alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
3.56 stars - based on 9 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5cee63412f568d7370365be8/lebih-dekat-dengan-ulil-abshar-abdalla-tokoh-yang-mengenalkan-khazanah-islam-klasik
Lapor Hansip
29-05-2019 17:47
Lebih Dekat dengan Ulil Abshar Abdalla, Tokoh yang Mengenalkan Khazanah Islam Klasik
Past Hot Thread
Lebih Dekat dengan Ulil Abshar Abdalla, Tokoh yang Mengenalkan Khazanah Islam Klasik


Mempelajari ajaran islam memang gak akan ada bosennya. Terlebih lagi sekarang ini cara mempelajari kajian islam juga semakin mudah, agan bisa mempelajarinya melalui konten-konten digital yang dapat diakses di jejaring internet.

Ada loh satu tokoh yang sekarang ini berperan sangat penting dalam mengajarkan pemahaman tentang Islam, dia adalah Ulil Abshar Abdalla. Ulil saat ini rutin mengampu pengajian secara online yang berfokus pada ajaran khazanah pengetahuan islam klasik. Lebih spesifik lagi Ulil menyebarkan pengetahuan mengenai kitab karya Al Ghazali pada pengajian online-nya.

Sosok yang pernah menjadi sorotan karena wacananya tentang islam liberal ini sekarang memilih mengkaji kitab karya Al Ghazali karena memuat ajaran untuk tidak menghakimi orang lain tapi lebih menitik beratkan pada kritik diri sendiri agar lebih baik lagi.

"Makanya yang saya suka dari ilmu-ilmu kerohanian seperti Ihya ini adalah dia orientasinya bukan keluar, tapi adalah kritik diri," ujar Ulil.

Lebih Dekat dengan Ulil Abshar Abdalla, Tokoh yang Mengenalkan Khazanah Islam Klasik

Pemahaman Ulil tentang khazanah islam klasik menurun dari guru-guru yang mengajarkannya. Salah satu gurunya dalam mendalami ajaran islam diantaranya adalah Kiai Sahal, Cak Nur, dan Gus Dur.

Ulil juga sempat terjun dalam dunia politik. Tepatnya ia pernah menerima tawaran dari SBY untuk masuk ke Partai Demokrat. Namun, ia mengaku tak bisa maksimal dalam berpolitik karena merasa dirinya bukan politisi dan tak punya sumber keuangan yang cukup untuk berpolitik.

Lebih Dekat dengan Ulil Abshar Abdalla, Tokoh yang Mengenalkan Khazanah Islam Klasik

Agan ingin tahu lebih lengkap tentang Ulil Abshar Abdalla? Simak aja yuk selengkapnya di program FIGUR eksklusif hanya di KASKUS TV!
emoticon-Request emoticon-Request emoticon-Request

{thread_title}
Diubah oleh kaskustv.official
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lukakelana dan 5 lainnya memberi reputasi
4
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 4 dari 4
03-06-2019 03:46
Alah politisi ini oq, tukang jualan ayat juga, Penjilat rezim berkuasa jadi tokoh skrng? Jadi pengen tau standart tokoh kaskus kekgmna?
profile-picture
profile-picture
ngopiserius dan privasibaik memberi reputasi
0
03-06-2019 04:34
kalau yamg progesif,sama yang radikal pasti dianggap miring,kenapa ya,seperti nampak garis pembedanya...
0
03-06-2019 05:02
Anak mantunya Gus Mus
0
03-06-2019 07:20
liberalis radikal
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 2 lainnya memberi reputasi
3
03-06-2019 07:52
#24,804
Quote:Original Posted By SainteElme
Termasuk dibuatnya HUAC kah? emoticon-Ngakak (S) atau tahun sebelumnya lynching para negroid dan beberapa kasusnya dibiarkan itukah? atau gedor-gedor pintu para aktivis kiri kah?


