alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! KASKUS mau ada event baru! Isi survey ini dan dapat badge!
1024
1024
KASKUS
51
244
5 stars - based on 13 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5cf0cf0b018e0d7fdc56a030/akhirnya-mudik-meski-harga-tiket-pesawat-mahal-bikin-bergidik
Lapor Hansip
31-05-2019 13:51
Akhirnya Mudik Meski Harga Tiket Pesawat Mahal Bikin Bergidik
Past Hot Thread
Akhirnya Mudik Meski Harga Tiket Pesawat Mahal Bikin Bergidik


Awal bulan Ramadan kemaren semuanya terasa serba tiba-tiba deh. Tiba-tiba Ramadan aja! Dan sekarang sudah mau Lebaran.

Ada seneng ada sedih kalau mau Lebaran tuh. Senengnya ya karena bakalan dapat THR. Sedihnya ya karena THR-nya akan segera habis. Apalagi buat gue yang harus pulang kampung ke daerah asal setelah berbulan-bulan nggak pernah menginjakkan kaki lagi ke kampung halaman. Harus merogoh kocek lebih buat tiket PP. Kampung gue berselang dua pulau dari Pulau Jawa. Di musim mudik Lebaran begini, nggak akan efisien banget kalau naik kendaraan darat dan itu bisa tua di jalan karena makan waktu berhari-hari. Nggak Lebaran aja bisa tiga hari dua malam. Gimana Lebaran?

Pesawat adalah satu-satunya pilihan untuk pulang kampung. Dan setelah baca kalimat sebelumnya makin mengerti kan kesedihan gue? TIKET PESAWAT MAHALNYA MINTA AMPUN!

Curhat Dikit soal Harga Tiket Pesawat Pulang Kampung 2017 - 2019

Kekhawatiran soal harga tiket pesawat nggak pernah masuk ke dalam agenda pulang kampung saat Lebaran di tahun-tahun sebelumnya. Soalnya harganya nggak akan melonjak terlalu tinggi. Tahun 2017 misalnya, gue masih bisa pulang ke Lombok naik Lion Air dengan kisaran harga PP Rp 1,5 juta sampai Rp 1,8 jutaan di masa-masa mudik Lebaran. Normalnya kalau di luar mudik Lebaran kisarannya di Rp 1,2 juta sampai Rp 1,5 juta dan itu sudah pulang pergi.

Tahun 2018 gue memang agak ogah-ogahan soal pulang kampung. Jadi gue mutusin buat beli tiketnya mepet-mepet aja. Beruntungnya tahun lalu, gue beli tiket H-2 Lebaran dapat tiket Garuda Indonesia cuma Rp 700 ribu++ kayaknya karena tiket sisaan dari yang batal berangkat. Gue nggak beli tiket balik dulu dengan asumsi gue juga akan dapat tiket cancel serupa buat ke Jakarta lagi. Dan bener aja, iseng cek waktu lagi salat Ied, gue dapet dong tiket balik ke Jakarta di H+1 Lebaran dengan harga Rp 780 ribu++ juga naik Garuda Indonesia. Itu adalah hari-hari bahagia gue deh sebagai perantau. Kapan lagi dapat tiket Garuda Indonesia semurah itu? PP Jakarta - Lombok - Jakarta cuma sekitar Rp 1,7 jutaan. Normalnya naik Garuda Indonesia tuh bisa di atas Rp 2 juta PP.

2019 ini ngaco sih. NGACO BANGET.

 


Dua minggu sebelum gue ambil cuti, gue sempat cek harga tiket di aplikasi penjualan tiket untuk rute Jakarta - Lombok - Jakarta. Waktu itu memang sedang ramai-ramainya kenaikan harga tiket domestik dan Pemerintah dan maskapai belum memutuskan untuk menurunkan harga batas atas dan tetek bengeknya itu. Kaget banget waktu ngeliat harga tiket untuk 28 Mei 2019 dan 9 Juni 2019 rute Jakarta - Lombok - Jakarta yang harganya mencapai Rp 3,8 juta!

GILA KALI?! Mau pulang kampung aja harganya semahal PP ke Jepang kalau lagi Garuda Travel Fair WKWKWKWKWKWKKW.

"Gue juga mau ke Jogja semahal itu. Mau ke Padang lebih mahal lagi!"  kata salah satu teman ketika kita sedang misuh-misuh tentang harga tiket. Memang nih tiket domestik lagi na'udzubillahimindzalik banget harganya. Bye-bye THR. HEUHEUHEU.

