alexa-tracking
Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
4.83 stars - based on 12 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5ceda9517e3a7218907f4fc5/benarkah-penganut-gaya-hidup-minimalis-adalah-orang-yang-pelit
Lapor Hansip
29-05-2019 04:34
Benarkah Penganut Gaya Hidup Minimalis Adalah Orang Yang Pelit?
Past Hot Thread
Benarkah Penganut Gaya Hidup Minimalis Adalah Orang Yang Pelit?Pelit atau perhitungan?

Beberapa orang mendefinisikan gaya hidup minimalis sebagai lifestyle yang pelit. Anggapan ini muncul karena melihat seorang minimalist yang biasanya berpenampilan sederhana, tidak neko - neko, jauh dari kesan mewah meskipun isi di dalam dompetnya cukup wah. Hal tersebut menggelitik pemikiran orang lain yang gaya hidupnya NON minimalis dengan menyamaratakan penganut lifestyle minimalis dengan kikir.
"Dia duit banyak tapi cuma disimpen doang di bank, mau buat apa coba? Toh duit nggak dibawa mati, sayang kalau selagi hidup tidak dinikmati.


Perhitungan seorang minimalist dalam membelanjakan uangnya atas dasar prioritas kebutuhan dan bukan keinginan lah yang disorot masyarakat sebagai kebiasaan yang pelit dan terlalu keras kepada diri mereka sendiri. Walaupun nilai tersebut ada benarnya, jika ingin efektif mengatur finansial.

Ya, sebagian orang memang terbiasa menilai dari luarnya saja padahal mereka tidak tahu latar belakang seseorang menjalani kehidupan yang minimal. Di balik penampilannya yang sederhana, ada kehausan akan ruang yang lebih luas di dalam huniannya yang sebelumnya banyak menumpuk barang - barang kurang fungsional dan hanya menghabiskan biaya perawatan saja, ada kesadaran untuk tidak terdistraksi oleh benda - benda yang bisa mengalihkan fokus hidup mereka (ex: barang pemberian mantan, benda yang mengingatkan pada masa kelam yang justru berdampak buruk untuk psikologis pemiliknya), atau hanya sekedar ingin memahami apa yang benar - benar penting dalam hidup. Menjadi minimalis bukan hanya berhemat dalam segi keuangan namun juga waktu yang berujung pada hidup yang lebih produktif.

Hidup yang lebih produktif dari seorang minimalis dapat tercermin dari bagaimana dia tidak perlu terlalu repot memikirkan hal yang tak perlu demi melakukan sesuatu yang lebih berguna. Contohnya ketimbang berada di depan lemari dan kaca berjam - jam untuk bingung memikirkan pakai baju yang mana, dia lebih memilih mengalokasikan waktunya untuk menyortirnya dan menyumbangkan pakaian yang sudah jarang dipakai (decluttering), dia juga bisa mengalihkan waktunya untuk bekerja. Jadi, jika orang lain melihat dari sisi yang satu ini mereka akan mengubah sudut pandangnya bahwa minimalis tidak sama dengan pelit.

Selain memberi manfaat dari segi waktu, minimalis juga menyediakan space di dalam hunian mereka. Apa hubungannya space dengan produktivitas? Tentu saja ada dong. Dengan menyuguhkan cukup space / ruang kosong di dalam rumah maka akan membuat pemiliknya mempunyai pikiran yang lebih longgar, tenang, dan tidak susah membersihkannya. Kegiatan pun jadi lebih produktif ketimbang melihat tumpukan barang yang berantakan dan secara tidak langsung mempengaruhi pikiran jadi sumpek sehingga ingin berkegiatan pun jadi ogah - ogahan.

