Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
149
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cbc765a4601cf5c357de345/budaya-indonesia-yang-perlu-dilestarikan
Nyadran! Bersama Melestarikan Tradisi. Apa yang agan dan sista lakuin di hari minggu atau ahad tadi? Pasti asyiklah ya weekend bareng keluarga? Oke berhubung bulan sya'ban aku mau cerita tentang pengalaman dan budaya yang aku alami dibulan ini. Ini tadi oleh-oleh dari upacara nyadran bisa dilihat gan! Sederhanakan! Sumber gambar: dokumen pribadi Sebelum menuju ke budaya marilah mengenal lebih deka
Lapor Hansip
21-04-2019 20:55

Budaya Indonesia yang Perlu Dilestarikan

icon-verified-thread
Nyadran! Bersama Melestarikan Tradisi.



Apa yang agan dan sista lakuin di hari minggu atau ahad tadi? Pasti asyiklah ya weekend bareng keluarga?

Oke berhubung bulan sya'ban aku mau cerita tentang pengalaman dan budaya yang aku alami dibulan ini. Ini tadi oleh-oleh dari upacara nyadran bisa dilihat gan! Sederhanakan!

Budaya Indonesia yang Perlu Dilestarikan
Sumber gambar: dokumen pribadi


Sebelum menuju ke budaya marilah mengenal lebih dekat bulan sya'ban.


Bulan sya'ban adalah bulan pada penanggalan hijriyah yang perhitungannya berdasarkan perputaran bulan atau bisa disebut qomariyah. Kalau masehi berdasarkan pada matahari atau syamsiyah. Itulah bedanya antara tahun masehi dan hijriyah.

Nah, kalau orang jawa bulan sya'ban sering disebut bulan ruwah. Padahal ruwah sama sya'ban itu beda, bedanya kalau ruwah berdasarkan perhitungan penanggalan jawa. Cuman hampir sama bahkan kadang beriringan tanggalnya, tidak beda jauh.

Oke, ini tidak ngomongin masalah penanggalan. Mungkin bisa dibahas lain waktu. Mari kita fokus menuju budaya dan tradisi.

Quote:
Nyadran.


Pernahkah agan atau sista mendengar kata tersebut?

Bagi yang daerah Jateng dan Jogja pasti tidak asing dengan kata nyadran. Tapi, bagi yang lainnya mungkin asing.

Penasaran apa itu nyadran?

Nyadran dari kata kerja dalam Bahasa Jawa, (Sadran = Ruwah, Syakban) yang juga dimaknai dengan Sudra (orang awam) menyudra berarti berkumpul dengan orang awam yang mengingatkan kita akan hakekat bahwa manusia pada dasarnya sama.

Tradisi ini sudah ada sejak zaman hindu-budha. Kemudian dengan datangnya walisongo budaya ini dikembangkan, kalau umat islam memaknai nyadran digunakan untuk mengirim atau berziarah kepada leluhur yang sudah lebih dulu meninggalkan kita.

Tradisi nyadran dilaksanakan sebelum menjelang ramadhan pada bulan sya'ban umumnya.

Sekarang beralih ke pengalamanku ya?


Sekarang seiring perkembangan zaman upacara nyadran tidak seperti dulu lagi.

Dulu upacara nyadran setiap orang diharuskan membawa makanan dengan berbagai lauk-pauk dan dibawa ke pendopo makam. Lauk-pauknya seperti daging ayam goreng, bihun, mie kuning, tempe bacem, tahu bacem, ikan bandeng, dam pokoknya sesuka yang membuat dach. Kalau nasi jelaslah ya, namun kadang ditambahi nasi uduk dan berbagai jajanan pasar (ketan, kolak, dan apem tak pernah ketinggalan). Kalau buahnya yang paling populer ya pisang, bengkoang, dan yang lainnya cuma pelengkap aja. Makanan itu nantinya dimakan sendiri secara bareng-bareng. Bukan untuk sesajen lho gan! Karena didalam ajaran islam gak ada sesajen. Kalau sedekah begitu orang tempatku manggilnya. Sedekah sama artinya dengan shodaqoh. Nantinya diambil sedikit-sedikit dari makanan yang dibawa tadi oleh panitia untuk diberikan kepada orang yang tidak bisa hadir, fakir-miskin dan kaum rois yang memimpin tahlil.