Gue mengurungkan niat untuk membeli tiket hari itu dan menunggu saja penurunan harga yang dijanjikan. Dan sekitar seminggu setelahnya gue cek lagi, harganya memang turun, tapi nggak terlalu drastis. Cuma beberapa ratus ribu saja. Karena takut nggak dapat tiket, yaudah akhirnya beli dengan bermodalkan voucher diskon dari aplikasi dan bayarnya pakai kartu kredit dicicil tiga kali.

Demi apa ini pertama kalinya gue pulang kampung dengan tiket yang masih dicicil.

Akhirnya Mudik Meski Harga Tiket Pesawat Mahal Bikin Bergidik


Banding-bandingin Harga Beberapa Maskapai

Pulang ke Lombok tuh memang paling murah naik Lion Air. Meski layanan sesuai harga dan delay-nya tidak bisa ditebak, tapi inilah pilihan masyarakat berkemampuan secukupnya. Tapi 2019 ini, Lion Air harus dicoret dari daftar pilihan. Kenapa? Karena ternyata perbandingan harganya nggak jauh beda dengan maskapai kelas yang lebih tinggi.

Waktu beli tiket juga sempat membandingkan harga tiket Lion Air dan Garuda Indonesia/Citilink dengan rute yang sama. Lion Air kan sekarang udah nggak ada free bagasi lagi jadi harus beli. Nah waktu itu gue nemu tiket Lion Air + Bagasi 20 kg harganya cuma beda Rp 150 ribu sama tiket Garuda Indonesia/Citilink yang sudah dapat bagasi 20 kg.

Ngapain naik Lion Air kalau sudah begini? HAHAHAHAHAHAHAHAHAHHA.

Akhirnya Mudik Meski Harga Tiket Pesawat Mahal Bikin Bergidik


Akhirnya Pulang Juga

Ya akhirnya gue berangkat pulang juga tanggal 28 Mei 2019 menuju ke Lombok naik Garuda Indonesia. Kondisi jalanan Jakarta pagi itu yang nggak bisa ditebak membuat gue memutuskan untuk naik Kereta Bandara aja alih-alih naik Damri dari Blok M. Biasanya sih gue naik Damri soalnya lebih murah. Tapi sekali lagi setelah insiden 22 Mei tuh jalanan di Jakarta rasanya penuh air mata sekali. Jadi aman-aman mending naik kereta aja deh.

Akhirnya Mudik Meski Harga Tiket Pesawat Mahal Bikin Bergidik


Sesampainya di Bandara Internasional Soekarno Hatta, agak kaget juga karena ternyata nggak rame-rame banget. Apa karena gue pulangnya masih tanggal 28 Mei ya? Apa orang-orang baru pada balik tanggal 1 Juni ya? Nggak tahu juga. Di keberangkatan domestik di Terminal 3 antrean buat check in dan masuk ke ruang tunggu nggak rame-rame banget. Biasanya di Terminal 3 ini tuh rame banget udah kayak berasa mall Kota Kasablanka pas jam buka puasa. Tapi pagi itu keramaiannya dalam tingkat moderat aja. Nggak kayak Terminal 3 biasanya deh pokoknya. Kursi-kursi tempat nunggu di dekat counter check in banyak yang kosong. Biasanya berebut duduk. Kursi-kursi tempat nunggu sebelum naik pesawat juga gitu. Masih banyak yang kosong.

Apa memang orang-orang males pulang kampung ya? Atau memang belum harinya rame ya?

Akhirnya Mudik Meski Harga Tiket Pesawat Mahal Bikin BergidikAkhirnya Mudik Meski Harga Tiket Pesawat Mahal Bikin Bergidik


Iseng akhirnya nyari informasi soal sepinya mudik Lebaran tahun ini. Ternyata memang ada penurunan jumlah penumpang katanya di 36 bandara di seluruh Indonesia. Ditulis CNBC Indonesia:


Quote:Sampai dengan Rabu (29/5/2019) pukul 14.31 WIB atau H-7 Lebaran untuk domestik, jumlah kedatangan pesawat baru mencapai 678 pesawat atau turun 70,03% dibandingkan tahun lalu 2.262 pesawat. sementara jumlah kedatangan penumpang baru 59.543 orang atau turun 79,59% dibandingkan tahun lalu yang tercatat 291.704 orang.

Kemudian jumlah keberangkatan pesawat baru mencapai 835 pesawat atau turun 63,28% dibandingkan 2.274 pesawat pada tahun lalu. Sedangkan jumlah keberangkatan penumpang baru 77.643 orang atau turun 73,18% dibandingkan tahun lalu sebesar 289.522 orang.


