alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cef7b1bc820842dfa2656bb/sebut-istilah-iktikaf-run-sandiaga-uno-disentil-putri-gus-mus
Lapor Hansip
30-05-2019 13:41
Sebut Istilah 'Iktikaf Run', Sandiaga Uno Disentil Putri Gus Mus
Quote:Sebut Istilah 'Iktikaf Run', Sandiaga Uno Disentil Putri Gus Mus

Suara.com - Putri ulama besar Ahmad Mustofa Bisri alias Gus Mus, Ienas Tsuroiya, mengkritik penyebutan istilah 'iktikaf run' oleh calon wakil presiden nomor urut 2, Sandiaga Salahudin Uno alias Sandiaga Uno.

Berawal dari penyebutan 'Iktikaf Run' oleh Sandiaga Uno di akun jejaring sosial Instagram miliknya @sandiuno dan juga ketika diwawancarai oleh sebuah media massa daring (dalam jaringan).

Dalam unggahannya, Rabu (29/5/2019), Sandiaga Uno mengajak teman-teman dan warga Jakarta untuk berolah raga lari bersama sebelum menunaikan iktikaf di masjid.

Dituliskan Sandiaga Uno, kegiatan bernama iktikaf run tersebut sudah menjadi rutinitasnya di 10 malam terakhir di bulan Ramadan selama bertahun-tahun. Dia bersyukur pesertanya kian ramai.

Sandiaga Uno pun mengunggah foto dirinya mengenakan kaus bertuliskan 'Elang Runner', tengah berlari di tengah sejumlah orang.

"Sebelum i’tikaf, saya mengajak teman-teman dari Jakarta Berlari untuk berlari malam bersama. Kegiatan i’tikaf run ini sudah menjadi rutinitas saya di 10 malam terakhir bulan Ramadhan selama bertahun-tahun. Alhamdulillah, peserta yang ikut semakin ramai," tulis Sandiaga Uno.

Sebut Istilah 'Iktikaf Run', Sandiaga Uno Disentil Putri Gus Mus

Siapa nyana, penggunaan istilah 'Iktikaf Run' tersebut menuai kritik dari Ienas Tsuroiya. Kritik itu dilontarkan melalui akun jejaring sosial Twitter miliknya, @tsuroiya.

Ienas Tsuroiya berkicau, mempersilakan jika Sandiaga Uno memilih berolah raga. Namun, istri Ulil Abshar Abdalla itu mengimbau agar tidak perlu menggunakan istilah iktikaf karena terkesan aneh.


Pun dia berkicau, setahu dirinya, iktikaf itu merupakan aktivitas berdiam diri di dalam masjid untuk mendekatkan diri kepada Allah, dengan cara menunaikan salat sunnah, tadarus maupun berzikir.

"Setahu saya, i'tikaf itu aktivitas berdiam diri di dalam masjid dengan tujuan mendekatkan diri pada Allah. Bisa diisi sholat sunnah, tadarus (baca Quran), berzikir dst. Jadi, kalau memilih olah raga boleh saja, tapi seharusnya nggak usahlah pakai istilah i'tikaf. Jadi aneh," cuit Ienas Tsuroiya.

Sebut Istilah 'Iktikaf Run', Sandiaga Uno Disentil Putri Gus Mus

Seperti dikutip SUARA.com dari NU.or.id, iktikaf artinya berdiam di dalam masjid dengan maksud mendekatkan diri kepada Allah SWT. Diriwayatkan bahwa Rasulullah SAW pada setiap bulan Ramadan selama 10 hari yang terakhir, selalu melaksanakan iktikaf.

Bahkan secara khusus--pada tahun wafatnya--, beliau beriktikaf pada bulan Ramadan itu selama 20 hari, sebagaimana termaktub dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Imam Bukhari dari Ibu Hurairah.


Pelaksanaan iktikaf oleh Rasulullah SAW dan para Shahabat selama 10 hari terakhir pada bulan Ramadhan itu erat kaitannya dengan Lailatul Qadar.

Dalam artian, Nabi dan para sahabat beriktikaf atau bertekun ibadah untuk berjaga-jaga ketika turun Lailatul Qadar. Sedikit pun tidak disangsikan lagi bahwa, tempat pelaksanaan iktikaf itu adalah masjid. Namun, masalahnya adalah masjid yang mana?

Sementara Rasulullah SAW melaksanakan iktikaf di masjidnya sendiri, yakni masjid Nabawi di Madinah. Oleh sebab itulah, ada banyak pendapat mengenai dimana seharusnya iktikaf itu dilaksanakan. Lantaran pengertian masjid tempat iktikaf yang ditunjukkan Alquran dianggap masih relatif.

https://m.suara.com/news/2019/05/30/...-putri-gus-mus


Jangan menggurui ikan berenang... emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nohopemiracle dan 22 lainnya memberi reputasi
23
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 6 dari 6
31-05-2019 05:02
Quote:Original Posted By Christian Xu
Kyknya kali ini si sadi g salah deh.. kan judulnya olahraga sblm iktikaf d masjid.. buka mengganti iktikaf jd olahraga



Judulnya iktikaf run

Terus kalau yg ikut beda agama gimana??
0
31-05-2019 05:07
hahahaha mentang mentang, zaman udah edan. nyinyir mulu dah
0
31-05-2019 07:39
santri lulusan al pangudi luhur kok diajari, menghina ulamak auto dosa
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
1
31-05-2019 08:40
gini ini kalo orang gatau apa-apa tiba-tiba dikasih gelar santri post milenial, disanjung-sanjung alim hanya karena modal bergaul ama sobat gurun.

jadi besar kepala kan dia, ketahuan juga sekarang kalo dia gak tau apa-apa. istilah-istilah agama pun dipakai ngawur.
0
31-05-2019 08:45
Boleh lah dia bikin istilah apa aja, kan udah dikasi gelar santri post mortem ama ustad dayat dari pks
0
Lihat 1 balasan
31-05-2019 09:54
pendukung 02 mah bebas............ gilanya
0
31-05-2019 13:55
Jngan 2 Mba lenas merasa lebih ulama dripada ulama

emoticon-Blue Guy Bata (L)
0
Lapor Hansip
31-05-2019 13:56
Balasan post iorveth
Post mortem


emoticon-Ngakak
0
31-05-2019 14:59
Tu ibu ada benernya si.. mungkin bang uno berencana lari di dalem masjid sampai ied kali?
emoticon-Bingung
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
1
Halaman 6 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.