Masihkah Anda menilai minimalisme sebagai gerakan orang - orang pelit?
Komentar dibawah ya, gan!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
doctorkelinci dan 26 lainnya memberi reputasi
27
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 12
29-05-2019 07:35
pelit hahaa
0
29-05-2019 07:54
tergantung dari kacamatanya masing-masing
profile-picture
adnanami memberi reputasi
1
29-05-2019 08:08
ah itu kan hanya pendapat kaum konsumtif / objek marketing / manusia berhati lobang yang meng identik kan hidup dengan memuaskan nafsu dan keinginan. menurut saya justru orang minimalis adalah orang yang hidup efisien dan sesuai prinsip hidup yang memiliki daya survival lebih daripada manusia2 pemboros yang tiap gajian bonusan selallu diabisin dan seraasa kurang2 utk memenuhi KEINGINAN nya. tapi ya.....memang manusia2 pemboros membbuat ekonomi berjalan.

sebagai tambahan catatan....setiap orang akan minimalis di satu atau beberapa faktor...tapi maksimalis di faktor lain kok.

contohnya teman saya si X......baju dari 5 tahun lalu masi sama. kalo ga dibeliin istri ga beli. itu pun nunggu sale idulfitri atau xmas. jam tangan juga....nunggu dibeliin hahaha. tas skip hop dari zaman anak pertama sampe skg usia 10 taonmasi ditenteng sana sini padahal uda bulukan....tinggal masi di rumah mertua alesannya kasian rumah 3 lantae cuma ditinggalin berdua biar mertua bisa sayang2an ama sama cucu. toh dia berkorban ga masalah toleransi ama mertua....kemana2 naik beat 2012 butut dan dia punya xenia 2010 utk istrinya..jadi hidupnya menurut saya minimalis....tapi rumah nya ada 5. tanah perkebunan buah nya ada sekian hektar. sawitnya ada sekian hektar....dia barusan beli 20 kavling tanah mau didevelop kecil2an(biasa...nnunggu orang butuh duit baru ditawar hahah) dan sebagainya....main dana talangan kecil2an ama teman orang bank.....dsb jadi menurut saya dia maksimalis di investasi tapi minimalis di gaya hidup.

ada lagi teman saya Y . gaji ga sampe 5 juta....eh nyicil iphone. baju tiap minggu ada aja beli. tiap hari kerjaannya nganggur dikit becermin dan monyong2 di status.....kalo jalan keliatan kek orang eksekutif gaji 20 juta an lah.....tapi sering ngeluh pusing tagihan. saya kadang curiga apa dia jual diri yah hahahaha
menurut saya dia maksimalis di GAYA hidup nya.....tapi minimalis di investasi.

masi ada lagi contoh si Z yang hidup biasa aja investasi biasa aja harta biasa aja tapi pelayanan ke pelosok2....dia tipe maksimalis AKHERATnya danminimalis di hal2 lain yang menurut dia ga penting....hehehe

tinggal kembali lagi ke kita.....mau jadi yang mana gitu sih....sekian pendapat saya dan cheers
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ipankamc dan 5 lainnya memberi reputasi
6
29-05-2019 08:10
Kalo ogut minimalis karena emang bokek sih
emoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
profile-picture
adnanami memberi reputasi
1
29-05-2019 08:18
NO

yang penting yang ngejalanin bahagia
orang mau bilang apa, silahkan aja

ra usah dibawa pusing
emoticon-Baby Boy 1
0
29-05-2019 08:36
sah2 aja jadi pelit... yang brengsek itu kalo pelit ngerugiin orang laen juga...

contoh:

1. masuk bioskop bawa makan minum dr luar. alesan harga makan minum bioskop mahal, pemilik bioskop dah kaya raya.. cok pantes aja Tuhan batesin rejeki lo, lo aja batesin rejeki orang.

2. rusakin barang orang, males ganti nya/ga ngaku

3. kemana2 maunya gratisan trus, ga ada timbal balik nya
profile-picture
adnanami memberi reputasi
1
29-05-2019 08:44
Klo di islam istilahnya Zuhud...

Klo bahasa jadulnya sederhana... Atau penjelasannya hidup sesuai kebutuhan... Jarang orang2 yang punya prinsip hidup minimalis apalagi klo lingkungannya itu orang2 yang konsumtif...