Hmm.. ternyata memang sepi ya. HMMMMM.... HMMMMM....

Akhirnya Mudik Meski Harga Tiket Pesawat Mahal Bikin Bergidik

Lanjut lagi ke cerita pulang kampung gue, gue kira pesawat yang gue tumpangi juga bakal banyak yang kosong, melihat kondisi bandara yang nggak terlalu ramai. Tapi ternyata nggak. Sialnya hari itu dapetnya pesawat yang jelek. HUFF. Padahal tiketnya udah mahal, tapi dikasihnya pesawat domestik yang jelek. Kantong kursi di depan kursi gue udah sobek-sobek. Terus berasa sempitnya. Kayak nggak Garuda Indonesia deh. Ini kayak Lion Air versi ada Business Class aja. Jelek pokoknya pesawat hari itu tuh. Ya bismillah aja deh pesawat jelek ini bisa mengantarkanku ke haribaan kampung halaman.



Bandara Internasional Lombok memang nggak pernah terlalu ramai. Tapi hari itu agak terlalu sepi sih untuk jaman-jaman mudik gini. Nunggu bagasi jadi nggak terlalu lama, nggak ada antrean yang numpuk di kamar mandi, nggak perlu berebut keluar pintu kedatangan, dan sepertinya tidak akan terlalu padat di Damri-nya juga.

Meski begitu, akan selalu ada yang menyambutmu di pintu kedatangan.


Akhirnya Mudik Meski Harga Tiket Pesawat Mahal Bikin BergidikSuasana di pintu  kedatangan Bandara Internasional Lombok




Quote:
Itu cerita gue soal pengalaman mudik dengan pesawat, kalau lo gimana Gan? Tulis thread-nya di KASKUS sekalian berbagi pengalaman dengan Kaskuser yang lain ya! 



Diubah oleh KASKUS.HQ
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bstepanus dan 11 lainnya memberi reputasi
12
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 8 dari 9
01-06-2019 05:02
Quote:Original Posted By youdoyouknow
Alhamdulillah. Langsung kicep dia. emoticon-Big Grin

Sungguh aksi laknat 22 Mei sektarian yang sia-sia, ngelihat kelakuan junjungan yang gak puasa. emoticon-Ultah


Dimana2 lu quote gw hahaa, homo bgst emoticon-Ngakak
Diubah oleh jinpari22
0
01-06-2019 05:22
buset tinggi banget gan
0
01-06-2019 05:27
wuihh mantap gan sharingnya, enaknya bisa pulkam yak emoticon-Thinking
0
01-06-2019 06:19
Harga tiket pesawat mahal berkolerasi dengan banyaknya Pemerintah membangun Tol. Ibarat nya, Gue udah bangun Tol nih, Lo semua lewat Tol dong. Kalau harga tiket pesawat murah, Tol gak Laku.

Disamping itu juga, jika banyak yang lewat Tol, cepat balik modal.

Everything just Business. Don't take personal.
profile-picture
tetiga memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
01-06-2019 06:41
Naik awan kinton aja gan emoticon-Ngakak
0
01-06-2019 06:44
Iseng2 cek tiket gan sis real gak edit²..... emang bener segini ya normalnya kalo bussiness class?? Walau aku belum pernah pakai yg bussinessAkhirnya Mudik Meski Harga Tiket Pesawat Mahal Bikin Bergidik
0
01-06-2019 07:18
seumur umur naik pesawat, baru kali ini harga tiket yang paling mahal, untung dibayarin
0
Lapor Hansip
01-06-2019 07:47
Balasan post jendralkancil46
Quote:Original Posted By jendralkancil46
Harga tiket pesawat mahal berkolerasi dengan banyaknya Pemerintah membangun Tol. Ibarat nya, Gue udah bangun Tol nih, Lo semua lewat Tol dong. Kalau harga tiket pesawat murah, Tol gak Laku.

Disamping itu juga, jika banyak yang lewat Tol, cepat balik modal.

Everything just Business. Don't take personal.


Cannot agree more for this

Sependapt ane ama ini

Let the another apesct suffer to pay the debt
Maskapai tidak salah
kalau mereka salah, maka harga keluar bakal naik tapi nyatanya masih fine2 aja

Supir truk dan ekspedisi tidak bisa di paksa untuk ngetoll trus
Asumsi yang kurang mendalam kajiannya

Kalo tahun ini ga bisa mudik pas lebaran, masih asa waktu seminggu stlh lebaran (khusus buat karyawan non ASN)

Yang paling suffer mudik tahun ini adalah ASN, karena mau ga mau mudik di cutber dan harus masuk 10 Juni
0
01-06-2019 08:56
Quote:Original Posted By devilianmochino


Naik kapal laut bre ..


ane kan baru 5 bulan di Sulawesi, pindah dr Jogja.
masih belum tau kalo lewat jalur laut lanjut darat, bakal seberapa hemat dan berapa lama sampai Palembang.
0
01-06-2019 09:33
Quote:Original Posted By madden666


Taun berapa dulu ini gan?
Last minute hunting maksudnya pas pergantian hari bukan si?


