• Beranda
  • ...
  • Health
  • Syurrrr.... Ber-shower Air Dingin Abis Olahraga Ternyata Banyak Faedahnya

romeorabunAvatar border
TS
romeorabun
Syurrrr.... Ber-shower Air Dingin Abis Olahraga Ternyata Banyak Faedahnya



Sebagian orang mungkin lebih suka mandi dengan air hangat. Sebagian lain lebih memilih untuk mengguyur tubuh mereka dengan air dingin. Tenang aja. Dua-duanya punya manfaat sendiri-sendiri kok. Tapi khusus buat Agan dan Sista yang memang rutin berolahraga, disarankan untuk mandi dengan air dingin aja. Karena, ber-shower dengan air dingin setelah mengeluarkan keringat atau setelah berolahraga dapat membuat badan cepat pulih dan meningkatkan kinerja tubuh. Ini salah satu dari manfaat mandi dengan air dingin GanSis.

Perlu diingat di artikel ini yang dibahas adalah mandi dengan air dingin lewat pancuran. Belum ada penelitian yang menyebutkan manfaat mandi air dingin yang digayung ya. Hehehe.

Manfaat untuk tubuh

Menurut Doug Casa, Ph.D, CEO dari The Korey Stringer Institute, yang pernah melakukan penelitian tentang pencegahan serangan panas, mandi di bawah pancuran air dingin bisa membuat tubuh merasa lebih baik. Meski efeknya akan membuat suhu tubuh jadi lebih rendah sebelum memulai aktivitas lagi. Wajar kok. Karena kan orang yang habis berolahraa ingin tubuhnya kembali segar dengan mandi air dingin. Nah selain menyegarkan, mandi dengan air dingin yang mengalir dari pancuran juga bisa meningkatkan fungsi kerja sistem dalam tubuh kamu lho!

Hal ini ditulis dalam The North American Journal of Medicine Science. Katanya, saat berolahraga atau berlari di cuaca yang terik, darah kita akan terdistribusi untuk kulit, otot dan jantung. Darah di jantung memiliki fungsi mempertahankan kerja jantung agar tetap stabil. Sementara darah di otot berguna untuk melakukan latihan. Di kulit, darah tersebut akan membuat tubuh lebih tenang.

Nah di saat tubuh yang habis olahraga itu kena air dingin, tubuh kan jadi mengalami pendinginan. Di saat itulah tubuh mengirim kembali darah kita ke area-area yang penting seperti perut dan usus. Makanya mandi air dingin di pancuran setelah berolahraga diklaim sangat bermanfaat karena bisa menangani hidrasi dan nutrisi lebih baik. Yang paling penting sebenarnya dengan mandi air dingin kita bisa mengurangi rasa letih GanSis.



Manfaat untuk otak dan mental

Air dingin yang kena ke tubuh kamu setelah berolahraga akan membuat pembuluh darah mengalami vasokontriksi alias penyempitan. Bukan dalam hal negatif ya. Ketika pembuluh darah masuk ke fase ini, dalam jangka panjang sirkulasi darah kamu akan jadi lancar dan bisa membuat otot dan organ tubuh kamu yang lain bekerja dengan lebih maksimal.

Mandi air dingin juga memicu fenomena biologis yang disebut hormesis. Fenomena yang bisa merangsang respons hormon dan meningkatkan ketahanan fisiologis dan mental. Kalau dilakukan rutin dua hingga tiga kali per minggu dengan durasi lima menit minimal, mandi air dingin sangat bisa meringankan gejala depresi. Selain itu, mandi air dingin memicu adrenalin yang menciptakan aliran norepinefrin yang bisa meningkatkan energi, meningkatkan fokus, dan meningkatkan kinerja.



Suhu dingin yang pas

Nggak semua orang tinggal di temperatur yang sama. Lalu, seberapa dingin air yang kita butuhkan untuk merasakan manfaat-manfaat di atas? Menurut Doug Casa, semakin dingin air tersebut maka semakin baik. Semakin lama kita tahan di bawah guyuran air dingin itu juga akan semakin baik. Tapi semuanya butuh proses dan latihan. Karena kalau langsung bablas juga nanti malah meriang.

Yang penting saat ber-shower dengan air dingin adalah bisa membuat kita jadi lebih rileks. Jangan mandi air dingin sampai membuat diri kamu menggigil juga ya. Malah stres nanti.

Spoiler for Sumber/Referensi:


BahomeD
ngejleb
Tonozz
Tonozz dan 4 lainnya memberi reputasi
3
6.5K
65
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
Health
icon
24.6KThread9.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.