Politically correct dalam berbahasa yak? emoticon-linux2 gak baca dengan penuh komentar ente, gw kira makna politcally correct yang mana menandakan sisi politik A lebih benar daripada B. emoticon-Stick Out Tongue
Pada awalnya untuk membuat kedudukan tiap ras dalam level yang sama, karena dalam suatu perbincangan memang seharusnya ras agama bukan harus dijadikan sebuah topik pembicaraan, tapi jika cuma ngomong nigger bisa dipenjara yah gw juga gak setuju. emoticon-linux2 karena pada akhirnya membuat orang mendapatkan pembenaran cuma karena ketersinggungannya, jauh sekali dengan nilai nilai kebebasan... emoticon-Ngakak (S)
Lagian kata yang dimaksudkan seorang individu bisa berbeda diterima oleh individu lainnya. emoticon-Ngacir


edit: ada kata segregasi ternyata emoticon-linux2


Political correctness itu sih intinya jangan sampai menyinggung pihak manapun. Ngomong nigger sih gak bakal dipenjara cuma jadi kontroversi aja.
Bagian yang ane bold itu yang dimaksud political correctness dianggap fasisme yang menyamar. Pemaksaan kehendak/prinsip/standar/pandangan.
Diubah oleh gilbertagung
profile-picture
profile-picture
SainteElme dan richardnixon memberi reputasi
2
03-06-2019 09:42
Setau ane, tokoh ini kontroversial deh. Kaskus mau tanggung jawab emg kalo jadi 'rame' ? emoticon-Bingung

Eh udah rame deng di atas juga. aw aw aw emoticon-Sorry
Diubah oleh iwangcha7
0
03-06-2019 11:57
Ga heran bibirnya begitu, ngomong suka seenaknya. LGBT halal? Your head!
profile-picture
privasibaik memberi reputasi
1
03-06-2019 12:54
dulu liberal skrg klasik trus apa?
profile-picture
privasibaik memberi reputasi
1
03-06-2019 13:54
yg gak ngerti Islam atau Islam KTP mungkin sangat senang ama yg liberal macam si Ulil ini.
atau yg mendekati liberal seperti NU

tapi kalo yg mendalami Islam, pasti lebih cinta ama yg namanya Muhammadiyah (sblm ikut2an politik) atau Salafi
beribadahlah sesuai ajaran RAsul SAW, jangan dilebihkan ataupun dikurangi.
jangan mengajarkan yg tidak dicontohkan oleh Rasul SAW

btw, ane sadar Salafi dan Muhammadiyah itu bagus setelah berkeliling banyak masjid di Indonesia (Jawa, Sumatera dan Kalimantan).
Berikut rangkuman ane :
- Mereka tidak pernah berpolitik dalam mesjid
- Tidak mengajak orang memilih paslon tertentu
- Mereka tidak pernah berdoa bersama selesai sholat, karena doa tiap orang isinya pasti berbeda
- Mereka tidak pernah menunda2 sholat Jumat hanya demi mengumpulkan infaq
- Mereka tidak pernah membahas dan mendukung ISIS, Teroris dan sejenisnya
- Tujuannya hanya ibadah sesempurna mungkin, mendekat diri kepada sang pencipta
profile-picture
profile-picture
ngopiserius dan karak.kaliang memberi reputasi
0
03-06-2019 13:57
popularitasnya manclem stlh jaman jokowi.. dl jaman sby.. ngetop amat nih orang..
0
Lapor Hansip
03-06-2019 13:57
Balasan post amdar07
sejuk ya gan ,. di bulan yang Fitri ini emoticon-Smilie
0
Lapor Hansip
03-06-2019 14:01
Balasan post ngopiserius
Quote:Original Posted By ngopiserius
saya jg seneng denger ngaji ihya nya gus ulil...


kalo gw lebih suka dengar ngajinya Sam Harris yang lugas tegas jelas hitam dan putihnya, tanpa mencla mencle ketimbang si ulil yg munafik yg beragama tapi mengkritik agama emoticon-Cape d...
Diubah oleh karyanakbangs4
0
04-06-2019 03:59
Quote:Original Posted By karyanakbangs4
kalo gw lebih suka dengar ngajinya Sam Harris yang lugas tegas jelas hitam dan putihnya, tanpa mencla mencle ketimbang si ulil yg munafik yg beragama tapi mengkritik agama emoticon-Cape d...


Sapatuh sam harris?
0
05-06-2019 02:11
Quote:Original Posted By gilbertagung


Political correctness itu sih intinya jangan sampai menyinggung pihak manapun. Ngomong nigger sih gak bakal dipenjara cuma jadi kontroversi aja.
Bagian yang ane bold itu yang dimaksud political correctness dianggap fasisme yang menyamar. Pemaksaan kehendak/prinsip/standar/pandangan.