Kok taun berapa, ya hari2 kemaren itu gan, dapet last tiket pesawat yg paling murah + direct
0
01-06-2019 09:36
Quote:Original Posted By WaktunyaMudik


Yaaa kaaaaaannnnn


Sentani sby 14 huehuehue, tapi orang perhubungan aja ngeluh karena tak kunjung dapet ganti padahal perjalanan dinas, dan saling lempar tanggung jawab antar kementrian yg berwenang *ane bukan umat politik, gak usah ngait2kan, emang gitu nyatanya
0
01-06-2019 12:19
Selamat mudik Gan...
0
01-06-2019 12:50
Quote:Original Posted By silent.far31
kalo bokap ane padang - jakarta naik bus cuma 400rban 3 hari udh termasuk ferry juga, bagasi gk di batesin, ampe mentok itu wkwkwk
bawa oleh-oleh 1 dus sama beras 1 karung ditambah tas travel.
naik bus juga udh enak skrg, padang ke medan lalu medan ke bakauheni lewat tol. dikira 4 hari, ternyata cuma 3 hari udh sampe emoticon-Big Grin


Ngapain balik ke Medan lagi...haha

Biasanya Merak Medan itu 3 hari 2 malem kalau ga ngaco itu kapalnya.

Pernah dpt supir edan cuma 2 hari 2 malam emoticon-Ngakak.

Btw trip pakai mobil di Sumatra lumayan enak, pengen coba lewat tengah sama selatan penasaran sama Bengkulu dan lajur kelok di Sumbar.

Wkwkwk, yang bikin cape itu di Sumsel. Seneng2 dah sampe Sumsel, ternyata buat kesatuannya butuh 12 jam emoticon-Ngakak
0
Lihat 1 balasan
01-06-2019 13:52
Quote:Original Posted By WaktunyaMudik
Nuhun.


sama sama emoticon-2 Jempol
0
01-06-2019 15:19
wah2, jadi semakin mikir2 kalo pada mau pulang kampung . kasian mau pulang kampung malah kenanya buntu
0
01-06-2019 16:43
Ane juga gak mudik...ngupi2 ngelongo aja di kosan. Masih lajang aja udh susah ngeluarin duit 3.5 jt (pp) belum termasuk oleh2, tiket kereta, ojek dan taxi. Dari pada jd avtur mendingan jd cicilan rumah dah gak kebayang ane ntar punya anak istri eh kampung istri bukan di medan atau jawa 😥😥 ganti2an dah per 3 thn kali yaa itu jg kalau rezeki banyak
0
01-06-2019 21:35
Mumpung orang tua masih ada maka, sempatkanlah untuk pulang, uang untuk beli tiket bisa dicari kembali tapi melengkapi kebahagiaan orang tua itu yang sulit dilakukan. Mereka tentunya berharap bisa berkumpul di moment istimewa ini.
0
01-06-2019 22:32
beli tiket citilink november 2018, Rp 900rb x 2 beli di di ak****u, cicil 6 bln, brkt 1 juni, msh dpt bagasi 20kg coz beli tiket seblom 18 feb 2019, alhamdulillah bs tenang lebaran d pekanbaru, gak pake nyalah2in pemerintah, pinter2 aja bikin planningnya..
Diubah oleh ibeaje
0
Lapor Hansip
04-06-2019 01:37
Balasan post gentongb
mksdnya udh ada tol dari medan ke bakauheni gtu wkwkwk, salah ketik nih ane.
kalo dulu si mudik pke mobil pribadi lewat jalur itu bnyk hewan liar kaya macan atau babi hutan gtu brayy ngeri emoticon-Ngakak
0
04-06-2019 02:43
Quote:Original Posted By silent.far31
mksdnya udh ada tol dari medan ke bakauheni gtu wkwkwk, salah ketik nih ane.
kalo dulu si mudik pke mobil pribadi lewat jalur itu bnyk hewan liar kaya macan atau babi hutan gtu brayy ngeri emoticon-Ngakak


Okey gan, moga2 lebih banyak lagi jalur cepat lainnya.
0
Halaman 8 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.