• Beranda
  • ...
  • Buku
  • Dibandingkan dengan Ebook, Ini Gan Kelebihan Membaca Buku “Fisik”

msa0404Avatar border
TS
msa0404
Dibandingkan dengan Ebook, Ini Gan Kelebihan Membaca Buku “Fisik”

Ada pepatah yang bilang: Membacalah, maka kau akan merasakan betapa bodohnya kita, mari belajar bersama!

 

Di zaman yang semakin canggih ini sangat memungkinkan sekali jika kita bisa melakukan apa saja dalam satu genggaman. Hal ini juga berlaku dalam kebiasaan membaca Gan. Saat ini udah nggak sedikit adanya ebook yang bisa langsung kita baca dalam ponsel tanpa harus ribet pergi ke toko buku untuk mencari bacaan yang kita pilih. Meski demikian, keberadaan buku secara fisik pun masih digemari oleh beberapa orang. Hmmm kira-kira kenapa bisa demikian ya? Padahal cara tersebut bisa dibilang masih “tradisional” jika dibandingkan dengan keberadaan teknologi yang kian canggih.

Terlepas dari hal tersebut, ternyata membaca buku yang memiliki keberadaan secara fisik  ini memiliki kelebihan tersendiri lho Gan Sis.
Kira-kira apa aja ya? Cekidot!



Membaca buku fisik dapat menjadikan kita mudah fokus

Membaca buku fisik ini membuat kita lebih fokus pada satu tujuan Gan Sis, yaitu untuk membaca dan memahami alur cerita yang sedang kita baca. Kenapa bisa begitu? Karena saat jika sedang membaca ebook, terkadang muncul notifikasi yang masuk dan membuat kita malah tergoda untuk membuka aplikasi yang lain yang lebih menggoda dan membuat fokus membaca kita hilang. Hadeeh.



Bau kertas buku menyenangkan dan menenangkan

Adakah yang setuju dengan hal ini? Sebagai pecinta buku, hal inilah yang menjadi kenikmatan untuk membeli buku fisik. Apalagi jika buku tersebut merupakan buku lama. Aroma buku ini merupakan sebuah hal yang nggak bisa tergambarkan. Agan Sista penggemar buku pasti ngerti kan gimana excited-nya saat menghirup aroma buku ini.



Mata nggak cepat lelah

Berlama-lama menatap layar terkadang membuat mata menjadi lelah dan hal ini bisa membuat konsentrasi kita berkurang dan malah jadi malas untuk membaca atau melihat tulisan yang panjang. Berbeda dengan buku fisik yang bisa membuat berlama-lama karena nggak ada gangguan dan membuat kita jadi tetap fokus. Meskipun sekarang ada Kindle, tapi tetap aja berbeda. Selain itu harganya pun juga tergolong mahal bagi sebagian orang.



Menjadi koleksi

Sebagai pecinta buku, pasti nggak sedikit dong buku yang udah Agan beli. Mungkin awalnya nggak ada niatan buat jadi koleksi ya. Tapi karena Agan Sista terlampau asyik dengan bahasan dalam buku tersebut hingga akhirnya terus membeli dan terkumpul menjadi koleksi. Misalnya aja seperti komik.



Bisa disumbangkan

Awalnya sih memang untuk dibaca sendiri. Tapi mungkin jika koleksi buku-buku sudah terlalu menumpuk di rumah, beberapa diantaranya bisa Agan Sista sumbangkan ke orang lain. Nggak ada salahnya juga kan bagi-bagi bacaan sekaligus berbagi ilmu pada yang membutuhkan. Hitung-hitung sebagai amal yang terus mengalir kan Gan Sis.


Kalau menurut Agan Sista, ada kelebihan lain nggak sih dengan terhadap membaca buku yang ada secara fisik ini? Hmm, atau malah jangan-jangan kalian team Ebook ya?


happyloeyday
Traex
berdjayapku
berdjayapku dan 59 lainnya memberi reputasi
60
13.7K
166
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Buku
Buku
icon
7.7KThread4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.