l13ska
TS
l13ska
Penting, Memiliki Seseorang Yang Bisa Diandalkan

Sumber Gambar: pixabay

Hidup itu sejatinya [I]hablu minnallah dan hablu minnannas
... Hubungan vertikal manusia dengan Allah sebagai pencipta serta Hubungan horisontal manusia dengan sesama

Bisa disimpulkan bahwa manusia itu makhluk sosial yang butuh kehadiran orang lain. Setiap saat butuh orang lain. Mulai awal kehidupan hingga berada di tempat tidur abadi (kematian), tiap orang butuh orang lain.

Bayangkan jika tak ada orang lain dalam hidup kita. Apa yang akan kita makan jika tidak ada para petani? Apakah kita masih bisa makan ikan tanpa ada nelayan di negeri ini? Mungkin bisa tapi harus tanam sendiri dan tangkap ikan sendiri. Bisa-bisa makan nunggu panen dan dapat tangkapan ikan.



Memiliki seseorang yang bisa diandalkan adalah harapan semua orang. Wajar, karena sebagai makhluk sosial kita tidak bisa menyingkirkan sebuah fakta bahwa kita butuh orang lain. Baik butuh secara langsung maupun hanya sekedar semangat yang terucap.

Jadi jika ada orang yang bilang tak butuh orang lain berarti orang tersebut tak harus tinggal di bumi. Bumi adalah tempat tinggal dan tempat interaksi begitu banyak manusia. Satu sama lain saling membutuhkan. Istilah biologi adalah simbiosis mutualisme.

Bersyukur lah, jika dalam hidup ini setidaknya ada seorang yang bisa kita andalkan. Seseorang yang selalu ada disaat kita butuh bahu untuk bersandar dan telinga untuk mendengar keluh kesah kita. Orang yang menangis ketika kita menangis dan tertawa bersama sekaligus sumber kebahagiaan kita.

Siapakah orang tersebut?
Semua jawaban ada dalam diri Agan dan Sista...

Bisa jadi, orang yang sangat kita andalkan adalah kedua orang tua kita. Mereka yang sejak kecil selalu ada untuk kita. Bisa juga kawan atau sahabat lawas yang selalu ada untuk dengerin keluh kesah kita. Atau mungkin pacar atau kekasih. Bisa juga untuk mereka yang sudah menikah, orang yang bisa diandalkan adalah pasangan mereka.

Ketika memasuki hubungan pernikahan mau tak mau pasangan kita adalah orang pertama yang tahu seluruh permasalahan kita. Bahkan bisa jadi sumber masalah kita. emoticon-Ngakak Jadi, seseorang yang paling kita andalkan dalam sebuah pernikahan adalah suami atau istri kita. Iya tidak Gan Sis?

Yah begitulah hidup, kita selalu butuh orang lain mau orang itu teman, kerabat bahkan pasangan hidup kita.

Semoga menjadi pengingat bahwa kita di dunia ini tidak hidup sendiri. Lebih dari itu kita punya Tuhan yang lebih dekat dari urat nadi kita. Jadi, seimbanglah antara berhubungan dengan manusia dan Tuhan.

Sekian dulu thread saya kali ini. Terima kasih atas perhatiannya dan sudilah memberi sedikit jejak pada kolom komentar.


Wassalam emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Diubah oleh l13ska 31-05-2019 20:47
rafif1380triwinartializazet
alizazet dan 8 lainnya memberi reputasi
9
5.2K
64
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Gosip Nyok!
Gosip Nyok!
icon
33.8KThread23.8KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.