan membicarakan sesuatu dari sudut pandang orang ketiga. Tanpa ia sadari, dia akan perlahan-lahan menjauh dari apa yang ia ceritakan. Hal ini memang mungkin terjadi karena sejak awal kebohongan mereka hanya fiktif sehingga mereka bisa saja melupakan kondisi bahwa ia seharusnya ada didalam cerita itu.



Mulai sekarang lebih berhati-hati gan-sis emoticon-No Hope
Diubah oleh Eldnict 01-06-2019 14:19
danQenurwaatijmontefiore
jmontefiore dan 14 lainnya memberi reputasi
13
14.7K
107
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.