AboeyyAvatar border
TS
Aboeyy
‘Hijrah’ itu Tidak Harus ‘Jihad’ dan Radikal, Sayang!
Quote:




Belakangan ini gerakan ‘hijrah’ menjadi mulai marak di kalangan muslim tanah air, terutama di kota-kota besar, sampai-sampai diadakan yang namanya Hijrah Fest. Maka tak heran jika beberapa kalangan, mulai dari mahasiswa, para artis, dan masyarakat awam begitu antusias mengikuti kegiatan ini.

Fenomena ini di satu sisi mempunyai dampak positif, yakni lahirnya semangat dan kesadaran beragama, yang sebelumnya mungkin tidak begitu mengetahui, menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

Namun di sisi lain, fenomena ini juga bisa bermuatan negatif jika tidak dipantau dan terus dibimbing oleh pihak yang berkompeten, seperti para kiai dan majlis ulama. Jika tidak, maka tidak menutup kemungkinan, mereka akan disusupi dengan ajaran-ajaran radikal yang menjadikan ‘jihad’ sebagai martir atas nama agama.

Mari kita lihat! Pada umumnya mereka yang hijrah itu adalah memang mereka yang tidak punya basic pengetahuan agama yang cukup untuk memfilter mana ajaran agama yang benar dan mana yang salah. Karena itu, mereka menerima apa saja yang dikatakan oleh orang yang pertama mengajaknya hijrah sebagai suatu kebenaran.

Di samping itu, mereka juga rajin membaca dan mempelajari buku-buku agama yang tidak jelas status keilmuan dan kredibilitas penulisnya. Mereka juga giat mengikuti kajian-kajian keagamaan yang dilakukan oleh kelompok hijrahnya.

Dalam kondisi demikian, mereka sangat rawan diasupi paham-paham yang tidak benar tentang Islam. Misalnya tentang konsep jihad, mereka diberikan pemahaman bahwa jihad itu melawan kezaliman dan memberantas kemungkaran, meski dengan mengorbankan diri sendiri. Jika tidak melakukan itu, maka Islamnya tidak sah, dan hijrahnya sia-sia.

Atas dasar pemahaman yang keliru ini, maka ada kemungkinan sebagian mereka akan memandang orang lain yang belum hijrah sebagai ‘objek dakwah’ mereka, yang harus diceramahi dan dinasehati dengan keras. Jika masih tidak menurut, maka ia dianggap non muslim dan harus diperangi.

Karena itu, sebagian mereka yang hijrah ini, terkadang baru hapal satu dua ayat, sudah mendadak menjadi ustaz/ah, penceramah, atau ahli fatwa, padahal ilmu agama mereka masih secuil. Penampilan mereka sudah layaknya seorang ulama besar.

Padahal yang namanya hijrah itu harus dilaksanakan secara bertahap dan berkesinambungan, dan tidak harus totalitas dalam satu waktu sekaligus. Cukuplah hijrah itu dari hal-hal yang urgen dalam agama. Misalnya dalam bidang ibadah. Jika sebelumnya tidak bisa dan tidak pernah shalat, maka pada tahap awal cukup fokus pada bidang itu saja yang dipelajari sampai betul-betul menguasai.

Kemudian baru berlanjut kepada ibadah-ibadah lainnya. Sedangkan masalah jihad sendiri adalah pembahasan paling akhir dalam hukum Islam, yang seharusnya dipelajari setelah menguasai hukum-hukum lainnya yang lebih fundamental. Itupun harus dipelajari berdasarkan pemahaman para ulama yang mumpuni keilmuannya.

Karena itu, jika benar ingin berhijrah, maka pelajarilah ajaran agama berdasarkan pemahaman yang benar dari para ulama yang kredibel keilmuannya, bukan karena penampilannya yang sok agamis.

Ingat, Syekh Nawawi Banten pernah diundang ke Mesir untuk pertemuan ulama sedunia. Beliau berpakaian sederhana tidak seperti para ulama pada umumnya, sehingga pada awalnya banyak yang memandang remeh. Tapi setelah beliau bicara, maka seluruh ulama yang hadir menaruh hormat pada beliau.

Nah, jika hijrah dengan cara yang benar, maka Insya Allah tidak ada yang namanya jihad fisik dan radikalisme dalam Islam. Sebab Islam adalah agama damai dan mencintai perdamaian, sehingga dalam perang pun tidak dibenarkan membunuh musuh yang sudah tak berdaya.

Karena itu, seyogyanya ada bimbingan berkelanjutan dari para ulama khususnya MUI terhadap mereka yang telah menganggap dirinya berhijrah, agar tidak tersesat di jalan yang terang.(*) Ref
Diubah oleh Aboeyy 25-11-2019 07:03
cru153r
dengkuldewa
BorneoReggae
BorneoReggae dan 26 lainnya memberi reputasi
19
11.3K
181
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.