Jadi upacara inti berada dalam tahlil untuk mengirim leluhur yang sudah meninggal. Setelah itu baru acara tambahan seperti penjelasan diatas.

Namun, sekarang tempatku sudah merubah budaya itu gan. Sekarang banyak orang yang sibuk gak seperti dulu lagi. Emak-emak aja sekarang pada kerja. Kalau disuruh masak begini-begono kayaknya waktunya gak memungkinkan. Jadinya budaya bawa makanan ke pendopo makam saat nyadran sudah gak ada lagi. Sekarang cukup bayar uang dan nantinya makanan itu dibagi saat upacara.

Nah, kalau begitu gak ribet juga kan? Selain itu makanan orang satu sama yang lainnya sama, gak ada perbedaan makanan. Serasa, gak ada yang pamer makanan yang begena-beginikan? Kalau bawa makanan dari rumahkan bisa jadi ada yang niatnya pamer makananku enakkan? Bukannya su'udzon loh? Tapi kenyataannya ada yang kek gitu.

Kalau kek gitu yang mimpin tahlil gak kebagihan ambilan makanan dikit-dikit dari warga dong? Ya kagaklah warga berangkat gak bawa makanan kog. Cuma bawa orang doang gan. Di ganti uanglah sedangkan bagi yang tidak bisa berangkat tetep diambilin dikit-dikit dari warga.

O ya sampai lupa. Ini buahnya dari oleh-oleh upacara nyadran.

Budaya Indonesia yang Perlu Dilestarikan
Sumber gambar: dokumen pribadi


Gue kagak ikut gan karena upacara itu dominan untuk Bapak-bapak dan Ibu-ibu yang suaminya gak berangkat, kalau anak muda biasanya mewakili kalau keluarga gak ada yang berangkat. Anak muda juga boleh berangkat juga.



Jogjakarta,
Janeeta Mz, 21 April 2019


Referensi:
1. Pengalaman pribadi.
2. Opini.
3. klik disini


Quote:Baca juga ya gan sis?


Genduri Ala Makanan Luar Negeri

Suasana Mendorong Semuanya Berubah

Diubah oleh janeeta97
profile-picture
profile-picture
profile-picture
swiitdebby dan 17 lainnya memberi reputasi
18
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 7 dari 8
Budaya Indonesia yang Perlu Dilestarikan
27-05-2019 13:26
kenduri di balai makam, sebelum bulam puasa. di daerah ku masih ada; Bantul
profile-picture
janeeta97 memberi reputasi
1 0
1
Budaya Indonesia yang Perlu Dilestarikan
27-05-2019 21:08
Quote:Original Posted By dalledalminto
kenduri di balai makam, sebelum bulam puasa. di daerah ku masih ada; Bantul


Masih satu lingkup jadi sama
0 0
0
Budaya Indonesia yang Perlu Dilestarikan
29-05-2019 14:00
maasyaa Allah, asyik dan enak
profile-picture
janeeta97 memberi reputasi
1 0
1
Budaya Indonesia yang Perlu Dilestarikan
29-05-2019 18:21
di kampung aku gaada beginian
profile-picture
janeeta97 memberi reputasi
1 0
1
Budaya Indonesia yang Perlu Dilestarikan
29-05-2019 18:46
Quote:Original Posted By febrianaryna
maasyaa Allah, asyik dan enak


Sayangnya cuman bisa bagi gambar emoticon-angelangelemoticon-Angel
0 0
0
Budaya Indonesia yang Perlu Dilestarikan
29-05-2019 20:48
Quote:Original Posted By srirahayu14
di kampung aku gaada beginian


beda daerah beda2 budayanya
0 0
0
Budaya Indonesia yang Perlu Dilestarikan
03-06-2019 05:29
tradisi yang ada hampir si semua daerah
profile-picture
janeeta97 memberi reputasi
1 0
1
Budaya Indonesia yang Perlu Dilestarikan
03-06-2019 09:37
Quote:Original Posted By astian.rachman
tradisi yang ada hampir si semua daerah


Punya mba juga adakah?
0 0
0
Budaya Indonesia yang Perlu Dilestarikan
11-06-2019 19:09
lama tak makan nasi besek
profile-picture
janeeta97 memberi reputasi
1 0
1
Budaya Indonesia yang Perlu Dilestarikan
20-06-2019 17:30

Suasana Mendorong Semuanya Berubah

Aqiqah zaman millenial

Budaya Indonesia yang Perlu Dilestarikan
Sumber gambar: dokumen pribadi


Bismillah..