Masih make makna kata yang lama rupanya aye, mungkin makna didalam lingkup populer sekarang ini lebih kearah situ kali yah selama beberapa dekade belakangan ini emoticon-Hammer beberapa buku yang pernah aye baca sering memakai pemaknaan kata yang seinget aye sama seperti aye sih. emoticon-Malu
Yah cuma bayang-bayang aja, kalau cuma controversial doank sama kok kek di indonesia walau Subjectnya berbeda (kayak berbilang ketidak percayaan pada suatu hal tertentu misal. tapi kalo rasial gw rasa kurang sih, orang cina pernah supaya dipanggil sebagai tionghoa saja tapi orang cina sendiri sebenarnya santai-santai ae dipanggil cina) jadi sebenarnya gak ada yang serasa berbeda sepertinya, mungkin sama sebagai sebuah bagian sisi koin yang berbeda doank emoticon-Ngakak (S)
Yah tetap kiri kanan sama saja, karena yang kiri juga lama-lama kekanan-kananan dan vice versa, sedangkan seorang kiri terkenal akan ke-libertarian-nannya kalo bukan seperti itu nanti sebutannya bakalan sama seperti kepada soviet yaitu Red Fascism, sensasi boleh berbeda tapi esens tetap sama. emoticon-Ngakak (S)
Lagian kanan ato kiri tetap produksi benih-benih dogmatism dan fanaticism. emoticon-Ngacir
0
05-06-2019 03:04
Manusia itu tempatnya salah, tp masih banyak aja yg merasa paling benar. Disitu saya merasa mual.
0
05-06-2019 07:14
#24,826
Quote:Original Posted By SainteElme
Masih make makna kata yang lama rupanya aye, mungkin makna didalam lingkup populer sekarang ini lebih kearah situ kali yah selama beberapa dekade belakangan ini emoticon-Hammer beberapa buku yang pernah aye baca sering memakai pemaknaan kata yang seinget aye sama seperti aye sih. emoticon-Malu
Yah cuma bayang-bayang aja, kalau cuma controversial doank sama kok kek di indonesia walau Subjectnya berbeda (kayak berbilang ketidak percayaan pada suatu hal tertentu misal. tapi kalo rasial gw rasa kurang sih, orang cina pernah supaya dipanggil sebagai tionghoa saja tapi orang cina sendiri sebenarnya santai-santai ae dipanggil cina) jadi sebenarnya gak ada yang serasa berbeda sepertinya, mungkin sama sebagai sebuah bagian sisi koin yang berbeda doank emoticon-Ngakak (S)
Yah tetap kiri kanan sama saja, karena yang kiri juga lama-lama kekanan-kananan dan vice versa, sedangkan seorang kiri terkenal akan ke-libertarian-nannya kalo bukan seperti itu nanti sebutannya bakalan sama seperti kepada soviet yaitu Red Fascism, sensasi boleh berbeda tapi esens tetap sama. emoticon-Ngakak (S)
Lagian kanan ato kiri tetap produksi benih-benih dogmatism dan fanaticism. emoticon-Ngacir


Sebenarnya yang pas sih di tengah aja, centris. Terlalu kanan maupun kiri juga gak bagus.

-------------------------------

210 hari menuju tahun 2020.emoticon-Ultah
0
Lapor Hansip
05-06-2019 07:32
Balasan post gilbertagung
Quote:Original Posted By gilbertagung


Justru di negara-negara barat, liberal kadang malah disamakan dengan fasis.
Terutama karena social justice warrior kek.emoticon-Leh Uga


Negara kita banyak yang mabok agama, gw sampe muak. Disini dosis liberalis malah emang dibutuhkan
profile-picture
lyndonbaines memberi reputasi
1
Lapor Hansip
05-06-2019 07:34
Balasan post karyanakbangs4
Ah elah mending denger kotbahnya rabbi Tovia singer aja sekalian emoticon-Ngakak

Dijaman ini ga ada yang bisa lari dari kritikan, termasuk agama yang ngakunya paling benar

Biasakanlah untuk dikritik emoticon-Big Grin
Diubah oleh thepowrofsmile3
0
05-06-2019 20:07
Quote:Original Posted By karyanakbangs4
kalo gw lebih suka dengar ngajinya Sam Harris yang lugas tegas jelas hitam dan putihnya, tanpa mencla mencle ketimbang si ulil yg munafik yg beragama tapi mengkritik agama emoticon-Cape d...


Mungkin klo si Ulil atau Nurcholis Majid bisa buat autokritik, sesuatu yg sulit ditemukan di Islam. Klo kajiannya si Sam Harris, Dawkins, Maher, atau Chris Hitchens emg menarik banget buat diikuti, cuma ya tetep harus kritis juga...
0
Halaman 4 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.