Di ekonomi kayaknya juga ada deh, makin tinggi penghasilan seseorang makin besar cost untuk biaya hidupnya... Jadi ketika seorang direktur gaya hidupnya kayak staff kantor bawahannya cuman jadi bahan tertawaan atau dibilang aneh.

Makanya klo ada orang penganut paham minimalis dibilang pelit wajar, karena si minimalis gak memanjakan dirinya dengan yg lebih baik...


Imo
profile-picture
adnanami memberi reputasi
1
29-05-2019 08:49
ane minimalist gan, di kamar kost ane yg notabene cukup luas (4x6) cuma ada kasur, meja kecil satu, lemari pakaian satu dan rak buku satu emoticon-Big Grin efeknya emang terasa, bersih2 kamar ngga ribet, cuma sapu pel doang, kamar terasa lebih bersih krna barang dikit emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ipankamc dan 2 lainnya memberi reputasi
3
29-05-2019 08:57
daripada miskin tapi sok kaya
profile-picture
adnanami memberi reputasi
1
29-05-2019 09:16
menurut ane, bukan pelit sih. itu kan efek dari gaya hidup minimalist.
Hemat itu bonus alias efek dari hasil gaya hidup minimalist.

Tujuan hidup minimalist menurut ane yah :
1. Supaya efisiensi waktu, dalam hal memilih (contoh baju,sepatu,celana)
2. Lebih fokus. (Fokus ke 1 hal, fokus ga lari ke hal yang ga berguna. Contoh action figure,gambar, poster, komik).
3. Ga buang2 waktu membereskan barang.
4. Lebih produktif
5. Hemat
6. Lebih plong aja pikiran ngelihat kamar ga brantakan dan tertata rapi.
7. Dll (monggo, silahkan nambah)

emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
ipankamc dan adnanami memberi reputasi
2
29-05-2019 09:16
Quote:Original Posted By pe.rusuh
Uang dr pada di anggurin di bank mending buat beli barang. Nanti kalo bosen jual lagi


Goblok
profile-picture
pe.rusuh memberi reputasi
1
29-05-2019 09:17
minimalist sama miskin kadang beda tipis
0
29-05-2019 09:19
ga segitunya jg kali gan
0
29-05-2019 09:43
Quote:Original Posted By gateltegal
Goblok


Kalo bisa di ivestasi lah atau nabung properti. Ngapain ngumpulin uang kalo gan di gunakan. Mikir
0
29-05-2019 09:45
Quote:Original Posted By pe.rusuh
Kalo bisa di ivestasi lah atau nabung properti. Ngapain ngumpulin uang kalo gan di gunakan. Mikir


Pinter.
Ga sia-sia lu gw pelihara.
emoticon-Ngakak
profile-picture
pe.rusuh memberi reputasi
-1
29-05-2019 09:55
bukan pelit tp irit
profile-picture
adnanami memberi reputasi
1
29-05-2019 09:57
Quote:Original Posted By gateltegal
Pinter.
Ga sia-sia lu gw pelihara.
emoticon-Ngakak


Hahaha sekarang lu yang jadi peliharaan gue
0
29-05-2019 09:58
Quote:Original Posted By pe.rusuh
Hahaha sekarang lu yang jadi peliharaan gue


Tolong nanti lebaran jangan potong saya ya mas majikan emoticon-Frown
0
29-05-2019 09:59
Quote:Original Posted By gateltegal
Tolong nanti lebaran jangan potong saya ya mas majikan emoticon-Frown


Tidak lah. Paling gue bakar idup idup
profile-picture
gateltegal memberi reputasi
-1
29-05-2019 10:07
Quote:Original Posted By pe.rusuh
Tidak lah. Paling gue bakar idup idup


Pasti wanginya enak dan nyumiiii sekaleeehhh
profile-picture
pe.rusuh memberi reputasi
1
Halaman 2 dari 12
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.