Kalian pasti tak asing dengan kata aqiqah?

Saya gak akan ceramah tentang aqiqah. Cuman sekedar cerita dan ngobrol saja.

Orang zaman sekarang kebanyakan sudah sadar tentang aqiqah gak seperti dahulu. Manusia bergelimang harta saja belum melaksanakan perintah ini. Padahal kambingnya banyak. Semakin kesini orang semakin paham tentang aqiqah, sehingga banyak anak millenial yang telah di aqiqah.

Oke, sekarang kan banyak orang sibuk kan gan sist. Coba siapa yang mau disuruh masak, memotong daging, dan sebagainya kalau kebanyakan orang pada sibuk kerja. Jadi aqiqah tinggal memesan di tempat catering yang menerima masakan aqiqah. Nantinya sudah diantar sampai rumah dan tinggal membagikan. Gak perlu ribet masak kambing segala. Berikut ini contohnya

Budaya Indonesia yang Perlu Dilestarikan
Sumber gambar: dokumen pribadi


Kalau dulukan dibelikan kambing hidup dan disembelih oleh kaum rois kalau istilah tempatku. Sedangkan banyak ibu-ibu yang di rumah jadi disuruh bantu-bantu masak atau istilahnya rewang. Nah, kalau sekarang susah cari ibu-ibu rumahan.

Quote:Remember:

Kalian pasti sudah tahu kalau aqiqah hukumnya sunah muakad ya? Yaitu sunah yang dikuatkan. Berdasarkan Mahdzab Syafi'i.

Laki-laki 2 ekor kambing dan perempuan 1 ekor kambing.


Quote:INDEKS LINK



Jogjakarta, 20062019
Diubah oleh janeeta97
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sriwijayapuisis dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Budaya Indonesia yang Perlu Dilestarikan
20-06-2019 17:52
Quote:Original Posted By lina.wh
lama tak makan nasi besek


Pulkam mba kalau pengin
0 0
0
Budaya Indonesia yang Perlu Dilestarikan
20-06-2019 17:53
cuman cerita bukan ceramah jado gak ada isi ceramah sedikitpun
0 0
0
Budaya Indonesia yang Perlu Dilestarikan
21-06-2019 00:43
Mantulemoticon-Kiss
profile-picture
janeeta97 memberi reputasi
1 0
1
Budaya Indonesia yang Perlu Dilestarikan
21-06-2019 06:14
Quote:Original Posted By mbakendut
Mantulemoticon-Kiss


Makasih kakak emoticon-Kissemoticon-Kissemoticon-Kiss
0 0
0
Budaya Indonesia yang Perlu Dilestarikan
21-06-2019 06:23
Di sini masih ada aqiqah
profile-picture
janeeta97 memberi reputasi
1 0
1
Budaya Indonesia yang Perlu Dilestarikan
21-06-2019 07:57
Quote:Original Posted By IztaLorie
Di sini masih ada aqiqah


Iya ada mba. Cuman kalau tempatku yg nyembelih dari pihak catering. Jadi kita tinggal nerima mateng
0 0
0
Budaya Indonesia yang Perlu Dilestarikan
21-06-2019 16:14
cakep
profile-picture
janeeta97 memberi reputasi
1 0
1
Budaya Indonesia yang Perlu Dilestarikan
21-06-2019 19:13
Quote:Original Posted By sriwijayapuisis
cakep


Bundakuh yang terlove
profile-picture
sriwijayapuisis memberi reputasi
1 0
1
Budaya Indonesia yang Perlu Dilestarikan
24-06-2019 08:56
Quote:Original Posted By janeeta97
Bundakuh yang terlove


nih baru love emoticon-Big Kissemoticon-Big Kissemoticon-Big Kissemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
janeeta97 memberi reputasi
1 0
1
Budaya Indonesia yang Perlu Dilestarikan
24-06-2019 11:02
Quote:Original Posted By sriwijayapuisis
nih baru love emoticon-Big Kissemoticon-Big Kissemoticon-Big Kissemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak


emoticon-angelangelemoticon-Angelemoticon-Pelukemoticon-Pelukemoticon-Pelukemoticon-Kissemoticon-Kissemoticon-Kissemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
0 0
0
Halaman 7 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia